January 31, 2019

Cara Atasi Play Store [NO CONNECTION] Tidak Ada Sambungan Saat Dibuka di HP Android




Play Store Android (No Connection) - Bagaimana cara mengatasi playstore hp android yang tidak bisa dibuka (no connection) ? Play Store merupakan suatu tempat sebagai pusat penyedia semua aplikasi yang diperlukan bagi pengguna android. Dimana kita bisa mengunduh dan memperbarui suatu aplikasi di hp android melalui google play tersebut.

Namun pernahkah kita membayangkan bagaimana rasanya jika aplikasi play store hp android tersebut rusak ? Yang mana akibat play store error tersebut membuat kita tidak bisa mengunduh dan memperbarui aplikasi ataupun hp android tidak bisa membuka aplikasi playstore tersebut.

baca juga :

Tentu hal tersebut akan membuat kita menjadi panik karena aplikasi play store sudah menjadi aplikasi yang sangat penting bagi pengguna android.

Oleh karena itu pada pertemuan kita kali ini kami Smartphone Solution akan mencoba membahas cara mengatasi play store yang muncul notifikasi tidak ada sambungan internet pastikan wifi atau data seluler aktif lalu coba lagi di hp android. Untuk itu mari langsung saja kita simak ulasan selengkapnya mengenai cara memperbaiki play store tidak ada sambungan (no connection) di bawah ini.

Cara Memperbaiki Play Store HP Android Yang Tidak Bisa Masuk Karena Tidak Ada Sambungan
cara memperbaiki play store tidak ada sambungan


Apabila kita mendapatkan notifikasi seperti "tidak ada sambungan internet pastikan wifi atau data seluler aktif lalu coba lagi" yang membuat aplikasi play store tidak bisa dibuka di hp android, maka langkah yang pertama kali kita lakukan adalah dengan memastikan koneksi internet di ponsel android yang kita miliki.

Untuk memastikan kondisi koneksi internet hp android dalam kondisi baik, cobalah untuk melakukan browsing di Google Chrome ataupun melakukan chatting pada aplikasi whatsapp / facebook massanger. Jika hal tersebut tidak bisa kita lakukan maka besar kemungkinan munculnya "No Connection" saat membuka aplikasi playstore ada pada koneksi internet yang kita miliki.

Akan tetapi jika hp android dapat lancar digunakan untuk browsing ataupun chatting namun ketika membuka aplikasi play store selalu untuk muncul pemberitahuan untuk periksa sambungan dan coba lagi, maka simak ulasan di bawah ini agar kita bisa membuka google play store yang tidak bisa dibuka di hp android tersebut.

lihat juga :

5 Cara Mengatasi Tidak Ada Sambungan Internet Pada Google Play Store HP Android


1. Atur Ulang Waktu dan Tanggal HP Android
cara memperbaiki play store yang tidak bisa dibuka


Perlu untuk kita ketahui bahwa pengaturan waktu dan tanggal di hp android yang tidak tepat dapat menjadi penyebab play store tidak bisa dibuka / no connection. Untuk itu setelah kita memastikan kondisi koneksi internet ponsel android yang kita miliki tidak bermasalah maka selanjutnya coba pastikan kembali waktu dan tanggal di smartphone kita tersebut.

Tips agar lebih mudah mengatur ulang waktu dan tanggal di hp android dengan tepat adalah dengan klik / ceklis opsi pengaturan otomatis dari operator. Kemudian restart hp android dan coba buka kembali aplikasi playstore android tersebut.

2. Clear Cache Pada Aplikasi Play Store
clear cache hp android


Perlu untuk kita ketahui bahwa setiap aplikasi tentu memiliki cache, dimana fungsi dari file cache itu sendiri sebagai tempat penyimpanan data sementara. Namun apabila kita terlalu sering membiarkan cache tersebut hingga penuh maka akan membuat kinerja hp android menjadi lemot.

Maka dari itu untuk menghindari terjadinya play store android error seperti play store tidak bisa dibuka dengan paket data, kita bisa menghapus Cache Aplikasi Play Store Pada HP Android dengan langkah - langkah sebagai berikut :

Masuk ke Settings >> Applications >> Play Store >> Pilih Menu "Clear Cache"

3. Hapus Google Account Yang Terdaftar di HP Android

Tahukah anda bahwa dengan menghapus Google Account yang kita gunakan untuk login ke Play Store ternyata juga dapat memperbaiki Play Store tidak ada sambungan ? Log out terlebih dahulu kemudian baru hapus Google Account sebelum kita akan melakukan restart pada hp android tersebut.

Setelah hp android hidup, coba login kembali ke aplikasi google playstore menggunakan akun google yang kita hapus sebelumnya. Berdasarkan pengalaman kami, dengan cara ini kita sudah dapat memperbaiki play store yang tidak ada sambungan.

4. Gunakan VPN

Cara lain itu untuk mengatasi munculnya pemberitahuan "No Connection" di play store hp android adalah dengan menggunakan VPN. Akan tetapi dengan adanya masalah playstore tidak berfungsi di hp android tersebut, tentu akan membuat kita tidak bisa mendowloadnya.

Oleh karena itu coba masuk ke pencarian aplikasi lewat browser dan kunjungi situs resmi Donload Hotspot for Android. Kemudian hubungkan dengan VPN setelah aplikasi tersebut terinstall di hp android yang kita miliki.

5. Factory Reset

Apabila dari semua cara di atas masih saja membuat play store tidak bisa dibuka karena adanya notifikasi "no connection", maka langkah terakhir yang perlu untuk kita lakukan adalah dengan melakukan Factory Reset.

Namun sebelum kita melakukan langkah terakhir ini alangkah lebih baiknya jika kita membackup semua data yang ada di dalam perangkat android tersebut. Hal ini dikarenakan Factory Reset akan menghapus semua data yang ada di dalam smartphone android yang kita miliki.

Akan tetapi jika kita tidak ingin melakukan factory reset pada hp android tersebut, disini kami memberikan solusi lain untuk mengatasi masalah tidak ada sambungan internet pastikan wifi atau data seluler aktif lalu coba lagi ketika sedang membuka aplikasi google play android tersebut.

Dan untuk mencoba langkah ini, syarat yang kita butuhkan adalah akses root pada hp android. Untuk itu bagi pengguna hp android yang mengalami masalah Play Store tidak dapat digunakan (No Connection) padahal data seluler hp android sudah aktif, cobalah untuk melakukan langkah - langkah sebagai berikut :

Cara Mengatasi Google Play Store HP Android Yang Kehilangan Koneksi Dengan Root


  1. Pertama - tama pastikan hp android sudah memiliki akses root
  2. Setelah itu kita juga harus memiliki aplikasi explorer. Pada tips kali ini, aplikasi explorer yang kita gunakan adalah Root Explorer
  3. Dengan menggunakan Root Explorer, coba masuk ke folder /etc dan cari file bernama host
  4. Lalu buka file hosts tersebut dengan menekannya dan pilih Text Editor
  5. Kemudian pada layar Text Editor, hapus IP dan link yang tertera di dalam kotak merah tersebut sehingga kemudian hanya berisi satu baris saja
  6. Langkah terakhir, simpan file tersebut 

Demikian pertemuan kita kali ini yang baru saja mengulas akan cara kita mengatasi play store hp android yang error tersebut. Semoga dengan langkah - langkah di atas kami bisa memberikan manfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih ..

Situs ini juga direkomendasikan di Channel Youtube. Open chat lewat Whatsapp !

Tips android menarik lainnya :

Powered by Blogger.