Cara Merawat Baterai Android Agar Tahan Lama

Cara Merawat Baterai Android Agar Tahan Lama - Merawat baterai hp android menjadi suatu hal yang diwajibkan supaya baterai hape android nantinya menjadi tahan lama dan awet. Lalu bagaimana cara menghemat baterai android beserta perawatannya ? Baterai smartphone android tidak sembarangan dalam penggunaannya dan harus dirawat secara khusus agar baterai tidak cepat habis. Mengapa daya baterai hp android perlu perawatan khusus ? Kami mengatakan dengan demikian karena bisa anda ketahui sendiri pada perbandingan antara hp android dan hp yang menggunakan sistem selain android lainnya.

Handphone androidsering menjadi pilihan banyak orang karena keunggulan fitur yang bisa dimanfaatkan didalam hp tersebut, tetapi karena banyaknya keunggulan hape android juga mempunyai dampak negatif yang membuat orang bertanya "mengapa baterai android cepat habis?". Sebenarnya jawaban penyebab baterai cepat habis itu simple, karena tergantung dari aplikasi besar atau kecil didalam ponsel tersebut. Sehingga sekarang ini untuk merawat batre pada ponsel android banyak sekali aplikasi penghemat baterai android yang disediakan di Google Play Store.

Cara Merawat Baterai Android Agar Tahan Lama

Cara merawat baterai hape android


Berikut dapat anda lihat dibawah ini mengenai beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merawat baterai hp android agar lebih tahan lama dan awet :

1. Lihat Jangka Waktu Pengisian
  • Jangka waktu pengisian sebuah hp haruslah dijaga dan jangan sampai anda membiarkan sebuah hp anda tercharge atau tercas dalam jangka waktu yang berlebihan. Baterai hp memiliki sebuah kapasitas daya tampung yang ditetapkan, jangankan baterai hp, baterai laptop juga sedemikian, namun perbedaannya kita dapat menggunakan laptop tanpa baterai dengan cara baterai kita lepas dan tancapkan saja charger ke laptop dan sudah anda bisa menggunakannya, sedangkan hp tidak bisa digunakan tanpa baterai.
  • Baterai itu ada lithium-ion dan ada yang berbahan nikel. Untuk merawat baterai berbahan nikel sebaiknya anda isi atau anda charge pada saat daya baterai itu sudah habis. Jenis baterai ini adalah jenis baterai hp hp jaman dahulu dan jika sekarang kebanyakan menggunakan jenis lithium-ion dan cara pengecasan baterai lithium yang baik adalah pada saat daya baterai masih tersisa sekitar 50% dan minimal 20% agar baterai tersebut bisa agak awet.

Untuk baterai jenis lithium-ion sebaiknya juga perlu anda lakukan pengurasan total sekali-kali untuk keperluan kalibrasi. Gunakanlah hp sampai baterainya habis total, semisal sebulan sekali atau berapa terserah anda namun jangan sering-sering, dan untuk pengecasan lakukan dengan hp posisi dimatikan atau mati dan jangan digunakan selama baterai itu belum full hingga 100%.


2. Minimalkan Penggunaan Power Bank
  • Menggunakan power bank untuk pengecasan adalah suatu hal yang banyak dilakukan oleh banyak orang, dan hal ini tidak masalah, tapi jangan keseringan mengecas menggunakan power bank jika kita berada dirumah atau setidaknya mampu mengecas baterai maksimal. Jika kita mengecas menggunakan power bank terus-terusan itu tidak baik karena power bank kebanyakan menjadi penyebab hp cepat panas, dan cara tepat pengecasan yang dianjurkan agar baterai awet adalah dengan cara cas langsung dari stop kontak listrik ke hp.

3. Hindarkan Tempat Yang Panas dari Smartphone
  • Menaruh hp pada tempat panas itu harus dihindari karena baterai hp yang kepanasan selama berkepanjangan sangat mudah mengalami kerusakan. Seperti halnya baterai yang berbahan lithium-ion, baterai jenis ini sebaiknya berada dan disimpan pada suhu 15 derajat celsius, dan kisaran suhu yang dapat ditangani oleh baterai jenis itu adalah sekitar -40 sampai pada 50 derajat celsius.

baca juga artikel lainnya : Cara Mengatasi Pengisian Baterai Android Tidak Bisa Penuh

Demikian sedikit mengenai cara perawatan baterai hp android agar tahan lama dan tidak boros yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel ini dapat menambah ilmu serta bermanfaat bagi para pengguna smartphone khususnya android. Jika anda memiliki sebuah masukan atau tambahan, maka dapat melewati kolom komentar dibawah ini. Sekian dan terima kasih ..

0 komentar

Post a Comment

Powered by Blogger.