Cara Mengatasi OTG Tidak Terdeteksi Di Hp Xiaomi

USB OTG Tidak Berfungsi - Bagaimana cara mengatasi usb otg tidak terdeteksi di hp xiaomi ? Tentu kita sudah mengenal akan keluaran hp xiaomi terbaru seperti xiaomi mi5, xiaomi mi4, xiaomi redmi note 4, xiaomi redmi note 3 maupun xiaomi redmi terbaru lainnya. Ponsel android terbaru dari tersebut memiliki banyak akan keunggulan yang salah satunya adalah terdapatnya kapasitas ROM dan RAM yang besar. Akan tetapi dari keunggulannya tersebut, hp xiaomi tidak memberikan fasilitas penyimpanan memori eksternal dan diganti dengan adanya support usb otg di hp xiaomi untuk menyimpan beberapa file pada flashdisk. Lalu bagaimana cara memperbaiki usb otg tidak terbaca pada hp android xiaomi tersebut ?

Seiring berjalannya waktu, banyak pengguna smartphone android xiaomi yang mengeluhkan akan masalah otg tidak berfungsi di ponsel android yang mereka miliki itu. Sering FD (Flash Disk) tidak terbaca di xiaomi redmi yang mereka gunakan ketika dihubungkan dengan kabel OTG. Sudah dicoba berulang kali untuk menghubungkan kabel usb otg dan mengikut perintah format FD namun malah muncul notifikasi "external media is in an unknown state" yang menandakan flashdisk otg tidak terdeteksi pada xiaomi redmi note yang mereka gunakan. Meskipun xiaomi redmi terbaru memiliki kapasitas penyimpanan ruang yang besar namun jika masalah otg tidak berfungsi di android ini kita biarkan tentu akan berpengaruh untuk kedepannya.

Tidak perlu kita ragukan lagi akan keunggulan smartphone android xiaomi terbaru sekarang ini namun jika pada xiaomi redmi paling anyar tersebut mengalami masalah gagal mendeteksi media penyimpanan portable (flashdisk) tertentu meskipun telah mendukung fitur USB on the go (USB OTG) segeralah untuk memperbaikinya sebelum muncul peringatan sdCard damage. Oleh karena itu Smartphone Solution kali ini akan mencoba berbagi tips untuk mengatasi usb otg tidak berfungsi di hp xiaomi redmi note 3. Meskipun solusi kabel usb otg yang tidak bisa konek ke hp android dibawah ini kami lakukan pada xiaomi redmi note 3 namun juga pernah dicoba pada xiaomi redmi 1s dan memberikan hasil yang positif. Apapun tipe xiaomi yang anda miliki, dibawah ini adalah ulasan secara umum untuk mengatasi usb otg tidak terbaca di android agar semua tipe hp android xiaomi dapat mencoba untuk mengaplikasikannya.

Cara Mengatasi OTG Tidak Terdeteksi Di Hp Xiaomi


cara mengatasi otg tidak terdeteksi di hp xiaomi

Sebelum kita mulai membahas masalah flashdisk otg yang tidak muncul di hp xiaomi meskipun sudah mencoba menyambungkan kabel data tersebut berulang kali dan mengkoneksikan dengan PC maupun laptop namun hasilnya masih tetap tidak bisa terdeteksi alangkah lebih baiknya jika kita mengetahui kenapa otg tidak berfungsi pada smartphone android yang kita miliki itu. Beberapa hal yang menjadi faktor penyebab otg sandisk tidak terbaca di android xiaomi diantaranya, adalah :

  • Kurangnya pengetahuan akan cara menggunakan otg di xiaomi redmi note 3.
  • Flashdisk, kabel data ataupun usb otg adapter mengalami masalah.
  • Cache yang belum sempurna hilang dari bekas rom sebelumnya.

Berdasarkan pengalaman kami yang pernah mengalami FD tidak muncul di xiaomi redmi note 3 ketika kita mencoba menyambungkan via usb otg, langkah pertama yang kami lakukan adalah dengan memastikan flashdisk, kabel otg dan hp xiaomi dalam keadaan baik melalui koneksi dengan laptop / PC. Jika kita menyambungkan FD maupun hp menggunakan kabel otg di laptop dan hasilnya semua data dapat terbaca itu artinya kabel otg, hp dan flashdisk dalam keadaan baik. Namun jika kita mengkoneksikan FD di hp xiaomi via kabel usb otg dan hasilnya flashdisk tidak terdeteksi maka ada suatu masalah yang terjadi di perangkat android yang kita miliki.

Disini kami memiliki 2 cara memperbaiki otg tidak bisa konek pada xiaomi setelah update ke versi Resmi Global Stable yang sebelumnya menggunakan ROM distributor masih baik - baik saja. Mari langsung saja kita lihat ulasan selengkapnya dibawah ini :

Solusi otg tidak terbaca di xiaomi redmi note 3

cara mengatasi kabel usb otg tidak terbaca di hp xiaomi

Cara Pertama (menggunakan OS Windows 10)

  1. Sambungkan Flashdisk OTG terlebih dahulu pada perangkat komputer maupun laptop, karena kita akan melakukan format data alangkah lebih baiknya jika terlebih dahulu kita melakukan backup data.
  2. Masuk ke "File Explore" kemudian cari "Drive Flashdisk OTG" yang sebelumnya tidak terdeteksi di hp android xiaomi
  3. Kemudian klik kanan pada mouse atau Touchpad, lalu akan muncul jendela Format pada "File Sistem"
  4. Langkah berikutnya gunakan FAT32 dan untuk "allocation unit size" jadikan 32 kilobytes karena sebenarnya di allocation unit size inilah yang membuat USB-OTG hanya terdeteksi saja namun tidak dapat membuka file dengan semestinya. 

baca juga :

Cara Kedua (menggunakan Mini Partisi Tools)

Mini partisi tool ini digunakan bagi anda yang menggunakan Windows XP karena pada windows xp opsi allocation unit size ini tidak dapat temukan. Bahan - bahan yang diperlukan diantaranya :

  • Minitool Patition Wizzard HE (official) bisa kita dapatkan melalui >> https://redmi1stutorial.blogspot.com/p/download.html?url=http://www.minitool.com/partition-manager.html
  • Minitool Partition Wizzard PE (link lain) bisa kita dapatkan melalui >> https://redmi1stutorial.blogspot.com/p/download.html?url=http://knoacc.blogspot.com/2012/11/minitool-partition-wizard-7.html
  • Minitool Partition Wizzard SE (direct) bisa kita dapatkan melalui >> https://redmi1stutorial.blogspot.com/p/download.html?url=https://www.dropbox.com/s/z8zb7m221u01xrm/Minitool%20Partition%20Wizard%207.1%20Server.rar

Langkah - langkahnya :

  1. Setelah kita mendownload tool tersebut jangan lupa melakukan instalasi terlebih dahulu, setelah selesai dan kita menjalankan tool ini klik "Mini  Tool Partitions Wizard free" tunggu beberapa saat.
  2. Kemudian lihat pada jendela tool tersebut karena biasanya drive flashdisk berada pada "Disk 2" klik dan lihat sebelah kiri pada kolom deretan menu tool tersebut dan klik "Format Partition" nanti akan muncul jendela baru.
  3. Pada "file sistem" gunakan FAT32 dan "cluster size" jadikan 32 Kb sebenarnya cluster size itu sama seperti  allocation unit size setelah itu klik "Ok" dan "selesai"

Demikian cara memperbaiki usb otg yang tidak terdeteksi di hp android xiaomi sehingga membuat kita tidak dapat menyimpan berbagai file pada flashdisk. Semoga tutorial diatas dapat memberikan manfaat untuk kita semua, jika terdapat kesalahan dalam penulisan artikel ini mohon beritahu kami pada kolom komentar. Partisipasi anda semua akan sangat berguna untuk kami, sekian dan terima kasih ..

0 komentar

Post a Comment

Powered by Blogger.