June 25, 2018

5 Langkah Kalibrasi Touchscreen Tidak Berfungsi Di HP Android




Touchscreen tidak berfungsi - Bagaimana cara mengatasi touchscreen tidak berfungsi sama sekali pada hp android ? Disini kami akan memberikan 5 langkah melakukan kalibrasi layar sentuh hp android yang bertujuan untuk mengatasi touchscreen yang error. Perlu untuk kita ketahui bahwa kalibrasi touchscreen merupakan suatu tindakan yang digunakan sebagai cara memperbaiki hp layar sentuh yang tidak berfungsi, misalnya saja touchscreen hp android yang tidak berfungsi jika di sentuh ataupun layar sentuh yang loncat - locat sendiri. Dengan kata lain, kalibrasi layar sentuh hp android memiliki fungsi untuk menormalkan kembali touchscreen yang error jika memang tidak ada kerusakan dari hardware touchscreen ponsel android itu sendiri.

Sebagai pengguna ponsel android tentu anda pernah mengalami smartphone android atau HP layar sentuh yang anda miliki tiba-tiba tidak bisa digunakan, keadaan dimana keypad android tidak berfungsi sehingga ketika anda sedang melakukan pengetikan touchscreen menjadi susah disentuh. Dimana kita meyakini bahwa tidak ada kerusakan pada layar sentuh hp android yang tiba tiba tidak bisa disentuh tersebut karena sebelumnya hp android yang kita miliki tidak pernah terjatuh ataupun terkena air. Sehingga kita perlu untuk melakukan 5 cara kalibrasi layar touchscreen handphone android tersebut agar layar smartphone android tidak bisa disentuh dapat segera teratasi. Hal ini dilakukan karena kalibrasi touchscreen merupakan cara termudah mengatasi layar sentuh error di hp android.

Oleh karena itu pada pertemuan kita kali ini Smartphone Solution akan mencoba memberikan tips untuk memperbaiki touchscreen smartphone android yang tidak berfungsi tersebut dengan cara melakukan kalibrasi. Jadi jika anda mengalami masalah layar sentuh tidak berfungsi sebagian pada smarphone android anda, untuk mengatasinya jangan terburu - buru untuk mengganti layar touch screen handphone android karena dengan pertimbangan harganya yang mahal dan masih banyak cara memperbaiki layar sentuh tidak merespon tersebut. Untuk itu mari langsung saja kita simak ulasan selengkapnya mengenai cara memperbaiki layar sentuh bergerak sendiri dengan kalibrasi touchscreen hp android di bawah ini.

5 Langkah Kalibrasi Touchscreen Tidak Berfungsi Di HP Android

5 Langkah Kalibrasi Touchscreen Tidak Berfungsi Di HP Android

Berikut ini adalah beberapa penyebab touchscreen tidak berfungsi yang sering terjadi pada sebuah ponsel android, diantaranya :

Hp Smartphone Anda Terendam Air
Kejadian seperti ini pernah saya alami sendiri, yaitu saat HP Android teman saya pinjam, secara tidak sengaja saya masukan ke air. Meskipun didalam air tapi layar HP nya masih nyala, padahal bukan Android tahan air. Nah setelah itu langsung saya ambil dari bak air lalu saya matikan. Lalu berdasarkan ilham teman, saya diberi cara memperbaiki touchscreen android dengan memasukannya ke wadah yang diberi beras ??? Memang pertamanya saya tidak percaya namun setelah saya praktikan sendiri ternyata berhasil dan HPnya bisa normal kembali meskipun beberapa menit saya tinggalkan berendam di dalam air. Berikut cara touchscreen tidak berfungsi karena terendam air :
  • Sediakan wadah berukuran sedang lalu masukan beras di dalamnya. Dalam HP keadaan mati, bongkar semua bagian HP Anda seperti casing dan baterai lalu masukan ke dalam wadah beras tadi. Diamkan selama 2-3 hari sampai air yang terdapat pada HP Anda diserap habis oleh beras tersebut. Nah insyaalloh setelah itu HP Anda akan kembali normal.

Touch Screen HP China

  • Beberapa produk HP dari China dengan keunggulan layar sentuh sering kali yang kami jumpai ketika layar sentuh rusak sudah tidak bisa diperbaiki lagi dan sulit diperbaiki meskipun sudah mencari cara memperbaiki keyboard android tersebut. Sulitnya mencari komponen pengganti dari layar sentuh tersebut, dengan pengecualian HP china yang memiliki brand terkenal dipasaran dan tersedia spare part pengganti apabila sewaktu-waktu rusak.

Setelah membaca artikel dari pengalaman kami tentang penyebab tidak berfungsinya touchscreen pada ponsel, bagi anda yang juga mempunyai masalah yang sama mungkin cara diatas bisa diterapkan. Namun jika sudah menggunakan cara diatas untuk mengatasi layar sentuh tidak berfungsi sama sekali, mungkin sudah waktunya hp android anda perlu dilakukan kalibrasi pada layar sentuhnya. Mari langsung saja kita simak ulasan selengkapnya mengenai cara memperbaiki layar sentuh android yang rusak dengan cara kalibrasi touchscreen smartphone tersebut dibawah ini.

Cara Memperbaiki Layar Sentuh Android Tidak Merespon / Eror


cara memperbaiki layar sentuh android yang tidak berfungsi

Kerusakan layar sentuh yang tidak bisa disentuh pada hp android terkadang juga dapat dipengaruhi karena software yang error. Untuk mengatasi kerusakan software hp android yang menyebabkan touchscreen hp android bergerak sendiri biasanya kita perlu untuk melakukan pembaharuan software. Yang perlu ditekankan dalam melakukan update software android, carilah software yang sama atau bisa diterima pada smartphone yang kita miliki sebab jika software tersebut tidak sesuai malah akan menyebabkan kerusakan layar sentuh hp android lainnya seperti layar LCD android blank putih maupun hitam.

Sebenarnya cara yang paling gampang sebelum kita melakukan update software ialah dengan mencoba factory reset terlebih dahulu. Apabila ciri - ciri kerusakan touchscreen android yang error hanya seperti layar sentuh tidak mau bergerak saat dicas maka dengan factory reset saja sudah bisa untuk memperbaikinya. Namun sebelum kita melakukan factory reset pada hp android sebaiknya kita membackup semua data yang ada pada memori smartphone tersebut, hal ini perlu dilakukan karena factory reset akan menghapus semua data yang ada agar smartphone android yang kita miliki dapat kembali seperti setelan awal dari pabrikannya.

  1. Untuk mengatasi layar sentuh hp android yang terlalu sensitif dengan cara factory reset, kita dapat melakukannya dengan langkah - langkah sebagai berikut :
  2. Pertama - tama matikan hp android yang anda miliki kemudian tekan tombol home dan volume up / down secara bersamaan
  3. Kemudian cari Wipe Data atau Factory Reset dengan menggunakan bantuan tombol volume down/up. 
  4. Setelah itu tekan tombol home untuk memilih pengaturan menu tersebut.
  5. Dan langkah selanjutnya pilih “Yes delete all user” lalu tunggu hingga proses selesai.

Mungkin anda tertarik : 

Namun jika cara diatas masih belum dapat memperbaiki layar sentuh / touchscreen yang error maka kita perlu untuk mencoba mengatur sensitif layar dengan cara kalibrasi touchscreen hp android yang kita miliki tersebut. Untuk mengetahui bagaimana cara kalibrasi layar android mari kita simak ulasan selengkapnya di bawah ini :

Cara Kalibrasi Touchscreen Di Hp Android


1. Langkah pertama adalah pengecekan, pastikan layar ponsel Anda tidak mengalami retak atau pecah. Jika seperti itu maka kemungkinan besar untuk diperbaiki sangat kecil dan harus diganti.

2. Apabila layar sentuh tidak retak atau pecah tapi ketika disentuh salah satu layarnya "liar atau terlalu sensitif" maka Anda hanya perlu memperbaiki settingan di pengaturan ponsel Anda.

3. Biasanya di setiap HP touch screen pasti memiliki pengaturan kalibrasi atau Calibiration. Kemudian buka menu pilihan kalibrasi tersebut lalu layar Anda akan mengalami blank putih, namun jangan panik dahulu karena memang harusnya seperti itu.
www.techieway.blogspot.com


4. Tidak berselang berapa lama akan muncul tulisan "klik salah satu layar untuk mengatur kalibrasi"
Klik tepat di titik kalibrasi, disitu akan tampil petunjuk untuk menyentuh layarnya dan silahkan kamu ikuti petunjuk tersebut hingga proses selesai.

5. Cek touchscreen android, apakah setelah itu touchscreen Anda sudah kembali normal kembali
Apabila cara diatas belum bisa mengatasi kerusakan layar sentuh HP Anda, mungkin kita perlu membawanya ke service center terdekat agar smartphone yang kita miliki dapat ditangani pada tahap yang lebih lanjut.

baca juga :  

Demikian artikel dari kami mengenai layar touchscreen tidak berfungsi sebagian / layar sentuh kurang sensitif, semoga dapat membantu teman-teman yang sedang mengalami masalah tersebut.  Sekian dan terima kasih ..

Situs ini juga direkomendasikan di Channel Youtube. Open chat lewat Whatsapp !

Tips android menarik lainnya :

Powered by Blogger.