January 29, 2019

Play Store Tidak Bisa Dibuka Di Hp Oppo ? Ikuti Tips Berikut Ini




Tidak bisa buka play store - Bagaimana cara mengatasi play store tidak bisa dibuka di hp oppo ? Sebagai pengguna smartphone android tentu kita pernah mengalami google play bermasalah seperti adanya pesan eror, play store tidak ada sambungan hingga tidak berfungsi sama sekali. Tentu jika play store hp oppo mengalami error tersebut, kita pasti akan mencari solusi tidak bisa membuka google play store agar ponsel android oppo yang kita miliki dapat mendownload aplikasi kembali. Untuk itu diperlukan langkah yang tepat supaya playstore android dapat kembali terbuka dan kita bisa menginstall aplikasi seperti biasanya.

Pengguna oppo smartphone akan mengalami kesulitan ketika akan memasang game ataupun suatu aplikasi android jika hp android oppo tidak bisa membuka google play store. Walaupun apabila google play store gak bisa dibuka pada ponsel oppo, kita sebenarnya masih dapat menginstall suatu aplikasi dari sebuah file APK namun tetap saja pilihan paling aman tentu dengan mengunduh aplikasi tersebut melalui playstore hp android. Lantas bagaimana cara memperbaiki playstore hp oppo yang tidak bisa di buka sehingga kita tidak dapat mendownload aplikasi pada google play android tersebut ? Namun sebelum menginjak pada langkah perbaikan alangkah baiknya jika kita mencari tahu terlebih dahulu alasan yang menjadi penyebab kenapa google play store tidak bisa dibuka.

baca juga :

Oleh karena itu kami Smartphone Solution kali ini akan mencoba untuk berbagi tips jika kita menghadapi google play yang bermasalah seperti tidak dapat masuk maupun mengunduh aplikasi lewat playstore android tersebut. Sering kali yang menjadi penyebab play store tidak bisa dibuka di oppo adalah selalu muncul batas waktu koneksi habis yang dikarenakan oleh koneksi internet yang lambat. Selain itu play store android error dengan munculnya notifikasi "Sayangnya Google Play Store Telah Berhenti" juga dapat berasal dari pengaturan pengguna hp oppo maupun disebabkan oleh bugs. Untuk itu mari kita ikuti langkah - langkah cara memperbaiki google play store yang tidak bisa dibuka di hp android oppo secara lengkap di bawah ini.

Play Store Tidak Bisa Dibuka Di Hp Oppo ? Ikuti Tips Berikut Ini

cara memperbaiki google play store yang tidak bisa dibuka

Dibawah ini merupakan beberapa langkah yang dapat kita coba untuk mengatasi masalah play store yang error pada semua tipe hp oppo smartphone seperti Oppo Joy, Mirror 5, Oppo R7, Oppo F1, Oppo seri A dan seri lainnya.

Cara memperbaiki google play store yang tidak bisa dibuka


1. Matikan Hp Oppo kemudian Restart

Langkah termudah untuk mengatasi play store tidak bisa dibuka pada oppo smartphone yang pertama adalah dengan melakukan restart hp android oppo yang kita miliki. Dimana setelah kita mematikan smartphone android tersebut, tidak lupa juga untuk melepaskan kartu memori eksternal micro SD Oppo dan SIM Card. Kemudian diamkan beberapa saat kemudian pasang dan hidupkan kembali.

2.  Keluar Dari Akun Google

Cara lain apabila dengan cara di atas hp oppo masih tidak bisa membuka google play store adalah dengan keluar dari akun google kemudian masuk kembali. Sebenarnya dengan cara kali ini juga dapat digunakan ketika hp android oppo sedang mengalami masalah tidak dapat menginstall aplikasi android.

3.  Paksa Berhenti Aplikasi Play Store

Cara memperbaiki playstore hp oppo yang tidak bisa di buka sebelum kita menginjak pada langkah yang lebih sulit adalah dengan memaksa berhenti aplikasi terlebih dahulu. Untuk melakukan langkah tersebut kita cukup dengan masuk pada menu "Settings > Apps > Tab All > cari aplikasi Google Play Store" setelah itu tekan tombol "Force Stop".

4. Bersihkan Data Aplikasi Play Store

Namun jika yang terjadi adalah seringnya muncul pesan "Unfortunately, google play store has stopped" pada layar hp android oppo maka yang perlu untuk kita lakukan adalah dengan membersihkan data aplikasi tersebut. Langkah - langkah untuk bersihkan data aplikasipun cukup mudah yakni dengan cara masuk pada menu "Settings > Apps > tab All > Google Play Store" tap  tombol "Clear Data".

5. Perbarui Aplikasi Play Store

Apakah kita sudah menggunakan versi terbaru dari aplikasi google play store ? Perlu untuk kita ketahui bahwasanya dengan melakukan update secara tidak langsung kita juga memperoleh perbaikan bugs dan meningkatkan kinerjanya sehingga google play bermasalah dapat teratasi.

6. Update Aplikasi Google Play Service

Sebenarnya pada oppo smartphone model cina  memang tidak dibekali dengan aplikasi Google Apps. Untuk itu kita perlu memastikan versi terakhir aplikasi play service jika smartphone yang kita miliki tersebut sudah di flash melalui custom recovery.

7.  Hapus Pembaruan Aplikasi Play Store

Apabila play store tidak bisa dibuka di hp oppo terjadi setelah kita melakukan update aplikasi tersebut maka untuk mengatasi agar hp oppo dapat instal aplikasi kembali adalah dengan mengembalikan aplikasi tersebut ke versi semula. Caranya "Settings > Apps > tab All > Google Play Store" tap  tombol "Uninstall Update".

baca juga :

8. Perbarui Versi colorOS atau Android OS

Apabila memang sudah tersedia, periksa lalu update versi colorOS dan Android untuk menutup kemungkinan bugs dan error dari versi saat ini yang mengakibatkan hp oppo tidak bisa memasang aplikasi melalui playstore android.

9. Wipe Cache Partition

Cara mengatasi play store tidak bisa dibuka di hp Oppo selanjutnya yang perlu dilakukan dengan hati - hati adalah dengan melakukan wipe cache partititon. Cara masuk ke Recovery Mode Oppo dan melakukan langkah kali ini sebenarnya tidaklah terlalu sulit namun perlu dilakukan dengan hati - hati, langkah - langkahnya adalah :
  1. Matikan smartphone kemudian tekan tombol "Volume Down + Power". 
  2. Saat hp oppo bergetar, lepaskan kedua tombol tersebut hingga muncul logo OPPO. 
  3. Selanjutnya pilih bahasa dan tap “Wipe data and cache”. 
  4. Pilih hanya opsi “Wipe cache” kemudian tap “Yes”. 
  5. Setelah selesai, tap “Reboot”.

10. Factory Reset Hp Oppo

Ini merupakan salah satu metode yang cukup berhasil untuk memperbaiki play store di hp Oppo semua tipe. Akan tetapi sebelum melakukan langkah terakhir dalam mengatasi tidak bisa download aplikasi di play store adalah membackup semua data di dalam oppo smartphone yang kita miliki tersebut.

Demikian postingan kami kali ini yang baru saja mengulas tentang cara mengatasi google play store error di hp android oppo. Semoga dengan 10 cara diatas dapat memberikan manfaat untuk kita semua sehingga google play yang bermasalah di smartphone android oppo dapat teratasi, sekian dan terima kasih ..

Situs ini juga direkomendasikan di Channel Youtube. Open chat lewat Whatsapp !

Tips android menarik lainnya :

Powered by Blogger.