Solusi Hp Xiaomi Yang Sering Restart Sendiri


Hp xiaomi restart sendiri - Bagaimana cara mengatasi hp xiaomi yang sering restart sendiri ? Memang tidak sedikit pengguna hp xiaomi yang mengalami masalah dimana ponsel android xiaomi tiba - tiba mati sendiri. Terlebih lagi jika kita adalah pengguna smartphone xiaomi redmi 1S, redmi 3, Mi3, Mi4 atau Xiaomi tipe lainnya yang sangat suka mengubah MIUI ROM menjadi versi yang berbeda. Masalah seperti hp xiaomi restart terus menerus, sering reboot ulang ataupun bootloop (brick) akan menjumpai perangkat android tersebut.

Perlu untuk kita ketahui bahwa memasang MIUI ROM yang tidak sesuai pada perangkat xiaomi yang kita miliki adalah salah satu penyebab hp xiaomi sering mati secara mendadak. Namun tidak dipungkiri juga terkadang hp xiaomi error tidak bisa hidup atau bootloop juga terjadi pada hp xiaomi baru kita beli sekalipun. Lantas jika terjadi hal tersebut, bagaimana langkah kita untuk memperbaiki hp xiomi redmi yang sering mati mendadak ? Meskipun factory reset ataupun flashing hp xiaomi adalah solusi xiaomi mendadak sering restart namun jarang pengguna smartphone tersebut yang menginginkannya.

Hal ini dikarenakan factory reset hp xiaomi akan menghilangkan semua data dan aplikasi yang ada pada perangkat android tersebut. Oleh karena itu pada pertemuan kita kali ini, kami Smartphone Solution akan mencoba berbagi cara untuk mengatasi ponsel xiaomi yang sering restart sendiri. Disini kami akan berikan solusi untuk mengatasi brick / bootloop di hp xiaomi tanpa harus menghilangkan aplikasi yang ada. Mari langsung saja kita simak ulasan selengkapnya mengenai Penyebab dan Solusi Hp Xiaomi Yang Hang Sering Bootloop di bawah ini.

Solusi Hp Xiaomi Yang Sering Restart Sendiri

cara memperbaiki hp xiomi redmi sering mati sendiri

Sebelum kita memulai untuk mengatasi hp xiaomi yang sering restart sendiri tersebut, alangkah lebih baiknya jika kita terlebih dahulu mengetahui beberapa faktor yang menjadi penyebab perangkat xiaomi tersebut menjadi sering mendadak mati sendiri seperti berikut ini :

Penyebab Hp Xiaomi Sering Restart atau Mati Sendiri

1. Aplikasi yang berjalan atau terbuka di latar belakang terlalu banyak
  • Perlu untuk kita ketahui bahwa aplikasi yang berjalan atau terbuka di latar belakang dapat memakan jumlah RAM yang berlebihan. Tidak berhenti disitu saja, kinerja processor ponsel android akan semakin lambat karena proses kinerja processor terhambat. Maka tidak heran jika sering kali hp xiaomi menjadi lelet atau lemot sebelum xiaomi device tersebut mati secara sendirinya.

2.  Ponsel android terlalu panas
  • Ponsel xiaomi yang terlalu panas akan mengakibatkan sistem memaksa agar mematikan ponsel android tersebut secara otomatis meskipun dalam keadaan hidup.

3.  File sampah yang menumpuk pada hp xiaomi
  • Salah satu penyebab kinerja ponsel android xiaomi menjadi melambat adalah karena terlalu banyak sampah file yang menumpuk pada hp xiaomi yang kita miliki tersebut. Dampak buruknya penggunaan yang berlebihan pada CPU, Memory RAM dan GPU perangkat xiaomi tersebut membuat hp xiaomi menjadi sering restart atau mati sendiri.

4. Hp xiaomi tersebut terserang virus
  • Sering kali virus yang masuk pada ponsel android terjadi ketika kita sedang browsingan di internet atau berbagi data dengan bluetooth atau masih banyak lagi. Untuk itu kita perlu memeriksa dan hapus virus yang ada pada ponsel xiaomi tersebut, bisa dengan menggunakan aplikasi antivirus yang dapat kita unduh melalui aplikasi google play.

5.  Terdapat kerusakan pada komponen hardware hp xiaomi
  • Adanya kerusakan pada komponen hardware di perangkat xiaomi yang kita miliki juga menjadi salah satu penyebab ponsel android sering restart atau mati sendiri. Misalnya saja konektor penghubung baterai ponsel android longgar yang sering kali terjadi karena kita terlalu sering membuka pasang baterai ponsel xiaomi tersebut.

6. Faktor usia
  • Usia ponsel sudah tua sehingga tidak heran bila banyak sekali terjadi permasalahan pada ponsel android. Salah satunya permasalahan ponsel android sering mati mendadak.

lihat juga :
HP Xiaomi Tidak Bisa Full 100% Saat Di Charge Hanya Dengan Mengganti Baterai Baru

Cara Mengatasi Hp Xiaomi Bootloop (Brick) atau Sering Restart Sendiri


Untuk mengatasi hp xiaomi yang mendadak sering mati sendiri tersebut, disini kami akan melakukan Wipe atau Reset di perangkat Xiaomi. Namun sebelumnya perlu untuk kita ketahui terlebih dahulu bahwa Metode Wipe ataupun Reset memiliki resiko akan menghilangkan data - data di memori internal, oleh karena itu kita perlu untuk melakukan backup terhadap data penting yang ada pada perangkat tersebut. Berikut langkah - langkah untuk melakukan Wipe atau Reset di perangkat Xiaomi melalui MI Recovery mode, diantaranya :

  1. Pertama - tama matikan (turn off) device Xiaomi yang kita miliki
  2. Kemudian masuk ke MI Recovery mode dengan cara tekan dan tahan tombol Volume up + Power secara bersamaan hingga menu recovery muncul dilayar ponsel android xiaomi tersebut
  3. Dalam modus recovery, pilih bahasa "English"
  4. Setelah itu pilih Wipe & Reset
    wipe & riset hp xiaomi
  5. Dan akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini 
    wipe & riset hp xiaomi
  6. Disini kita pilih satu persatu perintah diatas (jangan sekaligus). Setiap satu proses perintah selesai dilakukan, pilih Back untuk kembali ke halaman main menu, setelah itu pilih Reboot > Reboot to System One (latest) untuk menghidupkan device secara normal. Lihat hasilnya, jika gagal baru lakukan perintah yang lainnya

Note's :
  • Wipe Cache : Menghapus file cache di sistem device Xiaomi
  • Wipe User Data : Menghapus data pengguna
  • Wipe all Data : Menghapus semua data pengguna dan data aplikasi (Factory Reset)
  • Dalam modus recovery, gunakan tombol Volume Up dan Volume Down untuk menavigasi (naik turun), dan gunakan tombol Power untuk memilih menu yang diinginkan

Cara di atas dapat kita gunakan untuk semua tipe hp xiaomi yang mengalami masalah sering restart sendiri, namun jika dengan cara tersebut belum memberikan hasil yang optimal berikut ini akan kami berikan beberapa cara untuk mengatasi hp xiaomi redmi 3 dan xiaomi redmi note 4 yang sering bootloop dari beberapa sumber yang dapat kami percaya.

Cara Mengatasi Hp Xiaomi Redmi 3 Sering Restart Sendiri

  1. Langkah pertama yang perlu untuk kita persiapkan adalah Komputer atau Laptop, dan koneksi internet.
  2. Setelah itu unduh aplikasi MiPhone di http://bigota.d.miui.com/tools/MiPhone20151028.exe , dan install aplikasi tersebut.
    Unduh juga file Fastboot Xiaomi Redmi 3 di http://en.miui.com/a-234.html (Scroll ke bawah dan cari file Redmi 3 / Prime Latest Global Stable Version Fastboot File, ingat yang global bukan developer)
  3. Setelah file tersebut selesai kita unduh, pastikan file tersebut bertipe ".tgz" jika bukan ubah file tersebut menjadi ".tgz" (contoh : namafile.gz menjadi namafile.tgz).
  4. Kemudian ekstrak file Fastboot tersebut dan akan menghasilkan sebuah folder beserta isinya, pastikan kita mengekstrak file Fastboot tersebut pada folder yang mudah di jangkau, semisal di "Partisi D:\" letakkan di "partisi D:\" jangan di dalam "folder yang ada di partisi D:\".
  5. Langkah berikutnya matikan Xiaomi Redmi 3 yang kita miliki tersebut, setelah mati tekan dan tahan tombol Volume Down (-) dan tombol Power secara bersamaan dan tunggu sampai masuk ke FastBoot (tanda jika sudah masuk ke fastboot adalah gambar MIUI yang sedang memperbaiki robot Android).
  6. Kemudian masuk ke menu FastBoot dan hubungkan Xiaomi Redmi 3 tersebut ke Komputer atau Laptop menggunakan kabel USB.
  7. Buka aplikasi MiPhone yang telah kita install sebelumnya (langkah No.2). Setelah terbuka klik tombol Browser kemudian arahkan ke Folder hasil ekstrak file Fastboot tadi (Lihat langkah No.3 dan No.4), atau kita dapat langsung mengcopy Folder Path hasil ekstrak file fastboot tadi ke Address bar aplikasi MiPhone.
  8. Setelah langkah No.7 selesai, klik tombol Refresh dan tunggu proses Refresh.
  9. Jika telah selesai klik tombol Flash, dan tunggu proses Flashing berjalan (ingat jangan sampai kabel USB yang terhubung ke laptop atau komputer kita terputus).
  10. Apabila proses Flashing sudah selesai, perangkat xiaomi yang kita miliki tersebut akan ter-restart dan masuk ke menu home.
  11. Selesai.

baca juga :

Cara Mengatasi Hp Xiaomi Redmi Note 4 Sering Restart Sendiri

Bahan - bahan yang diperlukan :
  • Fastboot Rom Xiaomi Redmi Note 4 ( http://safelinkdownloadfile.blogspot.com/p/go.html?url=aHR0cDovL2JpdC5seS8yaXozR2RI )
  • SP Flash Tools Untuk Xiaomi Redmi Note 4 ( http://safelinkdownloadfile.blogspot.com/p/go.html?url=aHR0cDovL2JpdC5seS8yaHQ0SXJ1 )
  • Cust_Global.rar ( http://safelinkdownloadfile.blogspot.com/p/go.html?url=aHR0cDovL2JpdC5seS8yaWE0Smhu )
  • Kabel data

Cara Flash Hp Xiaomi Redmi Note 4 :
  1. Pertama - tama kita unduh terlebih dahulu ketiga File diatas lalu Ekstrak terlebih dahulu SP Flash Toolsnya
  2. Selanjutnya Instal Driver SP Flash Toolsnya lalu Restart PC / Laptop yang kita miliki
  3. Setelah sudah di Restart, lalu Ekstrak Fastboot Rom Xiaomi Redmi Note 4 nya
  4. Selanjutnya Ektrak "Cust_Global.rar" tadi, jika sudah di Ekstrak Copy Cust.img nya ke Folder Images yang terletak di dalam Folder hasil Ekstrak Fastboot Rom tadi
  5. Kemudian Jalankan "Flash_tool.exe" dengan Run Administrator yang terletak di dalam Folder SP Flash Tools tadi
  6. Pada bagian Download Agent pilih "MTK_All_In_One.bin"
  7. Lalu di bagian Scartter - loading arahkan ke "MT6797_Android_Scatter.txt" yang berada di Folder Images Fastboot Rom tadi
  8. Jangan centang Opsi Preloader dan yang lainnya harap di centang
  9. Pilih Tombol Download di SP Flash Tools nya
  10. Langkah berikutnya sambungkan ujung satu Kabel datanya ke PC / Laptop kita tersebut
  11. Selanjutnya ( Dalam keadaan Xiaomi Redmi Note 4 sobat mati ) tekan tombol Volume Down ( - ) sambil menyambungkan kabel data yang satunya lagi ke Xiaomi Redmi Note 4 milik kita tersebut ( Jangan di lepas Volume Down nya )
  12. Tahan terus Volume Down nya hingga muncul Status bar berwarna Kuning yang menandakan Proses Flashing sudah di mulai
  13. Silakan lepas Volume Downnya dan tunggu hingga Muncul tanda Centang Besar
  14. Langkah terakhir lepas Kabel datanya dan Restartlah Xiaomi Redmi Note 4 tersebut 

Penting !
  • Kami tidak bertanggung jawab apabila Device yang kalian gunakan mengalami Gagal System atau sebagainya, untuk itu kalian perlu berhati - hati dan ikuti tutorial ini dengan benar
  • Apabila saat kalian menahan Volume Down dan menyambungkan Kabel data lalu muncul "Error bla bla", itu disebabkan Xiaomi Redmi Note 4 kalian belum terdeteksi oleh Si Sp Flash Toolsnya. Maka kami sarankan untuk menginstal Ulang Drivernya lalu Disable Driver Signaturenya di PC yang kalian miliki ( Tutorialnya bisa kalian cari di Google ) dan barulah kalian instal kembali Drivernya
  • Terima kasih kepada beberapa sumber di Miui Forum karena tidak ada mereka, kami tidak akan juga bisa menyelesaikan Tutorial Unbrick Xiaomi Redmi Note 4 ini

Demikian pertemuan kita kali ini yang baru saja mengulas tentang bagaimana cara mengatasi hp xiaomi yang sering kali mati mendadak atau restart sendiri. Semoga pertemuan kita kali ini dapat memberikan manfaat dalam masalah xiaomi yang mengalami bootloop ataupun brick tersebut, sekian dan terima kasih ..

1 komentar:

  1. Mo share aja..

    3 bln yg lalu gua beliin Redmi Note 5A Prime buat bini. Semua normal sampe seminggu yg lalu hapenya suka panas, boros batere & restart sendiri.

    Coba cari solusi dari yg simpel sampe hard reset, masalahnya masih tetep aja: panas, restart, terakhir malah makin parah; gak bisa nulis ke sd card, gak bisa install aplikasi dari playstore (serius!!), cuman bisa dipake utk aplikasi bawaan xiaomi sama nelpon doang.

    Gua yakin ini ulah virus atau malware, kemungkinan besar malware mining cryptocurrency yg kerja di background & sangat memeras resource. Masih masuk akal kalo Avast, Malwarebyte atau anti malware android lainnya gak mempan, tapi masa udah hard reset malware-nya gak ilang?

    Cari2 info (duh, lupa kemaren dapet infonya dari situs mana), intinya dibilang script malwarenya ngendon di sd card. Jadi solusinya jelas, cabut sd card sebelum hard reset. And it works..!! Trus untuk sd card-nya diformat dulu pake laptop sebelum dipasang balik (windows tentu aja kebal thd virus android) ...:)

    Hard reset is a hard work, harus ada persiapan backup semua data, account, password and etc, etc... (thanks to google drive & MIUI cloud). Lumayan ribet, tapi puas lantaran masalah selesai tuntas, tas..!

    Catatan kecil:
    * Bini gua termasuk culun makek hape, cuman buat nelpon sawa WA doang. Malware kemungkinan nyusup dari game yg diinstall oleh anak yg usil makek hape mamanya, meski dia udah punya hape sendiri yg lebih bagus.

    That's all, moga2 share ini berguna, terima kasih.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.