June 12, 2019

Baterai Xiaomi Tidak Bisa Full 100% Tidak Cukup Hanya Dengan Mengganti Baterai Saja




Baterai tidak mau 100% - Pernahkah anda mengalami masalah dimana baterai hp xiaomi tidak bisa full padahal sudah di charge lama ? Perlu untuk kita ketahui sebenarnya masalah seperti baterai smartphone android tidak bisa terisi penuh saat sedang mengisi daya tidak hanya terjadi pada hp xiaomi saja, melainkan juga terjadi pada ponsel android lainnya seperti Asus, Lenovo, Oppo Smartphone dan juga Samsung.

Namun pada postingan kali ini, kami akan mencoba mengulas tentang cara dan penyebab baterai hp tidak bisa 100% pada perangkat Xiaomi tersebut. Jadi bagi kalian yang baru saja juga merasakan baterai hp xiaomi hanya mentok di 98 % atau 99% setelah update miui 9.0.5.0, mari langsung saja kita simkak ulasan di bawah ini.

Cara Mengatasi Baterai HP Xiaomi Yang Tidak Bisa Penuh

cara memperbaiki baterai hp xiaomi tidak bisa full 100%

Pada dasarnya jika ingin mengetahui cara mengatasi baterai hp android tidak bisa full 100% ketika sedang di cas, kita harus mengetahui penyebab kenapa hp android tersebut tidak mau terisi penuh saat di charge terlebih dahulu.

Hal ini dikarenakan untuk memperbaiki hp dicas tapi tidak mengisi kita harus mengetahui sumber penyebabnya terlebih dahulu agar tidak salah langkah nantinya. Lantas bagaimana cara mengatasi hp xiaomi dicas lama penuh dan tidak bisa full 100 % tersebut ?

Penyebab Baterai Xiaomi Tidak Bisa Terisi Penuh


Jika kita membawa hp xiaomi yang baterai stuck di 98% saja meskipun sudah di cas lama ke tempat service tentu kita akan disarankan untuk mengganti baterai, konektor charger bahkan mungkin malah ganti ic charging baru.

Padahal belum tentu masalah baterai mentok di 99 % tersebut karena kerusakan hardware pada perangkat xiaomi yang kita miliki. Maka dari itu saat baterai tidak bisa 100 %, coba periksa beberapa hal sebagai berikut :


Charger dan Kabel

Wajib hukumnya bagi kita pengguna sebuah ponsel android yang sedang mengalami masalah saat pengisian daya baterai smartphone yang kita miliki. Pastikan apakah terdapat kabel yang putus ataupun colokan yang sudah goyang karena hal tersebut akan membuat hp dicas tapi tidak mengisi.

Baterai HP Xiaomi

Sebagai orang awam tentu kita akan mengalami kesulitan apabila memeriksa kondisi baterai hp xiaomi. Diperlukan alat ukur seperti multimeter agar kita mengetahui tegangan dari baterai xiaomi tersebut.

Namun selama kondisi baterai hp tidak melembung dan umur pakai baterai belum ada 2 tahun, kemungkinan kecil masalah tidak bisa 100 % saat dicas tersebut bukan dari kerusakan baterai hp xiaomi.

Konektor Charger

Selanjutnya coba kita pastikan ketika hp xiaomi dicas tapi tidak bisa penuh 100% adalah dengan memastikan konektor charger. Sebab sering kali indikator pengisian daya baterai hanya mencapai 40% saja dan selanjutkan tidak mau bertambah lagi padahal pengisian daya baterai hp masih berlangsung.

Jika memang dirasa konektor charger sudah mulai longgar sehingga saat hp di charger tapi tidak mengisi daya maka memperbaiki port charger hp adalah cara selanjutnya yang perlu kita lakukan.

Software

Terkadang software dari smartphone android itu sendiri yang justru menjadi sumber permasalahannya.

Beberapa kasus hp xiaomi di cas lama namun indikator pengisian daya baterai selalu pada 40%, 50% atau 80% saja dan tidak bisa bertambah lagi tersebut banyak terjadi pada pengguna note 4 baik itu xiaomi redmi ataupun 4x.

Seperti yang baru saja kami alami, hp xiaomi redmi note 4 baterai hanya stuck di 97 % setelah di update ke versi miui 9.0.5.0
baterai xiaomi tidak bisa full

Cara Memperbaiki HP Xiaomi Yang Di Cas Lama Hanya Stuck di 98 %


Pada kesempatan kali ini kami Smartphone Solution akan mencoba memberikan informasi mengenai cara service sendiri hp xiaomi yang tidak bisa full kalau dicas tersebut.

Meskipun cukup sederhana namun cara memperbaiki hp xiaomi yang di charge baterai tidak bisa terisi penuh ini dapat kita gunakan pada tipe Xiaomi Redmi 4 Prime, Xiaomi Redmi 4, Xiaomi redmi 4x, Xiaomi Redmi 4a, Xiaomi Redmi Note 4, Xiaomi Redmi Note 4x, dan juga Xiaomi Redmi Note 3 Pro.

Berikut beberapa langkah yang perlu untuk kita coba saat hp xiaomi di charge tidak bisa full 100 %, diantaranya :

1. Lakukan Pengisian Daya Dalam Kondisi Baterai Mati

Jika dalam kondisi hp xiaomi hidup di cas tidak bisa bertambah, cobalah untuk mengisi daya saat hp tersebut dalam kondisi mati. Kondisi mati disini adalah hp xiaomi yang sengaja kita matikan, bukan karena mati setelah baterai habis alias 0 %.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi baterai hp xiaomi tidak bisa full karena beberapa aplikasi yang masih berjalan dalam kondisi layar terkunci.

2. Pindah Lokasi Pengisian Daya

Jika kamu merasa baterai hp xiaomi sangat lama penuh saat sedang di cas, cobalah untuk berpindah stop kontak pengisian daya tersebut.

Alangkah lebih baiknya jika mengisi daya pada stop kontak yang tidak terlalu banyak hambatan, misalnya saja stop kontak yang langsung pada tembok.

3. Lepas Lalu Hubungkan Kembali Charger

Banyak pengguna hp xiaomi note 4 yang ternyata berhasil membuat indikator baterai bertambah menjadi 100 %. Yakni dengan cara melepas colokan charger selama 2 - 3 menit kemudian hubungkan kembali proses pengisian daya tersebut.

Baterai yang tadinya hanya mentok di angka 97 sampai 99 % saja bisa menjadi 100 % setelah menggunakan cara tersebut.

Namun jika hal ini terus menerus kita lakukan yang dikhawatirkan malah membuat performa baterai menjadi berkurang, efeknya dalam jangka lama bisa mengakibatkan hp dicas tapi tidak mengisi.

4. Kalibrasi Baterai HP Xiaomi


Kalibrasi baterai hp android ini berfungsi untuk memperbaiki pembacaan kapasitas daya baterai agar baterai hp xiaomi dapat normal kembali.

Jadi sebelum kita membahas lebih jauh mengenai hp tidak bisa di charge dalam keadaan hidup ini, ada hal yang perlu untuk kita ketahui terlebih dahulu. Sering kali jika kita mengalami masalah dimana baterai tidak mau 100% padahal sudah di charge / di cas berjam - jam, kita akan disarankan untuk mengganti baterai lama dengan yang baru ketika tempat service menjadi jalan perbaikan smartphone yang kita miliki tersebut.

Padahal tidak semua masalah pada baterai hp android dapat teratasi hanya dengan mengganti baterai yang rusak saja. Maka dari itu jika masalah yang kita hadapi memang seperti di atas, kalibrasi baterai hp xiaomi adalah hal yang perlu untuk kita lakukan.

Untuk mempersingkat waktu, mari langsung saja kita simak ulasan selengkapnya mengenai cara mengatasi baterai hp xiaomi yang tidak bisa full 100% dengan langkah kalibrasi baterai hp xiaomi, sebagai berikut :

Cara Kalibrasi Baterai HP Xiaomi Yang Tidak Bisa Penuh Saat Di Charge

  1. Langkah pertama yang perlu untuk kita lakukan adalah dengan menyalakan smartphone Xiaomi yang kita miliki terlebih dahulu
  2. Setelah itu hubungkan pengisi daya / charger hp untuk mengecas atau mengisi daya baterai hingga mencapai 100%. Dalam kondisi seperti ini kita dapat menyalakan airplane mode atau mematikan paket data smartphone Xiaomi supaya daya baterai dapat terisi dengan cepat
  3. Jika baterai telah terisi penuh mencapai 100% maka matikan kembali smartphone Xiaomi miliki kita tersebut
  4. Dalam keadaan hp sedang mati, kita lakukan kembali mengecas HP Xiaomi kembali hingga daya baterai terisi penuh 100%
  5. Langkah berikutnya adalah dengan menghidupkan kembali ponsel Xiaomi dan gunakan untuk aktivitas seperti biasanya misal  bermain game, browsing, SMS, telepon, menonton video, dan masih banyak lagi hingga daya baterai habis yang ditunjukkan dengan persentase 0%. Biasanya ponsel android akan secara otomatis mati sendiri
  6. Kemudia setelah HP Xiaomi benar - benar sudah mati karena kehabisan baterai maka diamkan sejenak selama kurang lebih hingga 15 menit
  7. Setelah 15 menit berlalu maka kita dapat mengecas atau mengisi daya baterai smartphone Xiaomi dalam keadaan mati hingga penuh mencapai 100%. Jangan lupa untuk memastikan kabel cas tercabut ketika daya baterai smartphone Xiaomi sudah mencapai 100%
  8. Terakhir, lakukan kalibrasi baterai hp xiaomi seperti di atas hingga 3 kali agar hasilnya lebih maksimal

Kesimpulan

Jadi jika dengan semua cara di atas belum bisa membuat baterai hp xiaomi yang kita miliki bisa full 100 % saat pengisian daya, alangkah lebih baiknya kita menunggu sampai update MIUI 9 versi 9.0.7.0 terbaru diluncurkan kembali.

Hal ini dikarenakan masalah baterai mentok di persentase tertentu ini terjadi setelah kita memperbarui versi hp xiaomi pada versi miui 9.0.5.0. Bisa jadi pada versi tersebut memang terdapat bugs yang mengakibatkan masalah mengisi baterai hp tidak bisa sampai penuh.

baca juga : Cara Menghidupkan HP Xiaomi Yang Mati Total


Demikian pertemuan kita kali ini yang baru saja mengulas tentang cara memperbaiki hp xiaomi yang dicas tapi tidak bisa full 100%. Semoga pertemuan kita kali ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih ..



Situs ini juga direkomendasikan di Channel Youtube. Open chat lewat Whatsapp !

Tips android menarik lainnya :

Powered by Blogger.