June 07, 2019

Cara Memperbaiki Port Charger HP Xiaomi Yang Rusak [TERLENGKAP]




Konektor HP Xiaomi Rusak - Hampir semua pengguna android tentu pernah mengalami masalah dimana saat hp dicas charger sudah masuk tapi tidak mengisi. Lubang konektor hp, charger, dan kabel cas menjadi sorotan utama ketika hp dicas tapi tidak mengisi tersebut.

Dan kali ini kalian sangat beruntung karena semua hal tentang port charger akan kami kupas lengkap disini. Untuk itu mari langsung saja kita simak ulasan mengenai cara memperbaiki hp di cas tidak masuk sebelum mengganti port usb di bawah ini.

Cara Mengatasi Charger Masuk Tapi Tidak Mengisi

cara memperbaiki konektor hp xiaomi

Banyak faktor yang menjadi penyebab hp xiaomi dicas tidak mengisi, misalnya saja seperti lubang charger hp yang kendor ataupun konektor hp longgar. Sebenarnya untuk melakukan perbaikan colokan charger xiaomi yang tidak berfungsi tersebut kita tidak harus langsung membawanya ke service center terdekat. Hal ini dikarenakan pengecekan awal mudah untuk kita lakukan sendiri.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami Smartphone Solution akan mencoba memberikan beberapa tips ketika masalah baterai xiaomi di cas tidak mengisi sedang kita alami saaat ini. Namun kali ini kita akan lebih fokus pada penanganan lubang konektor charger ponsel yang rusak.

Penyebab Konektor Charger HP Rusak


Penyebab konektor hp xiaomi tidak bisa dicharge memang tidaklah sedikit, mulai dari kerusakan pada charger (kabel ataupun adaptornya) / kondisi baterai yang sudah ngedrop hingga IC charger yang rusak.

Penyebab HP Tidak Bisa Mengisi Daya Berdasarkan Cara Kerja Charging Smartphone

Dalam proses charging, kenapa hp xiaomi tidak bisa di charge dapat kita lihat berdasarkan sistem kerjanya dibawah ini :

  • Saat proses charging, pengisian daya dari charger masuk melalui resistor fuse, hal ini berrungsi sebagai sekring pengaman apabila terjadi arus yang masuk ke IC charging berlebih
  • Setelah itu dari fuse arus menuju coil spul yang berfungsi untuk menghubungkan menuju resistor. Resistor berfungsi sebagai penghambat agar arus yang lewat padanya dapat menyesuaikan.
  • Kemudian charging sense yang berada di dalam IC Charger akan mengontrol data IC Power Supply. Hal ini bertujuan apabila terjadi ketidak sesuaian dengan kinerja IC charging, maka IC power akan memutuskan pengisian ulang dengan mengirimkan data ke IC CPU bahwa pengisian gagal.
  • Jika terjadi proses seperti diatas maka akan muncul notifikasi "not charging" atau hp tidak mengisi
  • Dari sistem kerja serta fungsi yang dapat dilihat oleh konektor charger atau konektor charging usb adalah pengisian daya serta arus yang berjalan bagi daya untuk memasuki ruang elektronika pcb handphone itu sendiri
  • Oleh karena itu jika terdapat daya yang tidak stabil atau salah satu komponen mendapatkan daya yang tidak stabil ( Konslet / Short ) maka Konektor Charger tidak dapat berfungsi juga

Untuk itu sebelum kita mencoba untuk mengatasi hp xiaomi dicas tidak mengisi karena lubang charger hp yang longgar, coba lakukan pengecekan terhadap konektor penerima arus listrik seperti dibawah ini :

1. Port Karatan
  • Lakukan pengecekan terhadap kotoran yang menempel atau sudah adanya karat pada port charger ponsel android yang kita miliki. Hal ini dikarenakan karat sudah parah akan mengganggu arus listrik yang masuk.

2. Kemasukan Air
  • HP tidak bisa di cas setelah kena air menjadi salah satu penyebab konektor charger hp xiaomi rusak, selain karatan dan adanya kotoran yang menempel.

3. Lubang Port Charger Longgar
  • Perlu untuk kita ketahui bahwa lubang cas hp android kendor bisa terjadi oleh beberapa sebab, misalnya saja seperti terlalu sering menggunakan charger yang bukan bawaan ponsel.

Ciri Ciri Konektor HP Yang Rusak


Tidak dipungkiri jika kita tidak mengetahui kenapa hp xiaomi tersebut tidak bisa di charge tentu ganti ic charger menjadi hal akan ditawarkan oleh tempat service hp.

Tidak ada yang salah dengan hal tersebut, namun sebelum melangkah terlalu jauh kita lihat hal termudah yang bisa kita lakukan terlebih dahulu. Bisa jadi hanya lubang charger kendor atau memang port charger hp xiaomi memang sudah rusak.

Untuk itu di bawah ini akan kami berikan contoh ketika lubang charger hp xiaomi rusak, diantaranya :

Ciri - Ciri Konektor Cas HP Xiaomi Yang Rusak / Tidak Bisa Mengisi Daya 

Tidak Bisa Charger. Konektor hp yang bermasalah apabila hanya pada hp xiaomi miliki kita saja yang tidak bisa dicas menggunakan charger, namun apabila dengan menggunakan charger yang sama di hp lain dan dapat terisi.

Pengisian daya putus nyambung. Apabila anda mengalami kejadian saat hp xiaomi di cas tersambung dan tiba tiba tidak bisa terhubung / mengisi daya, biasanya dikarenakan lubang charger yang kendor

Maka dari itu kita perlu mengetahui cara mengatasi lubang charger hp xiaomi yang kendor karena charger tidak bisa terhubung secara sempurna jika port usb android tersebut longgar. Mari langsung saja kita simak ulasan secara lengkap jika hp xiaomi yang kita miliki tidak bisa mengisi daya meskipun sudah ganti charger ataupun baterai berulang kali dibawah ini.

baca juga :

Cara Memperbaiki Konektor Charger Yang Rusak


Memperbaiki Port USB HP Yang Kendor


Perlu untuk kita ketahui bahwa setiap pabrikan smartphone tentu sudah mengatur posisi konektor hp agar tepat di tengah.

Namun terkadang mungkin karena pembuatan masal atau penggunaan charger tidak bawaan hp xiaomi membuat konektor hp perangkat android tersebut menjadi kendor.

Untuk itu mari kita ikuti langkah langkah di bawah ini agar lubang charger hp yang longgar dapat kembali normal.

  1. Pertama - tama kita siapkan terlebih dahulu suatu benda yang panjang, tipis dan tidak terlalu besar agar bisa masuk ke dalam port usb hp xiaomi (disini kami gunakan jarum)
  2. Setelah itu gunakan jarum tersebut untuk merubah posisi konektor hp sesuai kebutuhan kita
  3. Lalu cek kembali menggunakan colokan kabel cas yang kita gunakan, jika dirasa masih kurang sesuaikan kembali
  4. Dan lakukan secara hati - hati karena pengalaman pertama kali saya mencoba sempat patah

Membersihkan Konektor Charger Yang Kotor


Jika melihat langkah pengecekan charger memberikan hasil hp xiaomi yang dicas tidak mengisi tersebut disebabkan karena port charger usb yang rusak maka coba beberapa langkah dibawah ini untuk melihat kerusakan yang terjadi pada konektor charger tersebut, diantaranya :

  • Cek pin konektor charger ponsel, pastikan dalam kondisi terpasang dengan benar
  • Cek kebersihan konektor, pastikan konektor bersih dari debu dan kotoran yang menempel. Jika memang kondisi tidak layak maka coba bersihkan dengan cara membersihkan lubang charger menggunakan jarum tersebut atau kertas ampelas

Namun jika lubang charger sudah dalam keadaan longgar maka segera ganti konektor charger hp xiaomi dengan langkah - langkah sebagai berikut :
cara memperbaiki port charger hp yang rusak
sumber gambar : youtube


Cara Ganti Colokan Charger HP Xiaomi Yang Rusak

  1. Langkah pertama lepas baut dan pisahkan PCB board setelah kita membuka casing smartphone
  2. Setelah itu lepas bagian keytone dan camera modul
  3. Lalu lepas konektor charger ponsel namun sebelum kita melepas konektor charger hp tersebut lihat terlebih dahulu apakah masih ada hardware sensitif yang belum terlepas
  4. Kemudian siapkan heater dengan suhu 280 derajat, posisikan di bagian atas
  5. Jika sudah, lepas konektor charger hp menggunakan pinset atau alat untuk mencungkil lainya
  6. Bersihkan papan PCB menggunakan penghapus pensil
  7. Langkah berikutnya adalah dengan memasang kembali konektor charger yang kita lepas sebelumnya sembari memanaskan bagian bawah PCB dengan heater
  8. Setelah semua terpasang kembali seperti semula, coba lakukan untuk mengisi daya baterai hp xiaomi

Berapa Harga Service Port Charger HP Yang Rusak ?

biaya ganti konektor charger xiaomi


Memang solusi terbaik untuk mengatasi masalah lubang konektor hp xiaomi yang rusak / longgar adalah dengan mengganti baru. Namun jika dengan cara mengganti lubang charger yang kendor pada hp xiaomi di atas kita kurang percaya diri untuk melakukannya alangkah lebih baiknya jika kita membawanya ke service center terdekat.

Akan tetapi sebelum kita berangkat ke tempat service hp xiaomi yang rusak port chargernya tersebut, tahukah anda berapa biaya service ganti port charger hp xiaomi yang longgar tersebut ?

Dikutip dari forum.detik.com, total untuk service konektor charging hp anroid yang rusak adalah 100.000. Hal ini merupakan hasil penjumlahan harga konektor hp yang sekitar 50.000 dan biaya service ganti konektor charger xiaomi tersebut.

baca juga :

Demikian pertemuan kita kali ini yang baru saja mengulas tentang cara service port charger hp xiaomi yang rusak tersebut. Semoaga beberapa langkah di atas dapat memberikan manfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih ..

Situs ini juga direkomendasikan di Channel Youtube. Open chat lewat Whatsapp !

Tips android menarik lainnya :

Powered by Blogger.