April 03, 2022

7 Cara Mengatasi Notifikasi WA Tidak Bunyi Di HP Xiaomi




Notifikasi wa tidak bunyi - Bagaimana cara mengatasi notifikasi wa tidak bunyi di hp android ? Nada notifikasi wa tidak bunyi ketika ada pesan masuk adalah suatu hal sering kali terjadi pada semua hp android.

Pada umumnya saat kamu mendapat pesan chat wa di hp android akan diberitahukan melalui notifikasi seperti pop up di bagian atas layar ponsel ataupun dengan pemberitahuan berupa suara.

Namun terkadang notifikasi pesan wa tersebut malah tidak bunyi pada ponsel android yang kalian miliki. Lantas bagaimana cara memperbaiki suara nada dering yang tidak terdengar saat ada pesan masuk di hp android tersebut ?

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini Smartphone Solution akan mencoba memberikan beberapa langkah untuk membuat hp android bunyi kembali ketika ada pemberitahuan pesan masuk dari aplikasi whatsapp.

Untuk itu mari langsung saja kita simak ulasan selengkapnya mengenai 7 cara mengatasi nada notifikasi wa tidak bunyi di hp xiaomi di bawah ini.

baca juga : Cara Mengatasi Voice Note Whatsapp Tdak Ada Suara

7 Cara Mengatasi Nada Pemberitahuan Whatsapp Tidak Ada Suara Di HP Android

cara mengatasi notifikasi wa tidak bunyi di xiaomi

Sebenarnya penyebab notifikasi pesan whatsapp tidak ada suara tersebut disebabkan oleh 2 faktor, yaitu pengaturan notifikasi pada aplikasi wa di hp kamu dalam keadaan mati dan pengaturan notifikasi untuk aplikasi whatsapp di sistem android dalam keadaan tidak aktif.

Dan pada masalah whatsapp tidak ada suara pesan masuk ini, kami lakukan percobaan menggunakan ponsel android xiaomi. 

Meskipun menggunakan hp android xiaomi, untuk mengatasi notifikasi wa tidak bunyi di xiaomi sebenarnya tidak jauh berbeda dengan tipe android lainnya.

Cara Mengatasi HP Android Yang Tidak Bunyi Saat Whatsapp Ada Pesan Baru


1. Periksa Setelan Perangkat Android

Berbagai tipe hp android seperti hp xiaomi, asus zenfone, oppo smartphone, vivo, lenovo ataupun samsung tentu pernah mengalami masalah tidak ada suara saat ada pesan masuk dari aplikasi whatsapp.

Walaupun bukan menjadi masalah besar namun jika dibiarkan tentu akan membuat kita tidak mengetahui adanya chat ataupun panggilan masuk via wa karena nada pemberitahuan whatsapp yang tidak bunyi tersebut

Untuk itu kamu perlu mengaktifkan notifikasi wa di hp xiaomi dengan cara sebagai berikut :

Cara Pertama

  • Masuk pada menu pengaturan > cari menu Notifikasi & Bar status lalu cari Notifikasi Aplikasi > pilih aplikasi WhatsApp dan pastikan opsi Tampil Notifikasi / Show Notification dalam keadaan aktif.

Cara Kedua

  • Masuk pada menu Pengaturan > Suara & Pemberitahuan lalu cari menu Pemberitahuan Aplikasi > pilih aplikasi WhatsApp dan aktifkan pada pilihan Prioritas. Dengan langkah kedua ini akan menampilkan semua notifikasi WA pada hp android.

2. Periksa Setelan Aplikasi WA

Dengan adanya masalah tersebut kita tentu tidak akan dapat mengetahui notifikasi pesan baru sudah masuk atau belum.
Maka dari itu agar dapat membuat wa dapat mengeluarkan suara kembali ketika ada notifikasi pesan tersebut kita perlu mengaktifkan pengaturan yang telah kami sampaikan.

cara mengatasi notifikasi wa tidak bunyi di xiaomi

Berikut langkah - langkah untuk mengaktifkan kembali pemberitahuan aplikasi wa yang tidak berbunyi tersebut, diantaranya :

  • Langkah pertama kita buka terlebih dahulu aplikasi whatsapp di hp xiaomi
  • Setelah itu klik tombol titik 3 di pojok kanan atas >> pilih menu Setelan
  • Lalu di halaman pengaturan atau setelan, kita pilih Menu Notifikasi
  • Langkah terakhir tinggal kita pastikan Nada Percakapan dalam keadaan aktif, kemudian pada Opsi Nada getar dan juga nada notifikasi untuk pemberitahuan pesan dan notifikasi grup pada pengaturan yang benar

lihat juga :
  1. Cara Mengatasi Notifikasi Whatsapp Tidak Muncul di Xiaomi
  2. Daftar Biaya Service Speaker HP Xiaomi Yang Rusak

3. Setel Ulang Preferensi Aplikasi WhatsApp

Perlu untuk kamu ketahui bahwa preferensi aplikasi WhatsApp yang salah juga dapat menjadi penyebab nada wa tidak bunyi.

Hal ini dikarenakan semua aplikasi yang diinstall pada hp android akan meminta pengaturan dan hak akses tertentu.

Maka dari itu aplikasi wa tidak akan bisa bekerja dengan baik untuk menampilkan notifikasi jika preferensi yang dipakai berbeda dengan kebutuhan aplikasi.

Untuk mengatasinya kamu harus mengembalikan preferensi ke pengaturan awal dengan cara masuk ke menu Pengaturan > pilih Aplikasi > klik menu yang ada di pojok kanan atas kemudian pilih dan Reset App preferences.

4. Keluar dari Layanan WhatsApp Web

Jika kamu baru saja masuk ke aplikasi wa lewat WhatsApp Web di PC atau laptop maka terdapat kemungkinan hal tersebut yang menjadi penyebab notifikasi wa tidak terdengar.

Kenapa nada pesan whatsapp tidak bunyi ? Hal ini dikarenakan notifikasi akan masuk terlebih dahulu di WhatsApp Web daripada di ponsel yang kamu miliki.

Oleh karena itu agar hp android ada suara saat ada notifikasi pesan wa tersebut, cobalah untuk keluar dari layanan WhatsApp Web dengan cara sebagai berikut :

Cara Keluar Dari Semua Layanan Whatsapp Web Lewat HP Android

  • Silakan buka aplikasi WhatsApp
  • Lalu pilih menu "tiga titik" di pojok kanan atas
  • Kemudian pilih WhatsApp Web
  • Dan klik pada pilihan log out from all computers 

5. Ganti Nada Pesan WA

Lagu atau nada notifikasi yang pernah kamu pilih sebagai nada dering notifikasi wa sudah terhapus adalah salah satu alasan kenapa wa tidak ada suara saat ada pesan masuk.

Oleh karena itu agar ada suara di hp kamu saat chat baru masuk maka cobalah untuk mengganti nada notifikasi lama tersebut.

Berikut langkah - langkah yang bisa kamu ikuti sebagai cara mengubah notifikasi pesan wa, pertama buka aplikasi whatsapp > klik menu "titik tiga" > pilih setelan lalu tekan menu notifikasi.

Langkah berikutnya kamu tinggal rubah pada bagian Suara atau Nada notifikasi sesuai dengan keinginan kamu.

6. Hapus Data Aplikasi WA

Jika beberapa cara di atas ternyata belum mampu membuat hp android bunyi saat ada pemberitahuan wa maka cobalah untuk mengembalikan pengaturan WhatsApp ke default.

Kita dapat melakukannya dengan mereset data aplikasi whatsapp dengan masuk ke menu Pengaturan > pilih menu Aplikasi dan pilih WhatsApp > lalu pilih menu Hapus Data.

Dengan menghapus data maka aplikasi whatsapp akan kembali ke setelan awal seperti saat kita baru saja mengunduhnya.

baca juga : Cara Menampilkan Pemberitahuan Diatas Layar HP

7. Pastikan HP Android Tidak Dalam Kondisi Diam (Mute)

Cara terakhir ini adalah hal terpenting dan terkadang kita lupakan, menurut situs technoecho.

Jika hp android tidak ada suara maka coba cek terlebih dahulu apakah pengaturan volume hp dalam kondisi diam. Bagaimanapun caranya jika setingan hp dalam kondisi "mute" tentu suara tidak akan terdengar.

Dan cobalah untuk mendengarkan musik di hp android yang kamu miliki, bisa jadi suara tidak mau keluar saat ada pesan wa masuk tersebut dikarenakan speaker hp yang rusak.

Demikian pertemuan kita kali ini yang baru saja mengulas akan masalah pemberitahuan aplikasi whatsapp yang tidak muncul di hp xiaomi. Semoga postingan kami kali ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih ..

Situs ini juga direkomendasikan di Channel Youtube. Open chat lewat Whatsapp !

Tips android menarik lainnya :

Powered by Blogger.