Cara Mengatasi Baterai Boros dengan Kalibrasi Baterai Android

Cara Mengatasi Baterai Boros dengan Kalibrasi Baterai Android - Bagaimana cara kalibrasi baterai untuk mengatasi boros baterai android ? Baterai bermasalah merupakan suatu hal yang terkadang terjadi pada smartphone. Indikator baterai android tidak sesuai dapat beragam contohnya, mulai dari yang baterai cepat habis dibanding biasanya, proses pengecasan batre yang terlalu lama, sampai beterai tidak dapat terisi penuh padahal sudah dicas lama, menjadi salah satu keluhan yang dijumpai.


Kalibrasi baterai android sudah mulai perlu dilakukan ketika anda menyadari bahwa kinerja serta durasi baterai mulai menurun. Namun proses mengkalibrasi batre android harus dilakukan dengan cara yang benar dan hati-hati supaya mendapatkan hasilnya maksimal. Sebelum kita melakukan penyetelan ulang baterai, ketahui terlebih dahulu maksud serta permasalahan dari proses kalibrasi yang akan dilakukan.
  1. Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah menganalisa mengapa performa baterai jadi menurun. Apakah hal ini terjadi dikarenakan masalah pada baterai tersebut atau karena sistem kalibrasi pada sistem Android? Sebelum kita beranjak pada permasalahan kedua, check bahwa batre tersebut berfungsi baik atau sudah pernah mengalami kerusakan.
  2. Jika smartphone anda menggunakan baterai yang bisa dilepas, matikan smartphone dan periksa baterai dengan melepasnya. Amati apakah terdapat kebocoran atau baterai menjadi kembung. Jika smart Anda menggunakan baterai yang tertanam, perhatikan kondisi cover pastikan tertutup rapat tanpa adanya celah yang menandakan bahwa ada kemungkinan baterai dalam kondisi kembung.

Jika anda mendapati tanda-tanda salah satu dari dua hal di atas, maka sebaiknya langsung ganti baterai. Untuk hal yang kedua, saran dari kami bawa hp android Anda ke Service center terpercaya untuk minta digantikan baterai oleh mereka.

Cara Mengatasi Baterai Boros dengan Kalibrasi Baterai Android

Cara Kalibrasi Baterai Android


Akan tetapi jika tidak ditemukan masalah secara fisik dan kondisi fisik batre dirasa masih cukup baik, anda dapat melanjutkan ke tahap kalibrasi / menyetel ulang baterai android. Apa maksud dari kalibrasi baterai, dengan melakukan kalibrasi sistem operasi akan memperbaiki informasi yang salah dan menampilkan kembali informasi yang akurat seperti sedia kala.

Langsung saja ikuti langkah-langkah cara kalibrasi baterai Android tanpa root berikut:
  1. Kuras baterai hingga smartphone Anda mati dengan sendirinya.
  2. Nyalakan ponsel dengan menekan tombol Power dan biarkan mati kembali dengan sendirinya.
  3. Colokkan smartphone tanpa menyalakannya dan biarkan hingga baterai terisi hingga 100%.
  4. Cabut charger.
  5. Nyalakan smartphone, jika indikator baterai tidak menampilkan kondisi 100%, colok kembali hingga benar-benar terisi 100%.
  6. Cabut charger dan lakukan restart. Jika masih belum menampilkan kondisi 100%, lakukan lagi pengisian baterai hingga 100%.

Lakukan hal ini terus hingga benar-benar tertera kondisinya 100%. Biarkan baterai hingga kondisi 0% hingga smartphone mati dengan sendirinya. Isi baterai sekali lagi hingga 100% dan proses kalibrasi baterai android tanpa root akan mereset sistem persentase baterai pada Android. Disarankan lakukan proses kalibrasi baterai tiap 3 bulan sekali. Jika terlalu sering melakukan kalibrasi juga akan menimbulkan pada kerusakan baterai yang digunakan. Oleh karena itu, jangan melakukan proses kalibrasi ini terlalu sering bahkan meski baterai dalam kondisi mati dan sudah berkali- kali dinyalakan.

Lakukan langkah-langkah cara kalibrasi baterai android dengan akses root sebagai berikut :
  1. Habiskan baterai hingga smartphone mati dengan sendirinya.
  2. Nyalakan kembali dan biarkan mati lagi dengan sendirinya.
  3. Colok smartphone menggunakan charger dan jangan menekan tombol Power untuk menyalakannya. Biarkan baterai terisi penuh hingga 100%.
  4. Cabut charger setelah batre 100%.
  5. Nyalakan smartphone. Jika indikator baterai tidak akan menampilkan kondisi 100%, colok kembali dalam kondisi smartphone tetap menyala. Biarkan hingga kondisi baterai menjadi 100%.
  6. Cabut colokan dan lakukan restart pada hp android. Jika belum tertera 100%, colok kembali hingga 100%.
  7. Lakukan hal yang sama seperti cara 4 dan 5 hingga kondisi benar-benar 100%.
  8. Pasang Aplikasi Battery Calibration yang didapat dari aplikasi android google play store. Dan sebelum menjalankannya, pastikan lagi bahwa kondisi baterai sudah 100%. Kemudian lakukan restart.
  9. Jalankan aplikasi tersebut dalam lakukan kalibrasi kembali menggunakannya.
  10. Setelah kalibrasi menggunakan aplikasi, habiskan baterai hingga 0% dan biarkan smartphone mati dengan sendirinya.
  11. Colok baterai hingga penuh dan seharusnya cara ini sudah mereset sistem baterai pada Android.

Baca juga: Cara Mengatasi Pengisian Baterai Android Tidak Bisa Penuh

Demikianlah cara kalibrasi baterai Android yang bisa jadi solusi memperbaiki masalah kinerja baterai ponsel Anda. Selain artikel menyetel ulang baterai android baca juga artikel kami lainnya mengenai Cara Agar Android Tidak Lemot. sekian dan terima kasih

0 komentar

Post a Comment

Powered by Blogger.