October 30, 2019

Cara Mengatur Layar Sentuh Hp Xiaomi Yang Kurang Sensitif




Mengatur sensitivitas layar - Tidak sedikit pengguna hp xiaomi yang mengeluhkan akan layar hp tidak sensitif, baik saat digunakan bermain game, mengetik pesan ataupun hanya sekedar menggeser layar.

Munculnya masalah touchscreen sering tidak merespon pada hp android tersebut sering kali ditujukan pada kerusakan layar ponsel, padahal tidak sepenuhnya benar.

Bisa jadi layar hp yang seret tersebut hanya disebabkan oleh kondisi LCD kotor ataupun pengaturan sensitivitas touchscreen saja.

Lantas bagaimana cara mengatasi touchscreen yang kurang responsif pada hp xiaomi tersebut ?

Maka dari itu pada ulasan di bawah ini Smartphone Solution akan mencoba memberikan beberapa cara meningkatkan sensitifitas touchscreen xiaomi tersebut.

Cara Memperbaiki Layar Sentuh Kurang Responsif Pada HP Android Xiaomi

cara setting sensitivitas touchscreen hp xiaomi

Hilangnya sensitivitas layar merupakan masalah yang kerap terjadi pada pengguna smartphone android khususnya ponsel dengan layar sentuh.

Dan berikut ini adalah beberapa faktor yang menjadi penyebab layar hp kamu sering tidak merespon saat di sentuh, diantaranya :

Penyebab Layar Sentuh HP Xiaomi Kurang Sensitif


  1. Aplikasi berjalan di background terlalu banyak. Kapastitas RAM menjadi batasan dalam penggunaan smartphone oleh karena itu aktivitas multitasking berlebih bisa membuat layar hp menjadi lemot.
  2. Kapasitas RAM mulia penuh. Layar hp xiaomi sulit digeser juga dapat dipengaruhi oleh sisa ruang RAM yang ada.
  3. Bug pada ROM. Menggunakan ROM yang tidak sesuai dengan spesifikasi perangkat android juga bisa menjadi penyebab layar sentuh tidak sensitif.
  4. Layar terbentur. Setiap touchscreen sebenarnya terdapat kaca tipis (glass panel) sebagai pelindung, akan tetapi tidak menutup kemungkinan layar hp tidak bisa disentuh setelah terjatuh.
  5. Kelebihan arus listrik. Layar sentuh hp xiaomi yang kurang sensitif karena arus listrik berlebih dari charger yang bukan bawaan.

Nah .. bagi kalian yang sudah mencoba melakukan kalibrasi layar hp xiaomi menggunakan kode *#*#64663#*#* namun tetap saja gagal, berikut kami berikan 3 cara meningkatkan sensitifitas touchscreen xiaomi.

Untuk memperbaiki sensitivitas touchscreen hp android xiaomi, disini kami akan membagi menjadi 3 kelompok.

3 Cara Mengatasi Layar HP Xiaomi Yang Kurang Sensitif


1. Cara Meningkatkan Sensitivitas Layar Xiaomi Yang Sulit Digeser


Periksa kondisi layar sentuh


Sebelum kita mulai mencoba mengatur sensitif layar xiaomi redmi 3 alangkah baiknya jika kita memperhatikan kondisi layar pada ponsel android milik kita tersebut.

Pastikan kondisi layar di hp android tersebut tidak mengalami masalah seperti retak ataupun pecah.

Gunakan charger sesuai bawaan ponsel


Agar dapat terhindar dari masalah layar sentuh hp android tidak merespon maka kita harus mulai merubah kebiasaan kita ketika sedang melakukan pengisian daya baterai hp android yang tidak mempergunakan charger bawaan ponsel.

Walaupun memiliki ukuran socket yang sama namun arus yang dihasilkan setiap charger akan berbeda - beda. 

Arus listrik yang terlalu tinggi akan menimbulkan lonjakan arus pada layar. Nah, arus listrik pada permukaan layar inilah yang dapat menyebabkan layar smartphone Android bergerak sendiri.

Dan apabila kita biarkan terus menerus maka yang akan terjadi adalah layar sentuh hp android yang kurang sensitif.

Lepas Tempered Glass


Demi untuk melindungi layar sentuh hp android kita dari bahayanya retak ataupun pecah pada lcd smartphone tersebut biasanya kita memasangkan pelindung yang sering kita kenal dengan nama tempered glass.

Akan tetapi sebenarnya tempered glass itu sendiri memiliki keburukan yakni dapat mengurangi sensitivitas layar sentuh.

Maka dari itu jika touchscreen hp android mulai tidak merespon terjadi pada xiaomi yang kita miliki, ada baiknya jika kita mencoba untuk melepas anti gores yang kita pasangkan tersebut.

Bersihkan File Sampah


Kebiasaan menginstal aplikasi dan game secara terus menerus tentu akan membuat kapasitas memori menjadi cepat penuh. Hal ini tentu akan membuat performa smartphone yang mulai menurun, layar hp lemot menjadi salah satu akibat hal tersebut.

Untuk itu alangkah lebih baiknya jika kamu melepas pemasangan aplikasi atau permainan yang sudah sama sekali tidak digunakan.

Agar memori internal benar - benar bersih silakan untuk mengunduh aplikasi pembersih file sampah di Google PlayStore. Sebab aplikasi yang sudah dihapus tersebut sering kali masih meninggalkan file sampah.

Kalibrasi Touchscreen HP Xiaomi


Aplikasi SGS Touchscreen Booster dapat kamu gunakan ketika akan melakukan kalibrasi layar hp xiaomi yang kurang sensitif tersebut.

Meskipun aplikasi ini dapat kalian unduh secara gratis di google playstore, SGS Touchscreen Booster sangat membantu dalam mengatur sensitivitas layar sentuh.

Untuk meningkatkan respon layar sentuh hp kamu, terdapat beberapa preset pilihan seperti More slow, Default, Optimized, Super Optimized dan Custom yang bisa kamu gunakan sesuai keinginan.

Dan setelah kamu melakukan pengaturan pada touchscreen hp xiaomi, pastikan kamu sudah menyimpan perubahan dengan menekan opsi "Apply Changes" dan jangan lupa cetang start service on boot.

2. Cara Menambah Sensitivitas Layar HP Xiaomi Saat Bermain Game


Perlu untuk kalian ketahui bahwa salah satu penyebab layar sentuh kurang responsif saat hp xiaomi digunakan bermain game biasanya disebabkan karena kapasitas RAM yang terbatas.

Lantas bagaimana cara mengatasi layar hp xiaomi yang kurang sensitif saat main game tersebut ? Jawabannya adalah ..

Dengan mengurangi skala animasi di layar ponsel tersebut. Dan jika kamu ingin meningkatkan sensitivitas layar sentuh xiaomi kamu, silakan ikuti langkah - langkah di bawah ini.

  • Langkah pertama aktifkan Pilihan pengembang / Depelover option di hp xiaomi kamu dengan cara masuk Pengaturan / Setting pilih Tentang perangkat / About devices pilih Info Perngkat Lunak / Software Info lalu tap pada Nomor Versi / Build Number sebanyak 5 kali.
  • Setelah itu Pilihan pengembang / Depelover option akan muncul pada Pengaturan / Setting. Apabila sudah, silakan masuk ke Pilihan pengembang / Depelover option.
  • Di bagian Drawing, rubah Window animation scale dan Transition animation scale menjadi 0.5x.
  • Lalu pada bagian Hardware-accelerated rendering, aktifkan Force GPU rendering, Enable 4X MSAA dan Disable hardware overlay.
  • Terakhir pada bagian Application, aktifkan Dont keep activities dan Show all ANRs, kemudian rubah Limit background processes menjadi At most 3 processes atau lebih rendah.

3. Cara Mengatasi Layar Sentuh HP Error Saat Malakukan Panggilan


Akan tetapi jika dari kelima cara diatas belum dapat mengatasi beberapa masalah layar sentuh terlalu sensitif di hp xiaomi seperti layar mati ketika sedang melakukan panggilan, maka anda dapat mencoba cara lain yang akan kami bagikan pada ulasan dibawah ini.

Pada tutorial dibawah ini kami mencoba cara mengatur sensitif layar / touchscreen pada hp xiaomi tipe redmi 1s dan berhasil memperbaiki touchscreen yang tidak merespon tersebut.

Yang perlu untuk kita ketahui disini versi terakhir yang kami gunakan adalah MUI-JHCMIBH43.0, berikut langkah - langkahnya :

cara mengatur sensitif layar xiaomi


1. Pertama - tama mari kita mulai masuk ke menu Hardware Tests

2. Kemudian ketik kode di menu Dial, *#*#6484#*#*

cara mengatur sensitif layar xiaomi

3. Langkah selanjutnya pada sub menu Proximity sensor, tap tombol Calibrate kemudian tutup bagian atas Smartphone (lokasi sensornya), tahan beberapa saat (kurang lebih 4 detik) kemudian lepaskan, beri jeda waktu sekitar 4 detik lagi tutup kembali. Lakukan hal tersebut hingga beberapa kali (2 - 3 kali) hingga dirasa sudah cukup setelah itu tap tombol Pass.


4. Untuk mengujinya, kita dapat mencobanya untuk mengaktifkan fitur Pocket Protector sebagaimana mestinya, atau dengan mencoba melakukan panggilan. Apabila layar lcd tidak mati itu artinya sudah berhasil.

Demikian artikel yang membahas tentang cara mengatasi masalah layar sentuh error pada hp android xiaomi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga cara - cara diatas dapat menjadi solusi dari masalah layar hp ngeblank. Sekian dan terima kasih ..

Situs ini juga direkomendasikan di Channel Youtube. Open chat lewat Whatsapp !

Tips android menarik lainnya :

Powered by Blogger.