April 15, 2022

Speaker HP Rusak Karena Jatuh ? Berikut 6 Solusi Terbaiknya !




Speaker HP Rusak - Bagaimana cara memperbaiki speaker hp rusak karena jatuh ? Inilah yang saya pikirkan setelah suara speaker tidak keluar akibat ponsel android yang terjatuh beberapa hari yang lalu.

Awalnya suara speaker pecah namun setelah 2 hari berlalu tiba - tiba speaker hp mati dan tidak bersuara, mungkin efek dari hp terbentur cukup keras setelah jatuh dari tempat yang cukup tinggi.

Selain hal tersebut jika hp jatuh dan speaker mengalami kerusakan biasanya akan ditandai dengan ciri - ciri mulai dari bunyi kresek - kresek (tidak jelas) sampai loudspeaker hp mati apabila kamu gunakan untuk mendengarkan musik ataupun telepon.

Maka dari itu jika kamu mengalami masalah pada komponen speaker, kamu bisa mencoba solusi speaker hp rusak dari saya ini.

Cara Memperbaiki Speaker HP Yang Rusak Karena Jatuh

cara memperbaiki speaker hp rusak karena jatuh

Pada dasarnya untuk memperbaiki speaker hp rusak agar bisa keluar suara lagi solusinya adalah dengan mengganti speaker hp yang baru.

Namun pada situs Smartphone Solution kali ini, saya akan berikan beberapa cara lain sebelum pergi ke tempat service untuk melakukan penggantian komponen speaker tersebut.

Dan cara mengatasi speaker hp rusak karena jatuh ini bisa kamu terapkan pada hp xiaomi, oppo, asus, vivo, samsung ataupun hp nokia sekalipun.

Berikut cara memperbaiki speaker hp tidak berfungsi setelah jatuh yang dapat kamu lakukan cukup dari rumah saja :

1. Cek Speaker HP Mati Atau Tidak

cek speaker hp rusak

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan jika setelah hp terjatuh tiba tiba speaker tidak keluar suara adalah dengan mengecek kondisi speaker tersebut.

Untuk mengecek kondisi speaker hp, kamu bisa lakukan beberapa langkah berikut :

  • Pertama, coba masuk ke pengaturan volume hp.
  • Setelah itu atur volume sampai kondisi maksimal.
  • Kemudian putar musik atau lagu dengan kondisi pengaturan volume tersebut.

Jika suara speaker tidak terdengar maka kemungkinan ada jalur speaker yang terputus atau kerusakan komponen speaker itu sendiri penyebab-nya.

baca juga : Cara Memperbaiki Volume HP Yang Rusak

Namun kamu juga masih bisa memastikannya kembali dengan cara berikut ini.

2. Pastikan Fungsi Speaker Menggunakan Kode Khusus


Sebelum memperbaiki speaker hp android yang rusak, sangat dianjurkan buat mencari tahu sumber kerusakannya terlebih dahulu.

Selain lewat pengaturan volume, pada setiap hp android juga dilengkapi kode khusus untuk memperbaiki speaker yang rusak. Sebenarnya lebih tepatnya sih, buat memastikan fungsi speaker hp tersebut.

kode khusus untuk memperbaiki speaker hp android


Kode khusus ini pada dasarnya berfungsi sebagai hardware test sehingga kamu bisa memeriksa software info, servive test, service info sampai speaker hp masih berfungsi atau tidak.

Untuk memperbaiki speaker hp rusak karena jatuh menggunakan kode khusus caranya juga sangat mudah. Kamu hanya perlu memasukan kode tersebut pada dial phone setelah itu kamu akan masuk ke menu hardware test.

Nah .. untuk mengetahui kode khusus tersebut kamu bisa mencarinya pada pencarian google dengan format "kode untuk memperbaiki speaker hp kamu", misalnya saja : kode khusus untuk memperbaiki speaker hp oppo, vivo ataupun android lainnya.

Atau kamu bisa lihat daftar kode untuk memperbaiki speaker hp tersebut pada postingan saya sebelumnya tentang cara mengatasi hp tidak ada suara, disana lebih lengkap.

Dan jika ternyata setelah di cek kondisinya normal namun suara speaker pecah, kamu bisa mensiasati dengan cara ketiga.

3. Memperbaiki Lewat Sistem


Perlu saya ingatkan sekali lagi, pada dasarnya penyebab speaker hp rusak karena jatuh biasanya adalah pada komponen speaker hp itu sendiri.

Jadi memperbaiki speaker hp lewat sistem ini hanya membantu agar suara yang dihasilkan tidak begitu pecah, bukan menghilangkan suara kreseknya atau kerusakan speakernya.

Namun tidak ada salahnya kamu coba cara di bawah ini agar suara speaker hp tidak begitu pecah saat mendengarkan musik :

  • Pertama, instal dahulu aplikasi MXPlayer.
  • Setelah itu buka aplikasi tersebut, klik menu pada bagian kanan atas >> Pilih Pengaturan >> Audio >> Lalu centang Pemutar Audio.
  • Jika sudah, cobalah untuk memutar musik menggunakan MXPlayer. Klik icon Audio >> Kemudian centang opsi Gunakan Dekoder Audio SW.
  • Apbila suara speaker masih pecah, atur volumenya sampai tidak begitu terdengar lagi.

Selain menggunakan aplikasi tersebut, kamu juga bisa mencoba untuk mematikan daya hp terlebih dahulu jika suara speaker masih tidak jelas dibandingkan sebelum hp terjatuh.

4. Gunakan Aplikasi Tambahan


Perlu untuk kamu ketahui bahwa hp android memiliki 2 speaker, speaker utama dan speaker kedua.

Speaker utama berfungsi untuk mendengarkan musik, sedangkan speaker kedua berfungsi untuk telepon.

Jika permasalahannya pada loadspeaker hp yang mati (speaker utama) maka kamu bisa mengakalinya tanpa pergi ke tempat service dahulu.


Yaitu dengan memindahkan fungsi speaker utama ke speaker kedua.

Berikut cara mengaktifkan-nya :

  • Pertama instal aplikasi SoundAbout terlebih dahulu.
  • Kemudian buka aplikasi >> pilih opsi SoundAbout Service ke ON menjadi With Status.
  • Setelah itu pilih menu Media Audio >> rubah pengaturan dari Speaker ke Earpiece.
  • Berikutnya coba cek lagi suaranya, misalnya saja dengan mendengarkan musik.

Perlu untuk kamu ketahui :

Setelah menggunakan aplikasi speaker hp rusak tersebut, suara hp kamu akan jadi pelan. Sebab speaker yang digunakan adalah speaker kedua yang biasa digunakan untuk telepon.

Selain Aplikasi SoundAbout, kamu juga bisa menggunakan aplikasi lainnya apabila masalahnya adalah load speaker hp mati setelah pakai headset.

5. Keringkan Jika Speaker HP Kena Air


Selain karena jatuh, penyebab speaker hp rusak bisa terjadi juga akibat kena air. Entah itu karena hp jatuh ke dalam air atau kemasukan air hujan sehingga mengakibatkan speaker hp tidak bersuara dengan jelas.

Selama speaker hp tidak mati karena konslet, kamu bisa memperbaikinya dengan cara mengeringkan speaker hp kamu tersebut.

Berikut cara mengeringkan speaker hp yang kena air :

  • Pertama siapkan beras untuk media mengeringkan speaker hp.
  • Setelah itu lepas casing, baterai, slot kartu SIM, dan lain-lain >> dan kemudian rendam HP kamu tersebut dalam beras kering.
  • Diamkan sekitar 1 sampai 2 malam.
  • Jika sudah pasang semua komponen dan coba test speaker-nya.

Dari beberapa pengalaman sebelumnya, mengeringkan speaker hp kena air dengan beras ini cukup ampuh untuk membuat suara hp yang kresek jadi normal kembali.

6. Bawa HP Ke Tempat Service


ganti speaker hp di tempat service

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan apabila kerusakan speaker sudah terlalu parah dan semua langkah di atas tidak bisa mengatasinya adalah dengan membawa hp kamu tersebut ke tempat service.

Disana perbaikan speaker hp rusak karena jatuh yang kamu alami akan di tangani oleh orang - orang ahli di bidangnya.

Demikian pertemuan kita kali ini, semoga kamu tidak terlalu panik karena speaker tidak bisa mengeluarkan bunyi setelah terjatuh.

Sekian dan terima kasih.

Situs ini juga direkomendasikan di Channel Youtube. Open chat lewat Whatsapp !

Tips android menarik lainnya :

Powered by Blogger.