December 27, 2017

Cara Memperbaiki Google Maps Error Di Hp Android (Tidak Bisa Dibuka, GPS Abu - Abu ataupun Menutup Sendiri)




GPS Android Error -  Bagaimana cara mengatasi google maps yang error di hp android ? Pernahkah kita membayangkan jika google maps tidak bisa dibuka pada hp android yang kita miliki ketika akan kita gunakan untuk mencari lokasi ataupun minta petunjuk arah. Tentu tidak akan bisa kita bayangkan apabila kejadian dimana smartphone android yang kita miliki tidak dapat terhubung ke maps terjadi pada diri kita yang sedang bepergian pada tempat yang belum kita ketahui. Dengan kata lain, untuk menemukan lokasi tujuan lengkap menggunakan peta dan arah ataupun jarak tempuh memang sangat terbantu apabila aplikasi gps dari google maps selalu siap sedia.

Namun tidak dapat dipungkiri masalah seperti "Sayangnya Maps Telah Berhenti" atau "Unfortunately Maps Has Stopped" terkadang terjadi pada hampir semua tipe ponsel android, seperti Xiaomi, Asus, Oppo, Smartfren Andromax, Sony Experia, Vivo, Meizu maupun Samsung sekalipun. Dimana kasus gps tidak berfungsi di ponsel android tersebut akan mengakibatkan aplikasi google maps menutup sendiri, gps berhenti atau macet tiba - tiba. Lantas bagaimana solusi untuk mengatasi ponsel android tidak dapat tersambung ke maps tersebut ? Jika errornya aplikasi google maps kita biarkan berlarut - larut pada hp android yang kita miliki maka bisa jadi kita akan mengalami masalah baru dimana titik koordinat google maps tidak akurat.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami Smartphone Solution akan mencoba berbagi tips untuk mengatasi gps yang tidak berfungsi di hp android tersebut. Dengan begitu kita dapat merasakan kembali kecanggihan dari aplikasi Maps tanpa harus pusing - pusing memikirkan cara mengatur google maps yang tidak bisa dibuka karena error tersebut. Namun untuk memperbaiki gps android yang error ini terdapat beberapa langkah yang perlu kita lakukan karena memang pada dasarnya kenapa google maps tidak bisa dibuka itu memiliki banyak faktor yang menjadi penyebabnya. Untuk itu mari langsung saja kita simak ulasan mengenai cara memperbaiki google maps yang error di hp android tersebut selengkapnya di bawah ini.

Cara Memperbaiki Google Maps Error Di Hp Android (Tidak Bisa Dibuka, GPS Abu - Abu ataupun Menutup Sendiri)

cara memperbaiki google maps yang error

Ternyata sekarang ini google maps yang error pada smartphone android tidak hanya memberikan dampak koneksi yang lemot saat mencari lokasi ataupun aplikasi google maps tidak bisa dibuka karena sering menutup sendiri saja. Akan tetapi titik gps abu abu ataupun gps android tidak terdeteksi kini juga mulai dirasakan oleh para pengguna ojek online seperti gojek maupun grab. Yang mana para diver ojek online tersebut sering kali kesulitan untuk mengetahui lokasi costumer karena titik gps yg jalan jalan / titik biru gps menjadi abu abu tersebut. Oleh karena itu mari ikut langkah - langkah untuk memperbaiki gps navigasi tidak bisa dibuka pada ponsel android, sebagai berikut :

Langkah - langkah untuk mengatasi hp android tidak bisa buka aplikasi maps


Hapus File Temporary

Menghapus file sampah yang ada pada hp android merupakan salah satu cara untuk mengatasi Google Maps yang tidak bisa dibuka yang dapat kita lakukan pada langkah pertama ini. Langkah pertama ini dapat dikatakan sangat ampuh untuk memperbaiki google maps yang error tidak bisa dibuka. Dan untuk menghapus file temporary tersebut dapat kita lakukan secara manual ataupun menggunakan bantuan aplikasi cleaner seperti CCleaner, 1 Tap Cleaner, Clean Master, DU Speed Booster, atau aplikasi Cleaner lainnya. Untuk menghapus file sampah yang ada pada smartphone android agar titik biru google maps yang tidak muncul tersebut dapat teratasi, langkah yang perlu untuk kita lakukan adalah sebagai berikut :

  • Buka menu Pengaturan >> Setelan Tambahan >> Manajemen Aplikasi >> Cari "Maps" >> Kemudian tap "Hapus Cache"

Paksa dan Hapus Data

Cara kedua kali ini juga cukup efektif untuk menghadapi masalah aplikasi maps error atau macet jika dirasa cara pertama belum mampu mengatasi google maps yang error tersebut. Dengan menghentikan aplikasi secara paksa dan menghapus data aplikasi Maps ternyata juga dapat memperbaiki hp android yang sering muncul notifikasi "Sayangnya Maps Telah Berhenti". Namun perlu untuk kita ketahui bahwa Basis data, data login, setelan, cache, dan lainnya akan menghilang sementara secara permanen jika kita menghapus data aplikasi google maps tersebut. Berikut langkah - langkah cara menghapus data aplikasi google maps di hp android yang dapat kita lakukan, diantaranya :

  • Buka menu Pengaturan >> Setelan Tambahan >> Manajemen Aplikasi >>Semua >> Cari "Maps" >> Kemudian tap "Paksa Berhenti" dan "Hapus Data"

Matikan, Cabut Baterai, Memori, dan SIM Card

Apabila dua cara diatas belum juga dapat mengatasi maps abu abu pada hp android yang kita miliki, untuk itu berikut beberapa langkah yang dapat kita lakukan adalah :

  • Matikan smartphone >> cabut baterai, memori card, dan SIM card >> Tunggu hingga beberapa saat supaya tidak ada daya yang masuk ke smartphone >>Pasang kembali dan coba aplikasi google maps di hp android tersebut

Update Aplikasi Maps

Cara selanjutnya yang dapat kita lakukan ketika hp android tidak dapat terhubung ke maps jika langkah - langkah diatas belum dapat memperbaiki google maps yang error di hp android adalah dengan meng-update aplikasi Maps ke versi paling baru. Dengan kita melakukan pembaharuan aplikasi, kita dapat menghilangkan bugs atau kerusakan pada aplikasi tersebut dengan mudah dan cepat. Di samping itu update aplikasi google maps juga membuat fitur dan tampilan terbaru bisa kita dapatkan sehingga masalah gps android tidak akurat dapat teratasi.

baca juga :
  1. Cara Mengatasi GPS Hp Xiaomi Yang Tidak Berfungsi
  2. Cara Mencari Hp Xiaomi Yang Hilang Dalam Kondisi Tidak Aktif

Factory Reset Android

Apabila semua langkah diatas sudah kita lakukan namun belum ada hasil yang kita peroleh untuk mengatasi google maps tidak bisa dibuka di hp android tersebut maka Factory Reset atau mengembalikan Android ke setelan Pabrik (Bawaan) perlu untuk kita lakukan. Langkah ini bukanlah suatu langkah yang direkomendasikan namun merupakan langkah terakhir apabila kita sudah tidak dapat menemukan solusi permasalahan tersebut. Akan tetapi sebelum kita melakukan factory reset alangkah lebih baiknya jika kita melakukan backup semua data yang ada pada hp android yang kita miliki ke dalam komputer atau Memori Eksternal Android. Untuk melakukan factory reset pada hp android, dapat kita lakukan seperti langkah berikut ini :

  • Buka menu Pengaturan >> Setelan Tambahan >> Buat Cadangan dan Reset >> Kemudian tap "Hapus Data Aplikasi dan Aplikasi Yang Dapat di Bongkar"

Demikian langkah - langkah untuk memperbaiki google maps tidak berfungsi di hp android yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel kami kali ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih ..

Situs ini juga direkomendasikan di Channel Youtube. Open chat lewat Whatsapp !

Tips android menarik lainnya :

Powered by Blogger.