October 31, 2018

Cara Membuka Layar HP Yang Terkunci Sensor Fingerprint




Fingerprint hp android tidak berfungsi - Bagaimana cara membuka layar hp android yang terkunci sensor fingerprint ? Kecanggihan suatu smartphone terkadang membuat kita mengalami kesulitan, misalnya saja sensor sidik jari yang tidak merespon ketika akan membuka kunci layar ponsel android. Pada dasarnya sensor fingerprint pada ponsel android memiliki fungsi sebagai proteksi privasi yang lebih baik dibandingkan sistem pengunci layar sebelumnya. Namun dengan kecanggihan tersebut tentu tidak sedikit pula kesalahan terjadi dengan sensor sidik jari pada hp android yang kita miliki.

Pemindai sidik jari atau sensor fingerprint adalah sebuah perangkat elektronik yang digunakan untuk menangkap gambar digital dari pola sidik jari - dikutip dari wikipedia

Memang terdapat banyak faktor penyebab fingerprint rusak / error yang mengakibatkan kita selalu gagal masuk ke home screen saat melakukan pemindaian sidik jari. Seringmya muncul notifikasi "An error has ocuured with the fingerprint sensor" menjadikan kita takut untuk menggunakan sensor fingerprint pada ponsel android yang kita miliki. Lantas jika masalah tersebut sudah terlanjur terjadi, adakah cara untuk membuka fingerprint lock di hp android ? Tentu akan menjadi masalah serius apabila kita tidak bisa masuk ke layar utama smartphone android yang terkunci sensor fingerprint tersebut.

Untuk itu pada pertemuan kita kali ini kami Smartphone Solution akan mencoba memberikan beberapa cara untuk mengatasi sensor sidik jari tidak merespon atau tidak berfungsi tersebut. Meskipun hampir di setiap keluaran ponsel terbaru sudah dilengkapi sistem lock screen dengan pemindai sidik jari, disini kami akan mengulas cara mengatasi sidik jari tidak terdeteksi di hp samsung.

Cara Membuka Layar HP Yang Terkunci Sensor Fingerprint
cara membuka fingerprint tidak berfungsi di hp android


Walaupun kami menggunakan hp android samsung, namun cara menonaktifkan kunci layar fingerprint ini dapat diaplikasikan pada semua tipe smartphone android. Untuk itu mari langsung saja kita simak ulasan selengkapnya mengenai 8 cara menghilangkan fingerprint unlock di hp samsung di bawah ini.

Cara Mengatasi Selalu Gagal Masuk Layar Utama HP Android Yang Terkunci Sensor Sidik Jari atau Fingerprint


1. Cek Alat Pemindai


Sebelum kita melakukan pengaturan lock screen (fingerprint) di perangkat android yang kita miliki, alangkah lebih baiknya jika kita memeriksa alat pemindai sidik jari smartphone yang kita miliki terlebih dahulu. Untuk melakukan pengecekan sensor fingerprint hp android yang tidak berfungsi tersebut, lalukan beberapa langkah sebagai berikut :

  • Cek kondisi fisik pemindai sidik jari yang ada di belakang ponsel, jika tidak ada tampilan letak fingerprint di layar ponsel
  • Pastikan alat scanner fingerprint hp samsung dalam kondisi bersih, bilamana kotor cara membersihkan fingerprint hp adalah menggunakan alat yang lembut dan pastikan tidak ada sesuatu yang tertempel sedikitpun pada alat pemindai.
  • Namun apabila alat pemindai ada di dalam layar atau sistem, bersihkan layar hp android lalu pastikan juga kondisi layar tidak kotor dan tidak kondisi basah

2. Cek Kondisi Sidik Jari Kita


Jika kita selalu gagal membuka kunci layar fingerprint di hp android yang kita miliki maka pastikan juga akan kondisi jari tangan kita yang saat itu. Pastikan ketika kita akan membuka pin hp samsung yang terkunci dengan sensor sidik jari, pastikan letak di alat scanner harus tepat dan juga kondisi jari tidak boleh kotor.

3. Restart HP Android


Apabila kita sudah menggunakan kedua cara cara membuka hp yang terkunci dengan kode pengaman fingerprint di atas namun masih saja gagal maka cobalah untuk merestart ponsel android yang kita miliki. Lakukan dengan melepaskan baterai, microSD dan juga SIM setelah itu diamkan beberapa saat.

Cara tersebut cukup efektif untuk mengatasi fingerprint hp samsung yang tidak berfungsi sebelum kita berajak pada langkah yang lebih lanjut.

4. Clear Cache Aplikasi Fingerprint


Salah satu alasan kenapa sensor sidik jari tidak merespon di hp android adalah terlalu menumpuknya cache pada aplikasi fingerprint. Sebenarnya fungsi aplikasi fingerprint menyimpan cache dari sidik jari kita adalah untuk mempercepat pemindaian ketika kita menempelkannya pada tombol Home.

Namun dengan menumpuknya file cache tersebut terkadang justru malah membuat kunci layar tidak merespon saat dibuka menggunakan sensor fingerprint. Maka dari itu kita perlu membersihkan file cache aplikasi fingerprint secara berkala dengan cara :

  • Masuk kedalam "Settings >> Application Manager >> All" 
  • Setelah itu pilih Fingerprints dan tap tombol "Clear Cache"

5. Hapus Data Fingerprint


Pada dasarnya cara ke 5 ini tidak jauh berbeda dengan cara di atas, namun hanya saja jika kita menghapus data fingerprint maka akan menghapus data sidik jari yang telah tersimpan di ponsel android yang kita miliki. Pada intinya, dengan menghapus data aplikasi fingerprint itu artinya kita harus mengaktifkan ulang sidik jari kita untuk membuka layar smartphone android yang terkunci.

Berikut cara menghapus data fingerprint yang tersimpan di perangkat android, diantaranya :

  • Pertama - tama masuk ke dalam "Settings >> Application Manager >> All"
  • Langkah berikutnya pilih Fingerprint dan tap tombol "Clear Data"

6. Menghapus Data Fingerprint Setelah di Root


Jika kita mengalami masalah dimana layar hp android tidak bisa dibuka karena fingerprint tidak berfungsi setelah kita melakukan root, maka langkah terbaik untuk mengatasi fingerprint error tersebut adalah dengan menghapus data menggunakan aplikasi Titanuim Backup.

Cara untuk mengatasi fingerprint hp android tidak berfungsi setelah di root adalah :

  • Pasang aplikasi tersebut kemudian berikan akses root
  • Selanjutnya buka aplikasi dan masuk ke tab "Backup / Restore >> Fingerprints"
  • Jika sudah ditemukan, pilih "Wipe Data" dan tekan "OK"

7. Lakukan Factory Reset


Jika dari semua cara di atas masih saja belum bisa membuka fingerprint yang terkunci maka langkah terakhir yang dapat kita lakukan adalah dengan melakukan factory reset. Namun kami beritahukan terlebih dahulu, sebelum kita melakukan factory reset alangkah lebih baiknya jika kita melakukan backup terlebih dahulu.

Hal ini dikarenakan factory reset akan menghapus semua data yang ada di dalam perangkat android yang kitab miliki tersebut.

baca juga :

8. Bawa ke Service Center


Membawa smartphone android ke service center merupakan langkah terakhir jika cara mengatasi fingerprint HP Samsung yang tidak berfungsi sudah kita lakukan semua namun tidak memberikan hasil seperti yang kita harapkan.

Dengan membawa hp android ke service center maka disana akan dilakukan pengecekan secara lebih detail baik itu secara software ataupun hardware.

Disclaimer !

Cara Mudah Mengakali Sensor Fingerprint HP Android (Gagal membuka layar karena pembacaan sensor terhadap sidik jari yang kurang peka, harap tidak diaplikasikan untuk hal yang tidak positif!)

  • Cairkan mold 3D printer atau bisa diganti dengan lilin. Selagi masih panas atau hangat, tempelkan jari teman - teman pada cairan mold tadi untuk membuat cetakan sidik jari
  • Setelah permukaan mold mengeras ( kira - kira 3 hingga 5 menit ), tempelkan plastisin pada cetakannya. Tekan dengan lembut agar tidak merusak permukaan cetakan
  • Kemudian silakan coba tempelkan plastisin yang telah terbentuk sensor sidik jari tadi ke smartphone teman - teman

Demikian pertemuan kita yang baru saja mengulas akan cara membuka samsung s7 yang terkunci sensor fingerprint. Selain dari cara di atas kita juga masuk layar hp android yang terkunci menggunakan beberapa aplikasi seperti Android Device Manager, Find My Mobile ataupun Android Debug Bridge (ADB). Semoga pertemuan kita kali ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih ..

Situs ini juga direkomendasikan di Channel Youtube. Open chat lewat Whatsapp !

Tips android menarik lainnya :

Powered by Blogger.