August 29, 2019

9 Cara Mengatasi Notifikasi HP Android Tidak Muncul Di Layar Utama




Notifikasi HP Tidak Muncul - Bagaimana cara mengatasi pemberitahuan aplikasi yang tidak bisa muncul di layar kunci hp android ?

Pada dasarnya kita dapat mengetahui notifikasi yang masuk dari suatu aplikasi di hp android dengan 2 cara, yaitu menampilkan pemberitahuan diatas layar hp dan juga melalui bunyi nada dari suatu aplikasi.

Namun pada kenyataannya notifikasi seperti panggilan tak terjawab, pemberitahuan sms masuk ataupun chat dari aplikasi seperti fb / wa / shopee justru tidak muncul di status bar layar android.

Oleh karena itu pada pertemuan kita kali ini Smartphone Solution akan mencoba memberikan Tips untuk mengatasi notifikasi yang tidak masuk jika aplikasi tidak dibuka tersebut.

Jadi pada postingan di bawah ini kami akan memberikan cara mudah memperbaiki notifikasi yang sering telat masuk dan bahkan tidak muncul sama sekali di layar hp android yang kita miliki.

Cara Menampilkan Notifikasi Yang Tidak Muncul Di Layar Kunci HP Android

9 Cara Mengatasi Notifikasi Tidak Muncul Di Layar Kunci HP Android

Dengan panel notifikasi hp di tarik ke bawah, kita seharusnya bisa melihat akan adanya notifikasi pada status bar layar hp android tersebut.

Namun tahukah kamu kenapa notifikasi aplikasi tidak muncul pada status bar hp android tersebut ? Mari kita lihat secara lengkap pada ulasan berikut ini :

baca juga :

Penyebab Pemberitahuan Aplikasi Tidak Muncul Di Panel Notifikasi HP Android


Perlu untuk kita ketahui sebenarnya tidak sedikit faktor yang menjadi penyebab notifikasi yang tidak masuk jika aplikasi tidak dibuka.

Namun pada ulasan di bawah ini akan kami berikan beberapa faktor yang sering kali membuat notifikasi telat masuk dan bahkan tidak muncul di status bar HP Android.

1. Aplikasi Error

penyebab notifikasi hp tidak muncul

Apabila masalah notifikasi tidak muncul di layar HP Android hanya terjadi pada beberapa Aplikasi saja maka terdapat kemungkinan masalah berasal dari aplikasi - aplikasi itu sendiri.

2. FORCE STOP Pada Aplikasi Yang Terlalu Sering

penyebab pemberitahuan tidak muncul di layar kunci android

Force Stop merupakan suatu tindakan untuk menghentikan suatu aplikasi secara paksa dengan tujuan menghemat baterai dan juga RAM karena aplikasi yang berjalan.

Namun tahukah anda bahwa ternyata melakukan Force Stop yang terlalu sering justru malah dapat mengakibatkan notifikasi tidak muncul di layar kunci ponsel android.

Jadi jangan heran lagi apabila aplikasi di hp android tidak bisa mengirimkan notifikasi jika kita terlalu sering menghentikannya secara paksa tersebut.

3. Adanya Masalah Pada Sistem Android

penyebab panel panel notifikasi tidak muncul pada hp android

Jika notifikasi semua aplikasi smartphone android tidak bisa muncul baik itu di layar atas / status bar dan juga di lock screen saat layar terkunci, maka terdapat kemungkinan penyebab terbesarnya berasal dari Sistem Android.

Sistem Android yang tidak pernah diupdate ataupun penggunaan ROM yang tidak sesuai dengan tipe smartphone adalah salah satu alasan kerusakan pada Sistem Android yang dapat mengakibatkan suara pesan masuk wa tidak bunyi salah satunya.

4. Mengaktifkan Power Saver Bawaan Ponsel Ataupun Dengan Bantuan Aplikasi

penyebab pemberitahuan fb tidak muncul

Pengaturan Power Saver yang diaktifkan pada sebuah hp android dapat mengakibatkan pemberitahuan / notifikasi tidak bisa masuk di perangkat android tersebut. Hal ini dikarenakan Power Saver yang diaktifkan dapat membuat ponsel android tidak bisa terkoneksi dengan internet.

Wajar saja jika notifikasi tidak mau muncul karena dalam keadaan hp android tidak digunakan koneksi internet akan dimatikan.

Dan biasanya akan ada banyak pemberitahuan yang masuk ketika layar handphone hidup atau bisa juga notifikasi akan muncul setelah aplikasi hp android tersebut dibuka.

5. Koneksi Internet Yang Buruk

penyebab notifikasi telat masuk

Hal lain yang perlu untuk kita pastikan ketika notifikasi aplikasi hp android tidak masuk - masuk adalah koneksi internet.

Koneksi internet yang lambat tentu akan mengakibatkan notifikasi dari aplikasi hp android lama masuk pula.

Cara Memperbaiki Notifikasi Yang Tidak Muncul di Status Bar Layar HP Android


Setelah melihat 5 penyebab notifikasi aplikasi seperti whatsapp, facebook ataupun instagram telat masuk di hp android, tentu kita sudah bisa membayangkan cara menampilkan pemberitahuan diatas layar hp android.

Namun jika anda masih merasa bingung akan cara mengatasi notifikasi hp android yang tidak muncul tersebut, mari ikuti langkah - langkah di bawah ini agar dapat mengatasi notifikasi yang tidak masuk jika aplikasi tidak dibuka tersebut.

1. Restart Smartphone

Langkah termudah yang dapat kita lakukan pertama kali apabila pemberitahuan akan adanya pesan masuk di hp android tidak muncul adalah dengan melakukan Restart HP Android. Dengan melakukan Restart pada HP Android kita secara tidak langsung merefresh ponsel tersebut.

Untuk melakukan Restart HP Android agar notifikasi tidak telat masuk tersebut dapat kita lakukan dengan langkah - langkah sebagai berikut :

  1. Matikan HP Android
  2. Tunggu sampai bergetar untuk memastikan ponsel sudah benar - benar mati
  3. Lepas semua komponen seperti baterai, kartu memori dan juga SIM Card
  4. Tunggu beberapa menit, setelah itu pasangkan kembali semua komponen tersebut
  5. Hidupkan smartphone android dan periksa kembali apakah notifikasi masih tidak muncul 

2. Update Aplikasi

Jika masalah notifikasi aplikasi kadang masuk kadang tidak di hp android hanya terjadi pada aplikasi tertentu saja maka langkah untuk memperbaiki masalah tersebut adalah dengan melakukan Update Aplikasi.

Misal jika notifikasi yang tidak muncul tersebut terjadi pada aplikasi grab ataupun notifikasi whatsapp tidak muncul di hp android maka kita hanya perlu untuk memperbarui aplikasi grab atau whatsapp saja.

Oleh karena itu kita perlu untuk melakukan Update melalui Google Play Android karena terdapat kemungkinan bahwa versi aplikasi yang kita gunakan sudah ketinggalan.

3. Aktifkan Ijin Pemberitahuan Aplikasi

Jika hp android tidak bunyi saat ada pesan whatsapp masuk ataupun notifikasi pesan whatsapp tersebut tidak muncul di layar atas hp android meskipun kita sudah melakukan Update Aplikasi maka kita perlu untuk memeriksa pengaturan notifikasi hp android.

Jika pengaturan ijin pemberitahuan aplikasi belum diaktifkan maka yang terjadi sering kali adalah pesan whatsapp tidak masuk kalau tidak dibuka. Meskipun setiap tipe smartphone android memiliki penempatan pengaturan notifikasi yang berbeda namun pada dasarnya cara yang dilakukan kurang lebih hampir sama. Simak cara selengkapnya di bawah ini :

  1. Langkah pertama yang perlu untuk kita lakukan adalah dengan membuka menu Pengaturan pada ponsel Android yang kita miliki
  2. Kemudian masuk ke menu Manajemen Aplikasi / Kelola Apps
  3. Setelah itu kita cari dan pilih aplikasi yang tidak muncul notifikasi ketika ada pemberitahuan terbaru
    9 Cara Mengatasi Notifikasi HP Android Tidak Muncul
  4. Lalu pilih Kelola Pemberitahuan / Kelola Notifikasi.
    9 Cara Mengatasi Notifikasi HP Android Tidak Muncul
  5. Langkah selanjutnya tap On pada tampilkan Pemberitahuan / Izinkan Pemberitahuan
    9 Cara Mengatasi Notifikasi HP Android Tidak Muncul
  6. Selesai

baca juga : Cara Mengatasi Notifikasi Tidak Masuk Saat Layar Terkunci Di HP Asus

4. Factory Reset

Seperti yang telah kita bahas pada penyebab hp android tidak bisa menerima notifikasi sebelumnya, kerusakan Sistem Android dapat membuat notifikasi tidak muncul di semua aplikasi.

Maka dari itu jika terjadi hal demikian maka Factory Reset menjadi cara mengatasi notifikasi tidak muncul yang terakhir.

Dengan Factory Reset Hp Android ini kita secara otomatis akan memperbaiki semua masalah yang disebabkan karena kerusakan software.

Akan tetapi sebelum kita melakukan Factory Reset di Hp Android yang kita miliki tersebut, alangkah lebih baiknya jika kita melakukan backup terlebih dahulu.

Pentingnya melakukan backup pada langkah ini karena Factory Reset akan menghilangkan semua data dan aplikasi yang ada.

Cara Membuat Layar HP Android Menyala Saat Ada Notifikasi Masuk


Namun jika dengan cara di atas pemberitahuan terbaru masih belum bisa muncul di layar panel dan kamu tidak ingin melakukan factory reset, cobalah langkah kali ini.

Agar pemberitahuan aplikasi yang masuk bisa kalian ketahui, kamu bisa membuat layar hp menyala setiap kali ada notifikasi dengan cara masuk ke menu pengaturan >> kunci layar & sandi >> lalu aktifkan opsi bangunkan layar kunci untuk notifikasi.

cara membuat layar hp xiaomi menyala saat ada notifikasi
tampilan layar hp xiaomi

Cara Mengatasi Panggilan Masuk Tidak Muncul di Layar HP Android


Tidak sedikit pengguna hp xiaomi yang mengeluhkan panggilan masuk tidak muncul di layar hp yang dimilikinya.

Dengan begitu ketika ada telepon masuk mereka tidak bisa menerima panggilan masuk karena tidak bisa muncul di layar hp xiaomi tersebut.

Lalu bagaimana solusinya ? Pertama, pastikan bahwa kamu tidak menggunakan custom rom abal - abal karena biasanya terdapat banyak bugs disana.

Setelah itu, masuk ke menu setting / pengaturan >> aplikasi dan notifikasi >> masuk ke telepon >> pilih opsi notifikasi >> klik tulisan PANGGILAN MASUK

cara mengatasi panggilan masuk tidak muncul di layar hp xiaomi

masuk ke perilaku dan pilih "BUAT SUARA DAN MUNCULKAN DI LAYAR"

cara mengatasi panggilan masuk tidak muncul di layar hp android


mungkin anda tertarik :

Demikian pertemuan kita kali ini yang baru saja mengulas akan masalah notifikasi yang tidak muncul di hp android tersebut.

Semoga postingan kami di atas dapat memberikan manfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih

Situs ini juga direkomendasikan di Channel Youtube. Open chat lewat Whatsapp !

Tips android menarik lainnya :

Powered by Blogger.