March 23, 2022

10 Solusi HP Menelpon Tidak Ada Suara (Update 2022)




Telepon tidak ada suara - Bagaimana cara mengatasi hp android menelpon tidak ada suara ? Tentu diantara kita pernah mengalami kejadian dimana hp tidak ada suara saat telepon baik itu menggunakan panggilan telepon biasa ataupun aplikasi seperti whatsapp ataupun line.

Sering kali speaker hp dan mikrofon yang rusak menjadi penyebab suara tidak terdengar oleh penelpon ataupun penerima telepon saat melakukan panggilan. Hal ini tentu akan mengganggu aktivitas kita akibat hp android tidak ada suara saat menelpon tersebut.

Pada dasarnya suara hp tiba tiba hilang saat telepon juga terbagi menjadi dua, dimana :

"Suara lawan bicara tidak terdengar di handphone yang kita miliki dan lawan bicara tidak bisa mendengar suara kita pada ponselnya tersebut."

Untuk itu mari langsung saja kita simak ulasan selengkapnya mengenai cara memperbaiki suara tidak terdengar saat telepon di hp android berikut ini.

Sebab masalah hp yang saat menerima panggilan masuk ataupun melakukan panggilan keluar suara tidak terdengar tersebut, dapat terjadi di semua tipe android seperti samsung, xiaomi, asus, oppo, vivo, nokia sampai dengan hp cina sekalipun.



Cara Mengatasi HP Tidak Ada Suara Saat Telepon (Update 2020)

cara mengatasi tidak ada suara saat menelpon di android

Selain kerusakan pada speaker ponsel android ternyata masih terdapat beberapa penyebab hp tidak ada suara saat telepon, diantaranya seperti microphone pada smartphone kotor atau rusak serta adanya kemungkinan software hp android yang error.

Lantas kenapa saat nelpon, suara saya tidak bisa didengar oleh orang menerima telepon ataupun sebaliknya dimana kita juga tidak bisa mendengar suara penelepon tersebut ? 

Untuk membedakan kerusakan antara speaker dengan mikrofon hp saat menelpon tidak ada suara, kamu dapat menceknya seperti ini :

.. jika microphone pada ponsel yang rusak maka suara kita tidak dapat didengar oleh lawan bicara (penerima telepon)

.. namun apabila suara penelpon hp tiba tiba hilang saat menerima panggilan masuk bisa terjadi karena adanya kerusakan pada speaker hp tersebut.

Di bawah ini Smartphone Solution akan jelaskan secara lengkap dan update mengenai masalah suara telepon yang tidak terdengar tersebut apabila terjadi di hp android.

Cara Mengatasi Suara Tidak Terdengar Saat Panggilan Telepon


Sebagai penelpon, jika saat menelpon suara hp hilang tidak terdengar maka cara mengatasi yang perlu dilakukan diantara :

1. Restart HP

Apabila suara telepon tidak terdengar oleh penerima telepon, langkah termudah yang dapat kita lakukan adalah dengan merestart hp android. Hal ini bertujuan untuk merefresh kembali sistem android yang mungkin saja error.

Untuk memulai ulang perangkat android, caranya :
  1. Tekan tombol power kemudian pilih matikan daya.
  2. Setelah itu diamkan beberapa saat, namun jika jenis hp android kamu dengan battery removeble (bisa dilepas) lepas baterai akan lebih baik.
  3. Kemudian pasang baterai dan hidupkan kembali.

Lalu coba kembali apakah lawan bicara bisa mendengar suara kita atau tidak. Jika suara masih belum terdengar lakukan langkah berikutnya.

2. Hapus Data dan Cache Aplikasi Telepon

Banyaknya file sampah pada aplikasi telepon bawaan ponsel juga dapat menjadi penyebab hp menelpon tidak keluar suara. Untuk menghindari error karena file cache tersebut, kita perlu menghapusnya terlebih dahulu.

Caranya :
  1. Pertama masuk ke menu pengaturan hp android.
  2. Setelah itu pilih aplikasi > pilih semua aplikasi.
  3. Lalu cari aplikasi ponsel
  4. Setelah masuk ketuk hapus data.

Langkah di atas jika kamu menggunakan hp samsung, tapi apabila menggunakan hp android lainnya tetap sama saja langkahnya namun hanya tampilan yang berbeda.

3. Factory Reset

Cara Mengatasi Menelpon Tidak Ada Suara yang ketiga adalah dengan cara mereset pabrik smartphone yang kita miliki. Tapi jangan lupa cadangkan dulu semua data-data karena smartphone akan kembali ke setelah awal kita membeli.

Untuk melakukan reset pabrik dapat kita lakukan dengan cara :
  • Buka pengaturan >> security dan pilih Backup dan Reset. Tunggu hingga proses selesai. 

Jika sudah sudah selesai langsung coba untuk menelpon kembali.

baca juga : Cara Mengatasi Suara Penelpon Tidak Terdengar

4. Gunakan Mic Eksternal

Sebenarnya mic eksternal ini dapat kamu gunakan apabila memang ternyata suara kita tidak bisa didengar penerima telepon akibat mikrofon hp kita rusak.

Untuk memastikannya coba saja saat menelpon gunakan headset atau mic eksternal yang banyak dijual di toko aksesoris hp.

Apabila suara bisa terdengar oleh lawan bicara bisa jadi ada masalah di bagian mikrofon hp yang kita miliki.

5. Bersihkan Mikrofon HP

Dalam membersihkan microphone handphone kali ini ada beberapa hal yang perlu untuk kita perhatikan, diantaranya seperti :
  • Pastikan solderan atau kabel tidak terputus dan bersihkan dengan pelan jangan sampai tambah rusak.
  • Bersihkan juga lubang jack headset dengan benda seperti kayu atau benda kecil lainnya asal jangan jarum karena bisa merusak bagian penting di dalam jack tersebut. 

Akan tetapi jika setelah membersihkan mikrofon hp masih saja tidak ada suara saat menelpon, maka kemungkinan hilangnya suara saat telpon ada pada mikrofon hp. Sebab microphone pada ponsel tidak dapat berfungsi dengan normal akan berakibat suara tidak dapat didengar oleh lawan bicara saat melakukan panggilan.

Entah jalur mikrofonnya atau pada mikrofon itu sendiri, solusinya adalah dengan mengganti mikrofon hp android tersebut.

Maka dari itu jika suara tidak terdengar di hp dan kalian belum ingin mengganti mikrofon hp, kamu bisa ikuti cara lain yang sudah saya tulis pada postingan saya sebelumnya.

baca juga : Cara Mengatasi Mic HP Android Tidak Berfungsi


6. Coba Telepon Orang Lain

Salah satu cara memperbaiki saat menelepon tidak ada suara di handphone android adalah dengan menelpon orang lain.

Hal ini bertujuan untuk memastikan apabila dengan menelpon orang lain komunikasi kita dapat berjalan dengan lancar maka dapat dipastikan penyebab suara kita tidak terdengar adalah kerusakan pada speaker hp lawan bicara.

Cara Mengatasi Lawan Bicara Tidak Bisa Mendengar Suara Penelpon Saat Menelpon


Sebagai lawan bicara, jika suara penelpon tidak ada suara coba pastikan beberapa langkah seperti di bawah ini.

7. Atur Volume HP

Pengaturan suara di hp yang tidak terlalu tinggi bisa membuat suara penelpon tidak terdengar. Apabila jika suara si penelpon sangat pelan tentu seakan - akan suara tidak keluar dari speaker hp kita.

Solusinya, atur volume hp dengan cara :
  1. Tekan tombol volume atas saat ada panggilan masuk, atau
  2. Masuk ke menu Pengaturan
  3. Pilih bunyi dan getar
  4. Atur volume media lebih tinggi dari pada sebelumnya

Setelah itu coba cek kembali apakah suara hp bisa normal kembali saat digunakan untuk telepon.

baca juga : Cara Termudah Mengatasi Youtube Tidak Keluar Suara

8. Aktifkan Loadspeaker

Mengaktifkan loadspeaker saat menelpon disini bertujuan untuk memastikan apakah speaker atas mengalami kerusakan.

Jika speaker atas rusak tentu saat menerima panggilan masuk, suara penelpon tidak akan terdengar oleh lawan bicara. Oleh karena cobalah untuk menghidupkan loadspeaker hp.

Sebab dengan loadspeaker suara akan keluar dari speaker bawah hp android. Namun efek buruknya, percakapan kita saat telepon akan didengar banyak orang di sekitar kita.

Namun jika ternyata penyebab hp tidak ada suara saat telepon berasal dari speaker perangkat itu sendiri maka solusi nya bisa kamu temukan pada postingan cara memperbaiki speaker hp xiaomi sebelum ini. Disana lebih lengkap pembahasannya ..

9. Gunakan Headset

Selain metode loadspeaker, menggunakan headset juga dapat kalian gunakan apabila speaker hp (atas) tidak berfungsi. Cara ini sangat cocok apabila disekitar kita sedang banyak orang, sebab dengan memasang headset mereka tidak akan mendengar percakapan kita tersebut.

Namun terkadang penggunaan headset yang tidak benar juga bisa menimbulkan masalah seperti saat headset dilepas hp tidak ada suara.

Hal seperti ini sering dikenal dengan hp mode headset terus.

Meskipun penyebab hp tidak ada suara setelah lepas leadset terdapat banyak faktornya. Akan tetapi jika hp kamu mengalami masalah tersebut biasanya akan ditandai dengan icon headset di layar hp padahal sudah dilepas.

10. Cek Dengan SMMI Test
Langkah kali ini sering kali dilakukan apabila masalah tidak ada suara saat menelpon diikuti dengan no imei hilang.

Dan biasanya masalah ini terjadi ketika kita baru saja melakukan update os android yang kita miliki. Untuk itu kita perlu melakukan pengecekan dengan menggunakan "SMMS Test" yang dapat kita lakukan dengan langkah - langkah sebagai berikut :

  1. Masuk ke aplikasi kalkulator
  2. Kemudian ketik ".12345+="  lalu pilih single test dan pilih mic test
  3. Setelah itu akan muncul notifikasi "PASS" atau "FAILED"
  4. Jika kita mendapat notifikasi "PASS" maka kemungkinan problem dari firmware dan apabila "FAILED" maka kemungkinan sumber permasalahannya berasal dari hardware microphone atau receiver smartphone tersebut

mungkin anda tertarik :

Demikian langkah - langkah dalam mengatasi hp android yang tidak bisa mendengar suara saat ada panggilan masuk ataupun panggilan keluar pada kesempatan kali ini.

Semoga beberapa langkah diatas dapat membuat kita menyelesaikan masalah suara hp hilang total saat menelpon di android, sekian dan terima kasih ..

Situs ini juga direkomendasikan di Channel Youtube. Open chat lewat Whatsapp !

Tips android menarik lainnya :

Powered by Blogger.