May 23, 2022

8 Cara Mengatasi HP Mode Headset Terus Setelah Cabut Headset




cara mengatasi hp dalam mode headset terus

HP Mode Headset - Pernah tidak kalian mengalami kejadian ketika sedang asik mendengarkan musik menggunakan headset lalu saat headset dilepas dari colokan jack audio HP, icon atau lambang headset tidak mau hilang ?

Efeknya :

HP tidak ada suara karena dikira HP masih dalam mode headset. Lantas bagaimana cara menghilangkan icon headset saat headset tidak terpasang di hp android yang kamu miliki itu ?

Pada pertemuan kali ini saya akan memberikan beberapa tips mudah untuk mengatasi hp mode headset terus tersebut sebelum kamu membawa perangkat android tersebut ke tempat service.

Selain gampang memperbaikinya, cara ini bisa diterapkan pada HP Xiaomi, Oppo, Vivo, Asus ataupun Samsung sekalipun agar dapat menghilangkan logo headset di bar notifikasi.


Penyebab HP Android Dalam Mode Headset Terus


Munculnya logo headphone yang secara terus menerus ini, tidak tanpa alasan. Namun ketika gambar headset tersebut tidak mau hilang, biasanya ini adalah tanda - tanda ic headset rusak.

Namun tidak menutup kemungkinan, penyebab icon headset yang tidak mau hilang tersebut juga disebabkan oleh beberapa hal berikut ini :

1. Tidak menggunakan headset asli bawaan ponsel

Headset atau earphone yang tidak original terkadang memiliki ukuran colokan jack yang berbeda dengan lubang yang ada di HP. Hal ini dapat mengakibatkan lubang colokan jack rusak sehingga logo headset akan muncul terus atau malah tidak bisa muncul.

2. Colokan jack headset lembab

Menggunakan headset dalam kondisi lembab dapat mengakibatkan port headset menjadi berkarat. Alhasil karat tersebut akan membuat HP mengira headset masih terpasang padahal sudah dicabut.

3. Sistem HP Error

Entah karena adanya bugs, virus atau penggunaan firmware yang tidak sesuai, terkadang hp tidak bisa mematikan fitur earphone secara otomatis setelah headset dilepas.

4. Penggunaan speaker aktif dalam volume tinggi

Selain karena headset, tidak sedikit pengguna android yang mengalami masalah tersebut setelah menghubungkan hp pada speaker aktif. Kebanyakan dari pengalaman mereka, ic headset mengalami kerusakan setelah menggunakan speaker aktif dengan volume tinggi.

baca juga : Cara Memperbaiki Video Yang Tidak Ada Suaranya.

Nah .. bagi kamu yang sedang mengalami masalah tersebut, simak langkah - langkah untuk menghilangkan icon headset yang muncul terus-menerus di bawah ini.

Cara Menghilangkan Logo Headset Yang Muncul Terus Pada HP Android


1. Cabut Pasang Colokan Headset

cara menghilangkan gambar headset di hp android

Saat speaker hp tidak ada suara setelah cabut headset, langkah mudah yang pertama kali harus kamu lakukan adalah dengan melepas lalu pasang headset di hp android secara berulang-ulang.

Cara ini selalu berhasil saya lakukan ketika logo headset yang tidak bisa hilang. Namun tidak asal cabut pasang ya gais, ada trik buat melakukannya.

Berikut trik yang saya gunakan :

  1. Pertama buka aplikasi pemutar musik dan dengarkan salah satu lagunya.
  2. Lalu lepas pasang headset dengan jeda yang agak lama sekitar 5 detik.
  3. Kemudian lepas pasang headset kembali dalam jeda yang cepat sekitar 1 detik secara berulang-ulang.
  4. Dan coba sambil memutar-mutar konektor headset saat melepas pasang di hp.

2. Restart HP

cara hilangkan tanda headset

Jika cara pertama belum bisa mengatasi masalah logo headset di hp kamu, cobalah untuk merestart hp android. Seperti yang saya katakan sebelumnya, bisa jadi ini karena masalah sistem hp yang error.

Untuk itu restart hp menjadi opsi yang cukup efektif dalam mengatasi masalah sistem yang error, termasuk lambang headset yang tidak bisa hilang meskipun sudah tidak terpasang.

Tapi saat kamu memulai ulang hp android kali ini ada sedikit perbedaan, yaitu gabungkan dengan cara pertama. Biar lebih gampang, langkah - langkahnya seperti ini :

  1. Pertama matikan hp android kamu dalam kondisi headset masih terpasang di port headsetnya.
  2. Lalu setelah hp mulai booting, cabut headset sambil memutar-mutar konektor headset.

3. Pasang Headset dan Sentil Pelan - Pelan

cara menghilangkan icon headset di hp

Sebenarnya cara ini sama dengan cara yang pertama namun perlu adanya pancingan, yakni dengan diberi sedikit sentuhan / disentil pelan-pelan saat memasukan headset pada lubang headset hp.

Dan ternyata cara ini pernah digunakan pengguna android lain dan sukses dalam mengatasi logo headset yang terus muncul di bar notifikasi layar hp.

Cara mengilangkan logo headset di bar notifikasi

4. Lakukan Panggilan Telepon Dengan Mode Loadspeaker


Saat ada gambar headset di layar hp tentu suara tidak akan bunyi dari speaker hp. Hal ini dikarenakan hp masih dalam mode headset.

Agar suara bisa keluar dari speaker hp, kamu perlu merubahnya terlebih dahulu ke mode loadspeaker. Berikut caranya :

  1. Pertama - tama lakukan panggilan telepon dan biarkan penerima telepon menerima panggilan telepon.
  2. Setelah tersambung masuk ke mode loadspeaker dengan mengetuk lambang speaker

Kemudian akhiri panggilan dan coba cek apakah bisa menghilangkan ikon headset di hp kamu. Jika masih belum berhasil, coba bersihkan lubang headsetnya.

baca juga : Solusi Suara Penelpon Tidak Dapat Didengar Penerima Telepon

5. Bersihkan Lubang Port Headset


Sebenarnya cara ini belum pernah saya lakukan sendiri, namun Nitangela salah satu member Komunitas HP Xiaomi Indonesia (Mi Community) berhasil mengatasi masalah pada hp xiaomi redmi note 2 yang tetap mode headphone walaupun headphone sudah dilepas.

Meskipun cara tersebut dia gunakan pada redmi note 2 namun menurut saya cara ini juga bisa digunakan pada xiaomi redmi 3, xiaomi 4a, xiaomi 5a, ataupun semua hp xiaomi dan android lainnya.

Sebab penyebab icon headset tidak hilang juga dapat dikarenakan port headset HP kotor.

Berikut cara Nitangela berhasil membuat icon headphone bisa hilang microphone dan speaker dapat kembali berfungsi :

  1. Pertama masukan cotton bud ke dalam lubang headphone lalu bersihkan sambil putar-putar cutton budnya
  2. Lakukan di tempat terang agar kamu bisa melihat ke dalam lubang headset dan tau bagian mana yang perlu dibersihkan
  3. Bersihkan sampai icon headset hilang

lihat juga : Cara Mengatasi Headset Tidak Terdeteksi Di HP Android.

Namun saat kamu memilih cotton bud, gunakan cotton bud yang kecil dan memiliki kualitas bagus. Jika tidak justru malah membuat kapas cutton bud tertinggal di lubang headset.

6. Matikan HP dan Lepas Baterai

cara mengatasi Logo Headphone muncul terus

Beruntung bagi kalian yang masih menggunakan hp android dengan baterai bisa dilepas (removable battery). Kenapa demikian :

Sebab saat HP dalam kerusakan ringan (sistem error), mematikan HP lalu melepas baterainya dipercaya lebih ampuh dibandingkan hanya dengan merestart hp nya saja. Misalnya saja : speaker hp tidak bunyi.

Jadi jika dengan opsi restart HP belum bisa menghilangkan mode headset, cara ini juga sering digunakan oleh para pengguna android lainnya. Langkah - langkahnya cukup dengan :

  1. Matikan HP dan tunggu sampai HP benar-benar dalam kondisi mati.
  2. Setelah itu cabut baterai hp, bila perlu lepas juga kartu sim dan kartu memori.
  3. Biarkan semuanya terlepas sekitar 10 - 20 detik
  4. Setelah itu pasang semuanya kembali dan nyalakan hp android kamu.

7. Reset HP

cara menghilangkan tanda earphone pada hp ketika sudah dicabut

Jika dengan restart dan melepas baterai hp belum bisa mematikan fitur earphone di layar hp, maka factory reset bisa kalian jadikan pertimbangan.

Dengan reset hp tentu akan mengembalikan sistem menjadi seperti baru lagi. Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi akan adanya virus ataupun kesalahan pengaturan headset di hp android.

Namun sebelum kamu mencoba mereset hp andoid backup semua data yang ada didalam perangkat tersebut terlebih dahulu. Terutama file yang ada tersimpan di memori internal.

Cara reset hp android ke pengaturan pabrik ada di bawah ini :

  1. Masuk ke menu Setelan HP Android
  2. Setelah itu cari menu Cadangkan Dan Setel Ulang
  3. Lalu ketuk tombol Kembalikan Ke Setelan Pabrik
  4. Tunggu sampai hp android berhasil di reset
  5. Setelah hp hidup kembali silakan cek kembali logo headsetnya.

8. Gunakan Aplikasi Headset Toggle

cara menggunakan aplikasi headset toggle

Jika dari semua cara di atas tidak bisa mengatasi mode headset tidak mau hilang padahal sudah dicabut dari HP maka besar kemungkinan masalah tidak ada suara karena icon headset tersebut dikarenakan ic headset yang rusak.

Dan cara memperbaiki ic headset yang rusak tersebut adalah dengan mengganti ic yang baru.

Namun jika kamu belum ingin mengganti ic headset tersebut, aplikasi headset toggle bisa menjadi alternatif lainnya. Dibandingkan harus mengeluarkan biaya service speaker hp android yang kamu miliki.

Aplikasi Toggle Headset ini berfungsi sebagai aplikasi yang dapat mematikan mode headset ke mode speaker normal. Intinya saat kamu menekan tombol toggle headset mute, suara akan keluar pada pengeras suara dan headset akan bisu.

Cara menggunakan aplikasi headset toggle inipun sangat mudah, hanya dengan :

  1. Mengunduh Aplikasi Toggle Headset di google playstore
  2. Lalu pasang di hp android kamu
  3. Setelah itu buka aplikasinya
  4. Kemudian tekan gambar speaker untuk mematikan mode headset dan tekan tombol earphone untuk mengaktifkan kembali.

Namun aplikasi ini juga memiliki beberapa kekurangan, seperti :

  • Icon headset tidak hilang meskipun suara keluar dari speaker hp.
  • Saat melakukan panggilan telepon masuk / keluar harus menggunakan mode loadspeaker, jika tidak ingin di loadspeaker tetap menggunakan headset kembali.
  • Batas penggunaan aplikasi ini hanya sampai 100 kali. Setelah itu iklan dari aplikasi akan muncul.

Meskipun demikian aplikasi ini cukup efektif dalam mengatasi hp tidak keluar suara karena mode headset apabila kamu belum memiliki dana untuk biaya ganti ic headsetnya.

aplikasi mode headset apk

Dan ternyata aplikasi headset toggle ini juga banyak disarankan di berbagai Forum HP Android jika ada yang mengalami masalah tersebut.

Akhir Kata ..

Sekarang saatnya kamu mencoba, langkah mana yang akan kalian gunakan terlebih dahulu ? Apakah menggunakan aplikasi Headset Toggle ?

.. atau hanya dengan cabut pasang headset di HP kamu tersebut ?

Apapun itu, semua cara di atas cukup efektif untuk menghilangkan icon headset saat headset tidak terpasang di hp android. Sebab sebagian besar cara di atas berdasarkan pengalaman dari para member forum android.

Sekian dan terima kasih.

Situs ini juga direkomendasikan di Channel Youtube. Open chat lewat Whatsapp !

Tips android menarik lainnya :

Powered by Blogger.