October 03, 2016

Cara Memperbaiki Baterai Android Di Cas / Charge Tidak Bisa Penuh




Baterai android - Pernahkah anda mengalami situasi dimana ketika anda sedang mengecas hp android anda namun baterai android tidak bisa penuh ? Kejadian ketika kita sudah mengisi daya baterai hp (mengecas / charge) sudah hampir seharian penuh akan tetapi baterai ponsel android kita tidak bisa full, lalu bagaimana cara mengatasi baterai hp yang tidak bisa penuh ? Jika masalah tersebut dibiarkan saja tentu akan mempengaruhi aktifitas kita sehari - hari karena selama seharian tentu kita tidak akan jauh dari smartphone android kita, sudah pasti jika handphone digunakan secara terus menerus pasti daya baterai akan melemah.

Faktor yang mempengaruhi baterai android tidak penuh penuh saat di cas sebenarnya terdapat banyak hal. Akan tetapi sering kali kita hanya berpikir kenapa baterai hp android tidak bisa full saat dicharge itu karena dari baterai ponsel tersebut, sehingga tanpa pikir panjang kita langsung menggantinya dengan yang baru namun setelah diganti hasilnya masih sama saja. Lalu sebenarnya apa saja yang penyebab batre hp android tidak bisa full dan bagaimana cara memperbaiki hp dicas tidak bisa penuh.


Anda tidak perlu untuk putus asa dan langsung membawa hp anda menuju ke tukang service karena bukan hanya anda yang mengalami masalah hp dicharge tidak bisa full, akan tetapi masih banyak orang diluar sana bahkan tidak hanya baterai tidak bisa penuh namun sudah di cas berjam - jam mengisi daya bukannya menjadi penuh tapi baterai hp android dicas malah menjadi berkurang. Oleh karena itu tetap ikuti tips menghemat baterai android kami kali ini agar dapat memperbaiki baterai hp android anda sendiri.





Cara Memperbaiki Baterai Android Di Cas / Charge Tidak Bisa Penuh


Hp android dicas tidak penuh penuh


1. Pemasangan charger yang kurang tepat


Ketika anda ingin mengisi daya ponsel, alangkah lebihnya jika anda pastikan ujung charger telah terpasang dengan sempurna pada usb port handphone android. Sering kali orang baru menyadari setelah berjam-jam diisi ternyata baterai ponsel masih kosong dikarenakan pemasangan yang belum tepat namun langsung ditinggal tanpa memeriksa terlebih dahulu apakah baterai hp android sudah terisi secara benar atau belum.

Apabila baterai ponsel masih tidak terisi meskipun charger telah terpasang sempurna, terdapat kemungkinan jika usb port hp android anda mengalami masalah. Penyebab masalah pada port usb handphone anda, yaitu :
  • Port longgar
  • Karatan
  • Karena kemasukan air atau kotoran-kotoran berukuran kecil.

2. Rusak pada kabel charger


Kabel data atau kabel charger rusak merupakan salah satu penyebab utama mengapa baterai ponsel tetap tidak terisi saat di-charge berjam-jam. Faktor yang menyebabkan kerusakan kabel charger dikarenakan cara penyimpanan yang salah seperti dipelintir atau dilipat dapat merusak komponen yang ada di bagian dalam charger. Apabila bagian dalam kabel charger rusak sudah tentu arus listrik yang melewati kabel menuju smarphone akan terganggu, maka dari itu gulung kabel dengan rapi agar tidak terjadi kerusakan.

3. Kepala charger yang rusak


Pada bagian dalam kepala charger terdapat adaptor yang memiliki fungsi mengatur arus yang akan masuk ke batre ponsel. Jika adaptor ini mengalami kerusakan maka charger pun tidak dapat disunakan untuk meng-charge.

4. Mengisi Baterai Menggunakan Laptop


Arus yang dihasilkan oleh soket listrik lebih besar ketimbang laptop sehingga baterai ponsel dapat lebih cepat terisi. Oleh karena itu mengisi baterai dengan mencoloknya ke laptop tentu akan berbeda dengan kita mencoloknya langsung pada soket listrik.

5. Umur pakai dari baterai android sudah terlalu lama


Seperti yang kita tahu bahwa baterai smartphone memiliki umurnya sendiri, semakin lama dipakai maka kualitas baterai tersebut akan menurun. Apabila kita sudah melakukan pengecheckan seperti yang ditulis diatas, namun baterai ponsel tetap tidak bisa diisi maka bisa jadi yang bermasalah dari baterai ponsel itu sendiri. Oleh karena itu segera anda mengganti baterai tersebut dengan yang baru sebelum dapat mempengaruhi kerusakan komponen lainnya.

artikel menarik lainnya :
Cara Menemukan Lokasi Hp Android Yang Hilang
Cara Mengatasi Aplikasi Terinstal Sendiri Di Hp Android Tanpa Flashing

Demikian pertemuan kita kali ini setelah mengulas lebih dalam penyebab dan solusi hp android dicas / dicharge tidak bisa full, semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Terima kasih ..

Situs ini juga direkomendasikan di Channel Youtube. Open chat lewat Whatsapp !

Tips android menarik lainnya :

Powered by Blogger.