February 01, 2017

Cara Mengatasi HP Andromax Dicas Malah Berkurang




Hp dicas tapi tidak mengisi - Bagaimana cara mengatasi hp dicas tapi tidak mengisi pada smartphone andromax yang anda miliki ? Masalah hp andromax di cas malah berkurang tentu akan sering terjadi pada semua tipe ponsel buatan smartfren seperti hp andromax c, hp andromax g, hp andromax i dan tipe andromax lainnya. Namun perlu anda ketahui untuk masalah hp dicas tapi tidak penuh - penuh itu jangan anda sepelekan karena jika dibiarkan selain membuat baterai hp android cepat habis masalah ini juga mengakibatkan kerusakan pada komponen handphone lainnya. Untuk itu perlu anda lakukan perbaikan jika hp andromax anda mengalami masalah pengisian daya seperti dicas / dicharge terlalu lama tapi tidak bisa full malah yang terjadi daya batre semakin berkurang.

Masalah hp tidak bisa di charge dalam keadaan mati ini sering terjadi pada para pengguna ponsel android smartfren andromax. Penyebab hp dicas malah berkurang juga berbeda - beda seperti dari penggunaan carger yang salah sampai masalah hardware di handphone andromax tersebut. Akan tetapi masalah handphone di charge tidak bertambah tapi semakin berkurang yang sering terjadi pada smartphone andromax adalah pada kerusakan pada hardware IC Carger atau IC pengisian. Namun tidak menutup kemungkinan juga karena penggunaan carger non original yang mengakibatkan kebutuhan daya tidak mampu memenuhi kebutuhan supply pada batre hp andromax.

Pada beberapa kasus pengisian daya baterai tidak bertambah saat dicas pada hp andromax itu karena rusaknya IC charger karena penggunaan charger yang tidak asli. Terkadang pada charger non original arus yang di keluarkan tidak stabil cenderung naik turun sehingga mengakibatkan umur baterai handphone menjadi semakin singkat. Oleh karena itu smartphone solution kali ini akan mencoba berbagi tips mengatasi baterai hp andromax yang cepat habis tersebut. Untuk itu mari kita simak ulasan secara lengkap tentang cara mengatasi baterai hp andromax yang tidak bisa di charge di bawah ini.

Cara Mengatasi HP Andromax Dicas Malah Berkurang

hp andromax dicas tapi tidak mengisi


Sebagai pengguna hp smartfren andromax tentu kita ciri - ciri baterai hp yang sudah penuh kita adalah dengan melihat indikator baterai sampai 100%. Sebenarnya selain IC charger yang menjadi penyebab baterai berkurang saat di charge adalah port USB di hp retak, charger yang tidak sesuai, sumber listrik yang bukan tempatnya hingga indikator baterai android error. Berikut beberapa cara yang dapat membantu anda untuk mengatasi hp andromax yang sedang mengalami masalah pada pengisian daya.

Penyebab dan solusi mengatasi baterai hp andromax di cas malah berkurang


1. Check kondisi baterai handphone

  • Pertama pastikan charger handphone sudah terpasang dengan benar akan tetapi jika masih tidak dapat mengisi baterai namun malah berkurang, maka coba cas baterai ponsel anda dengan menggunakan desktop / komputer.
  • Setelah 2 - 3 jam lihat kondisi baterai sudah terisi atau belum. Jika hasilnya baterai masih dapat terisi full seperti biasa dan ponsel pun dapat menyala hal tersebut berarti disebabkan oleh komponen ponsel bukan pada batrenya. 

2. Check konektor handphone

Apabila dengan cara diatas baterai hp tidak penuh padahal sudah dicas lama maka langkah yang harus anda lakukan adalah memeriksa konektor ponsel andromax tersebut. Konektor itu sendiri merupakan komponen penting yang terdapat dalam ponsel karena fungsinya yang sebagai tempat masuknya arus listrik pada saat melakukan pengecasan serta sebagai jalur penghubung jika ingin menggunakan kabel usb. Namun fungsi utama konektor ponsel yaitu berfungsi sebagai komponen penerima arus listrik dari charge ke ponsel kita.

Beberapa penyebab konektor hp andromax tidak berfungsi sehingga hp tidak bisa dicas diantaranya adalah :
  • Port longgar sehingga colokan charger tidak dapat tertancap sempurna
  • Port karatan dapat membuat arus listrik yang masuk terhambat
  • Kondisi port yang rusak yang mungkin disebabkan karena cara pencabutan yang kasar, benturan atau kemasukan air. 

Jika memang hal tersebut benar terjadi pada port ponsel, maka sudah dapat dipastikan bahwa penyebab hp andromax sudah dicas lama tapi baterai malah berkurang terletak pada konektor ponsel andromax tersebut.

3. Penggantian plugin

  • Jika pada port konektor hp android tidak mengalami masalah maka untuk hp andromax yang sudah dicas lama akan tetapi baterai malah berkurang dapat diatasi dengan mengganti plugin. Beberapa handphone android banyak yang berhasil ketika melakukan cara ini. Jika masih tetap tidak bisa menyimpan daya maka coba anda periksa pada jalurnya.

Khusus untuk produk smartphone android advan T1J yang sedang mengalami hp / tablet sudah dicas lama namun baterai malah berkurang, seringkali jika tidak terjadi kerusakan pada jalur vbus/ vcharge dan vbat nya serta sudah dipastikan semua jalur bagus maka coba ganti resistor sense (biasanya besar 0,022 ohm).

baca juga :
  1. Cara Mengatasi GPS Xiaomi Mi3 Tidak Berfungsi
  2. Cara Mengatasi Fast Charging HP Infinix Tidak Berfungsi

Demikian postingan kami kali ini yang mengupas tentang bagaimana cara kita memperbaiki hp dicas tapi tidak mengisi pada ponsel android smartfren. Semoga setelah membaca artikel kami diatas masalah hp andromax yang di cas malah berkurang dapat diselesaikan, sekian dan terima kasih ..

Situs ini juga direkomendasikan di Channel Youtube. Open chat lewat Whatsapp !

Tips android menarik lainnya :

Powered by Blogger.