March 14, 2020

Layar HP Tidak Bisa Disentuh ? 7 Cara Ini Perlu Kamu Coba Sebelum Ganti Touchscreen Android




Touchscreen atau layar hp menjadi salah satu bagian terpenting dari perangkat android. Tidak heran jika pengguna android akan kebingungan apabila hp mengalami kerusakan seperti layar hp tidak bisa disentuh.

Mengapa demikian ? Sebab mendadak layar hp tidak bisa digeser akan seperti sedang lag atau hang.

Di beberapa sumber dan forum hp android, ganti LCD Touchscreen sering menjadi cara mengatasi layar hp tidak bisa disentuh tersebut.

Namun menurut saya, kamu juga harus melihat sumber permasalahnnya dahulu. Apakah dari software atau komponen layar yang sudah retak atau pecah.

Dan cara paling gampang yang pertama kali biasa saya lakukan saat touchscreen tidak bisa disentuh adalah dengan mengecek kondisi layar, rusak atau tidak.



Penyebab Layar HP Tidak Bisa Disentuh


Mengapa LCD baru tidak berfungsi ?

Hal ini bisa jadi disebabkan LCD yang kamu gunakan merupakan part yang tidak asli, sehingga setelah dipasang masih saja tidak berfungsi alias touchscreen hp tidak bisa disentuh.

Namun juga terdapat faktor - faktor lainnya, berikut penyebab layar hp tidak bisa disentuh :


  • Layar hp kotor. Faktor kebersihan juga dapat mempengaruhi sensitivitas layar sentuh tidak bisa disentuh.
  • HP panas. Kebiasaan menggunakan hp android selama berjam - jam bisa mengakibatkan layar sentuh tidak merespon sentuhan jari kita.
  • Penggunaan RAM terlalu besar. HP android lag tidak bisa ditekan atau hang akan terjadi ketika kapasitas RAM mulai penuh.
  • Layar HP tertekan. Celana yang ketat seperti jeans bisa merusak komponen android didalamnya karena ditekan.
  • Software HP. Pada beberapa forum dan komunitas, banyak pengguna android yang mengeluhkan layar tidak bisa disentuh setelah update sistem.
  • Habis terjatuh. Akibat jatuh dari ketinggian biasanya layar hp akan retak sehingga tidak bisa disentuh sebagian bahkan sama sekali.
  • HP kena air.
  • LCD Touchscreen retak / pecah.

Dengan banyaknya penyebab tentu akan berbeda pula cara mengatasinya. Sebab touchscreen hp retak tidak bisa disentuh akibat jatuh akan berbeda cara mengatasinya dengan touchscreen tidak bisa disentuh setelah update sistem android.


Jenis Kerusakan Layar HP Tidak Bisa Disentuh


Perlu untuk kamu ketahui, ada 2 kondisi dimana layar hp tidak bisa disentuh. Yakni :


  1. Layar HP Tidak Bisa Disentuh Sebagian, dimana layar sentuh android tidak berfungsi hanya pada bagian tertentu saja.
  2. Layar HP Tidak Bisa Disentuh Sama Sekali, meskipun sudah kamu tekan, usap, dan geser - geser layar sentuh tetap tidak berfungsi sama sekali.

Dalam kondisi seperti itu, apakah bisa untuk diperbaiki sendiri ? Selama error pada hp bukan karena kerusakan hardware, kamu masih bisa melakukan perbaikan sendiri.

Bisa jadi layar kurang merespon hanya karena salah pengaturan layarnya saja.


baca juga : Cara Mengatur Sensitivitas Layar Xiaomi

Berikut langkah - langkanya ..


7 Cara Memperbaiki Layar HP Yang Tidak Bisa Disentuh


cara cepat mengatasi layar hp tidak bisa disentuh

Dibawah ini adalah langkah perbaikan yang selalu saya lakukan sendiri sebelum memutuskan buat ganti lcd touchscreen yang tidak berfungsi ke tempat service hp.

Dan cara saya ini bisa kamu terapkan di semua hp android, seperti Xiaomi, OPPO, VIVO, Samsung dan tipe - tipe lainnya.


1. Bersihkan Layar HP Jika Susah Disentuh


cara membersihkan layar sentuh hp android

Saat layar hp kamu mendadak tidak merespon padahal sebelumnya normal, bisa jadi kontaminasi kotoran adalah penyebabnya. Sebab layar sentuh hp android akan menjadi tidak peka apabila kondisi layarnya kotor.

Kinerja touchscreen hp akan berkurang apabila debu dan kotoran yang menempel semakin banyak, terlebih lagi jika layar terkena minyak.

Maka dari itu kamu perlu membersihkan layar dari kotoran agar bisa normal lagi.

Dan berikut ini adalah langkah - langkah membersihkan layar hp yang tidak bisa disentuh karena kotoran :


  1. Pertama siapkan minyak kayu putih, tisue atau lap kering terlebih dahulu.
  2. Lalu kunci layar hp kamu.
  3. Setelah itu beri sedikit minyak kayu putih di layar hp kamu, ratakan di semua bagian layar menggunakan jari.
  4. Kemudian bersihkan layar menggunakan tisue dengan menggosoknya secara perlahan.

Namun jika layar hp masih tidak bisa digunakan, coba lepas screen protector / tempered glass yang terpasang di hp kamu.

Atau bisa lanjut ke langkah kedua ..


2. Diamkan HP Selama 1 Sampai 2 Jam


diamkan hp

HP android akan cepat panas apabila sering digunakan tanpa adanya jeda waktu. HP yang panas karena baterai ataupun layar ini dapat mengakibatkan layar hp menjadi kurang sensitif.

Untuk itu istirahat menggunakan smartphone tersebut menjadi cara memperbaiki hp layar sentuh yang tidak bisa disentuh paling bijak.


Istirahat menggunakan smartphone = Mendinginkan suhu hp android

Jadi :

Saat touchsreen seperti tidak berfungsi, coba rasakan hp android kamu tersebut panas atau tidak. Jika dirasa panas, dinginkan dahulu ponsel kamu itu baru cek kembali respon layarnya.


3. Pijat Layar LCD HP Yang Tertekan


pijat layar

Tentu kamu juga pernah mengalami HP tidak bisa disentuh setelah dikeluarkan dari kantong saku celana, terutama jeans.

Kenapa seperti itu ? Komponen didalam perangkat android dapat mengalami kerusakan karena lcd hp yang tertekan.

Sering kali socket touchscreen menjadi kendor karena tekanan pada lcd. Solusinya ? Selain dengan membongkar hp untuk memasang kembali kabel socket yang kendor, ada cara lain untuk memperbaiki lcd hp yang tertekan tanpa bongkar, yaitu :

"Pijat hp dengan cara menekan pada bagian layar dan bodi belakang".

Meskipun tingkat keberhasilan hanya 68.52% namun cara ini sering berhasil saya lakukan pada hp yang tertekan saku celana jeans.


baca juga : Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh Sebagian

4. Matikan HP


Jika masalahnya adalah layar hp tiba - tiba tidak bisa disentuh sama sekali, apa yang kamu lakukan ? Ya benar, mematikan hp menjadi solusi terbaik.

Bukan suatu masalah jika hp android kamu tidak jenis baterai tanam, untuk mematikan paksa dapat kamu lakukan dengan melepas baterai secara langsung. Dengan mendiamkan hp dalam keadaan mati selama 2 - 3 menit secara tidak langsung bisa merestart sistem yang error.

Namun apabila kamu menggunakan android dengan baterai tanam layaknya hp xiaomi seperti keluaran terbaru 2020 sekarang ini, bagaimana cara mematikan hp xiaomi yang tidak bisa disentuh tersebut ?

Pada postingan sebelumnya, saya sudah pernah mengupas tuntas cara mematikan paksa hp xiaomi baterai tanam. Ada beberapa cara lain tapi saya lebih suka dengan menekan tombol power selama 3 sampai 5 menit.


matikan layar hp

Meskipun masih ada cara lain apabila hp xiaomi tersebut belum bisa dinonaktifkan.


5. Masuk Ke Recovery Mode


masuk recovery mode

Kapasitas ruang penyimpanan mulai penuh akibat terlalu banyak aplikasi yang tersimpan di ponsel kamu akan mengakibatkan performa perangkat android semakin berkurang.

Efeknya : HP tidak bisa disentuh atau tidak respon sentuhan sehingga layar hp susah ditekan. Cara mengatasinya adalah dengan menghapus aplikasi atau langsung melakukan factory reset.

Tapi bagaimana cara melakukan factory reset pada hp yang error pada layarnya ? Ditekan aja susah gimana mau mencet layar hp tersebut ? Jawabannya adalah dengan masuk ke Mode Recovery.


6. Ganti Charger HP


Jika HP eror saat di cas, entah itu nyetrum ataupun layar tidak bisa disentuh saat dicas sebaiknya periksa kembali sumber daya listrik yang kamu gunakan.

Biasanya touchscreen menjadi tidak responsive, error ataupun nyetrum hanya terjadi saat kamu melakukan proses charging saja, namun setelah dilepas error di HP akan hilang. Jika kamu mengalami masalah seperti itu, berikut cara mengatasinya :


  1. Ganti charger dan kabel USB dengan yang memiliki kualitas terbaik
  2. Pindah charger ke stop kontak yang lain yang aliran listriknya lebih baik dan stabil
  3. Untuk melepas ground statis yang menggangu touch screen hp maupun tablet android, gunakan kawat tembaga sekitar 5 cm lalu lilitkan di bagian (negative) jack adapter.
  4. Pada saat jari menyentuh layar touchscreen, gunakan sebelah jari tangan lainnya untuk menyentuh ujung kawat ini, fungsinya melepaskan statis ground lewat tubuh.

Kamu tidak perlu cemas saat memegang kawat tembaga tersebut sebab tegangan yang digunakan saat hp dicas terbilang kecil alias tidak akan nyetrum.


7. Masukan Kedalam Beras


masukan ke dalam beras

Saat HP kemasukan air, ada beberapa langkah untuk mengatasi layar sentuh yang mendadak tidak berfungsi karena kena air tersebut.

Caranya :


  1. Pertama matikan daya setelah hp jatuh ke dalam air.
  2. Setelah itu lepas kartu sim, sim card dan juga baterai hp (jika hp bukan baterai tanam).
  3. Kemudian masukan hp ke dalam beras selama 1 sampai 2 hari.
  4. Lalu pasang semuanya kembali dan hidupkan hp yang kena air tersebut.

Mengapa harus menggunakan beras ? Sebab beras memiliki manfaat untuk menyerap kelembaban air yang ada didalam perangkat android.

Namun jika sudah terjadi konsleting, mau tidak mau ya ganti layar sentuh menjadi pilihannya.


BONUS TIPS : Cara Mengatasi Layar HP Retak Tidak Bisa Disentuh Tanpa Ganti LCD Touchscreen


Gunakan Mouse


Kondisi layar sudah retak atau pecah akibat terjatuh, tentu akan membuat layar susah untuk disentuh. Maka dari itu cara mengatasi layar hp tidak bisa disentuh akibat jatuh tersebut harus dengan mengganti touchscreen.

Namun biaya ganti touchscreen hp android yang tidak murah, kisaran 400 - 700 ribu akan menjadi sebuah masalah baru.

Pada video dibawah ini, saya berikan referensi jika kamu belum mau untuk ganti komponen layar LCD HP tersebut. Dan hasilnya diluar dugaan, tanpa ganti touchscreen, hp layar sentuh yang tidak bisa disentuh masih bisa tetap digunakan normal :



Mengapa bisa berhasil ? Sebab kerusakan hanya pada hardwarenya, tidak pada softwarenya ..


Akhir Kata

Sekarang saatnya kamu untuk mencoba, langkah mana yang menurut kamu cocok digunakan ketika layar hp tidak bisa disentuh versi smartphone solution kali ini.

Beritahu keberhasilan kamu pada kolom komentar, agar pengguna hp android lainnya tahu tidak semua masalah pada layar sentuh hp harus selalu dengan mengganti baru layar touchscreennya.

Semoga postingan saya ini bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih.

Situs ini juga direkomendasikan di Channel Youtube. Open chat lewat Whatsapp !

Tips android menarik lainnya :

Powered by Blogger.