February 21, 2017

Cara Unlock Bootloader (UBL) Sony Xperia, Inilah Penyebab Sony Xperia Selalu Gagal Diroot




Cara Unlock Bootloader Smartphone Android Sony Xperia – Tahukah anda penyebab anda selalu gagal ketika sedang meroot hp sony xperia padahal sudah dicoba segala cara root hp android sony xperia ? Penyebab utama jika hp sony xperia anda selalu gagal di root biasanya karena unlock bootloader sony xperia belum diaktifkan karena kita ketahui bahwa ponsel sony merupakan smartphone dengan tingkat keamanan yang sangat baik. Tidak sedikit orang yang mengenal akan Unlock Bootloader, akan tetapi tidak bagi orang yang sudah terbiasa dengan root android khususnya sony xperia. Unlock Bootloader adalah sebuah langkah yang harus dilakukan sebelum melakukan prosess full rooting pada android sony xperia all series dimana fungsi dari proses unlock ini kita dapat mengedit HH pada ponsel xperia tersebut. Bagi para pengguna smartphone sony xperia yang hendak memasang Custom ROM, CWM, ataupun berbagai MOD untuk optimasi tampilan dan performa maka unlock bootloader adalah langkah pertama yang harus dilakukan. Namun perlu anda ketahui ketika unlock bootloader hp android sony xperia sudah anda aktifkan maka ama seperti root maka garansi smartphone akan hilang sama halnya seperti ketika kita melakukan root pada ponsel sony tersebut.

Namun sebelum kami memulai tutorial Unlock Bootloader Sony Xperia, untuk mengaktifkan unlock bootloader dapat dikatakan cukup sulit maka sebaiknya ikuti langkah sesuai tutorial dari kami ini. Jika anda sesuai dengan langkah - langkah unlock bootloader yang telah kami tulis ini setidaknya kemungkinan untuk gagal sangatlah sedikit. Akan tetapi anda juga harus siap dengan segala resiko yang yang ada jika anda mencoba membuka bootloader hp sony xperia anda karena kerugian proses ini sama halnya ketika anda melakukan cara root hp android sony xperia yaitu akan kehilangan garansi. Jika cara dari kami ini tidak berhasil ketika anda sudah sesuai dengan tutorial kami ini, kemungkinannya ada pada pihak sony yang sudah memperbarui sistem.

Pada kesempatan kali ini kami akan mencoba berbagi tutorial unlock bootloader dengan tipe ponsel sony xperia m yang kami dapat dari sumber yang dapat kami percaya dan sudah kami coba. Untuk itu mari langsung saja kita mulai pembahasan mengenai Cara Unlock Bootloader untuk Sony Xperia M yang sudah kami tuliskan dibawah ini.

note :
Perlu diketahui tutorial UBL ini tidak memerlukan akses root dan tidak akan melakukan Backup TA. Jadi jika anda akan melakukan Unlock Bootlader kalian tidak akan dapat mengembalikannya seperti semula (Relock Bootloader). Kerugiannya adalah kalian tidak akan mendapatkan dukungan update firmware via OTA lagi dari Sony. Mungkin pada kesempatan lain kami akan mencoba mencari cara update firmware via OTA bagi hp android sony yang sudah dilakukan proses Unlock Bootlader.


Cara Unlock Bootloader (UBL) Sony Xperia, Inilah Penyebab Sony Xperia Selalu Gagal Diroot

cara ngeroot hp sony xperia


Persiapkan perangkat yang dibutuhkan untuk melakukan Unlock Bootlader, seperti :


  1. Pertama - tama unduh Flashtools pada link berikut >> http://www.flashtool.net/downloads.php <<
  2. Untuk mengantisipasi pada suatu hal yang tidak diinginkan sebaiknya kita melakukan proses backup terlebih dahulu. Lakukan proses backup dengan menggunakan TA backup yang mana anda dapat mengunduh TA Backup versi 9.10 pada link berikut >> http://www.mediafire.com/file/petsf1ssites4vm/Backup-TA-9.10.zip <<
  3. Setelah itu siapkan email untuk melakukan aktivasi unlock bootloader.

Tutorial untuk melakukan unlocking bootloader pada hp android sony xperia m single/dual


A. Cek Dukungan Unlock Bootloader

  1. Untuk mengetahui smartphone sony xperia m anda dapat di unlock bootloader atau tidak, anda dapat memeriksanya dengan cara menekan atau hub dial berikut >> *#*#7378423#*#* <<
  2. Kemudian klik Service info > Configuration. Pastikan pada Rooting status terdapat tulisan Bootloader Unlocked Allowed : Yes (apabila status masih "No" itu artinya HH tidak bisa di Unlock Bootloader)
Unlock Bootloader Sony Xperia


B. Cara Mendapatkan KEY Unlock Bootloader

  1. Setelah mengetahui bahwa sony xperia m single / dual anda berstatus (yes),  untuk memperoleh key unlock bootloader maka silahkan kunjungi situs resmi dari pihak sony pada link berikut >> http://developer.sonymobile.com/unlockbootloader/ <<
  2. Kemudian scroll ke bawah lalu pilih tipe hp android xperia anda > Continue.
  3. Masukkan email yang sudah anda persiapkan sebelumnya lalu beri ceklis pada Terms & Condition > pilih Submit.
  4. Jika proses submit sudah selesai maka untuk memeriksa email balasan dari pihak sony anda perlu login ke akun email yang kalian daftarkan tadi > klik pada link yang diberikan Sony pada kotak masuk email anda tersebut.
  5. Periksa IMEI dengan cara menekan dial *#06#
  6. Langkah selanjutnya masukkan nomor IMEI yang sudah anda lihat tadi akan tetapi 1 digit terakhir tidak perlu anda tuliskan, contoh : IMEI 123456789012345 maka cukup masukkan 12345678901234 (pada pengguna Xperia M Dual akan ada 2 IMEI, namun anda cukup masukkan IMEI yang pertama saja).
  7. Ceklis pada Terms & Condition > pilih Submit
  8. Jika Key Unlock Bootloader Sony Xperia sudah anda dapatkan, jangan lupa untuk menyimpan KEY agar anda mudah mengingatnya.

C. Mulai Proses Unlock Bootloader

  1. Langkah pertama dalam proses unlock bootloader adalah dengan membuka flashtool yang telah kita unduh pada tahap persiapan sebelumnya (apabila muncul Device Selector pilih saja Cancel). Klik BLU icon.
  2. Setelah itu akan muncul popup wait for flashmode > matikan HH > hubungkan HH via kabel USB ke komputer sambil menekan tombol volme down (-).
  3. Kemudian akan muncul lagi popup wait for fastboot > cabut kabel USB > hubungkan HH via kabel USB ke komputer sambil menekan tombol volume up (+).
  4. Tuliskan KEY unlock yang didapatkan tadi pada kolom yang sudah disediakan > pilih Unlock.
  5. Lepaskan USB dari komputer jika anda sudah melihat keterangan OKAY dan Finished.
  6. Setelah itu aktifkan HH.
  7. Untuk memastikan proses unlock bootloader yang anda lakukan berhasil atau tidak anda dapat mengeceknya dengan cara menekan dial *#*#7378423#*#* > Service Info > Configuration.
  • Bootloader Unlocked : Yes, mengartikan bahwa unlock bootloader hp android sony xperia m anda telah berhasil.
  • Bootloader Unlocked Allowed : Yes, mengartikan bahwa unlock bootloader hp android sony xperia m anda masih belum berhasil atau gagal.

baca juga :

Demikian pertemuan kita kali ini yang baru saja membahas tentang bagaimana cara kita sebagai pengguna ponsel android sony xperia untuk melakukan unlock bootloader. Semoga setelah membaca artikel smartphone solution ini anda sudah tidak bingung lagi meroot hp android sony yang selama ini selalu gagal anda lakukan, sekian dan terima kasih ..

Situs ini juga direkomendasikan di Channel Youtube. Open chat lewat Whatsapp !

Tips android menarik lainnya :

Powered by Blogger.