April 10, 2016

Cara Mengatasi Android Bootloop Tanpa Flash




Techieway - Bagaimana cara mengatasi android bootloop / mati total ? Hp Android biasanya mengalami bootloop biasanya terjadi setelah anda melakukan upgrade vandroid versi terbaru atau instal custom ROM dengan cara manual. Handphone android yang sedang mengalami bootloop biasanya terus menerus melakukan reboot / hp mati sendiri dan tidak akan menampilkan tampilan yang seharusnya normal.

Yang sering mengalami masalah android bootloop ini adalah bagi mereka para pengguna yang sedang belajar dan bereksperimen guna menerapkan sesuatu hal yang baru di Android mereka. Tidak terkecuali mereka yang menggunakan produk dari Samsung, Smartfren Andromax, Advan, Asus Zenfone, Oppo, Lenovo dan beberapa produk lainnya.

Kenapa Android bootloop dan tidak meluncurkan tampilan sistem dengan benar ? Jika kita analisa penyebab hp android matipenyebab hp android mati total untuk itu pesen makanan untuk anda makan, hal ini dapat disebabkan oleh banyak faktor. Seperti file dari aplikasi yang korup, cara install yang salah, terdapat malware atau virus, custom ROM memiliki file sistem yang rusak hingga anda memaksakan sistem agar terpasang padahal hardware dari Tablet dan Smartphone Anda tidak mendukung untuk sistem tersebut. Lalu bagaimana cara mengatasi bootloop ?

Cara Mengatasi Android Bootloop Tanpa Flash

cara mengatasi hp bootlop

Jika anda sedang mengalami masalah bootloop, tidak mau terbuka, android gagal masuk dan hanya berhenti pada gambar robot atau animasi logo dari merk android anda, simak beberapa cara berikut ini :

1. Matikan Android.
  • Cabut baterai, kartu SIM dan memori eksternal (Micro SD) lalu biarkan selama beberapa menit agar baterai tidak memberikan energi terhadapa motherboard Android. Setelah itu, pasangkan dan coba hidupkan kembali.


2. Masuk kedalam Android Stock Recovery.
  • Kita biasa menyebutnya sebagai Android Stock Recovery mode. Untuk dapat masuk kedalam mode ini, pastikan Android dalam keadaaan mati kemudian tekan kombinasi tombol agar Android masuk ke recovery mode. Hal penting yang perlu diperhatikan, setiap merk Tablet dan Smartphone Android memiliki kombinasi tombol yang berbeda. Sebagai contoh:
  1. Jika Android dari Samsung biasanya dengan menekan kombinasi tombol Volume Up+ Home + Power secara bersamaan selama beberapa detik, maka akan masuk kedalam stock recovery mode.
  2. Setelah anda masuk, navigasikan dengan cara menekan tombol vol down untuk memilih “Wipe data/factory reset”. Langkah ini akan membuat Android Anda kembali ke pengaturan awal. Semua data serta file yang ada di internal memori akan terhapus.
  3. Setelah itu, pilih Reboot System Now.

3. Masuk kedalam Custom Recovery.

Jika Android telah diroot atau telah melakukan flashing custom ROM atau mod. Masuklah kedalam CWM recovery dengan itu caranya.
  1. Matikan lalu cabut baterai Android selama beberapa detik lalu pasangkan kembali.
  2. Tekan tombol kombinasi untuk masuk kedalam CWM Recovery.
  3. Setelah anda berhasil masuk, pilih “Wipe Data/Factory Reset”. Jika diminta konfirmasi tekan “Yes”.
  4. Sekarang arahkan lalu pilih menu “Advanced” kemudian pilih “Wipe Dalvik Cache”. Jika diminta konfirmasi tekan “Yes”.
  5. Selanjutnya cari lalu tekan“Mounts and Storage” kemudian tekan pilihan “format /data” dan “format /cache”. Hal ini akan menghapus data serta cache dari Android anda.
  6. Terakhir pilih reboot.

Baca juga :
  1. Atasi Android Lemot Dengan 5 Cara Ini !! Tanpa Harus Root
  2. Cara agar android tidak lemot saat bermain game

Dengan melaksanaan tips cara mengatasi android bootloop tanpa flash, Smartphone dan Tablet Android biasanya akan kembali melakukan boot dengan normal. Yang kita lakukan diatas untuk mengatasi bootloop pada hp Android adalah dengan menghapus data dan cache. Serta agar Android Anda kembali seperti baru lakukan Factory Reset. Sekian dan Terima kasih

Situs ini juga direkomendasikan di Channel Youtube. Open chat lewat Whatsapp !

Tips android menarik lainnya :

Powered by Blogger.