September 20, 2019

7 Cara Mengatasi Touchscreen Tidak Berfungsi Di HP Android Baterai Tanam




Touchscreen Tidak Berfungsi - Touchscreen atau layar sentuh merupakan bagian dari sebuah smartphone yang sangat sering berhubungan langsung dengan diri kita.

Tidak heran jika masalah touchscreen hp tidak berfungsi kerap kali menjadi keluhan para pengguna android.

Lantas bagaimana cara memperbaiki layar sentuh hp android yang tidak berfungsi sama sekali tersebut ?

Oleh karena itu pada pertemuan kali ini Smartphone Solution akan mengulas langkah apa saja yang perlu dilakukan saat layar sentuh ponsel android kamu mulai tidak merespon, hang ataupun tidak bisa di sentuh.

Untuk itu mari langsung saja kita simak ulasan mengenai touchscreen hp android yang tidak bisa dipejet tersebut di bawah ini.

Cara Membuat Touchscreen HP Android Berfungsi Normal Kembali

cara mengatasi touchscreen tidak berfungsi di hp android

Perlu untuk kalian ketahui bahwa penyebab touchscreen tidak berfungsi sering kali terjadi karena faktor kerusakan dari LCD hp android itu sendiri ataupun software didalamnya.

Namun selama kondisi tampilan layar hp android tidak retak ataupun pecah, bisa jadi faktor penyimpanan memori internal terlalu penuh atau RAM hp android terlalu kecil adalah penyebabnya.

Meskipun demikian tidak menutup kemungkinan sistem hp android yang belum diupdate juga bisa mengakibatkan layar sentuh hp android lemot saat disentuh, seperti yang sering dialami oleh para pengguna hp xiaomi.

5 Langkah Awal Memperbaiki Layar Sentuh Yang Sering / Mendadak Tidak Berfungsi


cara mengatasi touchscreen tidak berfungsi di hp android baterai tanam

Maka dari itu jika kamu sering mengalami hang pada layar sentuh saat bermain game atau mendadak touchscreen tidak bisa di sentuh setelah membuka banyak aplikasi, coba lakukan beberapa pengecekan berikut ini :

1. Restart HP

cara memperbaiki layar sentuh tidak berfungsi sama sekali

Langkah termudah yang pertama kali perlu untuk kita lakukan jika Touchscreen ponsel rusak dan tidak berfungsi optimal ketika digunakan adalah dengan merestart ponsel tersebut. 

Untuk restart hp android yang tidak merespon jika layar LCD disentuh tersebut dapat kita lakukan hanya dengan mematikan hp android dan kemudian kita hidupkan kembali. 

Namun apabila kamu tidak menggunakan hp android dengan jenis baterai tanam, alangkah lebih baiknya jika kamu melepas baterai ponsel terlebih dahulu sebelum menghidupkannya kembali.

2. Periksa RAM HP Android

cara mengatasi touchscreen tidak berfungsi di hp android

Jika terkadang touchscreen hp android kamu tidak bergerak saat disentuh (hang / frezee), maka cobalah untuk melihat bagaimana kondisi penggunaan RAM pada ponsel yang kamu miliki.

Hal ini perlu untuk dilakukan karena terkadang penyebab touchscreen hp android rusak tersebut terjadi karena beban berlebih pada memori hp yang disebabkan banyaknya aplikasi ataupun game yang terinstall pada ponsel android yang kita miliki tersebut.

baca juga : (TANPA FACTORY RESET) Mengatasi Whatsapp Tidak Bisa Melakukan Panggilan
 

3. Jangan Gunakan Live Wallpaper

layar touchscreen tidak berfungsi sama sekali

Langkah berikutnya dalam mengatasi touchscreen tidak bisa disentuh pada hp android adalah dengan mengubah launcher atau jika perlu hapus launcher pada smartphone milik kita tersebut yang menggunakan efek atau animasi dengan kapasitas berat.

Hal ini perlu untuk kita lakukan karena memori RAM akan termakan banyak apabila launcher memiliki beban yang berat pada sebuah hp android.

Misalnya saja, memasang live wallpaper atau animasi bergerak pada layar ponsel android yang kita miliki tersebut.

4. Kalibrasi

cara mengkalibrasi layar hp android

Namun jika cara diatas masih belum dapat memperbaiki layar sentuh / touchscreen yang error maka kita perlu untuk mencoba mengatur sensitif layar dengan cara kalibrasi touchscreen hp android yang kita miliki tersebut. 

Dengan melakukan kalibrasi pada layar hp android diyakini dapat mengatur kembali sensitivitas dari touchscreen perangkat android tersebut.

Dan untuk mengkalibrasi touchscreen hp android, kamu bisa juga menggunakan bantuan aplikasi seperti multitouch tester,


5. Ganti Tempered Glass

penyebab layar sentuh tidak berfungsi sama sekali

Coba lepas pelindung layar yang terpasang di layar hp android yang kamu miliki. Tidak banyak yang menyadari bahwa penggunaan tempered glass dengan kualitas buruk akan mempengaruhi kinerja dari perangkat android itu sendiri.

Efeknya, jika kamu biarkan tetap terpasang maka touchscreen tidak berfungsi setelah dikunci tersebut disebabkan karena tempered glass yang terpasang di layar ponsel android.

Cara Mengatasi Touchscreen Tidak Berfungsi Setelah HP Jatuh Kena Air


Apabila touchscreen hp android kamu mendadak tidak berfungsi setelah terjatuh ke dalam air maka langkah mudah untuk memperbaikinya sebelum mengganti dengan layar sentuh hp android yang baru adalah dengan merendamnya di dalam beras.

Sebelum merendam ponsel kamu tersebut, sebaiknya lepas dahulu semua casing dan baterai yang ada (jika bisa dilepas).

Namun pastikan terlebih dahulu pada layar sentuh yang setelah kena air tersebut tidak muncul pelangi atau layar hp bergaris - garis. Jika sudah terjadi hal semacam itu, biasanya kerusakan sudah cukup parah yakni konsleting pada komponen lcd android.

Untuk selengkapnya, kamu bisa mengecek pada postingan kami sebelumnya yang membahas mengenai masalah hp jatuh ke air touchscreen tidak berfungsi.

Cara Memperbaiki Touchscreen HP Xiaomi Yang Tiba Tiba Tidak Berfungsi


Lain hal jika masalah layar sentuh tidak bisa disentuh tersebut terjadi pada hp android baterai tanam, layaknya hp xiaomi 4x, xiaomi 5a ataupun hp xiaomi keluaran terbaru seperti redmi note 7.

Kamu tidak akan bisa melakukan 5 langkah pengecekan di atas jika touchscreen mendadak tidak berfungsi saat bermain game atau sedang asik membuka aplikasi instagram, facebook, ataupun lainnya.

Tidak akan mungkin kamu bisa mematikan perangkat android tersebut sebab layar tetap tidak bisa digunakan meskipun sudah ditekan berulang kali.

Dan apakah kamu akan melakukan hard reset dengan melepas baterai, sedangkan hp xiaomi tersebut merupakan hp dengan jenis baterai non removeble.

Maka dari itu solusinya adalah mereset hp xiaomi baterai tanam tersebut tanpa harus melepas baterai, dengan cara sebagai berikut :
  • Tekan tombol power selama 10 detikan dan tahan
  • Lalu sekarang tekan tombol volume down

Dengan cara mereset paksa hp xiami yang mengalami masalah pada touchscreen error mendadak tersebut, secara otomatis layar sentuh kembali berfungsi dan segera lakukan pengecekan seperti di atas.

baca juga : Cara Mengatasi Tombol Home HP Xiaomi Yang Tidak Berfungsi

Demikian pertemuan kita kali ini yang baru saja mengulas tentang cara memperbaiki touchscreen error di hp android baterai tanam.

Semoga pertemuan kita kali ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih.

Situs ini juga direkomendasikan di Channel Youtube. Open chat lewat Whatsapp !

Tips android menarik lainnya :

Powered by Blogger.