April 14, 2020

8+ Cara Mengatasi Hp Xiaomi Yang Tidak Bisa Internetan




Jaringan tidak muncul di xiaomi merupakan salah satu penyebab hp tidak bisa akses internet. Lantas bagaimana cara mengatasi data seluler tidak muncul di hp xiaomi tersebut ?

Tentu sebagai pengguna hp xiaomi tentu kita pernah mengalami masalah internet hp xiaomi error seperti mobile data hp xiaomi tidak bisa aktif, data seluler xiaomi tidak muncul, sinyal xiaomi lemah, data seluler aktif tapi tidak bisa internetan sehingga menyebabkan hp xiaomi tidak bisa konek internet.

Mungkin kamu sudah mencoba banyak cara untuk mengatasi masalah hp xiaomi redmi yang tidak bisa konek internet tersebut namun tetap saja tidak membuahkan hasil yang positif.

Hingga akhirnya kamu hanya pasrah mengakses internet di sinyal H+ / 2G saja padahal ponsel android xiaomi yang sudah mendukung jaringan 4G LTE.

Namun kamu tidak perlu berkecil hati karena pada kesempatan kali ini smartphone solution akan mencoba berbagi tips untuk memperbaiki hp xiaomi yang tidak bisa internet.

Untuk itu mari langsung saja mulai kita bahas mengenai cara mengatasi jaringan seluler tidak tersedia pada hp xiaomi secara lengkap pada ulasan di bawah ini.


Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Bisa Konek Internet Padahal Data Seluler Sudah Aktif

Cara Mengatasi Internet Hp Xiaomi Error Paling Lengkap

Memang banyak sekali faktor yang membuat hp xiaomi tidak bisa connect internet karena sinyal 3G HSDPA maupun 4G tidak mau muncul. Akan tetapi langkah pertama agar terhindar dari masalah hp xiaomi tidak bisa internet ada pada ketika pertama kali kita membeli sebuah smartphone android xiaomi 4G.

Pastikan pada dosbook xiaomi kamu saat ini tertera tulisan "FDD-LTE/WCDMA" sebab jika tidak ada maka artikel dibawah ini mungkin juga belum bisa mengatasi koneksi internet error di xiaomi yang kamu miliki tersebut.

Hal ini dikarenakan biasa jadi hp xiaomi yang kita beli adalah ponsel xiaomi yang beredar di China, yang menggunakan jaringan 3G dan LTE dengan duplex mode TD-SCDMA 3G dan TDD-LTE 4G sedangkan di negara kita ini jalur 3G dan LTE menggunakan duplex mode FDD.

Di Indonesia duplex mode FDD inilah yang digunakan oleh operator GSM, seperti Telkomsel, Indosat, dan XL. Namun tidak ada salahnya untuk mencoba tips dari kami di bawah ini supaya dapat  membuat hp xiaomi bisa digunakan untuk internet kembali.

Metode 1 : Cara Mengatasi Data Seluler Tidak Mau Muncul di HP Xiaomi


Sebenarnya banyak sekali yang menjadi penyebab kenapa data seluler tidak muncul padahal sudah diaktifkan pada perangkat android xiaomi yang kita miliki.

Akan tetapi adanya masalah pada pengaturan perangkat android tersebut ataupun dari provider seluler itu sendiri dapat membuat hp xiaomi tidak bisa akses internet.

Maka dari itu coba lakukan beberapa langkah sebagai berikut :

1. Restart HP Xiaomi

Memulai ulang hp android xiaomi adalah langkah mudah yang pertama kali dapat kita lakukan untuk mengatasi data seluler yang tidak muncul tersebut.

Hal ini dapat kamu lakukan untuk merefresh kembali sistem pada perangkat xiaomi yang terlalu berat menjalankan kinerjanya karena banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Caranya :

  1. Cukup matikan daya hp xiaomi kamu tersebut.
  2. Lalu lepas baterai selama 30 detik.
  3. Setelah itu pasang kembali baterai.
  4. Dan hidupkan kembali.

Namun jika hp xiaomi yang kamu miliki sudah menggunakan baterai tanam, untuk merestartnya cukup dengan mematikan daya selama 30 detik lalu hidupkan kembali.

baca juga : Cara Memperbaiki HP Xiaomi Yang Sering Restart Sendiri

2. Aktifkan Data Seluler

Cara mengaktifkan data seluler di hp xiaomi dapat kita lakukan dengan 2 langkah, yaitu melalui quick setting layar hp dan pada menu pengaturan sim hp xiaomi.

Misalnya saja, kamu mau mengaktifkan jaringan data di hp xiaomi tanpa masuk ke menu pengaturan. Maka cukup dengan :

Mengusap layar untuk masuk ke menu quick setting >> kemudian ketuk data seluler untuk mengaktifkannya.

Namun jika data internet tetap tidak mau muncul dengan menggunakan dua langkah di atas maka sebaiknya cobalah untuk mengganti kartu sim yang kita gunakan saat ini.

3. Ganti SIM Card Pada Handphone Lain

Cobalah untuk memindahkan kartu sim kalian ke ponsel lain. Jika ketika dipindahkan koneksi internetnya berjalan lancar, itu artinya masalah terdapat pada ponsel kamu saja.

Jika pada hp android xiaomi lain hasilnya sama - sama tidak bisa terhubung ke internet, mungkin ini saatnya kamu menghubungi langsung operator seluler yang kamu gunakan saat ini.

Namun jika data hp android sudah bisa hidup tapi tetap tidak bisa digunakan untuk browsing ataupun streaming youtube maka lihat pada langkah penyelesaian selanjutnya.

Metode 2 : Data Seluler Aktif Tapi Tidak Bisa Akses Internet


Yang perlu kamu ingat sebelum kita membahas koneksi internet xiaomi bermasalah ini adalah pastikan bahwa data seluler xiaomi sudah aktif, sambungan data android bermasalah tersebut tidak berasal dari gangguan provider kartu sim yang anda gunakan, ada kuota internet dan buang jauh - jauh pikiran internet tidak bisa digunakan karena hp xiaomi rusak.

Dalam kasus kali ini cara memperbaiki data seluler hp xiaomi aktif tapi tidak ada sambungan, langkah yang kami gunakan adalah sebagai berikut :

(UPDATE !) Aktifkan Data Seluler Kartu Sim

Salah satu penyebab data seluler aktif tapi tidak bisa konek internet adalah belum melakukan klaim kuota.

Salah satu contohnya ada kartu 3, jika kamu belum melakukan klaim kuota maka meskipun data seluler aktif kartu 3 tidak bisa konek internet.

Jadi agar kamu bisa menggunakan kuota tersebut, berikut video cara mengaktifkan data seluler pada kartu 3 yang bisa kamu terapkan di semua hp android seperti xiaomi, realme, vivo, oppo ataupun samsung.


4. Hapus Cache Pada Ponsel Android Xiaomi

Cara Menghapus Cache di HP Xiaomi

Cara mengatasi hp xiaomi tidak bisa internet ketika kita baru saja meng-update sistem operasi MIUI xiaomi milik anda tersebut, lakukan langkah - langkah sebagai berikut :

  1. Pertama - tama jalankan aplikasi
  2. Kemudian pilih fitur Cleaner, setelah itu pilih opsi Deep Clean.
  3. Jika proses sudah selesai, restart ponsel Anda lalu coba lagi koneksi internetnya.
  4. Apabila dari langkah tersebut hp xiaomi tersebut masih belum dapat mengakses internet, maka kali ini pilih opsi Wipe cache data.

5. Memperbaiki Pengaturan APN

Cara Setting APN di HP Xiaomi

Pastikan terlebih dahulu pengaturan APN kartu sim yang kamu gunakan dalam kondisi baik dl ya, gais. Perlu untuk kamu ketahui bahwa pengaturan APN yang tidak tepat akan membuat hp kalian tidak bisa digunakan untuk internetan meskipun kuota masih banyak.

Berikut cara setting pengaturan apn di hp xiaomi yang kalian gunakan :

  1. Langkah pertama masuk ke dalam menu Settings >> SIM cards & mobile networks.
  2. Lalu pilih SIM card pada bagian SIM Card Settings.
  3. Kemudian ketuk Access Point Names pada bagian Cellular Network. Pada bagian ini kita akan melihat daftar APN di bagian General dan MMS.
  4. Setelah itu pilih tombol Reset yang terdapat di bagian paling bawah.
  5. Langkah terakhir restart hp xiaomi tersebut lalu cek apakah koneksi Internetnya sudah kembali berjalan normal.

Selain 3 cara di atas, di bawah ini juga akan kami berikan solusi seputar jaringan internet hp xiaomi yang error.

Metode 3 : Sinyal 4G Tidak Muncul Di HP Xiaomi Redmi


Cara Mengatasi Data Seluler HP Xiaomi Tidak Muncul

Namun jika masalah tidak ada jaringan di hp xiaomi belum terselesaikan maka cobalah untuk melakukan reset jaringan xiaomi.

Tujuan mereset jaringan hp xiaomi kamu adalah untuk memancing agar bisa muncul sinyal 3G ataupun 4G. Ada 2 cara cara reset jaringan xiaomi :

Pertama menggunakan kode *#*#4636#*#* :

  1. Matikan ponsel, lalu lepaskan semua kartu SIM. Jika Anda memiliki dua kartu, gunakan kartu SIM yang memiliki paket data internet di slot SIM 1.
  2. Hidupkan kembali ponsel, lalu masukkan dial-up (Akses Internet) dengan menekan tombol *#*#4636#*#*.
  3. Kemudian pilih informasi telepon 1, lalu pilih mode Hanya CDMA. Tunggu sebentar hingga jaringan atau sinyal hilang (Tidak ada layanan).
  4. Langkah selanjutnya adalah pergi ke Pengaturan > kartu SIM dan jaringan seluler > SIM 1. Pilih dan ubah jaringan yang dipilih ke Global.
  5. Setelah melakukan langkah-langkah ini, sinyal 4G akan muncul kembali secara otomatis.

Kedua atur jaringan di LTE ONLY :

  1. Pada keypad telepon, ketik *#*#4636#*#* untuk mengakses dial-up (akses Internet).
  2. Kemudian pilih Info Telepon 1 untuk melihat informasi telepon yang terkait dengan penggunaan jaringan.
  3. Kemudian pilih dan ubah "Setel Jenis Jaringan Pilihan" menjadi LTE ONLY.
  4. Setel ulang data seluler, lalu nyalakan lagi.
  5. Selesai!

2 cara memperbaiki jaringan di hp xiaomi di atas cukup ampuh untuk memunculkan sinyal 4G HP Xiaomi yang sering tidak muncul.

misalnya saja seperti video berikut ini :


baca juga : 9 Cara Mengatasi Katu SIM Tidak Ada Layanan Di HP Xiaomi

Metode 4 : Xiaomi Tidak Bisa Internet Karena Sinyal HP Lemah


Seperti yang sudah saya bahas pada postingan sebelumnya mengenai sinyal hp xiaomi sering hilang padahal dengan kartu sim yang sama koneksi internet pada smartphone android lainnya sangat lancar.

Penyebab utama dari sinyal hp android hilang timbul ataupun jaringan seluler tidak muncul ini berasal dari awal pembelian ponsel android xiaomi seperti yang sudah kita bahas diatas.

Cara Flash  Ulang ke ROM Stable HP Xiaomi

Sebenarnya data seluler tidak muncul padahal sudah diaktifkan yang membuat sinyal hp xiaomi selalu e dan tidak mau 4G adalah terlalu banyak bugs yang terdapat pada sistem karena hp xiaomi yang kita beli menggunakan ROM abal - abal.

Untuk mengatasi masalah hp xiaomi redmi 3 pro tersebut diperlukan sebuah langkah flash ulang ke ROM stable.

Metode 5 : Data Seluler Mati Sendiri Di HP Xiaomi


Salah satu penyebab hp xiaomi tidak bisa lancar internetan lainnya dapat disebabkan karena data seluler sering mati sendiri saat layar terkunci.

Akibatnya : pesan whatsapp baru bisa masuk setelah kamu buka aplikasi wa tersebut.

Supaya data seluler bisa aktif terus walaupun layar hp terkunci, kamu bisa mematikan baterai saver hp xiaomi atau dengan cara :

  1. Masuk ke aplikasi Keamanan.
  2. Kemudian pilih konsumsi Baterai.
  3. Lalu klik logo Gear kanan atas.
  4. Setelah itu pilih > Matikan data seluler saat perangkat terkunci.
    cara mengatasi data seluler mati saat layar terkunci

Mungkin bagi kamu yang memiliki smartphone android xiaomi redmi yang sudah support jaringan 4G akan mulai bingung ketika anda ingin mengakses internet secara stabil pada signal atau sinyal 3G maupun 4G saja.

Kamu bisa melihat postingan saya sebelumnya mengenai :

Metode 6 : HP Xiaomi Tidak Bisa Install Aplikasi Dari Playstore


Pada awal kemunculan hp android besutan cina ini, tidak sedikit para pengguna xiaomi tersebut yang mengeluhkan akan masalah hp xiaomi tidak bisa masuk playstore maupun tidak bisa install aplikasi playstore android.


xiaomi tidak bisa internet

Oleh karena itu dilakukan beberapa langkah dibawah ini untuk mengatasi masalah hp android xiaomi redmi tersebut, diantaranya :

  1. Pertama - tama hapus akun google kita dengan cara masuk ke Settings >> Accounts >> Select Google >> Remove account / Delete account.
  2. Setelah itu clear cache Google Play Store dan google Services Framework dengan cara masuk ke Settings >> Apps >> All >> Google Play Store dan pilih Clear cache dan Uninstall updates.
  3. Kemudian masuk ke Setting >> All >> Download Manager >> Clear Cache and Data.
  4. Langkah selanjutnya masuk lagi ke menu Settings >> All >> Google Services Framework >> Clear Cache and Data.
  5. Langkah terakhir buat akun gmail lagi dengan cara Settings >> Accounts >> Google >> add Account >> Enter your Credentials.
  6. Disarankan membuat akun gmail baru, lalu remove setelah itu pasang aku gmail lama kita.

Penutup

Demikian artikel kami kali ini yang baru saja kita bahas tentang cara mengatasi internet error sehingga data seluler tidak muncul di hp xiaomi.

Semoga artikel kami kali ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua khususnya para pengguna hp android xiaomi redmi 4G. Sekian dan terima kasih ..

Situs ini juga direkomendasikan di Channel Youtube. Open chat lewat Whatsapp !

Tips android menarik lainnya :

Powered by Blogger.