September 03, 2016

Kenapa Hp Android Cepat Panas ? Atasi Dengan Cara Ini




Kenapa Hape Cepat Panas – Faktor apakah yang menjadikan hp android cepat panas ? Mungkin sebagian dari para pengguna smartphone pernah mengalami panas yang berlebihan (overheat) pada handphone atau tablet yang kita miliki. Dan tentu sebagian dari kita belum mengetahui penyebab hp cepat panas terlebih lagi jika digunakan saat bermain game maupun internet.

Penyebab dari hp android panas berlebih sebenarnya tidak jauh berbeda dengan baterai laptop cepat habis, dapat disebabkan karena terdapat masalah pada hardware, atau sering kali juga disebabkan karena kesalahan dari kita sendiri. Seringnya, baterai handphone menjadi lebih boros merupakan suatu gejala hp android cepat panas karena memang suhu yang tinggi dapat menurunkan kinerja baterai.

Masalah hp memiliki panas berlebih tidak boleh dianggap remeh karena akan menimbulkan efek samping pada perangkat jika terlalu lama dibiarkan, seperti contohnya saja mempercepat kerusakan baterai atau mungkin dapat mempercepat kerusakan handphone android itu sendiri. Sehingga apapun penyebabnya kita perlu mengatasi hp android agar tidak cepat panas.

Kenapa Hp Android Cepat Panas ? Atasi Dengan Cara Ini

hp android cepat panas


Untuk itu jika anda menginginkan ponsel android yang dimiliki bisa berumur panjang, sebaiknya menghindari panas berlebih pada perangkat yang anda gunakan saat ini. Oleh karena itu pada postingan kali ini kami akan mengulas tentang faktor apa saja yang dapat menyebabkan suhu perangkat menjadi naik serta beberapa solusi untuk mengatasinya, khususnya bagi anda yang menggunakan hp / tablet yang menggunakan sistem operasi Android. Berikut hal - hal yang menyebabkan terjadinya overheat pada gadget yang kita miliki :

1. Kesalahan penggunaan

Hape cepat panas karena terlalu sering menggunakan gadget untuk sms, telpon berlama-lama, chatting atau browsing. Atau bermain game terlalu lama juga bisa menyebabkan overheat, karena prosesor, GPU, dan komponen lainnya harus bekerja ekstra yang tentunya juga membutuhkan tenaga ekstra dari baterai, sehingga suhu baterai ikut meningkat karena aktivitas tersebut. Meski demikian, perlu dicatat bahwa sumber panas bukanlah sepenuhnya berasal dari baterai, tetapi yang paling sering menyebabkan panas adalah prosesor dari perangkat.

Solusi :
  • Gunakanlah perangkatmu sewajarnya. Penggunaan berlebihan juga bisa menyebabkan daya baterai lebih cepat terkuras alias boros. Pemakaian wajar juga bisa membantu menghemat baterai gadget milikmu. Untuk tips lain tentang penghematan baterai bisa kamu baca di halaman tips menghemat baterai smartphone Android.

2. Kekuatan sinyal atau jaringan yang kamu gunakan

Kekuatan sinyal juga berpengaruh pada naiknya suhu pada gadget. Jaringan atau sinyal yang lemah dan tidak stabil akan membuat gadget lebih cepat panas terutama jika digunakan untuk browsing. Hal ini terjadi karena gadgetmu akan terus mencari jaringan yang lebih baik jika sinyal yang didapatnya terlalu lemah yang (sekali lagi) menyebabkan gadget harus bekerja ekstra.

Solusi :
  • Jika ingin browsing dengan gadget kesayangan, sebaiknya cari tempat yang lebih terbuka. Karena selain lebih sejuk, sering kali jaringan tersebut terhalang oleh tembok, sehingga sinyal yang diterima oleh gadget menjadi lemah. Terlalu memaksakan memilih jaringan (dengan mengunci jaringan di 4G atau 3G Only misalnya) juga bisa menyebabkan gadget menjadi cepat panas. 
  • Jika ternyata di tempatmu tak memiliki cover jaringan yang cukup kuat, maka sebaiknya kamu tak memaksakan untuk melakukan penguncian jaringan.


3. Kondisi cuaca atau area sekitar, serta panas dari luar gadget itu sendiri

Kondisi ruangan yang pengap atau gerah juga bisa mempengaruhi masalah suhu berlebihan pada gadget. Cara memegang yang salah juga bisa mempercepat naiknya suhu pada gadget.

Solusi :
  • Sebaiknya gunakan gadget di area yang lebih sejuk jika ingin menggunakannya untuk hal-hal yang cukup berat seperti bermain game, browsing dll. Lalu saat menggunakan gadget (smartphone), cobalah untuk memberikan ruang khususnya pada bagian belakang perangkat agar ia mendapatkan sirkulasi udara yang lebih baik.
  • Terlalu erat menggenggam bagian belakang perangkatmu, terutama saat menggunakan telapak tanganmu, akan menyebabkan panas dari dalam gadget tidak dapat terlepas sempurna karena tertahan oleh telapak tangan. Ingat, ini hanyalah sebuah gadget, bukan tangannya mantan! Jadi kamu tak perlu menggenggamnya terlalu erat.

4. WiFi dibiarkan menyala saat berada diluar jangkauan

Membiarkan konektivitas WiFi tetap menyala saat berada diluar jangkauan WiFi yang kamu gunakan juga merupakan salah satu penyebab mengapa suhu perangkat menjadi lebih tinggi, meski pengaruhnya tidaklah terlalu besar. Hal itu karena perangkat akan terus melakukan scan untuk menemukan konektivitas WiFi di sekitarnya jika ternyata jaringan yang digunakannya (sebelumnya) telah berada diluar jangkauan.

Solusi :
  • Jika kamu menggunakan jaringan WiFi di rumah atau kantor untuk dapat terkoneksi dengan internet, maka jangan lupa untuk mematikan konektivitas WiFi pada perangkat kesayanganmu ketika kamu ingin bepergian. Hal ini akan sedikit menghemat baterai dan juga membantu mencegah naiknya suhu perangkat meski memang konektivitas selular (3G/EDGE dll) juga akan menaikkan suhu perangkat dengan cepat. Setidaknya hal ini dilakukan untuk meminimalisir.
dapat anda baca : " Harga Laptop Murah Dibawah 2 Jutaan Terbaru "

5. Kerusakan baterai

Baterai yang sudah terlalu lama digunakan umumnya akan mengalami kerusakan yang ditandai dengan kembungnya baterai, keluarnya cairan dari baterai dll, terutama untuk baterai berjenis Li-Ion yang “masa hidupnya” ditentukan oleh seberapa sering ia di isi ulang.

Solusi :
  • Gantilah baterai tersebut karena jika dibiarkan akan mengakibatkan kerusakan lebih lanjut pada gadget itu sendiri. Gunakanlah baterai original untuk menjamin kualitas.

dapat anda baca : " Harga Laptop Murah Dibawah 3 Jutaan Terbaik "

6. Utamakan menggunakan WiFi

Memilih menggunakan konektivitas via Wi-Fi dapat membantu mengurangi resiko perangkat mengalami kepanasan atau overheat sehingga mimin lebih menyarankan untuk kamu agar lebih mem-prioritaskan untuk menggunakan Wi-Fi ketimbang koneksi via seluler langsung.

Sebaiknya kamu bawa ke service center terdekat jika hal diatas belum dapat membantu dan kamu masih merasa ada gangguan pada suhu gadget karena terdapat suatu kemungkinan kesalahan pada hp android itu sendiri entah bersumber pada segi hardware maupun software.

baca juga :
Cara Mengatasi Kelemahan Yang Terdapat Pada iPhone 4
Cara Menambahkan Bahasa Pada Tablet Android

Demikian beberapa penyebab dan solusi kenapa handphone / tablet yang kita gunakan cepat panas. Silahkan temukan artikel menarik lainnya jika anda berkunjung pada www.techieway.blogspot.com, sekian dan terima kasih ..

Situs ini juga direkomendasikan di Channel Youtube. Open chat lewat Whatsapp !

Tips android menarik lainnya :

Powered by Blogger.