October 21, 2018

Cara Memperbaiki Layar Sentuh / Touchscreen Tidak Berfungsi Sebagian




Cek touchscreen android - Bagaimana cara memperbaiki touchscreen android yang tidak bisa berfungsi sebagian ? Yang dimaksudkan pada layar sentuh hp android tidak bisa berfungsi sebagian adalah kurang meresponnya touchscreen setelah kita sentuh pada bagian tertentu pada lcd layar hp / tablet android, sehingga kita sering mengalami kesulitan ketika sedang menuliskan pesan menggunakan ponsel android kita karena keypad android tidak berfungsi. Sudah sering pengguna Smartphone ataupun Tablet yang mempunyai ukuran layar yang cukup lebar, terkadang juga ada teman yang bilang kalau layar tablet android mirip mendoan. Mungkin sudah menjadi hal biasa jika setiap orang jaman sekarang hampir rata-rata memiliki handphone layar sentuh, maka tak heran juga jika banyak orang yang mengeluhkan tentang ponsel / tablet androidnya, seperti touchscreen error, layar sentuh tidak berfungsi sebagian dan sebagainya.

Touchscreen merupakan sebuah visual yang bisa mengetahui secara otomatis terhadap keberadaan sentuhan benda pada layar, dan biasanya menggunakan layar jenis CSTN TFT dan OLED. Dengan menggunakan teknologi canggih tersebut, akan membuat orang menjadi kagum dan bahkan lebih suka menggunakan handphone yang didukung touchscreen dari pada yang menggunakan keypad. Namun yang disayangkan kebanyakan dari mereka asal menggunakan layar sentuh touchscreen tanpa mengetahui cara merawat layar sentuh / touchscreen hp android sehingga mereka akan kebingungan ketika touchscreen tidak berfungsi pada ponsel android kesayangannya.

Memperbaiki HP layar sentuh yang tidak bisa disentuh memang bukan perkara mudah, meskipun demikian tetap ada solusi untuk memperbaikinya. Layar sentuh atau touchscreen yang rusak sering kali berbagai macam sebabnya, dapat karena terkena tekanan berat seperti terinjak, tertindih, bahkan layar sentuh handphone android tidak berfungsi karena terkena air sehingga menyebabkan fungsi menjadi tidak normal bahkan beberapa ada yang menjadi tidak berfungsi sampai menjadi error. Lalu solusi sebagai cara memperbaiki hp layar sentuh yang tidak bisa disentuh ?

Sebelum anda mengetahui cara memperbaiki layar sentuh tidak merespon, perlu anda ketahui bahwa layar sentuh pada sebuah ponsel biasanya terdiri dari dua lapisan yaitu lapisan pelindung dan lapisan dalam. Sering kali apabila anda melihat pada bagian luar terlihat pecah atau retak anda langsung berpikiran bahwa layar rusak total, padahal belum tentu juga bagian dalamnya ikut rusak dan mungkin masih dapat digunakan. Oleh karena itu simak tips kami kali ini yang mengulas tentang cara memperbaiki layar sentuh tidak berfungsi sebagian pada hp android ataupun tablet.

Cara Memperbaiki Layar Sentuh / Touchscreen Tidak Berfungsi Sebagian


cara memperbaiki hp layar sentuh yang tidak bisa disentuh

Berikut ini beberapa cara memperbaiki touchscreen pada smartphone maupun tablet :

  1. Pada ponsel android apabila layar sentuh tidak pecah hanya lambat merespon, cobalah anda masuk ke pengaturan – display – kemudian anda pilih kalibrasi, kemudian layar secara otomatis akan blank putih, itu tanda ponsel anda sedang melakukan kalibrasi, lalu klik layar yang blank putih tersebut, kemudian ikuti langkah yang terdapat pada setingan tersebut hingga kalibrasi selesai. Biasanya respon pada layar sentuh anda akan kembali normal seperti semula.
  2. Pada ponsel android Jika layar sentuh tidak dapat di gerakkan sama sekali, cobalah anda lakukan factory reset / hard reset dengan menekan tombol power dan volume down secara bersamaan, kemudian akan muncul perintah geser ke menu factory reset menggunakan tombol volume up atau down dan pilih menggunakan tombol power. Setelah itu anda tinggal menunggu hingga proses reset ulang selesai, dan anda bisa menggunakan layar sentuh anda lagi dengan normal. baca juga : Cara Mengatasi Finger Print HP Xiaomi Tidak Berfungsi
  3. Cara terakhir apa bila kedua cara diatas tidak dapat berjalan dengan baik, satu – satunya langkah adalah dengan mengganti komponen touchscreen yang sesuai tipe ponsel anda. Dengan begitu secara otomatis fungsi layar sentuh ponsel anda akan kembali normal.

baca juga :

Demikian artikel yang membahas mengenai beberapa cara memperbaiki HP layar sentuh yang error. Semoga postingan kami kali ini dapat berfungsi pada ponsel android anda yang sedang mengalami masalah sehingga artikel ini bisa bermanfaat untuk orang lain. Sekian dan terima kasih ..

Situs ini juga direkomendasikan di Channel Youtube. Open chat lewat Whatsapp !

Tips android menarik lainnya :

Powered by Blogger.