April 10, 2022

Cara Setting Notifikasi Agar Selalu Muncul Di Hp Xiaomi




Notifikasi tidak muncul - Bagaimana cara agar notifikasi selalu muncul di hp xiaomi ?

Tidak dipungkiri masalah seperti notifikasi tidak muncul jika layar hp android xiaomi dalam keadaan mati tentu pernah kita alami.

Namun setelah kita membuka layar hp xiaomi, berbondong - bondong akan muncul banyak pemberitahuan pesan aplikasi seperti whatsapp, instagram, shopee, facebook massenger ataupun video terbaru youtube yang masuk pada perangkat android tersebut.

Padahal pesan masuk tersebut seharusnya diterima oleh smartphone xiaomi beberapa jam yang lalu, bukan malah mengalami pesan telat masuk seperti itu.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami Smartphone Solution akan mencoba berbagi tips untuk menampilkan notifikasi hp xiaomi agar tidak telat masuk.

Mari langsung saja kita simak ulasan selengkapnya mengenai cara mengatasi pemberitahuan aplikasi yang tidak muncul di hp xiaomi saat ada notifikasi aplikasi masuk pada handphone tersebut di bawah ini.

Cara Mengatasi Notifikasi Yang Tidak Muncul di Hp Xiaomi


cara agar notifikasi di hp xiaomi selalu muncul

Memang masalah notifikasi hp xiaomi tidak muncul ini juga dialami oleh hampir semua merk smartphone android seperti asus, smartfren, oppo, vivo dan juga samsung.

Akan tetapi masalah notifikasi ponsel xiaomi telat masuk atau tidak muncul tersebut sering kali terjadi ketika layar hp android yang kalian sedang dalam kondisi layar terkunci.

Dan memang tidak dipungkiri untuk mengaktifkan notifikasi xiaomi pada pengaturan notifikasi hp akan sulit untuk kamu lakukan apabila penyebab kenapa notifikasi hp android telat masuk belum juga diketahui.

Penyebab Notifikasi (Whatsapp) Tidak Bisa Muncul Diatas Layar HP Xiaomi


Untuk mempermudah penjelasan pada tutorial kali ini, aplikasi whatsapp kami pilih untuk menjadi contoh perbaikannya.

Meskipun demikian langkah untuk mengatasi notifikasi yang tidak masuk pada beberapa aplikasi tertentu sebenarnya sama saja, mungkin hanya letak pengaturannya saja yang berbeda.

Dan penyebab notifikasi whatsapp tidak muncul di layar kunci hp xiaomi sering kali dikarenakan :

  • Pengaturan Notifikasi pada aplikasi Whatsapp dalam kondisi mati / non-aktif
  • Settingan Notifikasi aplikasi whatsapp pada sistem android dalam kondisi mati / non-aktif


Lantas bagaimana cara menampilkan notifikasi di ponsel xiaomi yang tidak muncul jika kita tidak membuka aplikasi tersebut ?

Cara Menampilkan Pemberitahuan WA di Layar Kunci, Atas Layar ataupun Notifikasi Mengambang Pada HP Xiaomi


Sebenarnya kamu hanya perlu melakukan pengaturan notifikasi seperti video di bawah ini untuk menampilkan pemberitahuan notifikasi baik itu di atas layar ataupun di layar kunci hp secara otomatis. Berikut caranya :


Namun kamu juga bisa menampilkan muncul-nya notifikasi dalam beberapa metode yang berbeda, misalnya saja seperti :

Menampilkan pemberitahuan diatas layar hp, menampilkan notifikasi di layar kunci, notifikasi mengambang ataupun membuat layar nyala saat ada notifikasi masuk. Kamu bisa melakukannya dengan cara di bawah ini dan pemberitahuan akan muncul di HP Xiaomi.

1. Cara Mengaktifkan Notifikasi WA Lewat Pengaturan Sistem HP Xiaomi


Jika kamu ingin menampilkan pemberitahuan whatsapp di layar atas, berikut cara menampilkan pemberitahuan diatas layar hp xiaomi :

  • Langkah pertama masuk ke menu pengaturan hp xiaomi yang kamu miliki
  • Kemudian cari pilihan Notifikasi & Bar status 
  • Langkah berikutnya pilih opsi Notifikasi Aplikasi 
  • Setelah itu cari aplikasi Whatsapp 
  • Lalu aktifkan pilihan Prioritas sebagai langkah terakhirnya

Setelah kamu melakukan langkah tersebut maka secara otomatis pemberitahuan dari aplikasi wa akan langsung muncul di layar bar hp xiaomi.

Dan saat kamu mengaktifkan pengaturan notifikasi mengambang maka secara otomatis akan ada pemberitahuan yang muncul di layar hp saat kamu bersamaan sedang menggunakan perangkat android tersebut.

Dengan begitu kamu bisa melihat sekilas isi pesan chat wa, pemberitahuan aplikasi ataupun notifikasi dari shopee yang muncul tanpa membuka aplikasinya terlebih dahulu.

2. Cara Mengaktifkan Notifikasi WA Lewat Pengaturan Aplikasi Itu Sendiri


Jika dengan langkah pertama notifikasi whatsapp masih tidak masuk ataupun bunyi maka coba lanjutkan dengan langkah di bawah ini :

  • Langkah pertama yang perlu kalian lakukan adalah membuka aplikasi whatsapp lalu pilih tanda titik tiga pada pojok kanan atas
  • Setelah itu pilih pada menu Setelan
  • Kemudian pilih opsi Notifikasi dengan logo gambar lonceng
  • Lalu aktifkan Nada Percakapan, pilih Nada Notifikasi dan Getar dan juga jenis notifikasi yang akan kamu gunakan ketika ada pesan wa yang baru masuk

Pada menu notifikasi tersebut kamu dapat memilih jenis pemberitahuan seperti apa yang akan digunakan.

Jika kamu menginginkan notifikasi mengambang di hp xiaomi maka tinggal ganti menjadi opsi "mengambang".

Maksud dari notifikasi mengambang itu sendiri adalah setiap kali ada pesan wa baru, pesan tersebut akan selalu terus muncul di layar hp sampai kamu melihatnya.

Dan pada menu Notifikasi tersebut, kamu juga bisa mengatur warna dan membuat agar led notifikasi pada ponsel xiaomi selalu muncul setiap kali ada chat masuk.

Untuk selengkapnya, kamu bisa baca di postingan Pesan WA Tidak Masuk Jika Tidak Dibuka Di HP Xiaomi yang telah saya bahas sebelumnya.

3. Cara Mengatasi Pesan Whatsapp Yang Tidak Masuk Jika Tidak Dibuka di HP Xiaomi


Selain kedua pengaturan di atas, perlu untuk kamu ketahui bahwa penyebab pesan whatsapp tidak masuk jika tidak dibuka di hp xiaomi juga dipengaruhi oleh sistem keamanan MIUI yang mematikan aplikasi berjalan di latar belakang.

Maka dari itu jika aplikasi whatsapp tidak standby / kamu sedang tidak online wa maka notifikasi akan terlambat masuk alias telat masuk.

Oleh karena itu untuk mengatasi masalah notifikasi yang telat masuk tersebut kamu hanya perlu untuk mengunci aplikasi whatsapp supaya sistem keamanan tidak membatasi proses aplikasi tersebut.

Untuk itu coba lakukan langkah - langkah berikut ini :

  • Pertama buka aplikasi terkini (recent app) dengan menekan tombol show
  • Setelah itu akan tampil proses aplikasi yang sedang berjalan dan RAM yang telah kamu gunakan
  • Kemudian untuk melindungi aplikasi tersebut, tarik aplikasi whatsapp ke bawah sampai muncul icon gembok

4. Cara Mengaktifkan Notifikasi Lewat Pengaturan HP Xiaomi


Perlu untuk kita ketahui bahwa memang fitur mode hemat daya di Handphone Xiaomi akan sangat berguna untuk menghemat pemakaian baterai hp android agar tidak cepat habis.

Namun tahukah anda jika kita mengaktifkan fitur tersebut justru malah membuat hp xiaomi yang kita miliki mengalami pemberitahuan akan adanya pesan whatsapp atau bbm menjadi telat masuk jika kita tidak membuka aplikasi tersebut.

Oleh karena itu untuk mengatasi Notifikasi di Hp Xiaomi menjadi telat dan bahkan baru muncul saat aplikasinya dibuka, kamu perlu untuk melakukan langkah - langkah sebagai berikut :

  • Pertama - tama masuk pada menu pengaturan hp xiaomi 
  • Setelah itu cari menu "Baterai dan Performa" 
  • Kemudian pilih "Kelola penggunaan baterai aplikasi"
  • Disini kamu dapat menonaktifkan fitur mode hemat daya sehingga nantinya MIUI tidak akan membatasi aktivitas latar belakang dari aplikasi di hp xiaomi yang kita miliki, dengan harapan notifikasi akan selalu muncul tanpa telat ketika terdapat pesan yang masuk

Hal ini dikarenakan jika kalian menghidupkan fitur hemat daya tersebut akan mengatur smartphone android untuk menonaktifkan sambungan data ketika layar ponsel sedang terkunci / standby. 

5. Cara Membuat Layar HP Xiaomi Menyala Saat Ada Notifikasi Lewat Pengaturan Security


Sebenarnya langkah terakhir ini sama dengan langkah ke tiga postingan kali ini, namun dengan melakukan pengaturan lewat menu Security ini kamu bisa memilih aplikasi mana saja yang akan selalu mendapatkan terus pemberitahuan terbaru.
Berikut ulasan secara lengkapnya :

  • Pertama, buka cari dan buka aplikasi Security pada ponsel xiaomi yang kamu miliki. Jika kamu masih menggunakan tema default Xiaomi, biasanya aplikasi tersebut ada di kolom Utility and Maintenance
  • Setelah aplikasi tersebut maka akan muncul tampilan awal aplikasi dan pilih saja opsi Permission. Lalu nonaktifkan opsi Permission Manager
  • Kemudian pilih opsi Auto Start Management dan lanjutkan dengan memilih Add Auto-Start Apps
  • Langkah terakhir secara otomatis akan muncul aplikasi mana yang ingin kamu buat muncul terus notifikasinya. Lalu tap pada Allow untuk memilih aplikasi yang akan kamu buat selalu muncul notifikasi saat layar hp terkunci
  • (Opsional) untuk mengupdate pengaturan tersebut alangkah lebih baiknya jika kamu merestart ponsel xiaomi yang kalian miliki tersebut
lihat juga :

Demikian postingan kami kali ini yang baru saja kita membahas mengenai cara agar notifikasi di xiaomi redmi 3 selalu muncul pada layar smartphone android.

Semoga dengan langkah - langkah di atas dapat membantu kita mengatasi masalah seputar notifikasi yang tidak mau muncul di hp xiaomi, sekian dan terima kasih ..

Situs ini juga direkomendasikan di Channel Youtube. Open chat lewat Whatsapp !

Tips android menarik lainnya :

Powered by Blogger.