April 12, 2020

6 Cara Memunculkan Sinyal HP Xiaomi Redmi Hilang Total




Jaringan yang tidak stabil bisa mengakibatkan hp xiaomi tidak ada sinyal. Efeknya kamu tidak akan bisa akses internet karena sinyal xiaomi hilang total.

Banyak faktor yang menjadi penyebab xiaomi tidak ada sinyal, antena penguat sinyal lemah salah satunya. Salah satu ciri cirinya adalah muncul tanda silang pada sinyal hp xiaomi.

Pengguna hp xiaomi garansi distributor pasti sangat paham, sebab saya adalah salah satunya. hehehe..

Jadi apabila kamu mengalami masalah pada sinyal hp xiaomi, entah sering hilang, lemah ataupun sinyal 4g tidak muncul. Kali ini saya akan memberikan cara memperbaiki sinyal hp xiaomi yang hilang tersebut.

Cara ini merupakan pengalaman pribadi yang saya peroleh dari beberapa sumber seperti forum xiaomi. Jadi bisa kamu terapkan untuk memunculkan sinyal di semua tipe hp xiaomi misalnya redmi 4x, redmi 4a atau juga redmi note 5a.


Penyebab HP Xiaomi Hilang Sinyal


1. Provider Sedang Ada Gangguan

Dalam beberapa waktu setiap provider akan akan melakukan perbaikan untuk meningkatkan kualitas jaringan mereka. Dan dalam waktu memperbaiki, biasanya akan ada gangguan pada sinyal di hp xiaomi.

Kamu bisa mengecek pada akun twitter dari provider seluler yang kamu gunakan, sering kali mereka akan menginfokan masalah gangguan yang terjadi saat itu.

2. Jauh Dari Pemancar Sinyal

Semakin kamu jauh dari pemancar (tower) makan akan semakin sulit pula hp xiaomi kamu mendapatkan sinyal. Dapat kamu lihat pada batang bar sinyal hp kamu, semakin jauh kamu dari kota maka semakin berkurang juga sinyal bar yang muncul.

3. Masalah Sistem

Setiap kali adanya pembaruan sistem maka akan semakin meningkat pula performa hp xiaomi tersebut. Namun terkadang ada juga yang mengalami sinyal xiaomi hilang setelah di upgrade.

Hal tersebut bisa saja terjadi jika dalam update sistem MIUI tersebut terdapat bugs atau sejenisnya.

4. Kerusakan Hardware

HP Xiaomi sulit mendapatkan jaringan juga dapat disebabkan kerusakan pada hardware perangkat tersebut. Seperti yang pernah saya bahas sebelumnya, pada video tersebut karena kerusakan IC WTR mengakibatkan HP Xiaomi tidak ada layanan.

Untuk memperbaiki hp xiaomi agar bisa memunculkan kembali sinyal yang hilang, di bawah ini sudah saya berikan solusi terbaik yang bisa kamu coba.

Cara Mengatasi Sinyal HP Xiaomi Hilang Jadi Muncul Lagi

6 cara mengatasi sinyal xiaomi hilang

1. Pastikan Nomer HP Kamu Tidak Lewat Masa Tenggang


Sudah dapat dipastikan nomer yang melewati masa tenggang akan dianggap sudah tidak aktif. Akibatnya sinyal di hp xiaomi kamu akan hilang total (tidak muncul).

Dalam kondisi ini kamu tidak akan bisa mengecek masa aktif kartu lewat kode cek pulsa seperti biasanya.

sinyal hilang kartu sim tidak aktif

Maka dari itu coba bawa kartu kamu tersebut ke Gerai Resmi operator seluler yang kamu gunakan untuk mendapatkan solusinya.

Jika kamu beruntung, kamu masih bisa mengaktifkan kembali nomer tersebut apabila masalahnya disebabkan karena kartu sim yang rusak.

2.Hubungi Operator Seluler Lewat Akun Twitter


Seperti yang saya katakan sebelumnya, salah satu penyebab munculnya tanda silang pada sinyal hp xiaomi adalah sedang adanya gangguan pada operator seluler yang kamu gunakan.

Untuk memastikannya kamu bisa menghubungi operator seluer kamu lewat akun twitter resmi mereka.

sinyal hilang telkomsel

Misalnya saja kamu menggunakan kartu Telkomsel, caranya :

  1. Pertama masuk ke akun twitter kamu.
  2. Kemudian tulis keluhan kamu mengenai sinyal telkomsel yang hilang lewat status kamu dan jangan lupa menandai akun resmi twitter telkomsel @telkomsel.
  3. Setelah itu tunggu balasan dari telkomsel.
  4. Lalu setelah mendapat balasan, jawab sesuai instruksi mereka.

Langkah tersebut cukup efektif dijadikan cara menghilangkan tanda silang pada sinyal xiaomi karena provider yang mengalami gangguan.

3. Gunakan Antena Penguat Sinyal HP


Jika kamu merasa HP Xiaomi sulit untuk mendapatkan sinyal dikarenakan lokasi kamu tinggal jauh dari pemancar sinyal, antena penguat sinyal hp bisa menjadi alternatif yang kamu gunakan.

Kamu bisa menggunakan penguat sinyal hp yang berupa stiker atapun antena layaknya antena televisi yang terpasang diatas rumah.

antena penguat sinyal

Meskipun harga sticker penguat sinyal jauh lebih murah, saya lebih merekomendasikan untuk menggunakan penguat sinyal yang berupa antena pemancar. Mengapa demikian ?

Jika penggunaan kamu lebih sering untuk aktivitas di rumah, bentuk antena jauh lebih baik dalam hal penangkapan sinyalnya.

4. Jumper Antena Penangkap Sinyal Xiaomi


HP Xiaomi redmi yang sering tidak ada layanan jaringan dapat disebabkan karena antena penangkap sinyal lemah, sehingga akan mengakibatkan sinyal hp xiaomi sering hilang.

Untuk menguatkan sinyal hp xiaomi bisa kamu lakukan sendiri dengan cara menjumper antena penangkap sinyalnya menggunakan kawat atau kabel seperti video berikut ini :


Dengan menambah kawat atau kabel pada antena penangkap sinyal ternyata cukup ampuh untuk memunculkan sinyal hp xiaomi yang hilang tersebut.

5. Rubah Lokasi HP Xiaomi


Maraknya penjualan HP Xiaomi murah terkadang menjadikan banyak produk hp xiaomi yang seharusnya tidak dijual Indonesia namun tetap diperjualbelikan.

Dampaknya jika produk tersebut seharusnya dijual di Singapura ataupun Malaysia maka tidak akan bisa digunakan di Indonesia. Dan yang paling terlihat adalah pada sinyal hp yang tidak bisa muncul.

Jika kamu mendapat produk yang seperti itu, maka cobalah untuk merubah lokasi hp xiaomi dengan cara :

  1. Pertama masuk ke menu Settings >> Additional Settings >> Locale.
  2. Setelah itu rubah lokasi Indonesia menjadi Singapura, Malaysia, atau Bangkok.
  3. Kemudian aktifkan mode pesawat.
  4. Lalu restart hp xiaomi tersebut dan matikan mode pesawat sebelumnya.

Langkah selanjutnya coba kamu pastikan kembali apakah sinyal xiaomi masih hilang atau tidak.

6. Flash HP Xiaomi Jika Tidak Ada Layanan


Lewat forum xiaomi indonesia, saya mendapatkan langkah terakhir ini dari pengalaman pengguna hp xiaomi yang kehilangan sinyal setelah melakukan upgrade sistem.

Dimana flashing hp xiaomi yang bertujuan untuk merubah ROM distributor ke ROM CINA Stable atau Rom Cina Developer tapi tanpa sengaja malah membuat modem sinyal hp xiaomi tersebut menjadi hilang.

Maka dari itu untuk memunculkan jaringan 4G di hp xiaomi redmi 4 tersebut kamu harus melakukan unlock bootloader dan menginstal custom recovery TWRP terlebih dahulu.

cara mengatasi sinyal hilang redmi 4x

Berikut cara flash redmi 4x yang tidak ada layanan tersebut :

  1. Pertama - tama langkah yang perlu untuk kita lakukan adalah mengunduh semua bahan yang akan kita gunakan dan memindahkannya ke dalam kartu memori, setelah itu matikan smartphone xiaomi yang kita miliki tersebut
  2. Setelah ponsel xiaomi dimatikan, langkah selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah dengan masuk ke mode recovery trw, lalu ke wipe > ceklis dalvik, cache, system, dan data, kecuali micro sdcard (jika ada data penting di internal, pastikan dipindahkan terlebih dahulu ke memori eksternal) lalu swipe kemudian back.
  3. Masih pada menu wipe, kemudian pilih dan tab "swipe to Factory Reset" > pilih back > lalu setelah factory reset kita pilih menu format Data > kembali ke menu utama, pilih reboot > reboot recovery
  4. Setelah itu lakukan Flash ROM yang sebelumnya sudah kita unduh tersebut, dengan langkah - langkah pilih Install > pilih data ROM yang dicopy pada memori eksternal > lalu tab "swipe to confirm flash" > setelah selesai flash rom, kita harus wipe dalvik lagi > kemudian matikan hp
  5. Buka Sim Card lalu pasang kartu sim ke sim 1, dan untuk slot pada sim 2 dibiarkan kosong dulu, kemudian masuk kembali ke mode recovery TWRP
  6. Jika sudah maka langkah berikutnya yang perlu untuk kita kerjakan adalah install Modem-TWRP-8120.zip terlebih dahulu, jika sudah install/flash Modem-TWRP-8120.zip, kemudian kita wipe dalvik > lalu reboot system > matikan hp
  7. Selnjutnya masuk lagi ke mode TWRP > Flash ModemV1 > reboot system > matikan hp > masuk ke mode TWRP lagi> Flash Modemv2 > reboot system > masuk ke mode TWRP lagi > Flash ModemV3 > reboot system
  8. Setelah kita selesai menginstall / flash modem V1, V2, dan V3, selanjutnya buka sim tray lalu lepas kartu di sim 1, kemudian pindahkan kartunya ke sim 2 (sim 1 dikosongan jangan di isi kartu sim dulu)
  9. Kemudian masuk lagi ke mode recovery TWRP. lalu install Modem-TWRP-8120.zip lagi, lalu Agan wipe dalvik > reboot system
  10. Langkah terakhir, pasang kartu sim pada slot sim 1 dan 2 kemudian hidupkan smartphone xiaomi yang kita miliki tersebut maka sinyal akan kembali seperti sedia kal

Untuk lebih lengkapnya mengenai bahan untuk melakukan flashing tersebut, kamu bisa mengunduhnya langsung dari sumber postingan sinyal hilang hp xiaomi pada ROM China Stable.

Akhir Kata ..

Demikian pertemuan kita kali ini yang baru saja membahas tentang bagaimana cara kita untuk mengatasi sinyal hp xiaomi redmi 4 yang hilang total.

Semoga langkah - langkah diatas dapat memberikan manfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih.

Situs ini juga direkomendasikan di Channel Youtube. Open chat lewat Whatsapp !

Tips android menarik lainnya :

Powered by Blogger.