March 12, 2022

5 Cara Mengatasi HP Xiaomi Yang Tidak Ada Suara




HP Xiaomi tidak ada suara - Normalnya, jika tidak pernah jatuh ataupun kemasukan air tentu speaker hp akan keluar suara setiap kali saat ada notifikasi telepon, video call, ataupun memutar musik. Lalu kenapa hp xiaomi tiba tiba tidak ada suara ? Ini yang saya alami awal bulan ini ..

Banyak faktor penyebab hp xiaomi tidak ada suara dan sering kali kerusakan komponen hardware seperti speaker / buzzer, mic ataupun komponen ic akan menjadi sumber masalahnya jika kamu membawa handphone tersebut ke tempat service.

Padahal sebenarnya tidak, sebab saya baru saja berhasil menggunakan cara mengatasi hp xiaomi tidak ada suara hanya di rumah saja. Dan cara memperbaikinya juga menggunakan bantuan software aplikasi.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini Smartphone Solution akan memberikan cara mengatasi hp xiaomi yang tidak keluar suara. Sumbernya saya sendiri yang cari mulai dari forum xiaomi indonesia, lihat tutorial di youtube sampai tanya langsung ke teknisi service hp xiaominya.

Dan cara memperbaiki hp xiaomi tidak ada suara ini bisa kamu aplikasikan pada xiaomi redmi note 4, xiaomi redmi 4a, xiaomi redmi 5 plus, redmi 5a, note 5, xiaomi redmi 6a bahkan redmi 3s juga.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Ada Suara

hp xiaomi tidak ada suara

Sering kali hp xiaomi tidak ada suara dikarenakan kerusakan pada speaker.

Dan speaker hp xiaomi rusak salah satu penyebabnya adalah kemasukan air.

Maka dari itu langkah termudah cara memperbaiki speaker hp xiaomi yang tidak ada suara ini, bisa kamu lakukan seperti video saya berikut ini :



Atau kamu bisa ikuti beberapa solusi jika hp xiaomi tidak keluar suara berdasarkan kerusakannya :


1. Cek Pengaturan Suara, Notifikasi ataupun Nada Dering HP Xiaomi

Coba kamu pastikan dahulu pada pengaturan hp xiaominya, bisa jadi speaker tidak keluar suara karena pengaturan suara, notifikasi ataupun nada dering dalam mode diam.

Jadi selain memastikan pengaturan suara hp xiaomi, kamu juga perlu mengecek settingan suara dari aplikasi yang tidak bunyi.

Kamu bisa mencoba : Cara Mengatasi Notifikasi WA Tidak Bunyi Di Xiaomi pada postingan saya sebelum ini, disana lengkap pembahasannya.

2. Bersihkan Lubang Headset

Kondisi lubang headset yang kotor dapat mengakibatkan pembacaan sistem hp xiaomi error.

Dimana suara hp hilang setelah menggunakan headset, jadi setelah headset dilepas icon headset tidak hilang dan xiaomi tidak ada suara karena ada logo headset tersebut.

Solusinya, coba bersihkan lubang headset hp kamu.

Saya juga sudah siapkan langkah - langkah membersihkan port headset tersebut dan cara lain jika setelah dibersihkan masih tidak ada suara.

Ini panduannya : Cara Mengatasi Suara HP Xiaomi Hilang Karena Headset.

3. Gunakan Kode Khusus Untuk Memperbaiki Speaker HP

Kamu juga bisa menggunakan kode khusus jika dirasa speaker hp xiaomi memang rusak. Sebenarnya kode khusus ini lebih tepatnya digunakan untuk memastikan kerusakan ada pada speaker / buzzer, mic atau komponen ic-nya.

Namun terkadang setelah kita melakukan test menggunakan kode khusus tersebut justru malah bisa memperbaiki speaker hp xiaomi yang tidak ada suara tersebut.


Untuk masuk ke menu hardware test hp xiaomi tersebut, kamu hanya perlu masuk ke dial telepon >> lalu masukan kode *#*#64663#*#* >> secara otomatis akan muncul 27 menu indikator untuk mengecek kerusakan pada hp xiaomi tersebut.

Saya sendiri juga menggunakan kode khusus ini untuk mengecek speaker hp xiaomi yang tidak keluar suara waktu lalu.

baca juga : Panduan Lengkap Mengatasi Suara HP Hilang Secara Tiba Tiba

4. Memutar Suara Dari Aplikasi Pembersih Suara

Cara ini memang terbilang sederhana namun sangat ampuh untuk mengatasi handphone xiaomi tidak ada suara setelah kena air.

Biasanya setelah kamu membersihkan hp xiaomi yang kena air, speaker hp sering kali menjadi tidak ada suara atau mungkin ada suara namun pelan dan terdengar kresek kresek.

Dengan memutar aplikasi untuk memperbaiki speaker hp xiaomi kamu yang tidak ada suara tersebut, dijamin akan membuat kualitas suara speaker hp menjadi jernih dan keras lagi.

Pada postingan saya : Cara Memperbaiki Speaker HP Xiaomi Kresek Kresek ini ..

.. dapat mengembalikan suara yang hilang di hp xiaomi.


5. Ganti Speaker HP Xiaomi

Jika dengan cara ke 4 tersebut, hp android xiaomi kamu masih tidak ada suaranya maka besar kemungkinan kamu perlu ganti speaker hp xiaomi.

Namun kamu juga perlu pastikan sekali lagi, sebab jika hp tidak ada suara saat telepon bisa jadi bukan speakernya yang rusak namun pada mic hp xiaomi-nya.

Ciri - ciri mic hp xiaomi rusak akan ditandai dengan lawan bicara tidak bisa mendengar suara kita, baik itu saat :

telepon, video call, ataupun voice note whatsapp. Kamu bisa merekam suara untuk memastikan kerusakan mic hp, jika tidak ada suara bisa dipastikan mic hp xiaomi kamu rusak.

Namun jika tidak, berikut langkah - langkah mengganti speaker hp xiaomi yang mati tersebut :

  1. Pertama buka casing belakang hp xiaomi kamu tersebut.
  2. lepas casing hp xiaomi
  3. Setelah terbuka lepas modul speaker hp dengan melepas baut pengikatnya.
  4. lepas speaker hp xiaomi
  5. Kemudian lepas bagian speakernya lalu coba cek secara fisik.
  6. Jika tidak terlihat kerusakan seperti gosong atau patah, coba gunakan multitester untuk mengukur hambatannya.
  7. Apabila hambatan di multimeter tidak 0 maka langsung saja ganti speaker hp xiaomi yang baru.
  8. ganti speaker hp xiaomi
  9. Jika sudah pasang board speaker dan tutup casing hp xiaomi.
  10. Setelah itu pastikan speaker hp xiaomi sudah keluar suara atau tidak.

Namun jika setelah memperbaiki speaker hp xiaomi tidak keluar suara dengan cara ganti speaker yang baru ini masih belum berhasil, coba lakukan langkah terakhir ini.


6. Ganti IC Audio

Ganti IC Audio menjadi solusi apabila hp xiaomi tidak ada suara sama sekali, mulai dari nada dering, notifikasi, memutar musik, video call, pengaturan suara, hingga rekam video.

Namun untuk mengatasi xiaomi tidak ada suara karena ic audio rusak ini, saya tidak menyarankan untuk menggantinya sendiri.

Hal ini dikarenakan butuh keterampilan solder menyolder dan menemukan ic audio cukup sulit bagi kita yang belum berpengalaman. Alangkah lebih baiknya, bawa saja ke tempat service.

Buat pengetahuan saja, untuk melepas ic audio kamu perlu melepas cangkang mesin dan biasanya ic audio memiliki kode tersendiri. Misalnya saja ic audio hp xiaomi redmi 3s akan memiliki kode WCD9326.


Kenapa HP Xiaomi Tidak Ada Suara ?

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, alasan terbesar kenapa hp tidak ada suara adalah faktor software ataupun hardware.

Apabila hanya karena kerusakan software kamu bisa atasi menggunakan cara di atas hanya dari rumah saja.

Namun jika sudah kerusakan hardware, sebaiknya bawa ke tempat service. Dan dibawah ini saya berikan informasi biayanya.


Biaya Service HP Xiaomi Tidak Ada Suara

Untuk biaya perbaikan hp xiaomi tidak ada suara, jika kerusakan software akan dikenakan biasa jasa sebesar 120 ribu rupiah.

Dan apabila kerusakan berasal dari hardware, biaya service hp xiaomi tidak ada suara dikenakan 150 ribu rupiah.

Jadi total harga yang perlu kamu bayarkan ya sebesar :

Biaya jasa perbaikan + harga service speaker hp xiaomi = 300 ribu (misalnya).

Untuk memudahkan perhitungan dan mengetahui ketentuan garansi service hp xiaomi tidak ada suara tersebut, sumber yang saya dapatkan ini dari situs biaya perbaikan xiaomi indonesia.

Penutup

Demikian cara mengatasi handphone xiaomi tidak ada suara-nya yang dapat saya berikan pada kesempatan kali ini.

Semoga masalah hp xiaomi tidak ada suara bisa teratasi dengan informasi yang saya bagikan kali ini.

Sekian dan terima kasih ..

Situs ini juga direkomendasikan di Channel Youtube. Open chat lewat Whatsapp !

Tips android menarik lainnya :

Powered by Blogger.