November 06, 2018

Solusi Tablet Sering Hang Dan Tidak Bisa Dimatikan




Tablet android sering hang - Tahukah anda bagaimana cara mengatasi tablet android sering ngehang ? Tidak sedikit para pengguna tablet android mulai dari tablet buatan cina seperti advan, mito, lenovo sampai samsung galaxy tab mengeluhkan akan tablet android suka hang di perangkat yang mereka miliki tersebut. Selalu ngehang tablet yang mereka miliki sering terjadi secara mendadak, entah saat menggunakan internet sampai bermain game tiba - tiba keluar dengan sendirinya. Walaupun demikian para pengguna tablet android jarang mengambil pusing akan masalah tablet yang sering ngleg tersebut, sebab dengan mematikan tablet yang mereka punya sudah dapat membuat kondisi seperti semula. Namun bagaimana jika tablet hang tidak bisa dimatikan ?

Masalah yang terjadi pada perangkat android khususnya tablet akan selalu bermunculan karena faktor usia pemakaian adalah sumber utama pada semua perangkat elektronik. Munculnya masalah tersebut dapat berupa kerusakan pada sistemnya, tablet sering hang hingga terdapat kemungkinan mati total. Meskipun masalah tablet android sering hang banyak sekali faktor yang menyebabkannya, tidak ada salahnya jika kita mengetahui penyebab tablet sering hang yang sering terjadi. Dan berikut ini merupakan penyebab tablet android ngeblank :

Penyebab Tablet Android Sering Hang Tidak Bisa Dimatikan


  1. Ram terlalu kecil, setiap aplikasi yang berjalan pada background tablet ataupun hp android akan memakan kapasitas ram yang ada pada tablet tersebut. Sehingga ketika aplikasi yang berjalan membutuhkan banyak ruang akan tetapi ram tidak memadahi maka dapat mengakibatkan tablet android menjadi hang.
  2. Kerusakan touchscreen, tentu jarang ada yang menyadari jika layar tablet sudah kita sentuh namun tidak dapat bergerak dapat menjadikan kita beranggapan bahwa tablet android tersebut ngeblank. Untuk itu kita perlu mengganti touchscreen pada tablet yang kita miliki tersebut.
  3. Software atau Rom rusak, masalah yang satu ini sering terjadi pada mereka yang suka mengutak - atik tablet karena root ataupun kesalahan menginstal sistem ROM. Jika memang seperti itu biasa menjadikan aplikasi di dalamnya menjadi crash, otomatis tablet menjadi eror dan hang. 

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami smartphone solution akan mencoba berbagi cara untuk memperbaiki tablet android yang hang tersebut. Apabila masalah ini dibiarkan berlarut - larut dapat membuat tablet anda ngeblank / ngeleg dan tidak bisa di reset lalu hal yang paling parah dapat menjadikan tablet anda mati total tidak mau nyala kembali. Untuk itu mari langsung saja kita mulai pembahasan mengenai solusi tablet sering hang yang sudah kami tulis pada artikel dibawah ini.

Solusi Tablet Sering Hang Dan Tidak Bisa Dimatikan

tablet hang tidak bisa dimatikan

Dengan mengatasi masalah tersebut dapat membantu kita untuk tidak perlu sering mereset / meresart ketika tablet android sedang hang.

artikel menarik lainnya :

Cara mengatasi tablet ngehang dan tidak mau nyala atau dimatikan


  1. Pindahkan file yang ada pada memori internal ke memori eksternal, hal ini dilakukan dengan tujuan memberikan ruang kepada aplikasi yang tersimpan di internal memori. Selain itu dengan cara ini kita juga dapat menigkatkan performa tablet android kita tersebut.
  2. Ganti kapasitas RAM eksternal. Sebenarnya dengan menggunakan cara diatas itu juga sudah dapat digunakan untuk memperbesar kapasitas ram.
  3. Hapus game atau aplikasi yang selalu berjalan pada background tablet android. Tidak semua game ataupun aplikasi dapat digunakan di tablet android, sebab terkadang ada beberapa game yang mana banyak menghabiskan ruang penyimpanan ram. Ciri - ciri game atau aplikasi yang kami maksud tersebut adalah game atau aplikasi yang selalu ngeleg saat kita mencoba masuk.

Jika tablet android anda sedang ngehang dan perangkat android yang anda miliki tersebut merupakan jenis tablet baterai removeble, anda dapat meresetnya dengan melepas baterai secara paksa. Lalu bagaimana cara mengatasi tablet hang tidak bisa dimatikan untuk jenis tablet baterai non - removeble ? Dibawah ini merupakan solusi tablet android tidak mau di reset yang kami coba pada samsung galaxy tab 3, langkah - langkahnya sebagai berikut :

Cara Mengatasi Tablet Android Baterai Non Removeble Yang Tidak Bisa Dimatikan


1. Pertama - tama coba untuk menekan tombol power selama kurang lebih 10 - 20 detik dan kemudian  lepaskan. Hidupkan kembali menggunakan tombol power seperti biasa jika tablet sudah benar - benar mati.

2. Jika cara diatas hasilnya tablet masih hang, langkah berikutnya kita dapat melakukan factory reset atau mereset ulang tablet kembali ke setingan pabrik. Caranya adalah dengan masuk ke mode recovey kemudian melakukan wipe data dengan langkah - langkah sebagai berikut :
  • Tekan tombol power dan volume up (+) atau volume down (-) secara bersamaan. 
  • Setelah anda sudah masuk ke dalam recovery mode pilih wipe data / factory reset.
  • Tunggu hingga proses booting selesai dan setelah itu periksa apakah tablet android masih sering ngehang atau tidak.

3. Lakukan flashing ulang pada samsung galaxy tab 3.

baca juga : 

Demikian artikel kami kali ini yang membahas tentang bagaimana cara mengatasi tablet android sering hang dan tidak bisa dimatikan. Namun perlu untuk kita waspadai juga, layar sentuh tablet android yang tidak merespon tersebut selain karena kerusakan software juga terdapat kemungkinan adanya kerusakan pada layar sentuh perangkat android itu sendiri. Sekian dan terima kasih ..

Situs ini juga direkomendasikan di Channel Youtube. Open chat lewat Whatsapp !

Tips android menarik lainnya :

Powered by Blogger.