April 19, 2020

8 Cara Ampuh Agar HP Tidak Mencet Sendiri


baca juga :




Apakah touchscreen hp kamu pernah error seperti mencet sendiri ? Terkadang jika kamu lihat pada tampilan home screen, layar hp android bergerak sendiri.

Kondisi hp mencet sendiri seperti ini sering dikenal dengan istilah "Ghost Touch". Dimana sering kali terjadi pada hp android yang mengakibatkan touchscreen eror seperti layar hp bergerak naik turun ataupun tombol hp mencet sendiri.

Lantas bagaimana cara mengatasi layar hp mencet sendiri di perangkat android yang kamu miliki ?

Meskipun banyak faktor yang menjadi penyebab hp mencet sendiri, kamu tidak perlu tergesa - gesa untuk mengganti layar sentuh hp android jika bukan dikarenakan kerusakan hardware.

Sebab saya pernah mengalaminya sendiri, dimana tombol back mencet sendiri saat hp sedang dicas. Masalah tersebut berhasil saya perbaiki menggunakan beberapa langkah dari smartphone solution.

Jadi bagi kamu para pengguna xiaomi, oppo, vivo, samsung dan hp android lainnya mengalami masalah tersebut, jangan ragu untuk mencoba memperbaiki dengan cara berikut.


Kenapa HP Mencet Sendiri ?


Salah satu ciri - ciri layar hp kamu error gerak sendiri (ghost touch) biasanya ditandai dengan sering terjadi misstyped (typo) saat menulis pesan chat yang mengakibatkan tulisan jadi acak-acakan.

Dalam kerusakan ringan, bugs pada sistem sering kali menjadi penyebabnya. Namun jika sudah parah, kerusakan hardware seperti layar retak setelah terjatuh sangat mempengaruhi masalah tersebut.

Selain itu faktor pemakaian dan umur pakai ponsel juga mempengaruhi terjadinya error di layar touchscreen android kamu.

Jadi jika kondisi fisik layar hp kamu tidak rusak tapi sering mencet sendiri, coba beberapa cara di bawah ini untuk mengatasinya.

Cara Memperbaiki Layar HP Android Mencet Sendiri


cara memperbaiki layar sentuh android yang bergerak sendiri

1. Unduh Aplikasi Partial Screen


Aplikasi Partial Screen menjadi aplikasi yang saya gunakan untuk memperbaiki hp mencet sendiri saat di cas.

Dimana fungsi dari aplikasi ini adalah memblokir sentuhan pada bagian-bagian layar yang bergerak sendiri. Bagian layar yang bergerak acak akan tertampil dengan titik - titik merah.

Jika kamu akan mengunduh aplikasi ini, di google playstore terdapat 2 versi yakni berbayar dan versi gratis. Namun saya hanya menggunakan versi yang gratis untuk mengatasi masalah tersebut.

Berikut video singkat untuk membantu kamu memahami cara menggunakan Aplikasi Partial Screen tersebut :


2. Periksa Pelindung Layar (Tempered Glass)


Salah satu hal yang jarang disadari oleh para pengguna android saat layar hp bergerak sendiri adalah faktor pemasangan / penempelan pelindung layar.

Kotoran yang masih menempel pada layar hp dan tidak dibersihkan sebelum pemasangan screen guard tersebut dapat mengakibatkan layar hp bergerak liar.

Maka dari itu, solusinya adalah :

Lepas pelindung layar lama kemudian bersihkan layar hp sebelum kamu ganti pelindung layar yang baru.

baca juga : Cara Mengatasi Tombol Home HP Xiaomi Tidak Berfungsi

3. Diamkan HP Beberapa Saat


Biasanya di luar ponsel yang terasa hangat, di dalam ponsel akan lebih panas. Hal ini akan mempengaruhi touchscreen hp yang memiliki batas toleransi panas agar bekerja secara normal.

Hal ini juga yang terkadang menyebabkan layar hp tidak bisa disentuh saat kamu sedang bermain game.

Cara mengatasinya adalah dengan menghentikan pemakaian beberapa saat agar suhu kembali normal, atau cara lain yang sebenarnya tidak terlalu dianjurkan adalah dengan memasang spreader tambahan dari tembaga di bagian dalam casing hal tersebut untuk meredam panas.

4. Kurangi Multitasking


Kondisi RAM dan CPU yang bekerja secara berlebihan dapat mengakibatkan layar hp android bergerak sendiri. Hal ini dikarenakan performa ponsel jadi tidak stabil akibat beban yang kamu berikan.

Maka dari itu segera perbaiki dengan cara menghindari multitasking atau membuka banyak aplikasi dalam waktu yang bersamaan.

Caranya :

  1. Cukup tekan tombol recent aplikasi.
  2. Kemudian hapus aplikasi dari latar belakan hp.

5. Ganti Baterai HP


Baterai android yang rusak juga dapat mengakibatkan touchscreen hp mengalami error, menggelembung misalnya.

Hal ini dikarenakan tegangan baterai yang sudah tidak stabil sehingga kelistrikan pada HP menjadi tidak normal.

Untuk mengatasi hp mencet-mencet sendiri tersebut, kamu perlu :

Mengganti baterai lama dengan yang baru, pastikan kamu menggunakan baterai HP yang original. Hal ini bertujuan supaya kapasitas baterai dan tegangan bisa stabil.

Sebab jika kamu segera memperbaikinya, selain menyebabkan layar HP mencet sendiri juga akan menimbulkan masalah baru seperti HP xiaomi mati total.

6. Cek Kabel dan Chargernya


Kerusakan kabel ataupun kepala charger juga dapat mengakibatkan layar hp bergerak sendiri saat di cas. Sebab tegangan akan tidak stabil apabila kamu mengisi daya menggunakan kabel dan charger yang rusak.

Jika hal tersebut kamu lakukan secara terus menerus, selain pada baterai juga akan berdampak buruk pada komponen IC didalam perangkat android yang kamu miliki.

Untuk itu cara agar hp tidak mencet sendiri yang dapat kamu lakukan adalah :

Selalu gunakan kabel dan charger yang ori, sekalipun berbeda tipe dengan hp android kamu tetap gunakan yang ori sesuai bawaan perangkat mereka.

7. Perbaiki Bugs Pada ROM / Software


Menggunakan ROM yang bukan bawaan ponsel bisa mengakibatkan hp sering mencet sendiri. Mengapa saya mengetahuinya ? Karena saya pernah mengalaminya.

Dimana waktu itu saya pernah coba untuk menginstal Custom ROM di HP teman, hasilnya :

.. touchscreen HP malah suka bergerak sendiri setelah selesai melakukan update.

Bingung rasanya saat itu, namun setelah ditelusuri ternyata penyebabnya berasal dari bug ROM yang saya gunakan.

Tanpa pikir panjang untuk mengatasi hp yang selalu kembali ke menu awal tersebut, saya lakukan :

  • Reflash HP : Mengganti ROM-nya ke versi lain yang lebih stabil.

Namun jika bugs yang kamu alami bukan karena seperti yang saya lakukan, melakukan factory reset juga cukup efektif untuk memperbaiki touchscreen hp yang selalu mencet sendiri tersebut.

8. Bawa Ke Tempat Service


Seperti yang saya katakan sebelumnya, "sebaiknya ganti touchscreen hp tersebut, jika penyebabnya berasal dari kerusakan hardware".

Jadi jika hp kamu baru saja terjatuh ataupun kena air, sebaiknya bawa ke tempat service terdekat. Dengan tujuan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, apakah perlu penggantian layar hp atau tidak.

Kamu bisa memperkirakan biaya service ganti touchscreen hp android dengan melakukan pencarian di google, misalnya saja hp kamu habis kena air.

Cukup ketik pencarian "touchscreen hp kena air" (tanpa tanda petik dua) setelah itu lihat referensi yang ada disana.

cara mengatasi layar hp mencet sendiri

Penutup

Lalu cara mengatasi layar hp bergerak sendiri mana yang akan kamu gunakan terlebih dahulu ? Apakah menggunakan Aplikasi Partial Screen ?

atau hanya dengan mengganti kabel dan chargernya saja ?

Apapun itu, berikan komentar kamu setelah kamu berhasil mengatasi masalah tersebut menggunakan cara di atas.

Semoga postingan saya kali ini bisa membantu kamu menyelesaikan masalah yang sedang kamu alami saat ini. Sekian dan terima kasih.

Situs ini juga direkomendasikan di Channel Youtube. Open chat lewat Whatsapp !

Tips android menarik lainnya :

Powered by Blogger.