May 07, 2022

Cara Menghapus File Lainnya Di HP OPPO




File Lainnya - Bagaimana cara menghapus file lainnya di oppo smartphone ? Banyak pengguna HP OPPO yang mengeluhkan ruang penyimpanan cepat penuh padahal sebenarnya kapasitas memori internal masih kosong.

Beberapa cara seperti hapus file foto, video dan aplikasi sudah dilakukan namun tetap saja notifikasi memori penuh di hp oppo tidak mau hilang. Anehnya, jika masuk ke pengaturan penyimpanan oppo pada bagian "file lainnya" tidak berkurang meskipun kita sudah hal tersebut.

Lantas bagaimana cara menghapus file lainnya di memori internal hp oppo tersebut ? Dan apa penyebab file lainnya bertambah ?

Sebab lewat pengaturan penyimpanan kita tidak bisa langsung menghilangkan file lainnya dari memori internal hp oppo.

Oleh karena itu pada pertemuan kali ini Smartphone Solution akan memberikan cara menghapus penyimpanan lainnya di oppo yang kalian miliki.


3 Cara Menghapus File Lainnya Pada Memori Penyimpanan Internal HP OPPO

cara menghapus file lainnya pada memori penyimpanan internal hp oppo

Apa Itu "File Lainnya" Di HP OPPO


File Lainnya adalah kumpulan dari berbagai file local backup dan aplikasi yang disimpan oleh sistem hp android, terutama file game yang paling banyak disimpan.

Biasanya saat kamu menghapus gambar ataupun aplikasi, file duplikat masih tersimpan di memori internal.

Kamu bisa menemukan file lainnya tersebut dengan masuk ke pengaturan > Penyimpanan. Disana kamu dapat melihat beberapa data seperti :
  • Memori aplikasi dan data
  • Gambar dan video
  • Audio
  • Data dalam cache
  • dan "File Lainnya"

Penyebab File Lainnya Bertambah


Sedikit sekali pengguna android yang mau untuk membersihkan file sampah di hp mereka. Tak heran jika memori hp oppo penuh meskipun data aplikasi sudah di hapus.

Jadi meskipun kamu sudah menghapus semua aplikasi agar memori hp oppo tidak penuh seperti hp baru, file lainnya tetap masih bisa bertambah apabila kamu tidak menghapus penyimpanan sistem.

Maka dari itu di bawah ini akan saya berikan 3 cara bersihkan file lainnya di memori hp oppo tersebut.

Dan cara ini bisa kamu terapkan di semua hp oppo seperti a3s, a37, a5s, a71, a83 dan tipe lainnya

1. Bersihkan File Tidak Digunakan Menggunakan Manager Telepon


Untuk membersihkan sampah di oppo kamu bisa menggunakan aplikasi bawaan ponsel, yakni dengan menggunakan aplikasi Manager Telepon.

Selain dapat menghapus data, aplikasi ini bisa membantu kamu untuk mengosongkan lebih banyak ruang penyimpanan dengan cara menghapus file - file besar yang sudah tidak digunakan.

Berikut langkah menghapus file yang tidak diperlukan seperti, Foto, Audio, Video, Dokumen menggunakan Manager Telepon :

  1. Pertama masuk ke Aplikasi Manager Telepon
  2. Setelah itu pilih file yang sudah tidak diperlukan (misal : file video)
  3. Kemudian bersihkan menurut sumber video > pilih Perekam Layar Sistem
  4. Lalu pilih file video yang akan kamu hapus > tekan Hapus

Selain itu kamu juga bisa menghapus file APK yang sudah terpakai pada pilihan menu berkas rupa-rupa.

baca juga : Cara Mengatasi Memori Penuh Di HP OPPO

2. Hapus File Lainnya Menggunakan Aplikasi ES Eksplorer


Aplikasi ES Eksplorer ini berbeda dengan File Manager bawaan perangkat hp oppo. Kamu bisa menghapus file lainnya yang tersimpan oleh penyimpanan sistem.

File lainnya yang tersimpan biasanya berisikan berbagai file hasil pengunduhan lewat browser hp, file data aplikasi whatsapp ataupun game dan juga file dari ColorOS.

Dan untuk menghapus file lainnya tersebut, caranya :

  1. Pertama kamu harus unduh dan pasang Aplikasi File ES Ekspolorer terlebih dahulu.
  2. Setelah itu masuk ke aplikasi tersebut.
  3. Kemudian akan terlihat 2 penyimpanan apabila kamu menggunakan 2 memori (eksternal dan internal), disini saya hanya menggunakan penyimpanan telepon saja > Pilih bagian memori internal.
  4. Pada bagian Penganalisa Ruang > pilih Analisis. Secara otomatis ES Explorer akan men-scan semua memori yang ada.
  5. Setelah selesai memindai, akan muncul tampilan baru mengenai diagram penggunaan memori > scroll ke bawah > lalu klik bagian Semua File.  Disana akan terlihat file apa saja yang membuat memori internal penuh.
  6. Kemudian pilih file yang akan kamu hapus.

Berdasarkan pengalaman, folder yang memiliki banyak file besar itu biasanya terdapat pada folder donload dan juga folder whatsapp.

3. Hapus Semua File Lainnya Lewat Factory Reset


Dan cara terakhir untuk menghapus file lainnya di hp oppo adalah dengan melalui factory reset.

Dengan reset kembali ke pengaturan pabrik maka kamu dapat menghapus semua data yang ada di HP OPPO, termasuk file lainnya. Dengan begitu HP OPPO kamu akan seperti hp baru yang memiliki kapasitas memori internal tidak penuh lagi.

Dan untuk melakukan factory reset, cukup dengan masuk ke pengaturan > pengaturan tambahan > buat cadangan dan reset > kembalikan ke pengaturan pabrik.

Namun sebelumnya, kamu nonaktifkan terlebih dahulu pada bagian cadangkan data dan pemulihan otomatis. Dengan tujuan semua file data bersih terhapus seperti hp baru lagi.

Namun jika kamu tidak ingin menghapus semua data aplikasi, kamu bisa melegakan penyimpanan memori internal dengan memindahkan file hp ke flashdisk menggunakan OTG di HP OPPO.

Kesimpulan

Jadi file lainnya adalah file yang menyimpan semua data baik itu file foto, video, donload dari semua aplikasi di hp oppo namun tidak tertampil di penyimpanan sistem android.

Jadi selama kamu tidak menghapus secara manual, file yang ada pada bagian file lainnya tersebut tidak akan hilang.

Sekarang giliran kamu .. langkah mana yang akan kamu gunakan ? Kalau saya lebih suka menggunakan aplikasi hapus file lainnya di memori penyimpanan internal, yakni ES File Eksplorer.

Namun jika kamu memiliki beberapa pertanyaan, silakan tulis pada kolom komentar.

Sekian dan terima kasih.

Situs ini juga direkomendasikan di Channel Youtube. Open chat lewat Whatsapp !

Tips android menarik lainnya :

Powered by Blogger.