October 16, 2018

Cara Memperbaiki Touchscreen Android Rusak Sebagian ( Dead Spot )




Cara mengatasi dead spot - Bagaimana cara memperbaiki touchscreen hp android rusak sebagian yang dapat kita lakukan sendiri dengan mudah ? Cara mengatasi layar sentuh tidak berfungsi sebagian (deadspot) pada hp android adalah sutu hal yang wajib untuk kita ketahui. Hal tersebut perlu untuk kita ketahui karena layar sentuh merupakan komponen terpenting pada sebuah smartphone android sebab jika kita biarkan terus menerus maka kita akan mendapati kejadian dimana tombol hp android tidak bisa disentuh. Lalu apa penyebab touchscreen tidak berfungsi padahal secara fisik layarnya masih normal, layar tidak ngeblur, dan juga tidak ada bercak hitam di layar ?

Ciri - ciri touchscreen tidak respon dan tidak berfungsi sebagian (deadspot)


Sebelum kita mulai membahas touchscreen android rusak sebagian tersebut, ada beberapa gejala yang akan muncul jika hp layar sentuh yang tidak bisa disentuh yang perlu untuk anda ketahui diantaranya :
  • Ponsel android akan tetap menyala normal, akan tetapi ada beberapa wilayah layar sentuh anda tidak sensitif terhadap sentuhan dan touchscreen tidak merespon dengan lancar.
  • Ketika kita sedang menjalankan aplikasi tertentu pada sebuah hp android, touchscreen terkadang bergerak sendiri tidak beraturan tanpa adanya sentuhan.
  • Dan yang terakhir seringkali touchscreen macet (hang) atau tidak merespon sama sekali pada saat disentuh.

Penyebab touchscreen hp android meleset


Memang jika kita membicarakan faktor yang menjadi penyebab layar sentuh tidak berfungsi sebagian atau yang sering kita kenal dengan istilah dead spot akan ada bermacam - macam kemungkinan. Namun secara umum yang menjadi penyebab touchscreen hp android tidak berfungsi biasa terjadi karena beberapa hal, seperti :

  • Penggunaan charger ponsel yang tidak standar, atau menggunakan charger handphone milik ponsel dari merek lain.
  • Ponsel tertindih barang berat sehingga merusak sebagian fungsi dan menjadikan layar sentuh / touchscreen jadi tidak normal.
  • Sistem android pada smartphone yang lambat karena berbagai sebab, misalkan belum dilakukannya update sistem dan sejenisnya dapat menyebabkan touchscreen ponsel kehilangan sebagian fungsinya.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami Smartphone Solution akan mencoba berbagi beberapa cara untuk memperbaiki touchscreen android yang mengalami kerusakan hanya pada beberapa bagian layar sentuh LCD saja. Disini kami akan berikan beberapa cara mudah memperbaiki touchscreen tidak berfungsi sebagian yang dapat kita lakukan sendiri sebelum harus membawa ponsel android tersebut ke tempat service hp android. Tentu kita ketahui bahwa jika kita membawanya ke tukang service akan membutuhkan biaya yang cukup mahal untuk memperbaiki layar sentuh yang tidak bisa disentuh tersebut, terlebih lagi jika kita harus mengganti LCD dan touchscreen dari hp android itu sendiri. Mari langsung saja kita simak tutorial mengenai cara service touchscreen hp android mati separuh tersebut di bawah ini.

Cara Memperbaiki Touchscreen Android Rusak Sebagian (Dead Spot)

cara memperbaiki touchscreen yang tidak berfungsi sebagian

Jika terjadi layar yang error sebagian, baik mati sebagian ataupun layar tidak berfungsi sebagian sperti di atas maka ada baiknya jika anda mencoba beberapa cara dari kami seperti sebagai berikut :

Cara mudah memperbaiki touchscreen android tidak berfungsi sebagian


1. Aktifkan menu Pointer Location


Dengan mengaktifkan fitur Pointer Location kita dapat mengetahui apakah sebagian layar sentuh tidak berfungsi pada hp android milik kita tersebut itu benar-benar rusak atau hanya kurang sensitif. Untuk mengaktifkan Pointer Location, hal yang perlu kita lakukan adalah :

Cara Mengaktifkan Pointer Location

1. Pertama - tama masuk pada menu Setting kemudian klik About

2. Kemudian akan muncul Build Number, lalu kita klik sebanyak 5x atau 7x (setiap merek hp android akan berbeda caranya) hingga muncul menu Mode Pengembang.

3. Setelah itu akan muncul menu Developer Options, kemudian klik dan akan muncul menu Pointer Location. Aktifkan Pointer Location dengan cara mencentang pada kolom yang sudah tersedia pada menu tersebut.
cara memperbaiki touchscreen rusak sebagian

Apabila kita sudah mengaktifkan menu pointer Location, maka akan muncul garis ketika touchscreen disentuh.
  • Garis yang muncul menandakan bagian touchscreen atau layar sentuh yang disentuh masih baik dan berfungsi. Apabila pada semua bagian dapat diklik seperti itu, besar kemungkinan layar hp android yang kita miliki tersebut masih bagus, sehingga masalah layar error sebagian bukan karena pengaruh layar.. (baca juga : Tips Jitu Menghilangkan Titik Hitam Di Layar HP Android)
  • Akan tetapi apabila yang sebagian layar sentuh android bermasalah tersebut disentuh tidak muncul garis, terdapat kemungkinan besar memang masalah layar sentuh tidak merespon di sebagian tempat tersebut berasal dari LCD dan touchscreen itu sendiri dan perlu dilakukan penggantian part yang baru.

4. Jika semua titik masih muncul garis yang menandakan layar masih normal, maka yang perlu dilakukan adalah Factory Reset untuk mengatasi layar tidak berfungsi sebagian tersebut.

2. Cek Posisi LCD Hp Android


Apabila dengan metode yang pertama kita belum mendapatkan hasil yang maksimal maka kita perlu untuk melakukan pengecekan posisi LCD terhadap dudukan pada plat PCB di smartphone android yang kita miliki. Cara memperbaiki touchscreen android rusak sebagian ini biasanya dilakukan pada beberapa layar sentuh hp android yang tidak bisa disentuh karena sebelumnya telah mengalami benturan atau jatuh, berikut langkah - langkah pengecekannya :

  1. Buka casing pentutup ponsel
  2. Setelah itu buka juga bagian LCD, dan lihat soket LCD ponsel android tersebut
  3. Secara visual dapat dilihat, kemungkinan soketnya bermasalah dan dapat kita coba mengatasinya dengan menyemprotkan Contact Cleaner
  4. Kemudian lihat juga pada LCD nya, apakah ada kecacatan fisik misalnya retak, dll. Kemungkinan besar jika secara fisik sudah rusak, ada baiknya ganti LCD baru.

lihat juga :


Demikian panduan mengenai cara mengatasi masalah touchscreen yang rusak dan tidak berfungsi sebagian pada ponsel android yang dapat kami sampaikan pada pertemuan kali ini. Semoga artikel kami kali ini dapat membantu anda untuk mengatasi touchscreen eror di hp android yang selama ini anda alami. Mengingat pentingnya fungsi layar sentuh / touchscreen hp android, alangkah baiknya jika kita lebih bijak dan berhati - hati dalam menggunakan smartphone android yang anda miliki tersebut. Sekian dan terima kasih ..

Situs ini juga direkomendasikan di Channel Youtube. Open chat lewat Whatsapp !

Tips android menarik lainnya :

Powered by Blogger.