April 13, 2022

(UPDATE : HP Tidak Getar) Cara Memperbaiki Vibrate HP Android Tidak Berfungsi




Getar HP Mati - Bagaimana cara mengatasi hp android yang tidak bisa bergetar sama sekali ? Banyak pengguna handphone yang tentu pernah mengalami fitur getar hp tidak berfungsi saat mendapatkan notifikasi pesan masuk, telepon masuk ataupun pemberitahuan terbaru dari aplikasi media sosial dan game pada perangkat android yang dimilikinya.

Hal ini dikarenakan para pengguna android jarang mengaktifkan fungsi getar di ponsel mereka sehingga jika ponsel tiba - tiba tidak bisa bergetar tentu tidak akan disadari.

Meskipun kita bisa mengetahui adanya notifikasi pesan masuk, panggilan masuk maupun notifikasi dari aplikasi lainnya dengan memperbesar volume dering hp, tidakkah anda ingin mengetahui cara mengembalikan getar hp yang hilang tersebut ?

Memang tidak ada ruginya jika kita mengetahui cara memperbaiki getar hp tidak bisa aktif meskipun kedepannya kita jarang mengaktifkan fitur getar di handphone kita.

Maka dari itu pada kali ini kami Smartphone Solution akan membahas mengenai cara mengatasi vibrate hp tidak berfungsi yang perbaikannya kita fokuskan pada vibrate hp ataupun tablet android.

Cara Mengatasi Getar HP Android Mati Dan Tidak Berfungsi Sama Sekali

cara mengembalikan getar hp yang hilang

Penyebab HP Tidak Bisa Bergetar


Penyebab hp tidak bergetar merupakan langkah awal yang harus kita ketahui sebelum memulai untuk mengatasi vibrate hp android yang rusak. Alasan kenapa getar tidak berfungsi di hp android terbagi menjadi 2, yaitu :

1. Fitur Getar Tidak Aktif

Dalam kondisi dimana kita tidak diperkenankan untuk memperbesar volume dering hp, misalnya saja seperti saat Meeting, Belajar, dan di tempat - tempat tertentu biasanya kita akan menonaktifkan volume dering dan fitur getar smartphone.

Namun setelah semua itu berlalu sering kali kita lupa untuk menghidupkannya kembali sehingga terkesan hp tidak bisa bergetar ketika ada pemberitahuan yang masuk.

baca juga :

2. Root dan Custom ROM

Perlu untuk kita ketahui bahwa tidak dipungkiri akses root akan selalu berdampak baik, terkadang kerusakan sofware tidak dapat kita hindari salah satunya adalah hp tidak bisa getar.

Disamping itu errornya pada beberapa aplikasi seperti ngehang, macet dan tidak berfungsinya salah satu fitur smartphone (getar hp mati) disebabkan oleh Custom ROM yang gagal.

Oleh karena itu supaya getar hp bisa berfungsi kembali di perangkat android yang kita miliki, kami akan memberikan solusinya pada beberapa langkah di bawah ini.

Cara Mengembalikan Getar HP Yang Hilang Pada Perangkat Android


Pastikan Fitur Getar Dalam Kondisi Aktif

Langkah pertama yang perlu untuk kita lakukan adalah dengan memastikan bahwa kita sudah Mengaktifkan Getar Pada Android. Untuk mengecek fitur getar yang tidak berfungsi di hp android tersebut dapat kita lakukan dengan beberapa langkah berikut ini :

Cara Mengaktfikan Fitur Getar di HP Android
  1. Buka Menu Pengaturan dan cari menu Pemberitahuan dan Bilah Status
    pemberitahuan dan bilah status hp oppo
  2. Kemudian masuk pada Kelola Pemberitahuan
  3. Setelah itu pastikan Suara dan Getar Pemberitahuan telah aktif

baca juga : Penyebab Suara HP Tidak Keluar

Bersihkan File Cache HP Android

Membersihkan file sampah pada hp android merupakan salah satu cara untuk mengatasi hp tidak bisa getar selanjutnya. Untuk membersihkan berkas sampah tersebut kita dapat menggunakan Aplikasi Cleaner yang bisa diunduh secara gratis pada Google Play Store.

Saran kami untuk menginstal Aplikasi Cleaner tersebut, carilah aplikasi pembersih file sampah yang ringan di hp android seperti Clean Master, CCleaner, 1 Tap Cleaner, atau CM Booster.

baca juga : 8 Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Tidak Cukup Di HP OPPO

Restart Smartphone Android

Untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal, alangkah lebih baiknya jika kita menghidupkan ulang hp android setelah membersihkan file cache menggunakan aplikasi - aplikasi di atas.

Namun pada saat anda mematikan daya ponsel, diamkan beberapa saat terlebih dahulu dan jangan lupa untuk melepaskan baterai, SIM Card, dan SD Card. Setelah itu cobalah untuk menghidupkan ulang hp android tersebut.

Fungsi dari Boot Ulang HP Android kali ini adalah agar kondisi smartphone menjadi lebih fresh sehingga dapat terhindar dari error seperti getar android tidak berfungsi.

Memperbarui OS Android

Apabila dengan beberapa langkah di atas kita masih belum bisa mengembalikan getar hp android yang hilang maka periksa pembaruan sistem di hp android yang kita miliki tersebut. Update OS Android apabila memang terdapat OS Android terbaru.

Tujuan Pembaruan Sistem Android adalah menghilangkan bugs dan kerusakan di hp android serta memperbaiki beberapa aplikasi bawaan yang error, salah satunya getar hp yang mati. Berikut beberapa langkah untuk memperbarui sistem operasi di hp android yang kita miliki, diantaranya :

Cara Update OS HP Android
  • Buka menu Pengaturan >> Pembaruan Sistem, apabila pada bagian tersebut terdapat pemberitahuan untuk memperbarui maka segera lakukan pembaharuan.

Factory Reset

Perlu untuk kita ketahui bahwa fungsi dari factory reset pada hp android adalah untuk mengatasi kerusakan sistem yang diakibatkan dari errornya salah satu aplikasi.

Apabila kita melakukan factory reset pada hp android maka perubahan settingan pada ponsel kita tersebut akan dikembalikan seperti saat kita membelinya pertama kali.

Namun sebelum kita melakukan langkah ini, lakukan backup data terlebih dahulu untuk menghindari masalah yang terjadi saat reset pengaturan awal tersebut.

baca juga : Cara Mengatasi HP Xiaomi Yang Sering Restart Sendiri 

Jika dengan semua cara di atas masalah hp tidak bisa bergetar masih belum bisa teratasi maka tidak ada salahnya jika kita membawa hp android tersebut ke service center terdekat. Bisa jadi hp tidak bisa bergetar meskipun fitur getar sudah diaktifkan tersebut terjadi karena adanya kerusakan komponen pada android yang kita miliki.


cara mengatasi hp tidak bergetar

Lalu kenapa getar hp samsung tidak berfungsi ? Apabila anda masih memikirkan masalah besarnya biaya service getar hp, di bawah ini akan kami berikan langkah lanjutan dari cara memperbaiki kerusakan vibrate hp android tersebut.

Namun jika anda tidak yakin untuk memperbaikinya sendiri, alangkah lebih baiknya jangan mencoba tanpa pengawasan orang yang ahli dibidang tersebut.

Cara Memperbaiki Vibrate HP Android Yang Tidak Berfungsi


1. Cara Cek HP Tidak Bisa Getar Dengan Kode Rahasia


Cara mengembalikan getar hp samsung yang hilang berikut ini hanya dapat digunakan pada perangkat samsung saja dan untuk hp android merk lainnya kami sudah tuliskan pada point kedua. Berikut setingan untuk mengatasi hp samsung all tipe tidak bisa getar :

Ketik *#0842# >> Lalu akan muncul menu test vibration >> Setelah itu klik ON atau AUTO.

lihat juga : 6 Cara Mengatasi Tombol Home HP Xiaomi Tidak Berfungsi

2. Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Getar Saat Ada Notifikasi Masuk


Berikut ini adalah cara memperbaiki vibra hp android yang mengakibatkan hp tidak bisa getar pada saat ada panggilan masuk, sms, maupun notifikasi dari aplikasi :

1. Cek komponen vibrator dengan menggunakan multi tester

Cara memastikan komponen vibrate android masih baik, yaitu :
  • Gunakan multi tester manual skala x1 kemudian sambungkan kabel multitester pada kutub positif dan negatif dari komponen vibrate. 
  • Apabila komponen vibra bergetar maka dapat dipastikan komponen dalam keadaan baik, akan tetapi jika komponen vibra tidak ada getaran maka kita perlu mengganti komponen vibrate tersebut.

2. Cleaning PCB

Buka casing hp android anda kemudian bersihkan pada PCB karena kemungkinan hanya kotor sehingga dapat mengganggu jalur.

3. Pastikan kondisi rangkaian

Ketika anda membersihkan, pastikan apakah ada jalur yang putus. Jika anda mendapati jalur vibra yang putus, anda dapat melakukan jumper pada jalur yang putus tersebut, dengan cara :

  • Lakukan jumper langsung dari IC Pengontrol (IC UI) menuju komponen Vibra.

4. Periksa user interface

Jika anda sudah melakukan semua cara di atas dan hasilnya baik - baik saja tidak terdapat kerusakan, maka kemungkinan terbesar penyebab dari handphone tidak dapat bergetar ialah komponen User Interface-nya yang rusak sehingga diperlukan penggantian IC UI drivenya. Berikut cara mengecheck user interface :

Cara Mengecek Kerusakan User Interface HP Android
  1. Pertama - tama periksa jalur positif (+) dari battery menuju ke Vibra. 
  2. Apabila jalurnya terputus maka perlu dilakukan sistem jumper pada jalur yang terputus tadi. 
  3. Namun jika komponen ataupun jalur Vibra sudah baik, akan tetapi hp / tablet android tetap tidak bisa bergetar, maka coba anda periksa dan uji apakah IC UI dalam kondisi baik. 
  4. Jika masih baik, maka anda cukup memanasi IC UI dengan menggunakan blower saja. 
  5. Langkah terakhir apabila anda mendapati IC UI ternyata rusak, maka gantilah dengan IC UI yang baru.

baca juga :

Demikian tutorial kami kali ini yang menerangkan sebuah cara mengatasi hp android tidak bisa bergetar. Akan tetapi jika anda belum ingin repot menggunakan cara pada artikel kami kali ini, anda dapat mencoba metode yang lain sebagai cara mengembalikan getar hp yang hilang dengan mudah. Semoga artikel kami kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua, sekian dan terima kasih ..

Situs ini juga direkomendasikan di Channel Youtube. Open chat lewat Whatsapp !

Tips android menarik lainnya :

Powered by Blogger.