November 04, 2018

Cara Mengatasi Tablet Sering Restart (Mati Sendiri) Tanpa Factory Reset




Tablet sering restart sendiri - Bagaimana cara mengatasi tablet sering restart sendiri ? Bagi para pengguna smartphone android ataupun tablet android tentu penyebab tablet mati mendadak terutama pada perangkat tablet tentu sudah menjadi masalah yang selalu di jumpai sekarang ini. Tablet yang tiba - tiba mati sendiri ketika sedang digunakan saat bermain game ataupun multi tasking berselancar di dunia internet tentu menjadi hal yang sangat tidak menguntungkan bagi penggunannya. Banyak presepsi mengatakan masalah tablet sering restart sendiri itu sering kali terjadi pada jenis tablet buatan cina seperti tablet advan sering mati mendadak, mito, maupun evercross. Namun sekarang ini bukan hanya tablet advan saja yang mengalami masalah tersebut, samsung galaxy tab sering restart sekarang ini juga mulai bermunculan dari keluhan para penggunanya.

Android restart sendiri terus menerus sebenarnya dapat dikatakan muncul dari diri kita sendiri. Mengapa tidak ? Dalam penggunaan sebuah tablet bersistem operasi android tentu kita tidak akan puas hanya dengan sebuah aplikasi bawaan saja, dari situlah kita mulai mencoba sebuah aplikasi / game yang membutuhkan suatu akses root pada tablet android tersebut dimana hal itulah yang menjadi awal penyebab tablet sering mati sendiri. Setelah itu baru mulailah muncul masalah yang akan timbul setelah anda menginstal aplikasi dan game tersebut yaitu Tablet Android tiba - tiba restart sendiri. Lantas langkah apa yang harus kita lakukan sebagai cara memperbaiki tablet yang sering mati sendiri tersebut ? Jika kita membawanya langsung ke tempat service hp ataupun tablet untuk memperbaiki tablet sering restart sendiri tersebut biasanya akan diberikan solusi dengan melakukan sebuah factory reset untuk mengatasi masalah tersebut.

Factory reset merupakan jalan terakhir jika kita belum menemukan cara lain untuk memperbaiki tablet yang restart terus menerus tersebut. Namun pada postingan smartphone solution kali ini, kami akan mencoba berbagi tips mengenai langkah awal untuk mengatasi ataupun meredakan tablet yang sering tiba - tiba mati tersebut jika penyebab utamanya adalah karena software dari tablet android tersebut. Oleh karena itu mari kita langsung saja mulai membahas tentang cara mengatasi tablet samsung restart terus menerus yang sudah kami rangkum pada tulisan dibawah ini.

Cara Mengatasi Tablet Sering Restart (Mati Sendiri) Tanpa Factory Reset

cara mengatasi tablet sering restart sendiri


Sebelum kita mulai membahas tentang tablet sering restart sendiri ada baiknya jika kita mengenal apa penyebab tablet sering restart tersebut agar kita tidak salah melakukan perbaikan di tahap selanjutnya. Dibawah ini adalah beberapa penyebab tablet sering restart, diantaranya sebagai berikut :

Penyebab masalah tablet android sering mati sendiri 


1. Terlalu Banyak File Sampah Yang Menumpuk


  • Setiap anda membuka dan menjalankan aplikasi tentunya akan memproduksi file sampah atau file cache secara terus – menerus. Dan apabila file tersebut terus menumpuk dan tidak pernah dibersihkan maka dapat menyebabkan ponsel android terasa berat, sering error, force close tiba – tiba, hang, dan pada akhirnya restart dengan sendirinya. File sampah menumpuk tersebut dapat dicontohkan seperti riwayat penelusuran di google tablet android yang kita miliki.

2. Sistem Android Error


  • Jika sistem android mengalami kerusakan karena hal tertentu, mungkin secara tidak sengaja anda menghapus file sistem maka secara tidak langsung hal tersebut membuat sistem android terjadi error, hang, restart sendiri.

3. Sistem Android Telah di Root


  • Root memang terlihat sangat baik untuk pengguna, tapi sebenarnya root tidak baik untuk smartphone itu sendiri. Dengan root pengguna bisa mengakses sistem yang sebelumnya tidak bisa diakses dan pengguna bisa memasang game berat yang sebelumnya tidak bisa dipasang. Tapi terkadang root dibeberapa kasus dapat membuat file sistem error, mungkin saja terjadi crash pada file tertentu dan mengakibatkan Android mati sendiri. 

4. Terjadi Kerusakan Pada Aplikasi


  • Apabila ada aplikasi yang error, terasa berat, berhenti tiba – tiba, muncul pesan error, force close maka hal tersebut bisa menjadi kemungkinan smartphone android anda restart dengan sendirinya.  File aplikasi yang tidak lengkap, rusak, atau tidak compatible membuat sistem android sering error.

5. Game (Beta)


  • Game versi beta atau versi coba -  coba bisa menyebabkan HP Android mengalami Restart dengan sendiri. Mungkin game yang anda pasang Kurang lengkap atau mungkin game yang anda pasang tidak kompatibel dengan sistem sehingga menyebabkan terjadinya error berturut – turut dan alhasil restart dengan sendirinya.

6. Overload Pada CPU, Memory RAM dan GPU


  • Beban yang terlalu banyak atau berat dapat membuat hardware menyerah dalalam menangai semuanya. Banyaknya aplikasi yang anda jalankan membuat hardware tidak kuasa melakukan semuanya. Setiap smartphone memiliki kemampuan yang berbeda – beda, untuk itulah sebagai penguna yang bijak anda tidak perlu memaksakan sesuatu yang memang tidak mampu dilakukan oleh smartphone milik anda. Overload pada hardware utama seperti CPU, Memory RAM dan GPU akan membuat hang, dan pada akhirnya smartphone akan restart/mati sendiri.

7. Panas Berlebihan (Overheat)


  • Hardware yang terlalu panas sering kali terjadi pada baterai smartphone. Dan apabila baterai panas maka akan merambat ke hardware lain seperti RAM, Processor, dan lain – lainnya. Semua jenis teknologi seperti smartphone memang dirancang untuk melakukan restart sendiri apabila suhu hardware serasa sangat panas. Hal ini juga sering terjadi pada komputer, terlalu panas hardware komputer juga dapat mengakibatkan komputer restart sendiri.

8. Crash Software


  • Aplikasi yang bertabrakan biasanya terjadi pada 2 anti virus atau game Android. File yang bertabrakan mungkin disebabkan karena update yang belum selesai sehingga membuat file campur aduk dan sering mengalami error. Dan tidak menutup kemungkinan juga terjadi restart.

9. Terserang Virus Jahat


  • Virus merupakan ancaman pada semua sistem operasi, baik itu pada komputer ataupun smartphone. 1 virus yang berbahaya bisa – bisa menyebabkan semua sistem rusak total. Contoh sederhana restart sendiri, mungkin virus tersebut masuk pada sistem reboot yang membuat smartphone sering terjadi restart. Sebaiknya gunakan anti virus handal untuk menghapus dan mencegah masukkan virus ke sistem android.

10. Usia HP Sudah Tua


  • HP yang sudah berumur lebih dari 3 atau 4 tahun bisa dikatakan sudah tua, dan untuk kualitas dan performa dari hardware smartphone itu sendiri pasti menurun. Artinya sebagai pengguna jika memang umur HP sudah tua, tidak perlu memaksakan HP untuk bekerja keras dalam memaksimalkan penggunaan. 

Setelah mengetahui penyebab tablet sering mati sendiri diatas tentu anda ingin mengetahui juga solusi mengatasi hp restart sendiri terus, untuk itu simak tips tentang memperbaiki tablet android yang sering booting dibawah ini :

Cara Mengatasi Tablet Android Sering Restart


1. Reset tablet android


  • Langkah pertama yang harus kita lakukan sebelum kita melakukan hal yang lebih jauh, pertama matikan tablet lalu cabut baterai beserta microSD hingga beberapa detik. Kemudian diamkan sejenak sampai chipset tidak menerima energi dari baterai dan setelah itu pasang kembali baterai tablet tersebut lalu hidupkan kembali.

2. Clear cache dan clear data


  • Setelah kondisi tablet hidup langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah bersihkan cache atau data yang tersimpan. Buka aplikasi atau game yang sering menyebabkan restart pada hp / tablet android dengan cara buka Setting >> Application >> All setelah itu cari aplikasi tersebut. Jika anda seudah menemukannya kemudian Tap tombol >> Clear cache dan Clear data. Untuk membantu mempermudah anda dalam menghapus cache dan data, anda dapat menginstall aplikasi clear master yang dapat anda unduh di play store smartphone android anda.

3. Perbarui aplikasi yang sudah terinstall di tablet anda


  • Tablet sering restart sendiri dapat disebabkan oleh bugs dari aplikasi yang belum pernah diupdate. Untuk memperbarui aplikasi di tablet anda dapat dilakukan dengan membuka aplikasi Google play store >> My Apps >> Installed kemudian tap Update.
  • Hapus aplikasi yang membebani tablet android anda. Contoh saja misal aplikasi battery saver, aplikasi penghemat baterai tersebut akan bekerja pada background dan mengambil beban RAM yang cukup kuat karena jenis aplikasi ini terus akan terus memonitor OS.

4. Ganti SDcard dengan kelas yang lebih tinggi


  • Kartu memori eksternal yang telah rusak atau error dapat menjadi sumber dari berbagai masalah terhadap Android. Oleh karena itu anda dapat memformat kartu memori tersebut atau mengganti dengan kartu memori yang baru.

5. Lakukan Wipe Cache Partition


Wipe cache partition bertujuan untuk menghapus cache pada game ataupun aplikasi yang pernah kita install dan sudah kita hapus, karena hal tersebut akan meninggalkan banyak cache atau file sementara yang telah rusak yang berpotensi untuk timbulnya masalah tablet sering restart sendiri. Untuk melakukan cara ini Anda harus masuk kedalam recovery mode. Berikut akan kami berikan contoh mengatasi android sering mati sendiri atau restart pada samsung galaxy tab dengan cara masuk ke recovery mode :

  1. Petama - tama matikan Hp atau Tablet Android.
  2. Kemudian tekan kombinasi tombol Volume Up, Home dan Power secara bersamaan selama beberapa detik.
  3. Tunggu hingga Tablet Android bergetar atau sudah muncul robot Android segera lepaskan tombol Power.
  4. Setelah itu akan muncul tampilan layar recovery mode dan kemudian lepaskan kedua tombol Volume Up dan Home.
  5. Langkah berikutnya gunakan tombol Volume Down kemudian arahkan ke pilihan "Wipe cache partition".
  6. Setelah terpilih, tekan tombol Home.
  7. Setelah itu Tablet atau Smartphone Android akan secara otomatis restart setelah berhasil melakukan wiped out.

6. Lakukan Hard Reset. 


Ikuti langkah pada nomor enam tetapi kita memilih "wipe data / factory reset". Kemudian setelah berhasil tap "Reboot system now". Namun untuk langkah ini pastikan semua data yang sudah tersimpan di memori telepon sudah anda back up terlebih dahulu.

lihat juga :

Demikian pertemuan kita kali ini yang baru saja membahas tentang cara memperbaiki tablet yang sering mati sendiri. Semoga artikel kami kali ini dapat membantu anda dalam mengatasi tablet android yang sering restart, sekian dan terima kasih ..

Situs ini juga direkomendasikan di Channel Youtube. Open chat lewat Whatsapp !

Tips android menarik lainnya :

Powered by Blogger.