January 06, 2023

10 Cara Mengatasi Sinyal HP OPPO Hilang Agar Muncul Kembali




Sinyal HP hilang total menjadi masalah yang pasti dialami oleh semua perangkat android, termasuk OPPO Smartphone.

Munculnya tanda silang di sinyal bar atau notifikasi "tidak ada layanan" menandakan sinyal hp oppo hilang, anehnya :

.. kartu sim sudah terbaca tapi tetap saja jaringan tidak muncul.

Dan sering kali gangguan dari operator seluler atau tidak ada jangkauan jaringan menjadi penyebabnya.

Padahal tidak selamanya itu benar, faktor hp oppo itu sendiri seperti setingan internet atau kerusakan hardware juga bisa mempengaruhi hilangnya sinyal 4G.

Maka dari itu bagi kamu pengguna hp oppo, kali ini Smartphone Solution akan memberikan 10 cara mengatasi sinyal HP OPPO hilang total yang pernah saya alami sendiri.

Cara Mengatasi HP OPPO Hilang Sinyal Muncul Notifikasi Tidak Ada Layanan

10 cara mengatasi hp oppo tidak ada sinyal

Masalah sinyal handphone oppo yang error ini terbilang cukup beragam, mulai dari jaringan tidak muncul, sinyal hp lemah (naik turun) sampai sinyal tiba tiba hilang total.

Hal tersebut tentu akan membuat data seluler tidak muncul sehingga hp kamu tidak akan ada sinyal 3G ataupun 4G untuk akses internet.

Namun sebelum melangkah ke cara memperbaiki hp oppo tersebut, di bawah ini merupakan  beberapa penyebab data seluler tidak bisa aktif di oppo tersebut.


Penyebab HP OPPO Yang Tidak Ada Sinyal


cara memperbaiki sinyal hp yang sering hilang

Kartu SIM Lewat Masa Tenggang

Salah satu penyebab HP tidak keluar sinyal bisa disebabkan karena kartu sim sudah lewat masa tenggangnya.

Dengan kata lain kartu sim yang kamu miliki tersebut sudah hangus alias tidak aktif. Alhasil sinyal tidak akan muncul dan biasanya akan ditandai dengan munculnya tanda silang di layar hp android.

Namun kamu tidak perlu cemas karena selama kamu belum melewati 60 hari setelah masa tenggang, kartu sim kamu masih bisa diaktifkan kembali.

Agar lebih jelasnya, saya sudah memberikan video tutorial mengaktifkan kembali kartu XL / AXIS yang sudah tidak aktif di bawah ini :



Kamu bisa mengembalikan sinyal hp kamu yang hilang tersebut dengan mengaktifkan kembali kartu XL / AXIS tersebut secara online lewat hp android saja.

Faktor Cuaca

Suatu jaringan pada sebuah HP oppo yang kita miliki akan menjadi lemah dan kuat tergantung dari faktor cuaca yang terjadi saat itu.

Penangkapan sinyal pada hp oppo a37 yang kurang baik biasanya cuaca sedang hujan lebat disertai angin kencang dan petir.

Tidak Dalam Jangkauan Jaringan

Penerimaan jaringan ponsel dan sinyal komunikasi sangat dipengaruhi oleh faktor lokasi.

Pada umumnya lokasi seperti desa tertinggal, gunung, tempat bawah tanah maupun bangunan kedap udara akan mempengaruhi hp yang kita miliki dalam menerima sinyal.

Maka dari itu pastikan bahwa kalian sudah berada di area dalam jangkauan jaringan operator (tower sinyal) jika tidak ingin mengalami masalah sinyal sering hilang mendadak pada hp oppo tersebut.

Gangguan Dari Layanan Operator Jaringan

Suatu jaringan yang lagi naik turun alias tidak konsisten dapat memicu sinyal hilang timbul pada smartphone android. 

Hal tersebut bisa jadi dikarenakan layanan operator jaringan yang kita gunakan sedang gangguan, selain itu masalah lain pada program mereka sehingga berdampak pada penyebaran sinyal yang tidak merata.

Jadi apabila operator seluler sedang melakukan perbaikan system atau tower mereka karena ada suatu masalah atau penambahan fitur baru biasanya pada hp oppo kita tersebut akan muncul masalah no signal / sinyal hilang timbul.

10 Cara Mengatasi Sinyal HP OPPO Hilang Agar Muncul Kembali


Setelah mengetahui beberapa faktor yang membuat hp oppo tidak ada sinyal tersebut, berikut akan kami berikan beberapa langkah untuk mengatasi sinyal hp android yang error sehingga membuat hp tidak ada sinyal maupun hp android tidak bisa internetan.

Langkah mudah di bawah ini dapat kita aplikasikan pada semua tipe oppo smartphone seperti hp oppo a37, oppo f1s dan tipe lainnya. Dan berikut ulasan secara lengkapnya :

UPDATE ! Gunakan Kode Rahasia


Untuk mengatasi sinyal hp oppo hilang kamu bisa menggunakan kode rahasia dari perangkat android kamu tersebut. Hal ini sudah banyak dicoba pada beberapa forum hp oppo.

Misalnya saja seperti video dibawah ini, saya coba menggunakan kode mengatasi sinyal hilang pada hp android. Dan mungkin bisa kamu coba pada hp oppo yang kamu miliki.


Namun jika kode tersebut tidak bisa kamu gunakan di hp oppo, kamu bisa mencari kode sinyal hilang tersebut di pencariaan google dengan kata kunci : kode mengatasi sinyal hilang di hp oppo.

1. Aktifkan Mode Pesawat 


hp oppo tidak ada sinyal

Jika hp oppo yang kamu miliki tidak ada sinyal yang ditandai dengan munculnya tanda silang pada status bar di layar hp tersebut maka coba untuk mengaktifkan mode penerbangan.

Setelah itu biarkan sekitar 8 detik dan non-aktifkan kembali mode pesawat untuk membuat sinyal kembali terbaca secara sempurna.

Fitur mode pesawat / flight mode kali ini kita gunakan untuk semacam merefresh jaringan yang ada.

2. Restart HP OPPO


hp oppo tidak ada sinyal

Jika cara pertama belum berhasil membuat sinyal hp muncul kembali maka coba untuk mematikan ponsel dalam beberapa saat.

Dalam kondisi hp sudah tidak memiliki daya tersebut tidak ada salahnya jika kita melepas baterai dan pasang kembali sebelum menghidupkannya agar jaringan terefresh secara sempurna.

Namun jika hp oppo yang kamu miliki memiliki jenis baterai non removeble, tekan tombol mulai ulang / restart juga sudah dapat membuat sinyal terefresh kembali.

3. Ganti Mode Jaringan



Apabila sinyal tidak muncul pada salah satu slot sim card saja maka coba untuk merubah mode jaringan pada kartu sim yang tidak terbaca tersebut.

Cara ini cukup efektif untuk mengatasi sinyal HP OPPO yang lemah dan sering hilang timbul. Untuk mengubah mode jaringannya kita hanya perlu melakukan beberapa langkah sebagai berikut :

  • Masuk ke menu Pengaturan
  • Kemudian cari Jaringan Seluler
  • Lalu kita aktifkan saja Sambungan Otomatis

Namun jika jaringan masih tidak tersedia, bisa jadi disebabkan karena slot sim card hp oppo rusak.

4. Cari Jaringan Secara Manual


Akan tetapi jika dengan cara tersebut sinyal hp oppo masih tidak muncul maka lakukan pencarian jaringan yang ada di lokasi kita berada secara manual.

hp oppo hilang sinyal

Disini untuk mengunci sinyal di ponsel oppo, kami menggunakan bantuan aplikasi yang bernama Signal Lock. Aplikasi ini dapat kita unduh secara gratis di google playstore.

Cara mengunci jaringan menggunakan aplikasi signal lock ini cukup mudah, yakni kita hanya perlu membuka aplikasi tersebut setelah itu pilih mode jaringan yang akan kita gunakan pada menu info telepon.

Setelah itu pencarian sinyal akan berjalan secara otomatis dan kita lihat apakah sinyal di hp oppo yang kita miliki tersebut mau kembali muncul.

5. Cari Area Yang Terjangkau Sinyal


oppo tidak ada sinyal

Seperti yang telah kami beritahukan sebelumnya, lokasi sangat berpengaruh akan adanya sinyal pada tempat tersebut.

Jadi jika kita berada pada tempat yang tidak dapat menjangkau jaringan ponsel alangkah lebih baiknya pindah ke likasi lain agar sinyal hp kembali terdeteksi.

6. Cek Kondisi Kartu Sim


Pastikan kartu sim dalam keadaan baik, mulai dari pemasangan sim card yang tidak terbalik sampai kondisi masih aktif tidak terlewat masa tenggang.


Untuk memastikan kondisi Slot kartu SIM di hp oppo dalam kondisi normal tidak ada salahnya jika kita melepas sim card dan pasang kembali.

Lihat apakah kuningan kartu sim rusak atau tidak dan hindari konektor yang tertekuk atau tertutup sesuatu saat pemasangan sehingga membuat sinyal kartu sim tidak terdeteksi di hp oppo.

7. Reset HP OPPO


Pada langkah kali ini kamu akan disarankan untuk mereset hp oppo apabila masalah sinyal hp hilang total tersebut karena virus atau akibat penggunaan aplikasi pihak ketiga yang berlebih.



Untuk melakukan reset ke pengaturan awal sebaiknya kamu masuk saja ke menu pengaturan > Cadangakan & Setel Ulang > Kembalikan ke Setelan Pabrik.

Akan tetapi sebelum kamu melakukan langkah tersebut alangkah lebih baiknya jika kita melakukan backup data yang penting terlebih dahulu.

Hal ini dikarenakan dengan melakukan reset tersebut maka semua data yang ada di dalam perangkat oppo yang kita miliki akan hilang.

8. Perbarui Versi ColorOS



data seluler oppo tidak muncul

Apabila kamu merasa sudah lama tidak memperbarui versi hp oppo yang kamu miliki, sebaiknya periksa pada pengaturan ponsel apakah ada pembaruan versi terbarunya.

Caranya :

  1. masuk ke menu Pengaturan
  2. pilih Pembaruan Perangkat Lunak
  3. dan untuk ColorOS 3.0 : masuk ke Setelan > pilih Pembaruan Sistem

Jika memang terdapat pembaruan sistem maka cobalah untuk memperbaruinya, bisa jadi sinyal hp oppo hilang total tersebut disebabkan karena versi android yang sudah terlalu lama.

9. Ganti Hardware


sinyal hp oppo hilang total

Jika sinyal di hp oppo yang kamu miliki tidak muncul setelah perangkat android tersebut terjatuh ataupun masuk ke dalam air maka sebaiknya bawa ke tempat service.

Hal ini dikarenakan kerusakan hardware dapat mempengaruhi hilangnya jaringan pada ponsel tersebut.

Sering kali kerusakan hp setelah terjatuh / kemasukan air ini terjadi pada ic sinyal.

Namun jika anda mengetahui cara memperbaiki ic sinyal android, ganti komponen tersebut dengan yang baru mungkin bisa menjadi solusinya.

10. Gunakan Antena Penguat Sinyal


hp oppo tidak ada layanan

Jika dengan semua cara di atas hp oppo yang kamu miliki masih saja tidak ada layanan maka cara terakhir yang kami rekomendasikan adalah dengan menggunakan antena penguat sinyal.

Namun pastikan terlebih dahulu tidak ada kerusakan pada software ataupun hardware di handphone oppo tersebut sebelum kita mencoba langkah terakhir ini.

Cara ini sangat cocok bagi kalian yang selalu kehilangan sinyal karena lokasi rumah yang jauh dari pemancar sinyal (tower operator seluler).

Untuk mendapatkan antena penguat sinyal kita bisa membelinya di berbagai marketplace dengan harga mulai dari 200 ribauan.

baca juga : Solusi Kartu SIM Tidak Ada Layanan Tanpa Ganti IC SInyal di HP Android

Bonus Tips : Cara Mengembalikan IMEI Hilang di HP OPPO Dengan Kode


Untuk mengecek IMEI di HP OPPO sama halnya dengan ponsel android lainnya yaitu dengan mengetik *#06#.

Namun jika IMEI memang tidak muncul, berikut cara mengembalikan no imei oppo smartphone yang hilang :

  1. Masuk ke EngineerMode dengan cara tekan dial tombol  *#*#3646633#*#*
  2. Setelah itu kita masuk ke menu EngineerMode, Pada tab Menu Conectivity pilih "CDS Information" kemudian pilih "Radio Information".
  3. Untuk memperbaiki IMEI SIM1 pilih "Phone1" dan ketik huruf A dan pilih AT+EGMR=1,7, "ISI IMEI SIM1 DISINI". Selanjutnya klik "SEND AT COMMAND" dan pastikan ada notifikasi "AT command is sent".
  4. Untuk memperbaiki IMEI SIM2 pilih "Phone2" dan ketik huruf A dan pilih AT+EGMR=1,10, "ISI IMEI SIM2 DISINI". Selanjutnya klik "SEND AT COMMAND" dan pastikan ada notifikasi "AT command is sent".
  5. Langkah berikutnya restart hp oppo yang kita miliki (matikan kemudian hidupkan kembali).
  6. Periksa IMEI dengan cara dial *#06#*. Apabila kita berhasil maka IMEI Oppo a37 sudah kembali dan  tentunya sudah dapat digunakan dengan normal karena sinyal tidak hilang lagi.

Demikian artikel kami kali ini yang baru saja kita bahas mengenai masalah cara mengatasi hp oppo tidak ada sinyal.

Sekarang giliran anda, langkah mana yang akan kamu coba. Jika ada kesulitan atau tambahan tips yang pernah kamu temui, langsung saja tulis pada kolom komentar atau media sosial kami.

Situs ini juga direkomendasikan di Channel Youtube. Open chat lewat Whatsapp !

Tips android menarik lainnya :

Powered by Blogger.