June 25, 2017

Cara Mengatasi Layar Hp Blank Screen




Layar hp ngeblank - Bagaimana cara mengatasi layar hp android ngeblank putih / hitam ? Layar blank pada hp android atau yang sering dikenal dengan istilah blank screen adalah suatu kejadian dimana ponsel baru dihidupkan lalu tiba-tiba langsung blank white screen padahal sebelumnya tidak mengalami benturan atau jatuh. Pada beberapa saat kemudian layar smartphone android tersebut yang tadinya normal tiba - tiba menjadi ngeblur / warna pudar dan bahkan membuat layar ponsel android berubah putih semua. Masalah layar handphone ngeblank seperti ini sebenarnya sudah sangat sering terjadi terutama pada hp android lokal seperti advan, jadi kita tidak perlu cemas untuk tidak menemukan solusi guna mengatasi layar blank screen pada hp android tersebut.

Akan tetapi masalah layar hp android yang tiba - tiba blank putih tersebut juga memiliki penyebab yang berbeda - beda, sehingga menjadikan memiliki cara memperbaiki layar ngeblank yang berbeda pula. Contohnya saja jika layar hp android yang tiba-tiba langsung blank white screen pada saat ponsel dihidupkan akan berbeda penanganannya dengan layar hp putih karena jatuh. Oleh sebab itu kita perlu untuk mengetahui terlebih dahulu penyebab layar blank putih polos pada android sebelum menentukan cara memperbaiki touchscreen blank putih sebagian tersebut. Dan berikut ini adalah beberapa faktor yang menjadi penyebab layar android blank white screen tersebut, diantaranya adalah :
  • Terjadi kesalahan dalam melakukan flash ROM software firmware Android Anda
  • Connector LCD rusak / kendor, ataupun terkena cairan.
  •  Baterai bocor kembung rusak sehingga tegangan yang disuplai ke ponsel tidak stabil.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami Smartphone Solution akan mencoba memberikan informasi mengenai penyebab dan solusi lcd android blank tersebut. Hal ini kami berikan dengan tujuan supaya kita salah mengambil langkah dalam mengatasi masalah hp android blank. Sebab tidak semua masalah layar hp hitam tapi nyala disebabkan karena faktor LCD yang rusak sehingga kita perlu menggantinya dengan yang baru meskipun kita sudah mengetahui harga LCD / toucscreen hp android tidaklah murah. Jika kita mengalami masalah layar ponsel smartphone android yang ngeblank tersebut, cobalah cara memperbaiki layar handphone ngeblank yang biasa dilakukan pertama kali sebagai berikut :
  1. Matikan hp android kemudian keluarkan / lepas baterai ponsel android dan pasang kembali
  2. Coba pakai baterai lain / berbeda setelah itu lakukan charging
  3. Dan yang terakhir coba gunakan SIM card lain

 Cara Mengatasi Layar Hp Blank Screen

cara mengatasi layar hp android blank screen


Selain langkah sederhana untuk memperbaiki touchscreen blank putih sebagian seperti yang kami sampaikan diatas, ada beberapa hal lain juga yang perlu untuk kita ketahui sebelum kita mengatasi layar hp ngeblank putih di android. Contohnya saja seperti :
  • Kebanyakan LCD atau layar sentuh apabila mengalami kerusakan di bagian LCD biasanya akan muncul layar hitam bukan putih, maka dari itu jika layar hp berwarna putih namun masih menyala besar kemungkinan tidak perlu ganti LCD.
  • Warna putih penuh di layar secara sistem biasanya muncul akibat hang atau terlalu berat kinerja dari ponsel sehingga warna putih menandakan overloading pada program di smartphone atau tablet anda.
  • Penyebab layar hp android ngeblank putih biasanya terjadi karena banyaknya menginstall aplikasi sehingga sistem operasinya yang rusak atau corrupt.

Namun jika cara sederhana yang kami sampaikan diatas masih belum dapat mengatasi layar blank screen maka kita perlu untuk melakukan beberapa hal perbaikan, diantaranya :

Cara mengatasi hp android blank


1. Reset Factory

Cara paling gampang ketika hp jatuh dan tiba - tiba mengalami blank screen adalah dengan melakukan factory reset. Untuk cara melakukan reset ke pengaturan pabrik setiap smartphone android memiliki tombol yang bereda - beda namun dengan googling kita dapat mencarinya. Namun kami ingatkan sekali lagi jika kita akan melakukan factory reset tersebut sebaiknya kita melakukan backup terlebih dahulu, sebab dengan cara tersebut itu artinya kita siap untuk menghapus semua data yang ada didalam ponsel yang kita miliki.

2. Rusak Program dan Flash Ulang

Jika kita sudah mengetahui bahwa layar hp android ngeblank tersebut berasal dari kerusakan di bagian sistem operasi maka Flash ulang handphone merupakan solusinya. Namun kita harus berhati - hati dalam melakukan flashing hp android karena banyak kasus yang terjadi hp android advan blank setelah flashing. Oleh karena itu kita memerlukan alat bantu seperti Flash ROM Android menggunakan SP Flash Tool dengan firmware bawaan / aslinya agar dapat diterima oleh sistem android yang anda miliki. Jika kita kurang percaya diri untuk melakukan langkah ini ada baiknya jika pasrahkan saja pada orang yang ahli dibidang flashing android yang anda percaya.

3. Layar Blank Putih Karena Rangkaian

Layar smartphone android blank kali ini sering terjadi karena akibat benturan atau terlalu lama di saku celana (jeans) sehingga tertekan dalam waktu yang lama. Solusi mengatasi layar ponsel android yang muncul blank putih dalam masalah ini hal yang perlu kita lakukan adalah :
  • Pertama - tama dengan membongkar semua cashing hp android yang kita miliki. 
  • Kemudian bersihkan komponen menggunakan kuas halus yang dicelupkan ke dalam spirtus. Utamakan untuk membersihkan area Konektor LCD. 
  • Setelah itu keringkan dan pasang kembali. 
  • Jika pada saat anda membersihkan layar hp android tersebut dan anda mendapati konektor layar hp sudah rapuh, maka perlu ganti konektor LCD. 
  • Namun apabila koneksinya menggunakan konektor atau rubber, coba bersihkan menggunakan penghapus pensil di bagian pad yang menghubungkan ke layar LCD sampai kelihatan bersih.

4. Layar Blank Putih karena LCD Rusak

Jika masih tetap blank dan tidak ada perubahan sama sekali,  barulah memutuskan untuk mengganti LCD yang baru atau bekas tapi masih bagus. Disarankan untuk mengganti lcd pada tempat pembelian, langsung di pasang supaya jika ada masalah akan mudah mengatasinya. Cara mengecek apakah layarnya yang rusak tidaknya dengan cara menghidupkan Handphone lalu kita misscall nomor yang ada di ponsel, jika HP bisa berbunyi berarti LCD yang putus atau rusak. Untuk menanganinya tentu harus diganti dengan layar LCD yang baru, Untuk kisaran harga penggantian layar atau LCD akan bervariatif tergantung merk ponsel dan juga tipe hp masing-masing sebab beda ponsel akan beda tipe dan ukuran layanya. Juga mengenai jenis layarnya yang memang memiliki spesifkasi yang berbeda.

baca juga :
  1. Cara Memperbaiki Touchscreen Hp Android Rusak Sebagian
  2. Penyebab dan Solusi Layar Sentuh Bergerak Sendiri Dengan Mudah

Demikian artikel kami kali ini yang baru saja kita bahas mengenai cara mengatasi layar sentuh hp android error tersebut. Semoga cara mengatasi ponsel yang layar hpnya ngblur berwarna putih ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua. Langkah yang tepat dalam melakukan perbaikan akan dapat membantu kita untuk mencegah kerusakan pada komponen lain atau program lainnya. Sekian dan terima kasih ..

Situs ini juga direkomendasikan di Channel Youtube. Open chat lewat Whatsapp !

Tips android menarik lainnya :

Powered by Blogger.