March 22, 2018

Memperbaiki Error Kamera Di Hp Oppo Yang Tidak Dapat Terhubung




Oppo smartphone tidak dapat terhubung ke kamera - Bagaimana cara memperbaiki kamera tidak dapat terhubung ke hp android oppo ? Memperbaiki kamera android yang tidak bisa dibuka adalah suatu hal yang harus untuk kita lakukan mengingat fungsi dari fitur kamera android yang sangat dibutuhkan di waktu sekarang ini. Selain digunakan untuk mengambil foto selfie, sekarang ini banyak aplikasi hp android yang membutuhkan dukungan dari kamera smartphone android. Untuk itu kita tidak bisa membiarkan apabila masalah kamera error seperti munculnya pesan "Cannot Connect to Camera" atau "Tidak Dapat Terhubung Ke Kamera" muncul dan membuat kamera hp oppo tidak bisa dibuka.

Masalah yang ditimbulkan dari kesalahan kamera ponsel android yang error ini sangatlah beragam. Selain sering muncul notifikasi "Tidak Dapat Terhubung Ke Kamera" seperti diatas, terkadang kamera belakang tidak bisa digunakan / dibuka bahkan layar hitam saat kamera dibuka merupakan beberapa tanda adanya masalah pada kamera hp android yang kita miliki tersebut. Lalu bagaimana cara memperbaiki kamera hp oppo yang tidak berfungsi tersebut ? Jika kita membiarkan masalah ini berlarut - larut justru malah membuat aplikasi kamera tidak merespon dan terkadang hilang dari menu hp android.

Bicara mengenai kesalahan kamera hp android maka pada kesempatan kali ini kami Smartphone Solution akan berbagi tips tentang beberapa cara mengatasi kamera belakang tidak bisa digunakan atau dibuka. Dan pada penanganan tidak dapat terhubung ke kamera ini, kami menggunakan ponsel android buatan oppo smartphone dengan seri oppo A37. Dimana oppo A37 ini mengalami masalah tidak dapat membuka kamera belakang maupun kamera depan setelah menginstall aplikasi kamera lainnya. Mari langsung saja kita simak ulasan selengkapnya mengenai Cara Mengatasi Aplikasi Kamera Hp Oppo A37 Yang Tidak Merespon di bawah ini.

Memperbaiki Error Kamera Di Hp Oppo Yang Tidak Dapat Terhubung

cara memperbaiki kamera hp oppo yang tidak bisa dibuka


Sebelum kita memulai untuk membahas error kamera di hp oppo ini alangkah lebih baiknya jika kita mengetahui penyebab kenapa kamera gagal saat akan digunakan ini. Berikut ini adalah beberapa hal yang sering menjadi penyebab kamera hp android error sehingga tidak bisa terhubung, diantaranya adalah :
  • Kita baru saja melakukan update firmware pada smartphone android yang kita miliki (lihat juga : Solusi "OPPO Launcher Telah Berhenti")
  • Install custom room dapat membuat hp android mengalami crash karena mengalami kompatibilitas antara aplikasi dengan hardware kamera pada Android yang akhirnya membuat kamera error dan muncul pemberitahuan error kamera
Setelah mengetahui penyebab utama yang membuat kamera hp android tidak dapat terhubung, mari langsung saja kita mulai pembahasan mengenai solusi kenapa kamera oppo A37 tidak bisa dibuka pada ulasan di bawah ini.

Cara Mengatasi Aplikasi Kamera Hp Oppo A37 Yang Tidak Merespon


1. Reboot Ponsel

Cara pertama yang dapat kita lakukan saat hp android mengalami error pada kamera adalah dengan melakukan reboot ponsel android yang kita miliki. Cara me-reboot smartphone android tidak sesulit yang kita bayangkan, kita cukup melakukan :
  1. Matikan hape android tersebut
  2. Kemudian lepaskan baterai, Memori Card (Micro SD), dan kartu SIM. 
  3. Diamkan selama 20 - 30 detik agar tidak ada sumber daya yang masuk pada smartphone. 
  4. Selanjutnya pasang dan hidupkan kembali. 
  5. Cobalah untuk membuka kamera, semoga nantinya bisa terhubung dan normal kembali.

2.  Hentikan dan Hapus Data Aplikasi

Menghentikan dan menghapus data aplikasi kamera merupakan cara kedua yang cukup ampuh dalam mengatasi aplikasi kamera yang bermasalah, terutama aplikasi kamera bawaan. Untuk menghapus data aplikasi kamera android yang error ini, kita hanya perlu :

  1. Masuk pada menu Pengaturan
  2. Setelan Tambahan
  3. Manajemen Aplikasi >> Semua >> Cari "Kamera"
  4. Kemudian tap "Paksa Berhenti" dan "Hapus Data".

Dengan menghapus data aplikasi akan membersihkan semua data yang tersimpan seperti cache, history, basis data, setting kamera, dan lainnya.

3. Gunakan Aplikasi Kamera Lainnya

Apabila dengan melakukan 2 cara di atas tidak memberikan hasil yang positif untuk memperbaiki kamera smartphone android yang error maka tidak ada salahnya jika untuk mencoba nginstal aplikasi kamera lainnya, seperti camera 360. Seperti biasanya, aplikasi kamera tersebut dapat kita unduh melalui google playstore hp android. Hal ini dilakukan untuk memastikan letak kerusakan pada kamera, apabila aplikasi kamera lainnya dapat dibuka maka terdapat kemungkinan adanya kerusakan pada hardware kamera bawaan dari hp android tersebut.

baca juga :

4. Scan Dengan Anti Virus

Tidak dapat terhubungnya kamera ke hp android terkadang juga disebabkan karena adanya virus di dalam handphone oppo A37 yang kita miliki. Untuk itu gunakan aplikasi anti virus yang powerfull seperti AVG, 360 security, atau Avast untuk melakukan scanning agar virus-virus tersebut bisa terhapus dan kemera bisa digunakan kembali.

5. Factory Reset

Meskipun cara ini terlalu beresiko untuk mengembalikan kamera hp android yang tidak bisa dibuka karena nantinya semua aplikasi yang telah anda install akan hilang, terkecuali untuk aplikasi bawaan namun tidak ada salahnya kita mencobanya jika dari semua cara diatas tidak bisa memperbaiki kesalahan pada kamera anadroid yang error. Akan tetapi sebelum kita melakukan Factori Reset ini ada baiknya jika kita membackup seluruh data yang ada pada smartphone android tersebut.

6. Bongkar Ponsel

Terdapat kemungkinan besar terjadi kerusakan pada hardware kamera itu sendiri jika dengan factory reset juga tidak mengatasi masalah kesalahan kamera tersebut.  Sebaiknya lakukan pembongkaran pada smartphone android dengan melakukan pengecek pada bagian koneksi kabel dengan kamera, apakah masih dalam kondisi baik atau tidak.

CATATAN : Untuk langkah yang terakhir, sebaiknya jangan anda lakukan jika anda tidak tahu - menahu mengenai hardware Smartphone. Untuk lebih baiknya bawalah ke Service Center agar nantinya bisa diperbaiki oleh teknisi Android yang lebih handal. Baca juga : Tips Kamera Hp Menghasilkan Foto Seperti DSLR

Demikian beberapa Cara Mengatasi Kamera Android Yang Macet, Berhenti Tiba – Tiba, Tidak Terhubung yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel kami diatas dapat memberikan manfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih..

Situs ini juga direkomendasikan di Channel Youtube. Open chat lewat Whatsapp !

Tips android menarik lainnya :

Powered by Blogger.