November 06, 2017

11 Langkah Sukses Jualan Online Di Facebook Bagi Pemula




Cara sukses jualan online - Bagaimana cara berjualan online melalui facebook agar seorang pemula bisnis online bisa sukses ? Sudah bukan rahasia umum lagi jika kita mendengar teman - teman kita sukses berjualan online tanpa modal di beberapa media sosial seperti facebook, twitter maupun instagram. Hal ini dikarenakan terhitung sejak tahun 2014 pengguna facebook di indonesia meningkat hingga 60.3 juta terbanyak ke 4 di seluruh dunia sehingga facebook menjadi salah satu cara terbaik untuk menghasilkan uang lewat internet lewat jualan online. Oleh karena itu bagi kita yang baru memulai bisnis online dari nol, facebook dapat menjadi salah satu peluang yang sangat bagus untuk jualan secara maksimal.

Akan tetapi tidak sedikit pula para pelaku bisnis online yang belum berhasil berdagang di media sosial facebook tersebut. Di mana mereka sudah membuat fb untuk jualan online namun tidak banyak penghasilan yang didapatkan karena toko online di facebook mereka tidak memiliki banyak liker maupun orang yang mengunjungi toko online facebooknya. Dengan kata lain kurangnya pemahaman akan strategi jualan online membuat mereka kurang dapat memaksimalkan penjualan barang di facebook, lalu bagaimana cara memperbanyak pengunjung di halaman facebook yang kita gunakan untuk jualan online tersebut ? Dan perlu untuk kita ketahui ternyata pihak facebook telah melakukan banyak perubahan terhadap platform mereka, dimana jangkauan posting di halaman Facebook semakin hari semakin mengecil karena adanya edgerank.

Jika kita melakukan posting pada halaman toko online yang kita miliki di mana terdapat 10.000 pengikut facebook, maka postingan tersebut hanya mampu menjangkau sekitar 500 orang saja (5 % dari total pengikut fanspage) bukan langsung terbaca oleh 10.000 pengikut kita tersebut. Disinilah edgerank bekerja pada facebook.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami Smartphone Solution akan mencoba berbagi tips jualan online di facebook meskipun facebook telah menerapkan edgerank pada platform mereka. Sebenarnya selain trik jualan online shop agar bisa laris, kita tidak hanya harus mengetahui cara memasarkan produk di fb saja melainkan kesabaran dan kegigihan kita untuk terus berusaha. Sehingga dengan adanya niatan dan kesungguhan kita untuk terjun di dunia internet marketing, kita dapat berjualan online melalui facebook secara maksimal dengan menerapkan tips dan trik yang ada. Untuk itu mari langsung saja kita bahas mengenai cara jualan online di facebook dengan sukses bagi pemula di bawah ini.

11 Langkah Sukses Jualan Online Di Facebook Bagi Pemula

cara jualan online di facebook dengan sukses

Trik sukses cara berjualan online di facebook bagi pemula kali ini mungkin memang bukanlah dari pengalaman kami pribadi akan tetapi berdasarkan pengalaman teman kami yang telah berhasil membuat facebook sebagai media berjualan dengan menghasilkan omset yang cukup besar. Walaupun dia memulai bisnis online dari nol, dia mampu menghasilkan uang lewat internet dengan cara mampu menjual produk yang dimiliki secara online lewat media sosial facebook. Dan di bawah ini adalah beberapa cara jualan laris di facebook yang dia lakukan selama ini dan berikut langkah - langkah yang dia beritahukan kepada kami, diantaranya :

Tips sukses jualan online di facebook


1. Tentukan Produk Yang Akan Kita Jual

Langkah pertama yang perlu untuk kita lakukan sebelum memulai berjualan online adalah dengan menentukan produk yang ingin dijual. Namun masalah yang sering terjadi bagi pemula yang ingin mencoba sukses untuk bisnis online adalah tidak memiliki produk untuk di jual dan keterbatasan modal awal meskipun tertarik untuk berjualan secara online menggunakan media sosial facebook. Oleh karena itu langkah terbaik bagi kita yang ingin usaha sampingan yang menjanjikan namun tanpa modal adalah menjadi reseller ataupun dropshiper.

Lalu bagaimana cara menjadi reseller atau dropshiper toko online tersebut ? Kita tidak perlu bingung lagi karena sekarang ini kita bisa cari di situs - situs marketplace seperti tokopedia, bukalapak, olx dan market place lainnya. Pada market place tersebut terdapat banyak sekali pihak yang membuka kerja sama dengan reseller dan dropshipper sehingga kita bisa menjadi dropshipper untuk menjual produk mereka. Dengan kata lain, kita tidak harus memiliki stock produk dan tidak harus perlu mempunyai modal besar karena kita menjadi seorang dropshiper. Tugas kita hanyalah memasarkan produk mereka sampai terjadi penjualan, akan tetapi kita juga harus memastikan agen tempat kita mengambil barang tersebut dapat dipercaya dan memiliki kredibilitas toko online yang baik.

2. Posting Dengan Gambar Atau Foto Produk Yang Berkualitas

Agar dapat memberikan kesan yang baik bagi para custumer alangkah baiknya jika kita memastikan gambar produk yang kita gunakan berkualitas tinggi. Hal ini dikarenakan gambar adalah sarana untuk mewakili semua produk yang akan kita jual agar dapat menciptakan kesan yang baik di mata konsumen. Oleh karena itu, kita harus benar - benar memperhatikan kualitas dari foto atau gambar produk yang kita gunakan untuk jualan online di facebook.

3. Buat halaman facebook atau Group Facebook Khusus untuk berjualan

Setelah kita sudah mengetahui akan produk yang akan kita jual secara online lewat facebook maka langkah selanjutnya adalah dengan membuat halaman facebook untuk toko online kita tersebut. Meskipun kita bisa menjual dengan mempromosikan pada beranda utama diri kita sendiri namun tidak ada salahnya jika kita membuat halaman facebook atau yang sering kita kenal dengan sebutan fanspage. Hal ini diperlukan selain untuk menghindari bully dari teman - teman kita, fanspage juga dapat menjadi salah satu kredibilitas toko online yang kita miliki di facebook tersebut.

Berikut cara membangun interaksi di halaman Facebook supaya penjualan kita laris manis :

  • Berikan tips - tips yang bermanfaat dan relevan atau berhubungan untuk para pengunjung di halaman Facebook. Sebagai contoh, apabila target pasar kita adalah seorang ibu - ibu muda maka kita harus mengetahui apa yang dibutuhkan oleh ibu - ibu muda tersebut. Sering kali para ibu - ibu muda tersebut membutuhkan tips cara merawat anak, cara meningkatkan nafsu makan anak, cara mengobati sakit pada anak, dan berbagai tips mendidik anak. Oleh karena itu agar mereka tertarik dan ingin menjadi salah satu pengunjung fanspage yang kita miliki adalah dengan memberikan postingan akan yang mereka butuhkan tersebut. Dengan demikian, akan terbangun awareness dan mereka akan lebih yakin untuk membeli produk Anda.
  • Selain itu bahas tentang hal - hal yang sedang menjadi trending topik saat ini. Dengan membicarakan isu - isu yang sedang hangat kita dapat memancing interaksi di halaman Facebook. Namun tetap seperti yang sudah kita bahas di atas, kita harus memberikan postingan yang relevan dengan halaman facebook yang kita miliki. Sebab, apabila hal tersebut tidak kita lakukan maka justru malah dapat mencoreng branding dari halaman yang kita miliki sendiri.

4. Perbanyak Teman Atau Follower Facebook

Salah satu tips supaya jualan online kita di facebook bisa laris manis adalah dengan memperbanyak pertemanan di facebook yang kita miliki tersebut. Hal ini dikarenakan calon custumer kita berawal dari semua teman - teman di facebook jadi peluang untuk bisa sukses jualan online di facebook bermula dari semakin banyak pertemanan yang kita dapatkan. Agar kita bisa mendapatkan banyak pertemanan, berikut beberapa hal yang perlu untuk kita coba :

Gratis 
  • Menambah pertemanan dengan menggunakan tombol cari teman
  • Bergabung di group - group yang aktif sesuai dengan toko online yang kita miliki

Berbayar 
  • Promosi menggunakan facebook ads
  • Menggunakan Jasa Menanambah Pertemanan Di Facebook

5.  Mencari Target Pasar / Calon Pelanggan

Apabila kita sudah melakukan beberapa langkah di atas seperti menentukan produk dan membuat halaman facebook maka agar dagangan kita laku terjual kita harus tepat untuk menentukan target pasar atau calon pelanggan yang mungkin tertarik dengan produk yang kita jual tersebut.

Ilustrasi mudahnya seperti berikut :
  • Apabila kita akan menjual krudung maka target pasar kita adalah perempuan dari usia 18 tahun ke atas yang menyukai hijab dan dunia religi.
  • Jika kita menjual sepatu olahraga maka target pasar kita kemungkinan besar adalah orang yang hobi dengan dunia olah raga.

Lantas bagaimana cara menemukan target pasar yang tepat tersebut ?

Cara termudah untuk mendapatkan pelanggan di facebook adalah dengan bergabung dengan group - group aktif yang memiliki banyak member dan sesuai dengan produk yang akan kita jual. Dengan aktif pada group facebook baik itu berkomentar ataupun hanya menyukai sebuah postingan yang ujung - ujungnya kita bisa mengajak anggota group tersebut untuk menyukai fanspage toko online yang kita miliki adalah salah satu cara terbaik berdagang online di facebook.

Selain beberapa langkah di atas, ada pula cara sukses jualan online di facebook lainnya seperti :

6. Membangun Trust (Kepercayaan) dan Brand Awareness
7. Selling (Berjualan) Menawarkan barang dengan diskon berkala
8. Bagikan testimoni dari pembeli produk kita
9. Posting Produk Secara Rutin Di Facebook
10. Buat Postingan Yang Kreatif
11. Rajin - rajin berdoa dan beramal

Pada intinya memang terdapat banyak sekali trik dan tips yang dapat digunakan agar sukses berjualan secara online di media sosial seperti facebook, akan tetapi cara terbaik untuk memasarkan produk di fb adalah dengan membangun brand awareness. Dimana brand awareness sudah terbentuk maka tidak akan sulit untuk merubah calon pelanggan menjadi pembeli. Oleh karena itu, rajin - rajinlah untuk memberikan informasi yang bermanfaat agar pelanggan kita di facebook mau dengan suka hati melihat postingan yang kita berikan setiap harinya.

baca juga :
  1. 10 Cara Mengatasi Tidak Ada Sinyal 4G Di Hp Xiaomi
  2. Solusi Masalah Pengisian Daya Yang Sering Terjadi Di Hp Samsung

Demikian postingan kami kali ini yang baru saja kita membahas mengenai cara berjualan online agar laris terjual di facebook. Semoga artikel kami di atas dapat memberikan manfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih ..

Situs ini juga direkomendasikan di Channel Youtube. Open chat lewat Whatsapp !

Tips android menarik lainnya :

Powered by Blogger.