November 03, 2019

TANPA BONGKAR ! Menghilangkan Titik Hitam Di Layar LED HP Android




Layar Android Muncul Bercak Hitam - Bagaimana cara mengatasi layar lcd hp android muncul titik hitam ?

Perlu untuk kalian ketahui bahwa munculnya bercak hitam di touchscreen hp android sering kali terjadi pada layar ponsel dengan tipe LED, misalnya saja seperti amoled, oled dan juga super amoled.

Namun sebagai pengguna ponsel android, tentu noda hitam yang ada pada lcd hp android pasti akan sangat mengganggu aktivitas keseharian kita.

Oleh karena itu kita perlu segera memperbaiki masalah titik hitam di touchscreen android sebelum berdampak pada sensitif layar hp kamu.

Dan pada kesempatan kali ini Smartphone Solution akan mencoba berbagi tips untuk menghilangkan bintik hitam di layar hp android. 

Cara Menghilangkan Titik Hitam Di Layar Handphone / Tablet Android

cara menghilangkan bintik hitam di layar hp android

Namun sebelum kita mencoba untuk menghapus noda hitam yang ada pada layar ponsel maupun tablet, kita harus mengetahui terlebih dahulu penyebab LCD HP muncul bercak hitam pada android yang anda miliki.

Hal ini dikarenakan untuk menghilangkan bintik hitam belum tentu bisa di atasi dengan melakukan kalibrasi touchscreen hp android.

Penyebab Bintik Hitam di Sebagian Layar HP Android


Biasanya faktor yang menjadi penyebab touchscreen android ada titik hitam adalah karena LCD hp android bocor, baca juga : cara mengatasi layar sentuh android mati sebagian.

Akan tetapi selain lcd bocor pada android faktor seperti akibat benturan, umur pakai touchscreen dan juga layar yang sudah retak dapat mengakibatkan titik atau noda hitam muncul pada layar sentuh ponsel android.

Ciri - Ciri LCD Bocor Pada HP Android

  • Bercak putih tampak samar di layar hp
  • Bintik - bintik hitam
  • Bercak hitam kecil seperti tinta bolpoin
  • Ada bundaran seperti tompel di layar hp

Yang perlu ditekankan disini adalah sebelum kita akan mencoba untuk menghilangkan tompel di lcd perhatikan tingkat noda yang ada.

Hal ini dikarenakan ciri - ciri lcd hp android yang bocor adalah adanya noda hitam bercampur garis - garis berwarna biru atau ungu dimana semakin besar bercak hitam akan membuat layar hp tidak bisa disentuh.

Dan cara kami di bawah ini merupakan cara menghilangkan noda hitam di layar lcd hp android dengan tingkat kerusakan yang ringan.

Berikut langkah - langkah untuk menghilangkan bercak hitam pada layar sentuh smartphone android, diantaranya :

Cara Memperbaiki Tanda Hitam di Layar Sentuh Android


Pada dasarnya bintik atau titik - titik hitam yang muncul pada layar hp android diakibatkan karena adanya kebocoran pada LCD hp android.

Yang mana noda hitam berupa lingkaran pada layar sentuh hp berasal dari udara masuk pada cairan di dalam layar tersebut.

Agar lebih jelas mari langsung saja kita lihat langkah - langkah untuk memperbaiki tanda hitam di lcd hp android secara lengkapnya dibawah ini.

Cara Mengatasi Noda Hitam Karena Kebocoran Pada LCD HP Android 


  1. Langkah pertama untuk menghapus bintik hitam pada layar android adalah dengan mematikan ponsel atau smartphone tersebut lalu kemudian buka casingnya.
  2. Setelah itu lepas baterai, SIM Card, dan juga kartu memori yang ada dalamnya.
  3. Langkah selanjutnya dalam memperbaiki touchscreen hp android muncul bercak hitam adalah dengan memasukkan ponsel android ke dalam wadah plastik bening dan tutup rapat. Namun sebelum itu pastikan tidak ada kebocoran pada plastik yang telah kita persiapkan tersebut.
  4. Kemudian masukkan handphone android yang anda miliki ke dalam kulkas pada ruang freezer (bagian paling atas pada lemari es) 
  5. Diamkan ponsel android tersebut selama kurang lebih 6 sampai 8 jam. Setelah waktu tercapai keluarkan smarphone android dengan bintik hitam pada bagian layar tersebut dari freezer.
  6. Setelah dikeluarkan, buka plastik pembungkusnya dan diamkan agar suhu menjadi normal sambil dilap
  7. Untuk mempercepat proses pengeringan, dapat kita lakukan dengan cara menaruh ponsel android tersebut didepan kipas angin atau mengeringkan dengan menggunakan hair driyer. 
  8. Pastikan smartphone sudah dalam kondisi benar - benar kering dan tidak muncul embun baru kita pasangkan kembali baterai, kartu SIM, dan juga memori card kemudian nyalakan ponsel anda.
  9. Jika kondisi kerusakan atau kebocoran belum begitu parah maka bintik hitam akan benar - benar hilang. Akan tetapi jika sudah kondisi kerusakan ponsel memarng parah, biasanya setelah melakukan langkah diatas hanya dapat mengurangi bercak saja namun tidak bisa hilang sepenuhnya.

Agar hp android yang kalian miliki terhindar dari masalah layar hp berbayang, maka alangkah lebih baiknya lakukan 2 hal di bawah ini :

  • Hindari penggunaan smartphone android ketika sedang dicas / dicharge
  • Hentikan sejenak jika ponsel android yang kita miliki tersebut terlalu panas karena sering digunakan untuk ngegame ataupun browsing

baca juga : Cara Mengatasi Layar Sentuh Bergerak Sendiri Pada HP Android

Demikian pertemuan kali ini yang membahas tentang cara menghilangkan noda hitam di lcd hp android yang dapat kami sampaikan.

Semoga postingan kami di atas dapat memberikan manfaat untuk kita semua dalam melakukan perawatan pada layar hp android dari noda, kotoran ataupun bercak air di layar hp android. Sekian dan terima kasih ..

Situs ini juga direkomendasikan di Channel Youtube. Open chat lewat Whatsapp !

Tips android menarik lainnya :

Powered by Blogger.