March 11, 2022

(TERBARU) 10 Cara Memperbaiki Hp Xiaomi Tidak Bisa Di Cas




Masalah hp xiaomi tidak bisa di cas entah itu di cas mati hidup, di cas tidak bertambah, ataupun tidak bisa di charge dalam keadaan mati / hidup pasti pernah kamu alami.

Kondisi hp tidak bisa di cas ini bisa terjadi pada xiaomi dengan baterai tanam ataupun non removeble. Dan jika kamu mengalami masalah ini, meskipun menggunakan charger fast charging xiaomi tetap saja pengisian daya baterai tidak masuk.

Dimana hampir semua tipe hp xiaomi seperti redmi 4, redmi 4x, redmi note 4, redmi note 4x, redmi 3s, redmi 5a saat ngecas tentu pernah mengalami masalah hp tidak bisa di cas tersebut.

Jika kamu tidak segera memperbaiki nya, tentu akan mengakibatkan baterai xiaomi tidak bisa full meskipun sudah lama kamu mengisi daya.

Dan saya sendiri pernah mengalami masalah tersebut. Bahkan lebih parah karena hp xiaomi mati sendiri saat cas dicabut.

Maka dari itu sebelum kamu mengganti charger, batre atau bahkan ic charger, saya akan memberikan cara mengatasi hp xiaomi tidak bisa di cas tersebut supaya normal kembali.


Kenapa HP Xiaomi Tidak Bisa Di Cas ?


cara memperbaiki hp xiaomi tidak bisa di cas

Selain masalah pada charger, port ataupun usb kabel, ada banyak faktor yang menjadi penyebab hp xiaomi tidak bisa di cas.

Dan beberapa hal di bawah ini yang sering kali membuat xiaomi yang kamu miliki tidak bisa di cas dan lama penuh. Diantaranya :


  • Charger tidak original, biasanya spesifikasi ampere tidak sesuai sehingga malah mambuat hp xiaomi panas saat dicas.
  • Kabel USB tidak original, besarnya kawat tembaga didalamnya akan mempengaruhi lama tidaknya waktu di charge.
  • Port USB rusak, kondisi port usb yang xiaomi longgar juga bisa mengakibatkan hp dicas putus nyambung.
  • Sistem error, adanya bugs saat update ROM juga sangat berpengaruh. Nanti akan saya bahas ..
  • Kerusakan komponen, mulai dari IC charger, flexibel, sampai baterai xiaomi itu sendiri bisa mengakibatkan baterai tidak bisa penuh.

Meskipun terdapat banyak faktor penyebabnya, cobalah satu persatu cara memperbaiki hp xiaomi yang di cas tidak nambah di bawah ini agar perangkat android kamu normal kembali.


baca juga : Cara Mengatasi Indikator Baterai Xiaomi ERROR

9 Cara Mengatasi HP Xiaomi Yang Tidak Bisa Di Cas


1. Restart HP

Adanya masalah pada perangkat xiaomi itu sendiri seperti hang atau ngeblank bisa mengakibatkan saat dicas tidak masuk.

Untuk itu merestart hp xiaomi menjadi langkah yang paling mudah. Jika hp xiaomi kamu bukan tipe baterai tanam, kamu bisa melakukan restart dengan cara :


  1. Matikan hp xiaomi terlebih dahulu.
  2. Kemudian setelah kondisi sudah mati total, lepas baterai selama 30 detik.
  3. Setelah itu pasang kembali baterai dan hidupkan kembali hp xiaomi tersebut.

Namun jika hp xiaomi kamu sudah dengan baterai tanam, untuk merestartmya cukup dengan menekan tombol power sekitar 10 detik.

Seperti saat saya membahas cara restart hp xiaomi baterai tanam pada pertemuan sebelumnya.


cara reset xiaomi baterai tanam

Namun jika belum berhasil cobalah untuk berpindah ke sumber listrik lainnya.


2. Ganti Sumber Listrik

Sumber listrik yang saya maksud disini adalah colokan listrik yang ada di tembok rumah kamu. Bisa jadi hp xiaomi kamu tidak bisa mengisi daya dikarenakan outlet yang rusak.

Kamu bisa mengeceknya dengan mencolokan barang lain untuk mengecek voltase dan amper dari outlet tembok.

Disarankan untuk memperbaiki stop kontak tersebut jika terjadi masalah untuk menghindari kerusakan pada hp xiaomi yang kamu miliki.


3. Bersihkan Kontak Emas Baterai Xiaomi

Kontak emas yang kotor dapat mempengaruhi arus yang masuk saat mengisi daya baterai xiaomi. Akibatnya hp xiaomi akan lama di cas bahkan saat dicas tidak bisa masuk.

Solusinya :


  1. Matikan hp xiaomi kamu.
  2. Lalu lepaskan baterai hp xiaomi tersebut.
  3. Kemudian bersihakan kontak emas menggunakan minyak kayu putih.
  4. Setelah itu pasang baterai dan nyalakan kembali.

Jika langkah tersebut sudah dilakukan, kamu tinggal mengecek berapa lama hp xiaomi di cas sampai kondisi baterai bisa full 100%.


4. Ganti Adaptor Charger

Meskipun sekarang ini sudah banyak hp android xiaomi yang menggunakan charger dengan output 5V - 2A, namun perlu untuk kamu ketahui bahwa tidak semua adaptor charger cocok dengan hp xiaomi yang kamu miliki.

Maka dari itu coba lakukan pengecekan pada adaptor chargernya jika hp xiaomi sudah lama dicas tapi tidak mengisi.

Bila perlu ganti charger dengan kualitas bagus. Pilih adapter charger minimal dengan amper 2.0 jangan yang abal-abal murahan.

Sebab dalam kondisi normal lama baterai jika di cas menggunakan charger fast charging, hp xiaomi hanya membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 2 jam sampai baterai penuh. Namun jika baterai xiaomi masih 0% terus kamu bisa coba mengganti adaptor charger atau coba cara salanjutnya.


5. Ganti Kabel Charger

Pemilihan kabel yang sembarangan juga dapat menimbulkan masalah HP Xiaomi dicas tidak mengisi atau sangat lama bertambah karena memiliki pengaruh untuk mengantar arus saat proses pengecasan.

Sebab saya sendiri, akibat konektor USB yang longgar justu malah mengakibatkan hp xiaomi dicas mati hidup indikator charging-nya.

Meskipun sama - sama kabel USB Tipe-C, kabel tembaga biasanya akan berbeda.

Untuk itu solusinya adalah dengan mengganti kabel kualitas bagus. Kabel USB yang bagus bisanya memiliki merk tersendiri.

Misalnya saja seperti : Vivan, Remax yang banyak beredar dipasaran.


atau kamu juga bisa menemukan Cara Mengatasi HP Putus Nyambung Saat Di Cas pada halaman saya sebelumnya.

6. Port USB HP Xiaomi Rusak

Semakin sering kamu gonta - ganti charger maka akan semakin besar pula kemungkinan port usb hp xiaomi rusak. Kerusakannya juga bisa menjadi longgar ataupun kotor karena kerak dan debu.

Akibatnya pengisian daya baterai terhambat dan mungkin hp xiaomi dicas akan putus nyambung karena port yang sudah longgar.

Jika penyebabnya karena debu, cukup dengan meniupnya secara perlahan sudah bisa membersihkan kotoran yang ada.

Namun jika karena port usb yang rusak, saya sarankan untuk melihat cara mengatasi port charger xiaomi rusak pada pertemuan sebelumnya.


cara mengatasi port charger hp xiaomi rusak

Sebab disana saya juga melengkapi dengan biaya ganti port usb hp android tersebut.


7. Cas Dalam Kondisi Mati

Dalam kondisi normal, hp xiaomi dengan kapasitas baterai di atas 3000 mAh butuh waktu 3 - 4 jam mengisi daya sampai baterai penuh.

Apabila xiaomi kamu dalam waktu tersebut baterai malah panas atau tidak nambah, bisa jadi jaringan sinyal yang tidak stabil adalah penyebabnya.

Untuk itu ada 3 langkah yang perlu kamu lakukan, yaitu :


  • Pertama matikan data seluler > lalu cas hp xiaomi sampai penuh.
  • Kedua hidupkan mode pesawat > kemudian matikan jika baterai xiaomi sudah penuh.
  • Cas hp xiaomi dalam kondisi mati.

Namun apabila kondisi hp xiaomi kamu tidak bisa dicas dalam keadaan hidup tapi jika dimatikan bisa mengisi daya, cara di bawah ini akan memberikan solusinya.


8. Update / Downgrade MIUI

Tidak sedikit yang mengalami masalah hp xiaomi tidak bisa dicharge setelah update OS androidnya. Seperti yang dialami salah satu anggota forum xiaomi indonesia.

Pada hp xiaomi redmi 5 yang dimilikinya, tidak bisa di charge dalam keadaan hidup tapi jika hp dimatikan bisa ngcas normal (indikator dan lampu jadi nyala).

Ternyata kejadian ini bermula setelah dia update ROM pada versi MIUI 9.6.1.0.


hp xiaomi tidak bisa di charge dalam keadaan hidup

Namun setelah terdapat pembaruan sistem dan melakukan update, semuanya kembali normal seperti dulu. Berikut cara melakukan pembaruan sistem di hp xiaomi :


  1. Masuk ke Pengaturan
  2. Lalu pilih menu Tentang Ponsel
  3. Kemudian pilih Pembaruan Sistem

Dan versi MIUI yang digunakan anggota forum tersebut adalah 9.6.2.0, dimana perbaikan performa serta update security menjadi prioritas utamanya.


9. Ganti Baterai Xiaomi

Jika dari semua cara di atas sudah kamu lakukan namun belum bisa mengatasi masalah hp xiaomi dicas tidak masuk tersebut maka kemungkinan terbesar ada pada kerusakan komponennya.

Biasanya dari IC Charging, flexibel, atau mungkin baterai hp xiaomi itu sendiri. Dan pada kasus saya yang terjadi adalah hp xiaomi saat dicas mati total.

Apabila dicas hp mati hidup sendiri, hanya muncul logo Mi saja. Dari beberapa sumber menyarankan untuk mengganti baterai hp xiaomi dahulu.


Akan tetapi jika kamu belum memiliki budget untuk mengganti baterai baru, saya punya alternatif solusi-nya : "Cara Memperbaiki Baterai HP Yang Rusak".

10. Ganti Fleksibel Charger


fleksibel charger xiaomi redmi 5

Jika kamu sudah melakukan semua cara di atas mulai dari ganti charger, baterai hingga update ROM namun tetap saja HP Xiaomi saat kondisi hidup tidak bisa di cas namun saat perangkat mati bisa di charge, kamu perlu mecoba langkah ini. Sebab cara ini berhasil dilakukan pada hp xiaomi redmi 5 ..

Salah satu member forum xiaomi indonesia telah berhasil mencobanya pada mi 5 yang dimilikinya.


di cas tidak nambah

Beliau berhasil mengatasi redmi note 5a di cas tidak nambah dengan cara mengganti fleaksibel charger. Sebab fungsi fleksibel charger / board charger tersebut merupakan penghantar arus yang masuk dari kabel charger lewat port charger hp kamu.

Jadi jika kamu sudah mengganti port charger hp xiaomi masih belum berhasil, cobalah untuk mengganti fleksibel chargernya.


11. Bawa Ke Tempat Service Terdekat

Apabila kondisi hp xiaomi kamu sudah terlanjur mati total dan tidak bisa dicas alangkah lebih baiknya untuk kamu bawa ke tempat service.

Mengapa demikian ?

Sebab terdapat kemungkinan hp xiaomi mati tidak bisa dicas tersebut dikarenakan kerusakan salah satu komponen ic, yakni ic power ataupun ic charger.


Akhir Kata ..

Demikian tips mengenai cara mengatasi hp xiaomi lama ngecas pada kesempatan kali ini.

Semoga cara diatas dapat memberikan solusi dari permasalahan hp xiaomi redmi yang anda miliki, namun apabila jika kamu memiliki cara lain yang berhasil dalam mengatasi masalah tersebut jangan lupa beritahu saya ..

.. lewat kolom komentar.

Sekian dan terima kasih.

Situs ini juga direkomendasikan di Channel Youtube. Open chat lewat Whatsapp !

Tips android menarik lainnya :

Powered by Blogger.