January 03, 2019

Cara Memperbaiki Kartu Sim (SIM CARD) Tidak Terbaca Pada HP Android




Kartu SIM Tidak Terbaca - Bagaimana cara mengatasi hp android yang kartu SIM tidak terbaca ? SIM card atau yang sering dikenal dengan kartu SIM ini tentu tidak akan lepas dari yang namanya masalah seperti tidak terdeteksi di hp android ataupun kartu sim tidak ada layanan. Kondisi dimana kartu SIM yang rusak tersebut sering kali di tandai dengan munculnya notifikasi sim card not inserted, undetected SIM ataupun slot sim card tidak terdeteksi.

Lalu kenapa kartu sim bisa tidak terbaca di ponsel android ? Tidak sedikit yang menjadi penyebab hp android tidak bisa mendeteksi kartu sim yang rusak tersebut. Misalnya saja seperti terlalu sering mengganti kartu sim sehingga terjadi konsleting ataupun aus pada konektor sehingga menyebabkan konektor tidak mampu membaca lagi chip dari kartu SIM tersebut.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami Smartphone Solution akan mencoba memberikan beberapa informasi mengenai hp android yang hanya muncul sinyal panggilan darurat saja. Maka dari itu mari langsung saja kita simak ulasan selengkapnya mengenai cara mengatasi kartu sim tidak ada sinyal di hp android pada ulasan di bawah ini.

5 Cara Memperbaiki Kartu Sim Yang Tidak Ada Layanan di HP Android
Cara Memperbaiki HP Android Yang Kartu Sim Tidak Terbaca


Disini kami akan memberikan beberapa penyebab kartu SIM HP tidak bisa terbaca di layar ponsel android yang sering terjadi, sebelum kita akan memulai langkah untuk melakukan service hp hilang sinyal.

Untuk lebih jelasnya mari langsung saja kita lihat langkah - langkah untuk memperbaiki hp android yang tidak bisa membaca SIM Card sebagai berikut :

Penyebab Kartu SIM Yang Tidak Terlihat di HP Android


  1. Umur Pakai SIM Card Yang Sudah Terlalu Lama, meskipun kartu SIM memaliki umur pakai yang beragam perlu untuk kita ketahui bahwa material plastik dan kuningan pada SIM card akan mengalami degradasi mulai usia 3 - 5 tahun
  2. Kuningan Kartu SIM Yang Sudah Rusak, perlu untuk kita ketahui bahwa terlalu sering menggonta - ganti kartu SIM dapat mengakibatkan kartu sim tidak terbaca. Hal ini dikarenakan terlalu sering adanya gesekan sehingga membuat kartu SIM HP rusak
  3. Kondisi SIM Card Yang Terlalu Panas

baca juga :
  1. 6 Cara Memperbaiki Hp Android Yang Sering Hilang Sinyal
  2. Cara Membuat Sinyal 3G Menjadi 4G Sendiri Di Hp Android

Setelah kita mengetahi faktor penyebab SIM Card rusak tersebut, mari langsung saja kita lihat ulasan selengkapnya mengenai solusi hp tidak bisa mendeteksi kartu sim sebagai berikut :

Cara Mengatasi HP Android Tidak Ada Layanan Karena Kartu SIM Tidak Terbaca


Bersihkan Kartu SIM


  1. Langkah pertama yang perlu untuk kita lakukan adalah dengan matikan hp android terlebih dahulu
  2. Setelah kondisi hp android sudah dalam kondisi benar - benar mati, keluarkan Kartu SIM dari hp android tersebut
  3. Lalu kita bersihkan Kartu SIM tersebut dari kotoran atau debu yang menempel

Ganti Menggunakan Kartu SIM Yang Lain
Cara Memperbaiki Hp Android Yang Kartu SIM Tidak Terbaca
sumber foto : tirto.id


Langkah berikutnya yang perlu untuk kita lakukan jika langkah pertama masih saja membuat sinyal hp tidak mau muncul adalah dengan mengganti kartu SIM baru. Jika menggunakan SIM Card lain malah bisa terdeteksi di HP Android tersebut maka dapat dipastikan bahwa adanya kerusakan pada Kartu SIM sebelumnya.

Cek Slot SIM Card


Akan tetapi jika konektor kartu sim masih terlihat bagus, ada kemungkinan kartu sim tidak terbaca di hp android bisa jadi karena hanya tertutup kotoran sehingga untuk mengatasinya cukup perlu dibersihkan pada tempat kartu simnya saja.

Saran dari kami jika anda akan membersihkan konektor simcard sebaiknya menggunakan contact cleaner supaya kerak yang menempel pada konektor dapat terkelupas dan bersih sehingga tidak menghalangi lagi saat konektor bertemu dengan kartu SIM.

Atur Ulang Jaringan Kartu SIM


Cara seting jaringan yang sesuai dengan SIM Card tersebut, yaitu :

  1. Pilih Setting
  2. Pilih Jaringan Selular
  3. Pilih Jaringan Operator
  4. Pilih Cari Network/Jaringan
  5. Setelah itu beberapa saat hingga muncul beberapa pilihan kemudian pilihlah operator jaringan yang sesuai SIM Card yang kalian pasang


Jika kita menggunakan cara di atas maka kita hanya perlu memastikan pengaturan APN pada kartu SIM yang kita gunakan tersebut.

baca juga :

Hubungi Costumer Service

Jika dari semua cara di atas sudah kita lakukan namun tetap saja hp android masih panggilan darurat terus maka langkah yang perlu untuk kita lakukan adalah dengan menghubungi costumer service kartu SIM yang rusak tersebut.

Dan apabila kondisi SIM Card memang sudah tidak dapat digunakan maka sering kali costumer service akan menyarankan untuk melakukan penggantian kartu SIM tersebut

Demikian beberapa tips pengecheckan untuk mengatasi HP atau tablet yang tidak membaca kartu SIM. Meskipun artikel diatas hanya berisi tentang cara pengecheckan saja, setidaknya jika kita membawanya ke service center kita dapat memberi tahu sumber masalah sinyal hp sering hilang karena kartu sim tidak terdeteksi tersebut. Semoga artikel kami kali ini dapat memberikan banyak manfaat kepada kita semua, sekian dan terima kasih ..

Situs ini juga direkomendasikan di Channel Youtube. Open chat lewat Whatsapp !

Tips android menarik lainnya :

Powered by Blogger.