March 09, 2017

Tablet Android Dicas / Dicharge Tidak Bisa Masuk ? Ini Untuk Memperbaiki




Baterai tablet android - Bagaimana cara memperbaiki tablet yang tidak bisa di charge ? Sebenarnya masalah pada pengisian daya baterai pada sebuah tablet android bukan hanya tablet android di cas tidak bisa penuh saja, melainkan masih banyak hal yang lainnya contohnya saja tablet android dicas malah berkurang, tidak bisa full 100 persen dan bahkan ada juga tablet android yang hanya bisa dicas dalam keadaan mati saja. Namun bagi para pengguna tablet android advan misalnya, tentu handphone atau tablet yang tidak bisa di charge atau saat di cas tidak penuh penuh merupakan problematika yang sering terjadi di keseharian kita. Lalu adakah cara untuk mengatasi tablet dicas tidak bisa penuh ? Terlalu lama mengisi daya pada tablet maupun smartphone tentu memiliki sisi negative, selain mengganggu aktivitas sehari - hari terlalu lama nge-charge tablet akan menjadikan baterai android panas.

Tahukah anda kebiasaan tablet atau hp android sering tidak dicas ketika baterai sudah low (low batt) mempunyai dampak yang tidak baik. Maka dari itu salah satu penyebab kenapa baterai tidak bisa di cas lagi itu dikarenakan jika batre yang sudah terpakai habis tidak akan mudah untuk bisa dicas lewat charger colok biasa. Menggunakan cas duduk / charger kodok dapat menjadi alternatif mengatasi tablet android dicas tidak mengisi karena daya baterai sudah terlanjur kosong. Akan tetapi penggunaan charger portabel tersebut hanya dapat dilakukan pada jenis tablet android dengan baterai non removeble saja, selain itu penggunaan charger yang tidak sesuaipun juga tidak baik untuk kesehatan baterai.

Selain tidak mengisi daya ketika baterai tablet android sudah habis, mengecas sambil digunakan untuk menelepon, memutar musik atau video pada smartphone tablet android dapat mengakibatkan kerusakan baterai tidak bisa di cas. Disamping itu menggunakan tablet pada perangkat yang tabletnya dicas tidak masuk - masuk juga dapat mengganggu kenyamanan diri kita sendiri. Oleh karena itu kita perlu mengetahui penyebab baterai masih full atau separuh namun saat dicharger tidak bisa serta cara memperbaikinya supaya kerusakan baterai tidak menjumpai kita. Untuk itu mari langsung saja kita mulai pembahasan mengenai cara mengatasi tablet yang tidak bisa di cas tersebut yang sudah kami tulis secara lengkap dibawah ini.

Tablet Android Dicas / Dicharge Tidak Bisa Masuk ? Ini Untuk Memperbaiki

cara memperbaiki tablet yang tidak bisa di charge

Berikut ini merupakan penyebab tablet android tidak bisa di cas beserta cara memperbaikinya :


1. Check kabel dan adaptor charger

  • Terkadang kita terburu-buru menyimpulkan bahwa tablet android kita yang rusak, padahal tablet dicas / dicharge tidak masuk bisa disebabkan dari kabel charge yang rusak. Untuk itu coba lakukan pengecheckan dengan mencoba mengisi daya baterai tablet dengan menggunakan kabel charger yang lain karena kerusakan kabel biasanya terjadi dari akibat beberapa kabel yang putus atau arusnya bocor karena pelapis kabel berlubang.



2. Memperbaiki port USB

  • Ini merupakan solusi baterai yang cukup mudah, simple dan anti ribet, dan kebanyakan sukses pake cara memperbaiki port USB di tablet smartphone. Permasalahnya biasanya terdapat pada logam USB tablet yang tidak bisa terkoneksi dengan baik. Misalnya ketika kita sedang telfonan sambil facebookan, twitteran, bbman, whatsappan secara bersamaan yang pada akhirnya terpaksa kita sering cabut colok kabel untuk charge sehingga menjadi titik awal kerusakan pada USB port. Selain itu terkadang mengantongi tablet / handphone kedalam celana juga menjadi masalah, menyebabkan kotor / lecet pada port USB smartphone dan sebagai solusi permasalahan baterai ini bisa diatasi dengan meniup kuat - kuat atau menggunakan kompresor untuk membersihkanya.

3. Jangan terlalu lama mengisi daya pada tablet android kita

  • Kebiasaan yang sering dilakukan oleh para pengguna smartphone adalah sering mencharge handphone saat akan tidur pada malam hari, lalu mencabut chargenya ketika bangun. Padahal tablet maupun hp android kita hanya perlu waktu 2 – 3 jam untuk mengisi batrey, memang tekhnologi smartphone terbaru bisa memutuskan arus listrik ketika smartphone sudah terisi penuh akan tetapi ini kadang tidak bekerja dengan baik. Apalagi jika mengisi daya tidak mengenal waktu kita melakukanya setiap malam tentu akan dapat berpotonesi merusak battery smartphone kita.

4. Matikan tablet android kita pada saat nge-charge ( cas )

  • Ini juga penting supaya smartphone kita cepat terisi, sebab semisal kita sedang mencharge dengan keadaan smartphone hidup, otomatis aplikasi yang ada di dalam smartphone juga bekerja, sedangkan aplikasi smartphone memerlukan banyak daya batrey, terutama facebook, skype, twitter dan masih banyak yang lainya, kadang ini juga penyebab kenapa smartphone kita lambat sekali dalam mengisi, jadi ini adalah trick simple dan mudah untuk mempercepat pengisian charge smartphone.

5. Mengisi daya tablet / nge-cas menggunakan arus listrik yang tidak sesuai

  • Tentu hal seperti ini sudah sering kita lakukan juga, misal kita sering mencharge atau cas smartphone kita menggunakan laptop atau PC. Ini juga dapat merusak, karena setiap perangkat yang digunakan untuk charging berbeda - beda kapasitasnya dan jika kita menggunakanya terlalu sering maka smartphone akan cepat rusak terutama permasalahan pada arus listrik.

6. Ganti baterai tablet android kita

  • Jika cara diatas tidak membuahkan hasil yang positive dapat dikatakan berarti batrey anda sudah rusak, jadi harus menggantinya. Apalagi jika umur smartphone tablet anda lebih dari 2 – 3 tahun, karena batre menahan arus listrik terus - menurus, maka kerusakaan jelas akan terjadi dan ini adalah solusi yang pas untuk memperbaikinya.

 baca juga :
  1. Cara Mengatasi Hp Android Yang Tidak Bisa Dicas
  2. Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Bisa Terbaca Pada Handphone Maupun Tablet Android

Memperbaiki adapter charger yang rusak


Namun dari banyaknya kasus baterai laptop tidak bisa dicas sering kali dikarenakan oleh adapter dan kabel tablet tersebut. Disini kami akan mencoba berbagi tips untuk memperbaiki adapter charger yang rusak. Berikut ini alat - alat yang perlu untuk dipersiapkan sebelum kita memperbaiki adapter charger yang rusak :

  1. Adapater Charger Tablet anda yang rusak
  2. Jarum Jahit atau kawat kecil
  3. Tang (pliers)

Diagnosa penyebab kerusakan tablet tidak bisa di cas(charge) :

Lubang jack adaptor tablet longgar karena sering mencolokkan 'male' jack adaptor dengan posisi miring. Apalagi jika jenis kualitas logam yang buruk pada jack adaptor merk china membuat kondisi kerusakan tambah parah ketika pengguna mencoba menggoyang-goyang jack output charger tablet agar dapat dicharge. Kerusakan jenis ini tidak perlu membongkar tablet android atau mengganti baterai tablet.

Berikut tutorial untuk memperbaiki adapter charger yang tidak bisa digunakan.

  1. Langkah pertama masukkan jarum jahit atau kawat yang berukuran kecil dengan bagian yang tumpul (ada lubang benang) ke dalam.
  2. Lalu tekan secukupnya bagian 'leher' male (cewek) output jack Adapter Tablet yang rusak. Gunakan Tang / pliers untuk menekan / menjepit jack adapter tablet yang rusak tersebut. 
  3. Periksa penggunaan adapator Charger Tablet yang rusak tersebut. Jika belum dapat berfungsi dengan baik, ulangi kembali cara memperbaiki diatas.
Harap jangan abaikan penggunaan jarum jahit ini karena penggunaan jarum jahit / kawat ini untuk menghindari jack korslet karena kita menekan tang terlalu keras ketika mencoba memperbaiki chatger tablet yang rusak tersebut. Menekan tang terlalu keras tanpa jarum dapat membuat lobang output adaptor justru menjadi buntu dan tidak bisa digunakan lagi.

Demikian artikel kami kali ini yang telah membahas tentang bagaimana cara mengatasi tablet tidak bisa dicas. Jadi lebih bijaklah kita dalam menggunakan smartphone, jangan menunggu baterai kosong baru dicharge kembali atau nge-cas tablet maupun hp android dalam keadaan panas yang dikarenakan terlalu lama bermain facebook menggunakan uc browser. Semoga artikel kami dapat memberikan manfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih ..

Situs ini juga direkomendasikan di Channel Youtube. Open chat lewat Whatsapp !

Tips android menarik lainnya :

Powered by Blogger.