April 04, 2018

Cara Membuat Sinyal 3G Menjadi 4G Sendiri Di Hp Android - Paling Terbaru




Membuat jaringan 4g sendiri - Bagaimana cara membuat jaringan 4G sendiri pada sebuah hp android yang masih berada dalam jaringan 3G / HSDPA ? Sekarang ini kita tidak perlu berpikir pusing lagi akan cara mengubah jaringan 3g ke 4g karena semakin berkembangnya kemajuan teknologi pada sebuah smartphone android membuat kita lebih mudah untuk mengaktifkan jaringan 4g di hp android tersebut. Maraknya penjualan kartu perdana 4g dengan harga murah seperti indosat, telkomsel, xl maupun penyedia jaringan lainnya membuat para vendor ponsel android meluncurkan produk - produk ponsel android dengan sinyal 4G LTE dengan harga yang cukup terjangkau. Dengan harapan para pengguna hp android yang masih menggunakan sinyal 3G / H+ / HSDPA maupun Edvo mulai beralih pada ponsel android 4G terbaru yang mereka produksi.

Tentu sudah tidak menjadi pemandangan yang asing lagi jika kita melihat kartu perdana 4g yang semakin banyak pilihannya karena sekarang ini bukan cuma telkomsel dan indosat saja yang menyediakan jaringan 4g namun sudah hampir semua operator jaringan seperti Three (3), Axis / XL, smartfren dan masih banyak lagi lainnya yang sudah menyediakan sinyal 4g tersebut. Namun terkadang bagi para pengguna hp android yang masih mendukung sinyal 3g / H+, terlintas pikiran apakah paket 4g bisa dipakai di 3g. Lalu bagaimana cara merubah jaringan 3g ke 4g bagi mereka yang menggunakan ponsel android yang sudah support jaringan 4G LTE ? Kuota 4g tetap akan dapat digunakan pada hape maupun tablet yang masih menggunakan sinyal 3g namun pada icon sinyal android yang muncul tetap jaringan 3G HSDPA / H+ karena smartphone yang kita gunakan belum mendukung akan jaringan 4G.

Kembali pada topik pembahasan awal dimana kita akan mengulas tentang cara setting hp android ke jaringan 3G/ HSDPA / 4G LTE. Pada kesempatan kali ini kami smartphone solution akan mencoba memberikan tips mengenai cara membuat hp 3g menjadi 4g karena kita ketahui bahwa sinyal 4g saat ini merupakan sebuah jaringan yang sangat cepat dan diidamkan bagi setiap pengguna internet. Bagi para pengguna hp android yang memiliki fitur jaringan 4g namun tidak mengetahui cara aktifkan 4g di handphone androidnya, artikel ini sangatlah direkomendasikan untuk anda. Untuk itu mari langsung saja kita mulai pembahasan mengenai cara mengaktifkan jaringan 4g di ponsel android yang sudah kami siapkan pada postingan di bawah ini.

Cara Membuat Sinyal 3G Menjadi 4G Sendiri Di Hp Android - Paling Terbaru

cara mengubah jaringan 3g ke 4g


Sebelum kita mulai pembahasn mengenai cara merubah jaringan Edge ke 3G / HSDPA / 4G LTE di android, ada beberapa point yang perlu kita ketahui agar kita tidak binggung ke depannya atau salah paham karena judul artikel ini. Berikut ini merupakan beberapa catatan sebelum kita menginginkan sebuah cara merubah icon sinyal 3g menjadi 4g di hp android, diantaranya adalah :

1. HP Android Yang Sudah Mendukung Sinyal 4G

Kita tidak akan dapat menikmati cepatnya berselancar di internet menggunakan jaringan 4g apabila hp android yang kita gunakan hanya mendukung sampai pada sinyal 3g saja. Namun jika masalah hp android tidak bisa mendapat sinyal 4g cuma gara - gara hp yang digunakan masih support jaringan 3g / h+, solusinya tidaklah sulit karena sekarang ini sudah banyak vendor android yang menjual hp android 4g dengan harga murah. (baca juga : 5 Hp Android Murah Harga Mulai 800rb-an)

2. Kartu SIM Dengan Kuota 4G

Sekarang ini sudah tidak sedikit para provider telekomunikasi yang menyediakan layanan 4G LTE di Indonesia selain itu mereka memberikan banyak pilihan kuota 4g dengan berbagai macam tipe yang dibandrol dengan harga murah. Untuk itu anda memiliki banyak pilihan akan kuota sinyal 4g mana yang hendak anda beli namun bagi anda yang tidak ingin terlalu sering menggonta - ganti kartu sim, anda dapat mendaftarkan sim card yang sedang digunakan pada pilihan kuota 4g yang menurut anda cocok. Akan tetapi jika kartu sim anda belum terdapat pilihan kuota 4g meskipun hp android anda sudah support jaringan lte maka anda perlu untuk mengupgrade kartu sim menjadi 4g pada grapari operator jaringan yang anda gunakan. Mungkin pada pertemuan selanjutnya kami akan mencoba memberikan cara upgrade sinyal 3g ke 4g yang kartu simnya masih 3g tanpa harus pergi ke grapari.

3. Tersedianya jaringan 4g pada lokasi

Point terpenting disini adalah ketersediaan jaringan 4g pada lokasi anda berada, jadi akan percuma jika hp android yang anda gunakan sudah support jaringan 4g dan kuota data juga sudah menggunakan data 4g namun tempat dimana anda koneksi internet jaringan 4g tidak bisa muncul. Oleh karena itu kita akan tetap tidak dapat merubah jaringan 3g menjadi 4g di hp android dengan cara apapun apabila lokasi tidak terkoneksi dengan sinyal 4g.


Kesimpulan

Agar dapat menikmati kecepatan internet di jaringan 4G LTE setidaknya kita harus memiliki 3 persyaratan yang telah kami sebutkan di atas. uSIM, smartphone dengan jaringan 4G serta berada pada area jangkauan jaringan 4G. Apabila salah satu diantara 3 hal tersebut tidak terpenuhi maka kita tidak akan mendapatkan jaringan 4G. Spesifikasi hp android hanya sampai dengan jaringan 3G tidak dapat di-upgrade karena ini soal hardware bukan software.


Setelah mengetahui beberapa hal yang menjadi penyebab sinyal 4g tidak dapat digunakan di hp android seperti yang sudah kami jelaskan di atas, mari langsung saja kita mulai pembahasan cara merubah jaringan 3g ke 4g. Saat kita akan merubah sinyal 3g menjadi 4g di hp android biasanya dalam proses ganti icon sinyal android menjadi 4g maka akan kehilangan sinyal beberapa menit, untuk itu anda tidak perlu mencemaskan hal tersebut.

Cara Merubah Icon Sinyal 3g Menjadi 4g Di Hp Android


1. Cara Setting Jaringan Android ke 3G/ HSDPA 4G LTE :
  1. Buka menu setting /pengaturan pada hp android anda
  2. Klik pada wireless and networks kemudian klik lagi pada more setting
  3. Kemudian anda pilih lagi pada menu mobile network lanjut pilih network mode
  4. Beri tanda ceklis di WCDMA Only atau WCDMA Prefffered atau juga 4G LTE, sesuai keinginan anda.
  5. Sekarang anda hanya perlu menunggu beberapa menit agar proses penyesuian sinyal selesai

2. Cara Lain Mengubah Sinyal HP Android ke 3G/ HSDPA 4G LTE Saja :
  • Pada dial atau mene telpon anda, sekarang anda ketikkan *#*#4636#*# 
  • Maka akan muncul sebuah  pop up menu yaitu “Testing”
  • Klik pada  phone information
  • Cari serta pilih ‘Set preferred network type’, selanjutnya pilih WCDMA Only atau 4G LTE Only

baca juga :


Demikian artikel kami kali ini mengenai cara merubah sinyal 3g ke 4g pada hp android. Semoga dengan adanya artikel kami kali ini dapat membantu juga teman - teman yang sudah memiliki ponsel berfiture 4G tetapi belum mengerti tentang cara mengaktifkan jaringan 4G di android yang dimilikinya, sekian dan terima kasih ..

Situs ini juga direkomendasikan di Channel Youtube. Open chat lewat Whatsapp !

Tips android menarik lainnya :

Powered by Blogger.