May 17, 2022

(UPDATE) Cara Mengatasi Nada Notifikasi Yang Hilang Di Hp Android




Notifikasi HP Tidak Bunyi - Bagaimana cara mengatasi nada dering hp android yang hilang ketika ada notifikasi masuk ? Tentu masalah seperti notifikasi masuk tapi tidak ada suara tersebut sudah sering dialami para pengguna ponsel android. 

Dan tidak jarang yang tidak mengetahui adanya pesan baru ataupun panggilan telepon masuk tersebut karena hp android tiba - tiba tidak ada suara.

Lantas apa penyebab nada dering telepon yang tidak bunyi di perangkat android kita tersebut ?

Sebenarnya banyak sekali yang menjadi alasan kenapa nada dering hp tidak berbunyi, mulai dari bugs pada update sistem terbaru sampai suara speaker hp yang mengecil.

Oleh karena itu pada pertemuan kali ini Smartphone Solution akan mencoba memberikan 3 cara mengembalikan nada dering bawaan hp yang hilang.

Dan cara membuat notifikasi di ponsel kembali terdengar kali ini dapat kalian gunakan pada semua tipe hp android seperti samsung, vivo, oppo, xiaomi ataupun hp cina sekalipun.

Cara Membuat Nada Dering Notifikasi HP Android Muncul Kembali

cara mengembalikan nada dering bawaan hp yang hilang

Apabila kita sedang mengalami masalah seperti nada notifikasi whatsapp, sms, ataupun telepon tidak berbunyi ada hal yang perlu untuk kita cermati terlebih dahulu. 

Hal ini dikarenakan hp android yang tidak bunyi tersebut terbagi menjadi 3 kategori, yaitu :

  1. Nada notifikasi tidak bunyi hanya pada beberapa aplikasi saja, misalnya pemberitahuan aplikasi shopee bunyi namun whatsapp tidak bunyi
  2. Nada notifikasi tidak bunyi di semua aplikasi, misalnya saat ada panggilan telepon, sms baru masuk ataupun pemberitahuan dari aplikasi wa, facebook ataupun instgram semuanya tidak ada suara.
  3. Dan yang terakhir adalah nada dering baru muncul setelah notifikasi terbaru masuk ke perangkat android.

Jika kamu mengalami salah satu dari masalah tersebut, mari kita selesaikan menggunakan langkah - langkah di bawah ini.

1. HP Tidak Ada Suara Notifikasi Hanya Pada Beberapa Aplikasi


Jika masalah yang kamu alami adalah tidak muncul suara atau pemberitahuan ketika adanya chat masuk pada aplikasi tertentu seperti whatsapp, facebook, instagram ataupun aplikasi bawaan hp maka kalian dapat memeriksanya pada pengaturan aplikasi tersebut.

cara mengatasi nada sms tidak bunyi

Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa kamu sudah mengaktifkan suara ketika ada suatu pemberitahuan yang masuk, untuk menyeting pengaturan aplikasi tersebut kamu dapat melakukan dengan cara membuka aplikasi yang dimaksud kemudian buka Setting lalu pilih Notifications.

Misalnya saja seperti ini,

Cara Mengembalikan Nada Dering Whatsapp Yang Hilang Pada HP Android


  • Langkah pertama kita buka terlebih dahulu aplikasi whatsapp di hp xiaomi
  • Setelah itu klik tombol titik 3 di pojok kanan atas >> pilih menu Setelan
  • Lalu di halaman pengaturan atau setelan, kita pilih Menu Notifikasi
  • Langkah terakhir tinggal kita pastikan Nada Percakapan dalam keadaan aktif, kemudian pada Opsi Nada getar dan juga nada notifikasi untuk pemberitahuan pesan dan notifikasi grup pada pengaturan yang benar

atau kamu bisa membaca secara lengkap pada postingan kami sebelumnya yang membahas masalah notifikasi whatsapp tidak bunyi tersebut.

2. Nada Dering Telepon Telepon Tidak Bunyi Di Semua Notifikasi Aplikasi


Namun apabila yang terjadi semua aplikasi tidak dapat memberikan pemberitahuan atau nada pemberitahuan tidak ada suara maka anda perlu untuk memeriksa pada pengaturan notikasi bawaan. 

Jika anda sudah memastikan mulai dari jenis suara, volume suara, hingga mode diam dan bergetar dalam kondisi aktif namun nada hp android tidak berbunyi maka langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah dengan mematikan ulang ponsel android atau sering kita kenal dengan istilah reboot hp android.

Namun sebelum melakukan reset semua pengaturan, coba non aktifkan pengaturan "Turn Off All Sound" di bagian Accessibility HP Android.

atau kamu bisa ikuti langkah - langkah di bawah ini,

Cara Mengatasi HP Samsung Yang Tidak Berdering Saat Ada Panggilan Telepon Masuk


  • Langkah pertama usap panel layar ponsel dari atas ke bawah lalu masuk ke menu pengaturan (sebelah pojok kanan atas)
    cara mengatasi nada dering telepon tidak bunyi
  • Cari dan pilih menu Accessibility
    nada dering bawaan hp hilang
  • Klik Hearing
    nada dering hp tidak berbunyi
  • Lalu hilangkan tanda centang pada bagian "Turn Off All Sound"
    cara mengembalikan notifikasi yang hilang

baca juga : 8 Cara Mengatasi Speaker HP Android Mendadak Tidak Ada Suara

3. Notifikasi HP Android Tidak Berbunyi atau Telat Tidak Merespon

Jika kasus yang terjadi adalah notifikasi ponsel android telat dan lambat maka langkah untuk memperbaikinya dengan mengunduh aplikasi dar playstore android yang bernama Push Notifications Fixer. 
Aplikasi ini dapat digunakan untuk memperbaiki nada notifikasi hp android yang tidak merespon, selain itu aplikasi Push Notifications Fixer juga dapat digunakan untuk mengatur berbagai jenis nada dering untuk notifikasi Android. 

lihat juga : 

Demikian pertemuan kita kali ini yang baru saja membahas mengenai cara mengembalikan nada dering notifikasi yang hilang di hp android.

Semoga tips dari kami kali ini dapat membantu anda yang sedang mengalami masalah seperti diatas, sekian dan terima kasih.

Situs ini juga direkomendasikan di Channel Youtube. Open chat lewat Whatsapp !

Tips android menarik lainnya :

Powered by Blogger.