March 20, 2022

Cara Mengatasi Suara Hp Kecil Jadi Keras Lagi




Suara HP Mengecil - Pernah tidak kamu mengalami masalah pada suara hp yang keluar dari speaker terdengar kecil bahkan hampir tidak keluar bunyinya ? Anehnya, pengaturan volume padahal sudah full.

Memang masalah suara hp kecil ini hampir terjadi di semua hp android, namun jika dibiarkan tentu akan mengakibatkan :

nada dering tidak terdengar, notifikasi wa tidak bunyi bahkan suara youtube kecil akibat speaker hp tidak keluar suara tersebut. Lantas bagaimana cara mengatasi suara hp yang semakin kecil tersebut apabila terjadi pada diri kita ?

Solusi jika kamu pergi ke service center sering kali akan disarankan untuk mengganti speaker hp dengan alasan rusak. Namun disini Smartphone Solution memiliki cara lain yang lebih murah dan mudah untuk kalian coba.

Langsung saja kita simak cara mengatasi hp android yang tidak keluar suara tersebut. Dan ini akan memperbesar kualitas suara hp xiaomi, oppo, vivo, asus, samsung dan hp android lainnya.

Penyebab Suara Speaker HP Kecil


cara mengatasi volume suara yang kecil di hp android

Mengapa suara hp pelan nyaris tidak ada suara ?

Perlu untuk kalian kalian ketahui bahwa kerusakan hp tidak ada suara tersebut dapat disebabkan oleh faktor software dan juga hardware, salah satunya speaker hp yang rusak. Namun tidak menutup kemungkinan juga penyebab suara hp tidak bisa keras tersebut disebabkan oleh :
  • Banyaknya kontaminasi debu yang menempel pada kulit speaker sehingga debu tersebut menghambat getaran speaker. 
  • Selain itu yang menyebabkan nada dering android menjadi pelan adalah kulit speaker robek.
  • Ada juga karena kabel (+) (-)  yang menempel tidak kuat sehingga kadang tersambut kadang tidak akibatnya suara speaker tidak jelas dan seperti pecah bahkan kadang berbunyi kadang tidak.
  •  Speaker HP yang terkena air

Sering kali untuk mengatasi suara speaker hp android yang kecil, kita mengambil jalan termudah yaitu dengan menggunakan earphone / headset saat mendengarkan musik dan video.

Namun tahukah kamu dampak jika kalian terlalu sering menggunakan earphone tersebut ? Lihat infograsis kami di bawah ini.


Melihat infograsis di atas, masihkah kamu akan selalu menggunakan headset sebagai solusi lain untuk mengatasi volume hp yang semakin mengecil ?

Kamu juga bisa melihat solusi jika suara youtube kecil atau tidak ada suara pada artikel saya sebelumnya : Cara Mengatasi Youtube Tidak Keluar Suara.


10 Cara Mengatasi Suara HP Android Yang Semakin Kecil (Tidak Terdengar)


1. Periksa Pengaturan Volume


cara mengatasi speaker hp yang suaranya kecil

Coba cek apakah volume hp android anda sudah anda besarkan. Caranya : Tekan Volume Up untuk memperbesar Volume sampai maksimal.

Jika volume hp sudah maksimal namun setiap kali ada notifikasi masuk nada dering tidak bunyi, coba cek pada pengaturan volumenya. Untuk mengatur volume hp android, cukup masuk :

  1. Pengaturan HP
  2. Kemudian cari menu Suara dan Getar
  3. Lalu atur Volume Media 

Pengaturan volume media ini berfungsi untuk mengatur suara notifikasi, panggilan telepon, dan musik sesuai yang kita inginkan. Di postingan sebelumnya saya juga mengulas : Cara Mengatasi Tombol Volume HP Android Rusak.

2. Bersihkan Cache HP


Cara Memperbaiki Suara Hp Android Yang Makin Mengecil

Untuk membersihkan cache di HP Android secara keseluruhan kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi pembersih, misalnya saja Clean Master ataupun C-Cleaner. Hal ini bertujuan agar file – file cache yang menghambat jalannya aplikasi bisa terhapus dan bersih kembali.

Mengapa ini perlu dilakukan ? Sebab ini bisa di jadikan cara mengatasi panggilan berakhir di hp xiaomi akibat penumpukan "bugs".

3. Reboot Android

Sistem error pada hp android dapat mengakibatkan speaker mengeluarkan suara kecil. Untuk merefresh perangkat tersebut langkah termudahnya adalah dengan melakukan restart.

Bagi kamu pengguna hp android baterai tidak tanam, agar lebih maksimal coba langkah berikut :

  1. Matikan HP
  2. Kemudian lepas baterai, SIM Card, dan memori card (Micro SD). 
  3. Lalu diamkan hingga sekitar 3 sampai 5 menit
  4. Setelah itu pasang kembali yang telah kita lepas tersebut dan nyalakan android anda.

Tapi jika hp kamu berjenis baterai tanam, dengan memulai kembali juga sudah sama saja seperti langkah melepas baterai.

4. Lepas Root Yang Sudah Terpasang di HP Android


Untuk bisa mendapatkan akses penuh terhadap kinerja dari sistem software atau pun hardware di setiap hp android, sering kali dibutuhkan akses root. Namun kegagalan root saat pemasangan bisa mengakibatkan sistem rusak dan akan berpengaruh pada komponen android, salah satunya :

... hp tidak keluar suara.

Lantas apakah HP Android kamu telah di root ? Jika sudah segera unroot agar semua fitur dapat berfungsi dengan normal kembali.

Caranya :

  1. Pertama unduh aplikasi SuperSU dari google playstore
  2. Setelah terbuka > masuk ke menu Settings
  3. Lalu gulir ke bawah dan pilih menu Full Unroot
  4. Setelah itu biarkan beberapa saat hingga proses unrootnya selesai

Jika berhasil, hp android akan secara otomatis restart sendiri dan akses root sudah hilang.

5. Coba Gunakan Headset


Cara Memperbaiki Suara Hp Android Yang Makin Mengecil

Menggunakan headset disini bertujuan untuk melakukan pengecekan jika ternyata suara hp kecil saat telepon. Tentu kita tidak akan bisa mendengar suara lawan bicara, terlebih lagi apabila saat suara hp di loadspeaker masih saja kecil.

Nah .. pada postingan sebelumnya kami juga sudah mengulas lebih dalam mengenai : cara mengatasi saat nelpon suara tidak dapat didengar oleh penerima telepon.

6. Gunakan Aplikasi Untuk Memperbesar Kualitas Suara


Dan disini kami mencoba salah satu aplikasi tersebut, yaitu Volume Booster GOODEV. Selain dapat meningkatkan volume hp yang kecil, aplikasi ini juga membantu memberi keamanan dari distorsi suara di speaker hp (suara hp yang mengecil sendiri).

Cara Memperbaiki Suara Hp Android Yang Makin Mengecil
sumber gambar : play.google.com

Melihat ulasan pengguna dari aplikasi pengeras suara GOODEV tersebut, beberapa pengguna merasa cukup puas karena aplikasi ini mampu mengatasi volume headset mengecil sendiri saat kualitas suara youtube tidak terlalu baik.

Untuk mencoba aplikasi ini, kita dapat mengunduhnya secara gratis di google play android.

7. Lakukan Factory Reset


Apabila kita sudah menggunakan cara di atas tidak berpengaruh sama sekali. Tips terakhir yang bisa anda lakukan yaitu dengan melakukan factory riset atau mengembalikan Android ke pengaturan awal.

Namun apabila dengan langkah pengecekan diatas suara hp masih saja kecil tidak terdengar padahal volume sudah maksimal maka terdapat kemungkinan adanya masalah pada speaker hp android tersebut. Untuk itu coba lanjutkan dengan beberapa langkah di bawah ini.

8. Bersihkan Speaker HP


Untuk Mengatasi Suara Speaker Smartphone Yang Pecah karena tumpukan debu atau kotoran adalah dengan cara membersihkannya langsung.

suara speaker hp mengecil

Berikut cara membersihkan speaker hp android :

  1. Anda tinggal membuka saja body smartphone dan langsung menuju ke speaker angkat speaker secara perlahan dari dudukannya atau bisa lepaskan perekat dengan secara pelan-pelan agar kabel penghubung speaker tidak putus.
  2. Pada daun speaker biasanya akan banyak debu yang menempel, bersihkan lah dengan kuas kecil secara perlahan setelah bersih pasang kembali. 
  3. Tutup kembali body smartphone namun jangan dipasang terlebih dahulu bautnya coba hidupkan dahulu dan putar musik untuk mencobanya kualitas speaker jika dipastikan sudah bersih suaranya baru pasang bautnya.

Namun jika speaker hp tidak bunyi tersebut masih belum bisa teratasi, kamu bisa menggunakan suara pembersih speaker hp.

Pada video dibawah ini kamu bisa mencoba cara membersihkan speaker hp menggunakan suara pembersih speaker hp android tersebut :



9. Periksa Speaker HP

Cara Memperbaiki Suara Hp Android Yang Makin Mengecil

Salah satu penyebab suara hp tidak bisa keras adalah kerusakan pada komponen didalamnya (selain speaker). Dan biasanya ini terjadi karena adanya benturan keras, bisa dikatakan setelah hp terjatuh.

Dari kejadian tersebut terdapat kemugkinan beberapa kabel tidak terkoneksi secara baik sehingga mengakibatkan munculnya suara hp kresek di speaker tersebut.


10. Bawa Ke Tempat Service

Jika dengan semua langkah di atas suara hp yang kecil tersebut belum bisa teratasi, alangkah lebih baiknya jika kamu bawa perangkat tersebut ke tempat service. Disana tentu akan dilakukan perbaikan yang lebih mendalam.

baca juga : Daftar Biaya Service  Speaker HP Xiaomi Yang Rusak

Sebab tidak menutup kemungkinan, sumber masalah suara speaker hp yang semakin kecil itu tidak hanya berasal dari speakernya saja. Namun juga bisa dari faktor komponen IC HP Android didalamnya, misalnya saja pada video memperbaiki suara hp xiaomi 5a yang terdengar pelan dibawah ini :


Akhir Kata ...

Demikian ulasan mengenai cara mengatasi volume suara hp yang tidak bisa keras tersebut. Sekarang giliran kamu untuk mencoba ..

.. dan jika kalian memiliki cara lain yang lebih mudah untuk menambah volume suara hp yang kecil tersebut, beri tahu kami pada kolom komentar.

Sekian dan terima kasih.

Situs ini juga direkomendasikan di Channel Youtube. Open chat lewat Whatsapp !

Tips android menarik lainnya :

Powered by Blogger.