November 09, 2018

5 Penyebab HP Mati Total Pada Xiaomi Series, Lengkap Tutorial Terbaru!




Xiaomi mati total - Tahukah anda apa sajakah yang menjadi penyebab hp xiaomi mati total ? Tidak sedikit pengguna hp android yang mengetahui faktor apa yang membuat ponsel android yang dimilikinya sering mati sendiri. Namun ketika hp xiaomi tersebut tiba tiba mati, bingung akan penyebab hp android mati total secara mendadak pasti akan terjadi.

Sebenarnya masalah hp android yang tidak mau nyala tersebut tidak hanya terjadi pada hp xiaomi saja, namun juga dapat terjadi pada ponsel android lainnya seperti smartfren, lenovo, Vivo, Oppo, samsung, Sony, ASUS, Acer, dan merk - merk smartphone lainnya.

Dan penyebab hp sering mati mendadak itu sendiri juga sangat beragam, mulai dari hp mati total setelah terjatuh, kemasukan air dan bahkan hp mati total saat dicas. Uniknya, masalah hp sering mati sendiri pada xiaomi tersebut terjadi hampir pada semua tipe hp xiaomi yang ada.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami Smartphone Solution akan mencoba mengulas beberapa hal yang menjadi penyebab dan cara mengatasi hp xiaomi mati total secara mendadak tersebut. Dan langkah - langkah di bawah ini merupakan kumpulan 5 cara sederhana memperbaiki hp android mati sendiri yang bisa untuk kita lakukan sendiri sebelum membawanya ke service center.

Penyebab dan Cara Mengatasi HP Xiaomi Bootloop Dengan Mudah

Penyebab HP Xiaomi Mati Total

Sebelum kita mengulas lebih dalam akan cara menghidupkan hp android mati total tersebut, alangkah lebih baiknya mari kita simak penyebab hp android tidak bisa hidup secara umum di bawah ini terlebih dahulu.

Penyebab HP Xiaomi Sering Mati Mendadak


Baterai Kosong

  • Penyebab hp xiaomi tidak bisa dihidupkan yang sering kali terjadi adalah karena kondisi baterai hp yang kosong. Dalam kondisi ini, hp android xiaomi dapat hidup kembali jika setidaknya memiliki arus 300mv dengan tegangan kurang lebih 3,4-4V dengan cara mengisi daya baterai. 

Konektor Baterai Berkarat

  • Kodisi konektor baterai hp yang berkarat karena sudah lama tidak pernah digunakan tersebut dapat mengakibatkan hp xiaomi tidak bisa di charge.

Software Rusak

  • Tentu sudah sering kita mendengar kerusakan software pada hp xiaomi dapat mengakibatkan perangkat android tersebut menjadi mati total. Untuk itu biasanya perlu dilakukan Flash Ulang atau Restart HP Xiaomi agar masalah tersebut teratasi.

Tidak Ada Sinyal

  • Perlu untuk kita ketahui bahwa kondisi hp xiaomi yang selalu mencari sinyal karena berada di lokasi yang sulit untuk mendapatkan jaringan internet akan mengakibatkan hp xiaomi mati secara tiba - tiba. Hal ini dikarenakan IC PA yang paling menggunakan banyak arus HP akan bekerja Extra sehingga penggunaan baterai semakin besar.

HP Xiaomi Mati Total Karena Kemasukan Air

  • Air merupakan komponen konduktor yang dapat mengakibatkan HP mati total karena komponen di dalam HP konslet. Maka dari itu jika kita mengalami kejadian dimana hp android kemasukan air alangkah lebih baiknya jika kita mengeringkan dan Membersihkan papan PCB menggunakan Bensin atau cairan khusus terlebih dahulu sebelum menghidupkannya.

Hang akibat terlalu banyak aplikasi

  • Hampir sulit untuk dibedakan ketika hp android mati total dengan hp android hang layar hitam, dalam kondisi tersebut tentu kita akan beranggapan bahwa hp xiaomi telah rusak karena mati total. Solusi untuk mengatasinya adalah menghapus sebagian aplikasi yang tidak berguna.

Selain penyebab hp xiaomi mati total di atas, di bawah ini akan kami berikan beberapa cara mengatasi hp xiaomi yang sering restart atau mati hidup sendiri dalam kondisi tertentu. Untuk itu mari langsung saja kita simak tutorial hp xiaomi selengkapnya sebagai berikut :

Cara Memperbaiki HP Android Tiba Tiba Mati dan Tidak Bisa Hidup Lagi

Cara Memperbaiki HP Android Mati Sendiri

1. Lakukan Pengisian Daya Baterai

Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Bisa Di Cas

Jika sebelumnya hp xiaomi yang kita miliki dalam kondisi baik (normal) namun secara mendadak tidak bisa hidup maka terdapat kemungkinan bahwa kondisi baterai HP tersebut telah habis. Terkadang kita berpikir terlalu jauh bahwa hp mati total karena software yang error padahal penyebab hp android mati mendadak tersebut hanyalah kehabisan daya baterai saja.

Namun akan berbeda jika dalam kondisi setelah hape android yang setelah di charge tersebut tidak ada perubahan (indikator charging smartphone tidak masuk), untuk itu kita perlu melakukan pengecekan seperti di bawah ini :

HP xiaomi di cas tidak mengisi

Jika hp xiaomi di cas tidak bisa mengisi maka cobalah untuk mengisi daya baterai menggunakan charger desktop selama 30 sampai 40 menit terlebih dahulu.

Setelah itu apabila kita menekan tombol power hp xiaomi dapat hidup kembali dengan normal maka kemungkinan penyebab hp xiaomi di cas tersebut berasal dari bug charging.

Atau anda dapat melihat secara lengkap cara mengatasi hp xiaomi tidak bisa di charger tersebut pada postingan kami sebelumnya sebagai berikut :

2. Cek Menggunakan Baterai HP Xiaomi Lainnya

Cara Reset HP Android Baterai Tanam

HP xiaomi yang mati total tersebut dapat juga dikarenakan kondisi baterai hp yang telah rusak karena tegangan pada baterai sudah terlalu rendah. Untuk itu langkah termudah mengatasi hp xiaomi yang tidak mau hidup tersebut adalah dengan melakukan pengecekan menggunakan baterai hp android lainnya.

Namun bagaimana jika hp xiaomi yang mati total tersebut adalah sebuah hp android dengan tipe smartphone baterai non removeble / baterai tanam. Jika hal tersebut terjadi, maka lakukan cara restart hp xiaomi baterai tanam tanpa melepas baterai sebagai berikut :

Tekan tombol power + volume (-) secara bersamaan selama kurang lebih 10 detik

3. Wiping data, cache, system di recovery

Cara Masuk Mode Recovery HP Android
Foto : TechnoEcho

Jika hp xiaomi mati total yang kita miliki tersebut masih mampu untuk masuk recovery mode, maka itu artinya kita masih memiliki sedikit harapan untuk menghidupkan kembali ponsel yang tidak bisa nyala tersebut.

Recovery mode hp android adalah suatu sistem kendali pada Android dimana kita dapat melakukan penghapusan dan perubahan pada sistem perangkat tersebut. Dengan masuk ke recovery mode tersebut kita dapat memperbaiki HP yang mati total yang disebabkan karena sistem yang corrupt / rusak.

Berdasarkan situs gadget TechnoEcho yang kami jadikan referensi, cara melakukan wiping cache, dalvik cache dan data ini tidak sulit. Diantaranya :
  1. Pertama pastikan HP dalam keadaan mati, silakan masuk ke dalam recovery Android dengan cara memakai tombol kombinasi. Untuk tombol kombinasinya berbeda-beda tergantung merk dan kita dan mencarinya pada pencarian google
  2. Saat sudah masuk sistem recovery, cari kategori wipe data, dan wipe cache / dalvik cache
  3. Lakukan wiping (Penghapusan) data dan cache sampai selesai. Jika sudah, restart
  4. kalau belum bisa, coba lakukan wipe system.. Dengan catatan nanti HP bisa nyala tapi tidak bisa dipakai
  5. Kalau sudah di wipe sistem, maka HP harus diinstall ROM baru kembali. Cara installnya bisa lewat mode recovery tadi dengan melakukan flashing file .zip
  6. Selain di install lewat flashing file .zip, Install sistem juga bisa dilakukan dengan cara melakukan flashing ulang HP Android lewat PC / laptop

4. Flashing ulang HP Xiaomi Menggunakan PC / Laptop

Cara Flashing Ulang HP Android

Jika dengan ketiga cara diatas hp xiaomi yang mati total tetap tidak bisa hidup maka langkah wajib yang perlu untuk kita lakukan adalah dengan melakukan Flashing Ulang. Akan tetapi untuk jika kita mencoba memperbaiki HP yang mati total dengan Flashing Ulang tersebut maka PC / Laptop adalah perangkat tambahan yang harus kita siapkan.

Hal ini dikarenakan kita akan melakukan proses menghubungkan USB dari HP ke PC / Laptop, jika masih terbaca maka artinya HP masih ada tanda kehidupan dan berpontensi untuk normal kembali. Namun cara flashing hp xiaomi yang mati mendadak tersebut tidak akan kami bahas disini karena tiap tipe perangkat memiliki cara yang berbeda - beda.

Contohnya sebagai berikut, jika smartphone android dengan chipset processor mediatek biasanya mengunakan SPFlashtool namun untuk smartphone dengan chipset Snapdragon sering kali menggunakan aplikasi QPST.

Daripada hp android yang kita miliki mati total karena gagal flashing alangkah lebih baiknya jika kita belum pernah melakukan Flashing HP Android alangkah lebih baiknya jika kita percayakan saja kepada pihak yang lebih berkompeten di bidangnya.

5. Bawa ke Service Center


Seperti yang kami sarankan pada langkah ke 4 diatas, jika kita tidak yakin untuk memperbaiki hp xiaomi yang tidak bisa hidup tersebut alangkah lebih baiknya jika kita membawanya ke tempat service center hp xiaomi saja.

Disana perangkat android yang kita miliki akan mendapatkan penanganan yang lebih lanjut, sebagai contoh jika hp android xiaomi yang mati total setelah dicas karena kerusakan komponen maka akan dilakukan penggantian IC charger atau EMMC yang baru.

Namun jika anda merasa biaya service hp android yang mati total tersebut telalu mahal jika dibandingkan dengan harga ponsel anda sekarang ini maka langkah terbaik yang bisa kita lakukan adalah dengan membeli hp android yang baru saja.

lihat juga :

Demikian pertemuan kita kali ini yang baru saja mengulas akan penyebab dan cara mengatasi hp mati total tidak bisa dicas. Semoga dengan postingan kami kali ini kita semua bisa mendapatkan banyak manfaat khususnya mengenai masalah hp xiaomi mati total tersebut, sekian dan terima kasih ..

Situs ini juga direkomendasikan di Channel Youtube. Open chat lewat Whatsapp !

Tips android menarik lainnya :

Powered by Blogger.