February 21, 2019

Solusi Layanan Google Play Terhenti Selalu Muncul Di Hp Android OPPO




Playstore hp android error - Bagaimana cara mengatasi notifikasi layanan google play terhenti selalu muncul di hp oppo ? Tentu sebagai pengguna smartphone android kita pernah mengalami masalah google play android error yang selalu menampilkan pemberitahuan "sayangnya proses com android phone telah berhenti" pada layar hp android. Masalah google play store terhenti ini sebenarnya tidak hanya terjadi pada hp android oppo saja melainkan juga terjadi di ponsel android seperti xiaomi, vivo, advan, smartfren, lenovo, sony, maupun handphone android sekelas samsung. Pada dasarnya play store hp android tidak bisa dibuka tersebut akan sering terjadi pada ponsel maupun tablet android yang tidak memiliki cukup ROM atau RAM di dalamnya.

Seringnya muncul pesan seperti "Unfortunately Google Play Store Has Stopped", "Google Play Store Has Been Stopped" atau "Sayangnya Google Play Store Telah Berhenti" yang pada intinya membuat google play berhenti secara tiba - tiba tentu menjadi keluhan para pengguna hp android selama ini. Dan untuk memperbaiki playstore android yang error / rusak tersebut mereka tanpa pikir panjang selalu melakukan hard reset yang mana cara tersebut adalah langkah terakhir ketika semua cara sudah tidak bisa dilakukan lagi. Lantas adakah cara mengatasi layanan google play terhenti tanpa harus melakukan factory reset atau hard reset tersebut ? Saran kami, lakukan metode reset ke pengaturan awal hp android tersebut di akhir semua langkah yang telah kita lakukan sebab cara tersebut akan menghapus semua data yang ada di dalam ponsel android yang kita miliki.

baca juga :

Oleh karena itu kami Smartphone Solution akan mencoba membagikan tips ketika kita menghadapi masalah "sayangnya google playstore telah berhenti" tersebut. Disini akan kami sampaikan langkah termudah untuk mengatasi google play android yang error tidak bisa dibuka tersebut yang dapat kita lakukan sendiri tanpa harus membawanya ke service center terdekat. Dan cara memperbaiki google play store yang tidak bisa dibuka ini kami lakukan menggunakan hp android merk oppo smartphone, mari kita simak ulasan selengkapnya di bawah ini.



Solusi Layanan Google Play Terhenti Selalu Muncul Di Hp Android OPPO



layanan google play terhenti selalu muncul


Sebenarnya penyebab kenapa google play store terhenti yang mengakibatkan hp android tidak bisa masuk ke playstore maupun tidak bisa memperbarui dan mengunduh aplikasi salah satunya adalah cache yang sudah menumpuk dan belum pernah dibersihkan sama sekali. Untuk membantu sistem agar dapat memuat segala sesuatu lebih cepat memang tidak lain adalah fungsi dari cache sebagai file sementara. Namun dalam jangka waktu lama, kerusakan dapat terjadi pada file sementara tersebut dan mengakibatkan error pada sistem smartphone android.

Maka dari itu pada ponsel android keluaran terbaru saat ini sudah disematkan fitur pembersih file sementara tersebut secara otomatis. Lalu jika anda menjumpai pemberitahuan sayangnya google play store telah berhenti solusinya adalah sebagai berikut :

Cara Mengatasi Google Play Store Terhenti di HP OPPO Smartphone


1. Paksa berhenti semua layanan google play


Cara pertama untuk mengatasi layanan google play selalu muncul pada layar hp android kita adalah :
  • Masuk ke Pengaturan atau setting lalu kemudian ke bagian kelola apl, pada bagian kelola apl terdapat banyak versi yang tergantung dari hp android milik kita.
  • Setelah itu silahkan pergi ke tab menjalankan.
    layanan google play terhenti selalu muncul
  • Atau kalo ga ada cari tab yang namanya Proses pokoknya tab itu ada daftar kumpulan aplikasi yang sedang berjalan. Lalu klik satu persatu yang ada tulisannya google play atau yang ada hubungannya sama google. 
    layanan google play terhenti selalu muncul
  • Jika sudah nanti akan muncul gambar yang serupa seperti diatas, kemudian silakan klik berhenti satu persatu sampai di tab Proses atau Menjalankan tadi hilang semua yang ada hubungannya sama google play.

2. Hapus data aplikasi google play store


Langkah berikutnya jika cara diatas belum dapat menyelesaikan masalah sayangnya proses com.google.process.gapps telah berhenti, maka langkah yang dapat kita lakukan selanjutnya adalah :

1. Tap Settings >> Apps >> All >> kemudian cari aplikasi Google Play Store.
layanan google play terhenti selalu muncul
  • Tap Uninstall Update bertujuan untuk mengembalikan ke versi sebelumnya.
  • Tap Force Stop kemudian tap Clear Data dan Clear Cache. Tujuannya untuk menghentikan paksa dan menghapus data serta cache yang ada didalam aplikasi play store.

2. Masih pada tampilan All, langkah selanjutnya yang perlu untuk kita lakukan adalah pilih aplikasi Google Play Service kemudian tap Clear Cache.

3.  Update Google Play Store Ke Versi Terbaru


Untuk membuat bugs atau kerusakan tertentu dapat hilang perlu dilakukannya pembaharuan aplikasi. Oleh karena itu setelah kita melakukan update secara otomatis semua file Google Play Store akan diperbaiki. Namun jika cara tersebut belum dapat menyelesaikan masalah maka tidak ada salahnya kita coba cara mengatasi google play error selanjutnya.

4. Uninstall dan Install Google Play Store


Sebenarnya solusi terbaik yang dapat untuk mengatasi masalah layanan google play telah berhenti kirim data pada semua tipe hp android dan tidak hanya pada oppo smartphone adalah dengan melakukan menghapus lalu mengganti dengan aplikasi yang baru. Namun sebelumnya kita harus mempersiapkan Aplikasi Google Play Store format Apk untuk di install. Berikut cara uninstall Google Play Store dengan mudah, adalah :
  • Buka menu Pengaturan >> Setelan Tambahan >> Manajemen Aplikasi >> Cari "Google Play Store" >> Kemudian tap "Hapus Instalasi".

5.  Matikan Android, Cabut Baterai Dan SIM Card


Setelah melakukan semua cara diatas maka hal yang perlu untuk kita lakukan ketika layanan google play service terhenti adalah dengan cara sebagai berikut :
  • Pertama matikan HP Android, Mencabut Baterai, Mencopot SIM Card dan SD Card
  • Setelah itu biarkan selama beberapa saat supaya daya baterai tidak masuk ke Android
  • Kemudian nyalakan kembali Android anda, lalu coba buka Google Play Store dan semoga nantinya dapat normal kembali

Dengan melakukan restart hp android oppo tersebut, kita juga dapat mengatasi masalah software lainnya seperti Pengingat Memori di HP OPPO Yang Selalu Muncul.

6. Hubungi Kami


Langkah terakhir untuk mengatasi playstore android error dimana notifikasi layanan google play terhenti selalu muncul pada layar hp android yang kita miliki adalah dengan masuk ke Pusat Bantuan Google Play. Disana kita bisa klik di "Hubungi Kami" pada kanan atas layar, disana kita dapat menyampaikan masalah Google Play secara langsung via telepon (gratis) dengan tim dukungan Google Play (Senin - Jumat jam kerja). Jangan lupa untuk memberitahukan :
  • Versi Layanan Google Play (Setelan > Aplikasi >Semua > Layanan Google Play) akan terlihat contoh seperti versi 7.8.99.
  • Jenis dan tipe hp

Demikian tips jika kita menjumpai pesan "sayangnya google playstore telah berhenti" tiba - tiba muncul tanpa harus melakukan hard reset maupun flashing. Cara diatas dapat kita coba pada semua merek ponsel android yang kita miliki meskipun langkah - langkah diatas kami lakukan menggunakan hp android oppo. Semoga cara tersebut dapat memberikan manfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih ..

Situs ini juga direkomendasikan di Channel Youtube. Open chat lewat Whatsapp !

Tips android menarik lainnya :

Powered by Blogger.