April 02, 2023

Tanda Petir 2 Tidak Muncul Saat HP Xiaomi Di Cas ? Berikut Solusinya !




Tanda Petir 2 Tidak Muncul - Tanda petir 2 di HP Xiaomi merupakan salah satu indikator pengisian daya cepat sedang berlangsung. Dimana tanda petir 2 ini akan muncul ketika fitur fast charging HP Xiaomi sedang aktif.

Namun sayangnya dalam kondisi tertentu fitur fast charging hp xiaomi ini terkadang tidak berfungsi. Dan biasanya akan ditandai dengan tanda petir 2 tidak muncul di HP Xiaomi.

Lantas bagaimana cara mengatasi tanda petir 2 tidak muncul di HP Xiaomi ? Sebab jika hal ini kalian biarkan bisa menjadikan proses ngecas HP Xiaomi kamu menjadi lebih lama terisi penuh.

Oleh karena itu pada pertemuan kali ini saya akan memberikan beberapa cara memunculkan kembali tanda petir 2 saat hp xiaomi di charge tersebut. Untuk langkcara meah - langkahnya bisa kamu lihat pada artikel di bawah ini.


Cara Mengatasi Tanda Petir 2 Tidak Muncul Di HP Xiaomi


Perlu kalian ketahui bahwa pada ponsel android dengan fitur fast charging terdapat 3 metode pengisian dayanya, mulai dari pengisian lambat, cepat dan ekstra cepat.

Sebagai indikator pengisian baterai bisa kalian lihat perbedaannya secara visual, misalnya saja :

Pengisian daya biasa akan ditandai dengan munculnya tanda petir pada bagian icon baterai pojok atas layar HP setelah pengisian daya disambungkan.

Berbeda dengan pengisian daya cepat / fast charging akan ditandai dengan ikon petir 2 setelah HP dicas.

Bagi kamu yang menggunakan HP Xiaomi namun mengalami masalah pada quick charging tersebut, sebelum kita membahas cara mengatasinya mari kita ketahui terlebih dahulu sumber penyebab tanda petir 2 tidak muncul di HP Xiaomi tersebut.


Penyebab Tanda Petir 2 Tidak Muncul Di HP Xiaomi

Berikut penyebab HP Xiaomi dicas tidak muncul tanda petir 2 :


  • Fitur fast charging belum aktif
  • Kabel charger tidak support fast charging
  • Kepala charger tidak mendukung pengisian daya cepat
  • Port charger di HP bermasalah
  • Baterai bermasalah
  • Power IC rusak
  • Output charger yang dihasilkan tidak sesuai dengan tegangan maksimal yang didukung
baca juga : Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Bisa Di Cas

Cara Mengatasi HP Xiaomi Dicas Tapi Tidak Muncul Tanda Petir 2

Pada dasarnya solusi dari masalah hp xiaomi tidak bisa di charger ini hanyalah dari faktor pendukung dan software dari perangkat android itu sendiri.

1. Restart Ulang HP Xiaomi

Langkah termudah untuk mengatasi masalah fast charging hp xiaomi yang tidak berfungsi ini adalah dengan merestart ponsel android kamu tersebut.

Lamanya tidak pernah mematikan perangkat android dapat menyebabkan penumpukan file cache yang dapat mengakibatkan kinerja hp android menjadi berkurang.

Dengan melambatkannya kinerja ponsel maka tidak menutup kemungkinan akan mengganggu beberapa fitur pada perangkat android xiaomi tersebut, salah satunya tanda petir 2 tidak mau muncul ketika di cas.

Maka dari itu tidak ada salahnya jika kamu mematikan hp xiaomi kamu terlebih dahulu lalu hidupkan kembali untuk mengatasi masalah tanda petir 2 tidak muncul tersebut.

2. Aktifkan Pengaturan Fitur Fast charging HP Xiaomi

Perlu kalian ketahui bahwa saat kamu menghubungkan charger yang support dengan pengisian daya cepat ke HP Xiaomi, ada beberapa tipe Xiaomi yang fitur fast charging sudah aktif secara otomatis dan ada juga yang belum aktif.

Maka dari itu bagi pengguan HP Xiaomi yang tidak bisa secara otomatis, kamu perlu mengaktifkan fitur fast charging terlebih dahulu.

Berikut langkah - langkah mengaktifkan fitur fast charging :


  • Langkah pertama masuk ke menu Pengaturan
  • Setelah itu cari pengaturan Baterai
  • Kemudian aktifkan pengaturan fast charging

3. Periksa Charger dan Kabel Charger

Jika pengaturan fast charging sudah kamu aktifkan namun tanda petir 2 masih tidak muncul saat hp xiaomi disambungkan dengan chargernya maka coba periksa kembali charger dan kabel chargernya.

Pertama kamu pastikan kepala chargernya terlebih dahulu, sebab faktor umur pakai bisa mengakibatkan daya yang dihasilkan tidak sesuai dengan yang dibutuhkan HP Xiaomi tersebut.

Atau bisa jadi HP Xiaomi sudah fast charging namun kepala charger malah belum mendukung fitur fast charging tersebut.

Selain kepala charger, kamu juga harus memastikan kabel USB-nya juga. Kondisi kabel charger mengelupas ataupun rokek dapat mengakibatkan pengiriman arus menjadi tidak lancar.

4. Periksa Port Charger HP Xiaomi

Port charger atau lubang charger juga bisa mempengaruhi muncul atau tidaknya tanda petir 2 di HP Xiaomi saat di cas.

Kondisi port charger hp xiaomi yang kotor ataupun mulai longgar akan membuat fitur fast charging di hp xiaomi menjadi tidak berfungsi.

Maka dari itu kamu perlu memperbaiki port charger hp xiaomi yang rusak tersebut. Namun kamu tidak perlu khawatir karena pada postingan sebelumnya saya sudah menuliskan secara lengkap untuk mengatsai masalah pada port charger.

Kamu bisa melihatnya pada postingan saya di bawah ini :


baca juga : Cara Memperbaiki Port Charger HP Xiaomi

5. Bawa Ke Service Center HP Xiaomi

Jika semua cara diatas sudah kamu coba namun masih saja tanda petir 2 tidak muncul saat hp xiaomi di cas maka tidak ada salahnya jika kamu bawa saja ke service center terdekat.

Bisa jadi penyebab utamnya sudah dari hardware perangkat xiaomi tersebut yang rusak, misalnya saja baterai xiaomi ataupun ic power yang sudah rusak.

Jadi pada intinya jika :


  • Semua cara di atas sudah dilakukan
  • Sudah menggunakan charger yang support fast charging
  • Sudah mencoba ganti charger dan kabel USB lain
  • Dan sebelumnya fitur quick charge berjalan lancar

Namun tanda petir 2 tidak muncul maka segera atasi masalah tersebut dengan membawanya ke tempat service resmi hp xiaomi terdekat.


Penutup

Demikian pertemuan kita kali ini yang baru saja mengulas tentang Cara Mengatasi HP Xiaomi Dicas Tapi Tanda Petir 2 Tidak Muncul.

Semoga postingan kali ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua dan silakan tulis pada kolom komentar jika ada hal yang ingin kalian tanyakan.

Sekian dan terima kasih.

Situs ini juga direkomendasikan di Channel Youtube. Open chat lewat Whatsapp !

Tips android menarik lainnya :

Powered by Blogger.