March 09, 2017

Tablet Android Tidak Bisa Dicas Yang Dikarenakan Kerusakan IC




IC charger tablet rusak - Bagaimana cara mengatasi tablet android tidak bisa di charger atau mungkin di cas malah berkurang ? Tentu sebagai pengguna smartphone android pasti anda pernah mengalami situasi dimana tablet android di cas tidak bisa penuh dan pada saat itu pula anda pasti akan berpikir kenapa tablet yang anda miliki tidak bisa full 100% padahal sudah dicharge lama. Mulai dari mengganti cas bawaan tablet tersebut dengan cas dari hp android yang lain sampai menukarkan kabel beserta adaptor chargerpun masih saja tidak mau mengisi. Disitu tentu anda akan beranggapan bahwa baterai tablet android andalah yang menjadi penyebabnya setelah anda melakukan penacarian di internet mengenai penyebab tablet dicas tidak penuh - penuh. Namun jarang ada orang yang mengetahui penyebab selain baterai yang membuat tablet dicas / dicharge tidak bisa penuh adalah karena adanya kerusakan pada IC Charger maupun IC Powernya.

Tak heran jika kita sebagai orang awam yang hanya sebagai pengguna ponsel canggih bergendre tablet android tersebut tidak mengetahui tentang suatu kerusakan IC pada perangkat tablet android tersebut. Untuk masalah kerusakan IC pada perangkat android memang biasanya langsung kita serahkan kepada seseorang yang lebih ahli dibidang perbaikan elektonik smartphone atau langsung menuju ke tempat service center dari merk tablet yang kita miliki. Untuk itu kita perlu mengenali ciri ic charger rusak pada tablet android kita tersebut, dengan tujuan kita lebih mudah untuk mengatasinya apabila kita ingin memperbaiki tablet yang tidak bisa di cas itu sendiri. Selain itu dengan mengetahui ciri ic power tablet rusak, kita dapat menyadari bahwa pada perangkat android yang pada saat dicas indikator isi ulang pada tablet masih berjalan terus sedangkan tablet sudah terisi penuh itu bukanlah karena kerusakan baterai melainkan karena kerusakan ic power perangkat android baik itu ponsel ataupun tablet.

Walaupun pada akhirnya jika kita sudah mengetahui penyebab tablet tidak bisa di charge ataupun di cas malah berkurang tetap kita pasrahkan ke tempat service tablet, tidak ada ruginya jika kita mengetahui pokok permasalahannya. Untuk itu smartphone solution pada kesempatan kali ini ingin mengajak anda untuk mengenal lebih jauh tentang kerusakan pada smartphone / tablet android yang dikarenakan IC (Integrated Circuit). Oleh karena itu mari langsung saja kita mulai saja pembahasan mengenai cara memperbaiki daya baterai tablet android yang tidak bisa penuh karena adanya kerusakan IC yang sudah kami rangkum pada ulasan di bawah ini.

Tablet Android Tidak Bisa Dicas Yang Dikarenakan Kerusakan IC 

cara memperbaiki tablet yang tidak bisa di charge


Namun sebagai langkah pertama untuk mengatasi masalah tablet yang dicas tidak masuk - masuk, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah dengan memastikan kerusakan dapat di karenakan dari charger (alat isi ulang) battery tablet android tersebut terlebih dahulu. Setelah itu pastikan konektor pengisian ulang battery masih berfungsi dengan baik, namun apabila tidak ada kerusakan pada unit - unit tersebut maka kita perlu mengadakan pengujian dan pemeriksaan pada tablet yang kita punyai tersebut.

Cara mengecek kerusakan IC pada ponsel ataupun tablet android, sebagai berikut :


cara memperbaiki tablet yang tidak bisa di charge


1. Ciri - ciri kerusakan IC Charger.

  • Muncul pesan “Not Charging” pada layar tablet android.
  • Proses charging (isi ulang) berjalan pada tablet namun yang terjadi proses charging (isi ulang) tersebut berjalan tanpa melakukan pengisian pada battery.
  • Indikator isi ulang pada tablet android tidak berjalan padahal pada saat itu sedang melakukan proses pengisian.

Solusinya adalah dengan melakukan penggantian IC Charge yang lama di ganti dengan IC Charge yang baru.

2. Ciri - ciri kerusakan IC Power.

  • Indikator isi ulang pada tablet android anda masih berjalan terus, sedangkan ponsel telah terisi penuh.

Solusinya adalah dengan cara melakukan penggantian IC Power yang lama diganti dengan IC Power yang baru.

3. Ciri - ciri kerusakan software.

  • Indikator isi ulang pada tablet android anda berjalan terus, padahal pada saat itu tablet anda dalam keadaan tidak diisi ulang. 

Solusinya adalah dengan cara melakukan program flash (program ulang) dengan versi yang sama pada perangkat tablet android anda tersebut.

4. Ciri - ciri kerusakan IC Power atau IC Charge.

Setiap akan melakukan pengisian ulang pada tablet, tiba - tiba yang terjadi tablet android selalu dalam keadaan mati.

Solusinya adalah dengan cara melakukan pengujian dan pemeriksaan lebih mendalam pada tablet untuk mengidentifikasi kemungkinan kerusakan pada IC Power atau IC Charge tersebut.

5. Ciri - ciri kapasitas power suplai mengalami kebocoran listrik.

  • Apabila anda telah selesai mengisi ulang tablet android menggunakan charger (alat isi ulang), anda menemukan kebocoran pada listrik sebelum anda menekan tombol power - on kemudian setelah anda menekan tombol power - on yang terjadi ponsel tidak dapat menyala. 
  • Dari kejadian ini dapat di pastikan pada kapasitas power suplai mengalami kebocoran listrik. Yang menjadi sasarannya adalah UI, PA, IC, IC Power yang tersambung dengan tegangan battery VBATT, unit-unit yang sering mengalami kerusakan dan bisa memunculkan berbagai kerusakan adalah IC UI, IC Power. 

Di karenakan IC Power merupakan BGA, yaitu IC yang terintegrasi , maka biasanya metode yang dilakukan yaitu dengan melepaskan IC UI, setelah itu ponsel kembali diisi ulang (charge), yang perlu anda perhatikan adalah apakah terjadi kebocoran listrik. Jika tidak terjadi kebocoran listrik, dapat dipastikan yang mengalami kerusakan adalah IC UI, jika terjadi kebocoran dapat dipastikan yang mengalami kerusakan adalah IC Power. Apabila IC telah diganti seperti tersebut diatas, maka permasalahan pun telah selesai.

baca juga :
  1. Cara Memperbaiki Tablet Android Yang Tidak Bisa Dicas Karena Kerusakan Adapter Charger
  2. Cara Mengatasi Layar LCD Berbayang

6. Ciri - ciri kerusakan IC Power atau penyolderan yang kurang sempurna pada IC Power.

  • Apabila anda tengah mengisi ulang (charge) tablet android, kemudian tombol ON anda tekan namun yang terjadi adalah tidak ada arus listrik yang masuk pada tablet sehingga tablet tidak mau hidup. 
  • Jika anda menemukan masalah demikian, maka langkah yang harus lakukan adalah melakukan pengukuran pada R224, apabila ditemukan tidak mempunyai tegangan VBAT 3,2 V pada kedua ujungnya , maka yang mengalami kerusakan adalah pada IC Power atau penyolderan yang kurang sempurna pada IC Power. 

Solusinya adalah dengan melakukanlah penyolderan ulang pada IC Power atau bisa mengganti IC Power yang rusak dengan IC power yang baru.

7. Coba untuk melakuakan flash ulang pada tablet android tersebut.

Demikian artikel kami kali ini yang baru saja mencoba untuk memberikan informasi mengenai cara memperbaiki tablet yang tidak bisa di charge karena permasalahan IC perangkat tablet android tersebut. Semoga artikel kami diatas dapat bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih ..

Situs ini juga direkomendasikan di Channel Youtube. Open chat lewat Whatsapp !

Tips android menarik lainnya :

Powered by Blogger.